Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

21/06/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,5
Renault akhirnya meluncurkan produk terbarunya di India, Renault Triber 2019. Produk pertama dari empat mobil baru yang akan diperkenalkan dalam dua tahun ke depan, Triber menggunakan platform CMF-A yang dirancang ulang khusus untuk pasar India dan dikembangkan bersama oleh tim perusahaan Perancis dan India.

PENGANTAR Renault Triber 2019

Review Renault Triber 2019 - Menyasar konsumen menengah, Renault Triber 2019 dipamerkan pertama kali di India pada 19 Juni 2019. Dirancang khusus untuk pasar India, Triber memberikan kabin yang luas serta desain Eropa yang khas dari Renault. Tentu saja dibarengi dengan harga yang murah. Triber juga akan menjadi pembuka empat model baru Renault yang akan diperkenalkan hingga 2022 mendatang.

perkenalan pertama Renault Triber 2019 berwarna kuning di India

Perkenalan pertama Renault Triber 2019 di India

“India adalah pasar utama bagi Groupe Renault,” komentar Thierry Bolloré, CEO Groupe Renault, komentar. “kami bertujuan menggandakan penjualan kami pada tahun 2022. Untuk alasan itu, kami membawa Renault Triber, konsep terobosan lain, yang ditargetkan untuk pasar inti India. Renault Triber dirancang, dikembangkan, dan diproduksi di India, untuk pelanggan India terlebih dahulu, sebelum kita membawanya ke dunia. Ini adalah game-changer nyata.”

Memang, segmen MPV berada dalam masa keemasannya. Triber menjadi pembuktian usaha Renault untuk masuk ke segmen Low MPV. Tidak hanya di India, namun di seluruh dunia. Namun tentu saja hal ini menghasilkan pertentangan bagi Renault. Untuk menghasilkan mobil yang ‘merakyat’, Renault terpaksa harus menekan fitur dan material yang digunakan pada mobil.

Renault Triber 2019 berwarna kuning di jalan 
Tampilan produksi Renault Triber 2019 yang dirancang khusus untuk pasar India

Pernyataan Bolloré menegaskan kemungkinan mobil ini akan diperkenalkan di Indonesia. Pasalnya, kabar yang beredar menjelaskan bagaimana Renault akan membawa Triber ke Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Juli mendatang. Sebelum melihat langsung seperti apa mobil ini, mari kita simak review Renault Triber 2019 berikut ini.

EKSTERIOR Renault Triber 2019

Dilihat dari luar, eksterior Renault Triber 2019 memberikan kesan sporty dengan bahasa mobil Eropa lainnya. MPV rasa SUV ini terlihat seperti versi Kwid yang lebih panjang serta beberapa kesamaan dengan Ford EcoSport pada bagian belakang.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Depan

eksterior depan Renault Triber 2019 berwarna kuning 
Eskterior depan Renault Triber 2019

Tampilan depan terlihat sangar dan sporty khas mobil Eropa. Menggabungkan gril depan yang tidak terlalu besar dengan logo Renault menghiasi front end, diapit oleh lampu depan yang memanjang ke samping serta lensa proyektor. Tepat di bawah lampu, eksterior depan Renault Triber 2019 memiliki strip LED tipis yang berfungsi sebagai Daytime Running Lamp.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Renault Triber 2019 berwarna kuning 
Eskterior samping Renault Triber 2019

Aksen hitam juga menghiasi tampilan samping. Pelek 15 inci, serta desain kaca samping yang sleek membuat eksterior samping Renault Triber 2019 cukup menarik untuk MPV berpenampilan dasar. Triber juga dilengkapi dengan rel atap yang memiliki kapasitas angkut 50 kg. Bahkan jika dibandingkan dengan pesaingnya di India sendiri, seperti Datsun Go+, Triber memiliki ground clearance yang lebih tinggi, yaitu 182 mm.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Renault Triber 2019 berwarna kuning 
Eksterior belakang Renault Triber 2019

Overhang depan dan belakang cukup pendek dalam upaya Renault untuk memaksimalkan ruang interior. Sedangkan khusus untuk eksterior belakang Renault Triber 2019, lampu belakang yang menyerupai paruh elang menggarisbawahi lebar kendaraan. Skid plate berwarna perak yang memperpanjang bemper menonjolkan kekokohan mobil ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Renault Triber 2019

Triber tidak menawarkan desain kabin mewah atau material premium yang Anda dapatkan pada model Renault lainnya yang dijual di Eropa. Interior Renault Triber 2019 terlihat standar dengan material plastik serta setir tanpa tombol.

