Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia

23/09/2019

Share this post:

Renault Triber 2019

Editor rate:

Lihat promo

Rekan satu grup kami di India bernama Indianautosblog.com menginfokan kepada kami bahwa mereka telah melakukan tes jalan terhadap salah satu most wanted car in the world, yakni Renault Triber 2019. Inilah hasil test drive Renault Triber 2019 sang MPV murah dari India untuk Dunia.

Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia
Review Renault Triber 2019: MPV Murah dari India untuk Dunia
0 Gambar

Pengantar Renault Triber 2019

Mari kita simak spesifikasi Renault Triber 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Salah satu mobil dengan interior yang lapang di kelasnya

Didukung kepraktisan di dalam mobil, sehingga cocok untuk semua kondisi berkendara

Harga yang murah dibandingkan pesaingnya di India

Kekurangan

Diimpor langsung dari India membuat harganya di Tanah Air akan membengkak

Sebagian interior terbuat dari material plastik keras, terkesan murah

Pemangkasan fitur untuk menekan ongkos produksi

Review Renault Triber 2019 - Menyasar konsumen menengah, Renault Triber 2019 dipamerkan pertama kali di India pada 19 Juni 2019. Dirancang khusus untuk pasar India, Triber memberikan kabin yang luas serta desain Eropa yang khas dari Renault. Tentu saja mobil ini akan diluncurkan di Indonesia dengan dibarengi harga yang murah. Triber juga akan menjadi pembuka empat model baru Renault yang akan diperkenalkan hingga 2022 mendatang.

perkenalan pertama Renault Triber 2019 berwarna kuning di India

Perkenalan pertama Renault Triber 2019 di India

“India adalah pasar utama bagi Groupe Renault,” komentar Thierry Bolloré, CEO Groupe Renault, komentar. “kami bertujuan menggandakan penjualan kami pada tahun 2022. Untuk alasan itu, kami membawa Renault Triber, konsep terobosan lain, yang ditargetkan untuk pasar inti India. Renault Triber dirancang, dikembangkan, dan diproduksi di India, untuk pelanggan India terlebih dahulu, sebelum kita membawanya ke dunia. Ini adalah game-changer nyata.”

Gambar menunjukkan Renault Triber 2019 Test Jalan Di India

Rekan satu grup kami di India telah mengetes jalan mobil Renault Triber ini di India

Memang, segmen MPV sedang berada dalam masa keemasannya. Triber menjadi pembuktian usaha Renault untuk masuk ke segmen Low MPV. Tidak hanya di India, namun di seluruh dunia. Namun tentu saja hal ini menghasilkan pertentangan bagi Renault. Untuk menghasilkan mobil yang ‘merakyat’, Renault terpaksa harus menekan fitur dan material yang digunakan pada mobil.

Renault Triber 2019 berwarna kuning di jalan 
Tampilan produksi Renault Triber 2019 yang dirancang khusus untuk pasar India

Pernyataan Bolloré menegaskan kemungkinan mobil ini akan diperkenalkan di Indonesia. Pasalnya, kabar yang beredar menjelaskan bagaimana Renault telah membawa Triber ke Gaikindo Indonesia International Auto Show pada bulan Juli 2019 lalu. Sebelum melihat langsung seperti apa mobil ini, mari kita simak review Renault Triber 2019 dan juga ulasan mengenai rasa berkendarannya, hasil kolaborasi dengan rekan satu grup kami berikut ini.

Eksterior Renault Triber 2019

Dilihat dari luar, eksterior Renault Triber 2019 memberikan kesan sporty dengan bahasa mobil Eropa lainnya. MPV rasa SUV ini terlihat seperti versi Kwid yang lebih panjang serta beberapa kesamaan dengan Ford EcoSport pada bagian belakang.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan Renault Kwid 2019 
Eskterior depan Renault Triber 2019

Tampilan depan terlihat sangar dan sporty khas mobil Eropa. Menggabungkan gril depan yang tidak terlalu besar dengan logo Renault menghiasi bagian front end, diapit oleh lampu depan yang memanjang ke samping serta lensa proyektor tanpa HID maupun LED. Tepat di bawah lampu, eksterior depan Renault Triber 2019 memiliki strip LED tipis yang berfungsi sebagai Daytime Running Lamp. Bagi kami, ini adalah Low MPV berpenampilan paling dinamis dan macho saat ini.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Renault Triber 2019 
Eskterior samping Renault Triber 2019

Aksen hitam juga menghiasi tampilan samping. Pelek 15 inci, serta desain kaca samping yang terkesan slim and sleek membuat eksterior samping Renault Triber 2019 cukup menarik untuk Low MPV. Triber juga dilengkapi dengan roof rail yang memiliki beban maksimum hingga 50 kilogram. Bahkan jika dibandingkan dengan pesaingnya di India sendiri, seperti Datsun Go+, Triber memiliki ground clearance yang lebih tinggi, yaitu 182 mm.

