Polisi India Gunakan Google Maps untuk Atasi Kemacetan

28/09/2020

Event - Promosi

5 menit

Polisi India Gunakan Google Maps untuk Atasi Kemacetan
Google Maps rupanya lebih dipilih oleh kepolisian di India dibanding aplikasi peta digital sejenis, seperti Waze. Nantinya aplikasi mobile ini akan digunakan dalam memantau kondisi kepadatan lalu lintas.

Aplikasi peta digital seperti Google Maps maupun Waze memang telah menjadi alat navigasi yang paling digemari beberapa tahun beakangan ini. Selain bisa menampilkan rute perjalanan dari satu titik ke lokasi tujuan yang telah ditentukan, aplikasi digital tersebut juga memuat informasi kondisi lalu lintas secara real time.

Fitur ini tentunya berfungsi agar si pengguna mencari rute jalan alternatif demi menghindari titik kemacetan tersebut. Namun ternyata di negara lain, kemampuan dari aplikasi mobile tersebut digunakan untuk kepentingan pihak kepolisian dalam menjalankan tugasnya.

>>> Mulai 2021 GM Bakal Pasang Layanan Google Diseluruh Mobilnya

Google Maps Jadi Alat Bantu Polisi Lalu Lintas Saat Ada Kemacetan

Google Maps 3D interface

Selain pengemudi, polisi juga akan memanfaatkan teknologi peta digital ini

Dikutip dari Autoevolution, Senin (28/09/2020), pejabat kepolisian di India berencana menggunakan Google Maps saat disebuah titik jalan terjadi kemacetan. Gunanya agar informasi kemacetan ini dalam menjadi petunjuk supaya petugas polisi bisa langsung menuju titik tersebut demi mengurai kemacetan.

Sebagai tahap awal, polisi lalu lintas Gautam Budh Nagar yang akan memakai aplikasi peta digital ini untuk membantu tugas mereka. Informasi dari Google Maps akan dipakai dalam memantau kondisi jalan di Noidan.

"Kami telah merencanakan untuk menggunakan Google Maps demi memudahkan lalu lintas. Ini adalah cara yang nyaman demi memberikan navigasi ke suatu tujuan," ujar Ganesh Prasad Saha, Wakil Komisaris Polisi Lalu Lintas Gautam Budh Nagar.

Ia menjelaskan, personelnya akan memantau kondisi lalu lintas melalui aplikasi peta digital tersebut. Jika terlihat garis hijau maka pergerakan kendaraan lancar. Namun jika menjadi garis merah maka ada arus lalu lintas yang terhambat.

"Nantinya petugas akan mengidentifikasi lokasi dan mengutus personel untuk mengatasi masalah dimana terjadi perlambatan lalu lintas tersebut," kata Ganesh.

>>> Tips Menghubungkan Android Auto pada Update Terbaru Google

Enggan Gunakan Waze

Google Maps traffic indicator

Indikator kondisi lalu lintas disajikan dengan sederhana hanya berupa garis hijau, kuning, dan merah

>>> Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

Yang menarik, pihak kepolisian India ini rupanya lebih tertarik menggunakan peta digital dari Google ini daripada aplikasi Waze. Padahal Waze terkoneksi dengan jutaan penggunanya yang bisa memberikan laporan kondisi jalan secara real time. Ada banyak informasi yang bisa dibagian oleh sesama pengguna Waze, saat di ruas jalan tersebut lancar, ada kemacetan, ada kecelakaan, atau kejadian lainnya.

Waze terhubung dengan komunitasnya demi memberikan laporan yang lebih aktual dan bisa dipercaya. Namun otoritas India mengatakan jika mereka lebih memilih Google Maps dari pada Waze. Lantaran informasi kondisi lalu lintas yang disajikan lebih sederhana yaitu hanay berupa garis berwarna hijau, kuning, atau merah.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top