Review Renault Triber 2019: Dasbor

Di bagian dalam, Triber memiliki dasbor yang dirancang sederhana dengan garis-garis lurus serta desain minimalis. Tidak banyak pernak-pernik yang terlihat pada dasbor Renault Triber 2019, selain layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Anda juga bisa mengatur AC melalui control HVAC yang terletak di bawah layar.

 dasbor Renault Triber 2019 berwarna hitam
Dasbor Renault Triber 2019

Dijelaskan oleh Renault, Triber patut diperhitungkan karena memiliki tingkat kepraktisan serta ruang penyimpanan yang banyak, contohnya dua kompartemen laci yang terletak pada dasbor penumpang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dasbor juga memiliki kesan standar dengan material plastik keras dalam pengerjaannya.

Review Renault Triber 2019: Kemudi

kemudi Renault Triber 2019 berwarna hitam
Kemudi Renault Triber 2019

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kemudi Renault Triber 2019 dibuat tanpa tombol pendukung fitur seperti yang kita lihat pada kebanyakan mobil baru lainnya. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengurangi biaya produksi. Material plastik yang sedikit kasar juga terlihat pada kemudi. Hanya ada sedikit aksen krom pada logo Renault di bagian tengah kemudi, setidaknya menekankan sedikit rasa mewah milik Renault pada Triber.

Review Renault Triber 2019: Kursi

 kursi Renault Triber 2019 berwarna hitam
Kursi Renault Triber 2019

Menyasar kalangan menengah, Renault memberikan terobosan baru terhadap mobil ini, yaitu memiliki tiga pilihan kursi. Anda bisa memiliki Triber 5 kursi, 6 kursi, serta 7 kursi. Kursi baris kedua bisa digeser, dilipat, direbahkan, bahkan dilipat ke depan. Kursi baris ketiga juga bisa dilepas. Secara keseluruhan, ada lebih dari 100 konfigurasi kursi Renault Triber 2019 yang bisa Anda gunakan.

Review Renault Triber 2019: Bagasi

bagasi Renault Triber 2019 dilihat dari atas
Pengaturan kursi bisa memperluas bagasi Renault Triber 2019

Menariknya, ada beberapa perbedaan yang bisa Anda dapatkan terhadap berbagai tampilan kursi yang diberikan oleh Renault. Untuk konfigurasi 7 kursi, Anda hanya mendapatkan 84 ruang belakang yang tersisa, tentu saja jika Anda tidak melipat kursi belakang. Untuk versi 6 kursi, Anda bisa memiliki kapasitas 320 liter. Sedangkan bagasi Renault Triber 2019 dengan konfigurasi 5 kursi memberikan Anda ruang 625 liter untuk meletakkan barang-barang Anda di belakang.

>>> Baca juga:

FITUR Renault Triber 2019

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Renault mengurangi penggunaan fitur serta gimik-gimik dalam menghiasi mobil ini. Hanya sedikit fitur modern yang diberikan pada mobil ini. Salah satu fitur Renault Triber 2019 yang menarik adalah sakelas tiga posisi yang ditaruh di belakang rem parkir yang mengontrol daya sistem HVAC untuk kursi baris kedua.

 fitur Renault Triber 2019 dari layar sentuh 8 inci
Fitur Renault Triber 2019 pada sistem layar sentuh 8 inci

Selain lampu depan proyektor, LED DRL dan kursi baris ketiga yang bisa dilepas, Renault Triber sudah dilengkapi dengan sistem infotainment 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sama seperti kendaraan baru lainnya, Triber sudah mendapatkan fitur keyless entry pasif dan MID 3.5 inci.

Review Renault Triber 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dalam hal keamanan, ada empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping dari baris pertama. Cukup minimalis, mengingat Triber memang menekankan harga produksi untuk menggarap pasar yang sedang berkembang.

fitur keselamatan Renault Triber 2019 dilihat dari atas 
Renault Triber 2019 menggunakan platform CMF-A

Tapi jangan takut, Anda sudah mendapatkan sabuk pengaman tiga titik di semua baris, dengan seatbelt pengemudi dilengkapi dengan pretensioner. Namun ada satu fitur keselamatan aktif Renault Triber 2019 yang cukup canggih, yaitu kamera parkir belakang. Selain itu, tidak ada penambahan apapun yang terlihat dari Renault.