Review Renault Triber 2019: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Renault Triber 2019 
Eksterior belakang Renault Triber 2019

Terlihat bahwa overhang bagian belakang cukup pendek, ini merupakan upaya Renault untuk memaksimalkan desain ekstrerior yang kompak dan dipercaya akan membuat mobil lebih lincah. Pada eksterior belakang Renault Triber 2019, lampu belakang yang menyerupai bentuk paruh burung elang membuat tampilan kendaraan lebih dinamis. Apalagi dikawal juga dengan skid plate berwarna doff grey yang seakan menonjolkan kekokohan pada mobil ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Renault Triber 2019

Triber tidak menawarkan desain kabin mewah atau material premium yang Anda dapatkan pada model Renault lainnya yang dijual di Eropa. Interior Renault Triber 2019 terlihat standar dengan material plastik serta setir tanpa tombol.

Review Renault Triber 2019: Dasbor

Di bagian dalam, Triber memiliki dasbor yang dirancang sederhana dengan garis-garis lurus serta desain nan minimalis. Tidak banyak pernak-pernik yang terlihat pada dasbor Renault Triber 2019, selain layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Anda juga bisa mengatur AC melalui control HVAC yang terletak di bawah layar.

 Gambar menunjukkan Layout dasbor Renault Triber 2019
Dasbor Renault Triber 2019

Dijelaskan oleh pihak Renault, Triber patut diperhitungkan karena memiliki tingkat kepraktisan serta ruang penyimpanan yang banyak, contohnya terdapat dua kompartemen laci yang terletak pada bagian dasbor penumpang. Sayangnya, sama seperti kebanyakan low MPV yang juga dijual di Indonesia, bahan dasbor pakai material plastik keras, namun itu bukanlah berita buruk, menurut pengalaman kami, penggunaan material seperti ini akan lebih tahan lama.

Review Renault Triber 2019: Kemudi

Gambar menunjukkan Setir Renault Triber 2019
Kemudi Renault Triber 2019

Kemudi Renault Triber 2019 dibuat tanpa tombol pendukung fitur maupun MID seperti yang biasanya Anda lihat pada kebanyakan mobil baru lainnya. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menekan biaya produksi. Material plastik juga kami rasakan sedikit kasar tak terkecuali pada bagian kemudi. Hanya ada sedikit aksen krom (yang maaf agak terlihat murah) pada emboss logo Renault di bagian tengah kemudi.

Review Renault Triber 2019: Kursi

 Gambar menunjukkan Kursi baris kedua Renault Triber 2019
Kursi Renault Triber 2019

Menyasar kalangan menengah, Renault memberikan terobosan baru terhadap mobil ini, yaitu memiliki tiga pilihan kursi. Anda bisa memiliki Triber 5 kursi, 6 kursi, bahkan 7 kursi. Kursi baris kedua bisa digeser, dilipat, direbahkan, bahkan dilipat ke depan. Kursi baris ketiga juga bisa dilepas. Secara keseluruhan, ada lebih dari 100 konfigurasi kursi Renault Triber 2019 yang bisa Anda gunakan. Luar biasa bukan?

Gambar menunjukkan Kursi baris ketiga Renault Triber 2019

Kursi baris ketiga Renault Triber 2019 ini dapat dibongkar pasang dengan mudah

Review Renault Triber 2019: Bagasi

bagasi Renault Triber 2019 dilihat dari atas
Pengaturan kursi bisa memperluas bagasi Renault Triber 2019

Menariknya, ada beberapa perbedaan yang bisa Anda dapatkan terhadap berbagai tampilan kursi yang diberikan oleh Renault. Untuk konfigurasi 7 kursi, Anda hanya mendapatkan 84 ruang belakang yang tersisa, tentu saja jika Anda tidak melipat kursi belakang. Untuk versi 6 kursi, Anda bisa memiliki kapasitas 320 liter. Sedangkan bagasi Renault Triber 2019 dengan konfigurasi 5 kursi memberikan Anda ruang 625 liter untuk meletakkan barang-barang Anda di belakang.

>>> Baca juga:

Fitur Renault Triber 2019

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Renault mengurangi penggunaan fitur serta gimik-gimik dalam menghiasi mobil ini. Hanya sedikit fitur modern yang diberikan pada mobil ini. Salah satu fitur Renault Triber 2019 yang menarik adalah sakelas tiga posisi yang ditaruh di belakang rem parkir yang mengontrol daya sistem HVAC untuk kursi baris kedua.

 fitur Renault Triber 2019 dari layar sentuh 8 inci
Fitur Renault Triber 2019 pada sistem layar sentuh 8 inci

Selain lampu depan proyektor, LED DRL dan kursi baris ketiga yang bisa dilepas, Renault Triber sudah dilengkapi dengan sistem infotainment 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sama seperti kendaraan baru lainnya, Triber sudah mendapatkan fitur keyless entry pasif dan MID 3.5 inci.

Review Renault Triber 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dalam hal keamanan, ada empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping dari baris pertama. Cukup minimalis, mengingat Triber memang menekankan harga produksi untuk menggarap pasar yang sedang berkembang.

fitur keselamatan Renault Triber 2019 dilihat dari atas 
Renault Triber 2019 menggunakan platform CMF-A

Tapi jangan takut, Anda sudah mendapatkan sabuk pengaman tiga titik di semua baris, dengan seatbelt pengemudi dilengkapi dengan pretensioner. Namun ada satu fitur keselamatan aktif Renault Triber 2019 yang cukup canggih, yaitu kamera parkir belakang. Selain itu, tidak ada penambahan apapun yang terlihat dari Renault.

>>> Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

Operasi Renault Triber 2019

Renault menjelaskan Triber akan mendapatkan “platform modular generasi terbaru yang unik dan diciptakan oleh Aliansi (Renault-Nissan-Mitsubishi). Dilansir dari berbagai sumber, sistem operasi Renault Triber 2019 akan mengandalkan mesin bensin tiga silinder 999 cc baru yang mampu menghasilkan 71 daya kuda pada 6.250 rpm dan 96 Nm pada putaran 3.500 rpm. 

mesin Renault Triber 2019 berwarna hitam dan perak
Mesin Renault Triber 2019

Renault menjelaskan bahwa mesin ini sudah digunakan pada Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Perbedaan mesin yang digunakan pada Triber dengan Kwid adalah mesin Triber mendapatkan sistem VVT ganda yang membuatnya lebih responsif. Sama seperti Kwid, Triber akan menawarkan transmisi manual lima percepatan dan AMT lima percepatan yang semua tenaganya tersalur ke roda depan.

Gambar menunjukkan Renault Triber 2019 Test Drive Di India

Renault Triber 2019 ini telah di tes jalan oleh rekan satu grup kami di India

Tim satu grup kami di India menyatakan bahwa mesin bensin dengan silinder ganjil ini telah mengalami banyak perbaikan. Namun, tetap saja seperti khasnya mesin 3 silinder, ketika pedal gas diinjak Anda akan langsung mendengar raungan mesin ini menyusup kedalam kabin. Hal ini lantaran Triber tidak memiliki peredaman kabin yang cukup baik. Saat mulai berjalan pun, penyaluran tenaganya terasa agak 'malas' di putaran bawah, namun melewati 3.000 rpm, akselerasi mulai terasa positif. Begitu pula dengan tuas persnelingnya yang terasa kurang mantap saat dioperasikan.

Gambar menunjukkan Renault Triber 2019 Bermanuver

Renault Triber 2019 ini juga cukup gesit saat bermanuver

Yang juga agak disayangkan juga adalah injakan pedal koplingnya yang tidak bisa dibilang ringan. Bahkan, berdasar hasil tes yang rekan kami lakukan, kami menduga injakan pedal koplingnya mungkin lebih berat dari rival terberatnya asal Jepang. Kami menjadi semakin yakin bahwa harus mengetes sendiri mobil ini di jalan raya Indonesia ketika mobil Renault Triber ini sudah berhasil melewati masa homologasi di tanah air. Untunglah, suspensi mobil ini cukup dapat diandalkan dan karakter bantingan suspensinya cukup dewasa (tidak terlalu empuk namun masih tetap nyaman dan oke untuk bermanuver).

>>> Seberapa Besar Jok Captain Seat Dibutuhkan Konsumen?

Spesifikasi Renault Triber 2019

Sebelum melihat mobil ini pada gelaran GIIAS mendatang, lihat dulu spesifikasi Renault Triber 2019 untuk referensi Anda selanjutnya.

Dimensi Renault Triber 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

3.990 mm x 1.739 mm x 1.643 mm

Jarak Poros Roda

N/A

Ground Clearance

182 mm

Volume Bagasi

84 liter (7 kursi), 320 liter (6 kursi) 625 liter (5 kursi)

Mesin Renault Triber 2019

Tipe Mesin

1.0L tiga silinder

Kapasitas Silinder

999 cc

Tenaga Maksimal

71 dk @ 6.250 rpm

Torsi Maksimal

96 Nm @ 3.500 rpm

Transmisi

5 Percepatan Manual atau AMT 5 Percepatan

Kaki-Kaki Renault Triber 2019

Pelek

15 Inci

Daftar Harga Renault Triber 2019

Diproduksi di pabrik Renault di India di Chennai, Triber rencananya mulai dijual di India pada semester kedua 2019. Namun hingga saat ini, masih belum ada kejelasan tentang harga Renault Triber 2019 di India. Dilansir dari berbagai sumber, Triber akan bernilai mulai dari Rs6 lakh, atau sekitar Rp123 jutaan. Masalahnya untuk pasar Indonesia, Renault sendiri menyebutkan Triber akan diimpor utuh (CBU), sehingga membuat harganya tidak bisa semurah di India.

>>> Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Renault dijual di pasar Indonesia dengan harga terbaik

Kesimpulan Renault Triber 2019

Gambar menunjukkan Tim Cintamobil dan Renault Triber 2019 
Renault Triber 2019 akan segera tim Cintamobil tes lengkap jika sudah tersedia unit tesnya

Kami adalah salah satu media yang tidak sabar menunggu kehadiran mobil ini secara resmi di Indonesia dan mengetes jalan secara komperhensif. Karena, dengan desain menarik, teknologi tinggi dan fitur lengkap bukan tidak mungkin ia akan 'mengacak-acak' penjualan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya di Indonesia. 

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV, Spesifikasi dan Harga Lengkap

Rp 117.000.000

07/11/2017

Editor rate:

Sebagai produsen mobil berasal dari Eropa, Renault nampaknya paham betul dengan emisi gas buang yang membahayakan lingkungan jika dilakukan secara kontinyu. Untuk itu, produsen asal Prancis ini coba mengeluarkan varian mobil ramah lingkungan yaitu Renauld Kwid. Mobil ini sendiri akan membuat orang bertanya-tanya karena desainnya yang begitu kokoh. Renault seakan memberikan kejutan sendiri atas mobil ini. Lantas, bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari Renault Kwid Indonesia?

Lihat juga

Harga Renault Duster 2017: SUV Tangguh yang Siap hangatkan Kompetisi, Spesifikasi dan Review Lengkap

Rp.350.000.000

24/10/2017

Editor rate:

Tak bisa dipungkiri jika geliat mobil dengan segmen SUV dan MVP di industri otomotif nasional sudah mencapai tingkat persaingan yang begitu ketat. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pabrikan yang memproduksi dua varian tersebut. Seakan tak ingin ketinggalan Renault pun coba meramaikan pasar dengan mengeluarkan Duster. Mobil yang terlihat tangguh ini siap mengusik kejayaan pabrikan asal negeri matahari terbit dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan. Inilah review Renault Duster 2017.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019 : Sebuah Usaha Untuk #Memasyarakatkanrally

30/04/2019

Editor rate:

Kalau ingin bermimpi jangan setengah-setengah, bermimpi-lah setinggi langit. Inilah yang dilakukan oleh Rifat Sungkar, pereli kebanggan Indonesia. Ia memutuskan untuk ikut kejuaraan reli menggunakan mobil yang tidak lazim digunakan, yaitu Mitsubishi Xpander. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019.

Lihat juga

Review Lexus LM 300h 2019

25/04/2019

Editor rate:

Lexus baru saja menghadirkan Lexus LM 300h 2019 sebagai keluarga MPV premium yang pertama. Apakah ia benar-benar bisa memuaskan hasrat kemewahan segmen pasar premium di Asia? Ataukah Lexus LM 300h 2019 sekedar Toyota Alphard 'tampilan' Lexus semata?

Lihat juga

Review Mercedes-Benz B 200 Progressive Line 2019

05/04/2019

Editor rate:

Semenjak menjadi bagian ‘keluarga’ New Generation Compact Cars, Mercedes-Benz B-Class terus bertransformasi menjadi mobil keluarga urban modern. Dan untuk pasar Indonesia, Mercedes-Benz B 200 Progressive Line 2019 menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut

Lihat juga