>>> Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

OPERASI Renault Triber 2019

Renault menjelaskan Triber akan mendapatkan “platform modular generasi terbaru yang unik dan diciptakan oleh Aliansi (Renault-Nissan-Mitsubishi). Dilansir dari berbagai sumber, sistem operasi Renault Triber 2019 akan mengandalkan mesin bensin tiga silinder 999 cc baru yang mampu menghasilkan 71 daya kuda pada 6.250 rpm dan 96 Nm pada putaran 3.500 rpm. 

mesin Renault Triber 2019 berwarna hitam dan perak
Mesin Renault Triber 2019

Renault menjelaskan bahwa mesin ini sudah digunakan pada Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Perbedaan mesin yang digunakan pada Triber dengan Kwid adalah mesin Triber mendapatkan sistem VVT ganda yang membuatnya lebih responsif. Sama seperti Kwid, Triber akan menawarkan transmisi manual lima percepatan dan AMT lima percepatan.

>>> Seberapa Besar Jok Captain Seat Dibutuhkan Konsumen?

spesifikasi Renault Triber 2019

Sebelum melihat mobil ini pada gelaran GIIAS mendatang, lihat dulu spesifikasi Renault Triber 2019 untuk referensi Anda selanjutnya.

Dimensi Renault Triber 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

3.990 mm x 1.739 mm x 1.643 mm

Jarak Poros Roda

N/A

Ground Clearance

182 mm

Volume Bagasi

84 liter (7 kursi), 320 liter (6 kursi) 625 liter (5 kursi)

Mesin Renault Triber 2019

Tipe Mesin

1.0L tiga silinder

Kapasitas Silinder

999 cc

Tenaga Maksimal

71 dk @ 6.250 rpm

Torsi Maksimal

96 Nm @ 3.500 rpm

Transmisi

5 Percepatan Manual atau AMT 5 Percepatan

Kaki-Kaki Renault Triber 2019

Pelek

15 Inci

kelebihan & kekurangan Renault Triber 2019

Meskipun dengan harga yang relatif murah, ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh mobil ini. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih mobil ini pada GIIAS nanti, lihat lagi kelebihan dan kekurangan Renault Triber 2019 berikut,

Kelebihan

Kekurangan

Salah satu mobil dengan interior yang lapang di kelasnya

Diimpor langsung dari India membuat harganya di Tanah Air akan membengkak

Didukung kepraktisan di dalam mobil, sehingga cocok untuk semua kondisi berkendara

Sebagian interior terbuat dari material plastik keras, terkesan murah

Harga yang murah dibandingkan pesaingnya di India

Pemangkasan fitur untuk menekan ongkos produksi

daftar harga Renault Triber 2019

Diproduksi di pabrik Renault di India di Chennai, Triber rencananya mulai dijual di India pada semester kedua 2019. Namun hingga saat ini, masih belum ada kejelasan tentang harga Renault Triber 2019 di India. Dilansir dari berbagai sumber, Triber akan bernilai mulai dari Rs6 lakh, atau sekitar Rp123 jutaan. Masalahnya untuk pasar Indonesia, Renault sendiri menyebutkan Triber akan diimpor utuh (CBU), sehingga membuat harganya tidak bisa semurah di India.

>>> Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Renault dijual di pasar Indonesia dengan harga terbaik

Video Renault Triber 2019

Mengambil desain dari pasar India, Renault menegaskan Triber dibuat sebagai kendaraan modern, luas namun kompak, serta hemat bahan bakar yang dapat digunakan oleh seluruh keluarga. Video Renault Triber 2019 berikut memperlihatkan pertama kali MPV baru Renault diperkenalkan di India.

KESIMPULAN Renault Triber 2019

Renault mengindikasikan bahwa Renault Triber 2019 akan merangkul konsumen menengah di India. Karena itu, mobil ini juga dibuat ‘seadanya’ dengan menekankan kepraktisan dan kabin yang lapang yang, menurut Renault, diinginkan oleh konsumen di India. Desain kabin juga jauh dari kesan mewah dan dipenuhi dengan material plastik keras.

model baru Renault Triber 2019 berwarna kuning 
Renault Triber 2019 dibuat dengan desain khas Renault

Meskipun begitu, Triber diprediksi mampu bersaing di pasar yang sedang berkembang karena desain yang cukup meyakinkan dari Renault. Tenaga serta torsi yang dikeluarkan diprediksi juga mampu mengakomodasi pengendaraan di dalam kota dengan baik. Namun bagaimana jadinya jika Triber dibawa ke Indonesia dan bersaing dengan Avanza maupun Xpander yang sedang naik daun? Mari kita tunggu saja.

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil