Modifikasi Honda Grom Jadi Mini Cafe Racer

13/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Modifikasi Honda Grom berikut ini cukup unik, karena dijadikan mini cafe racer. Bahkan hasil desain pada motor mini itu meraih sebuah penghargaan tahun lalu.

Honda Grom merupakan motor mungil yang banyak disukai, bukan hanay bagi pemakai, namun juga para custom builder. Misalnya apd ahasil modifikasi Honda Grom yang satu ini. Dinamakan Sakuma, konsepnya terbilang cukup unik, yaitu menghadirkan sebuah Cafe Racer namun dengan sentuhan yang sedikit berbeda. Mengingat Honda Grom adalah berjenis mini bike, maka hasil modifiaksi ini juga berupa mini cafe racer.

Honda Grom Custom Cafe Racer

Honda Grom disulap jadi Cafe Racer

>>> Modifikasi Motor Honda CG 125, Pakai Komponen Moto Guzzi dan Ducati

Mengandalkan detil-detil yang sangat diperhatikan, hasil karya modifikasi Honda Grom ini tidak sepenuhnya menganut gaya motor balap klasik retro. Namun kesan futuristik dari Honda Grom tetap dipertahankan. Takheran kreasi ini sempat mendapat penghargaan tingkat nasional.

Bodi Dibuat Custom

Dikutip dari Visordown, Jumat (12/03/2021), adalah Furii Shop, sebuah tempat custom motorcycle dari Thailand yang punya ide membuat mini cafe racer berbasis Honda Grom 125. Jika wujud aslinya motor yang punya nama lain Honda MSX125 itu adalah naked bike, maka disulap bergaya cafe racer. Grom memang banyak disukai para modifikator, lantaran bodinya mudah dicopot pasang untuk diganti bodi baru custom.

Honda Grom Custom Mini Cafe Racer

Bodi dibuat custom dan rangka dicat oranye yang kontras

Demi proses membuat Grom jadi sebuah cafe racer, maka terlebih dulu dibuatlah half-fairing baru bernuansa cafe racer. Kemudian bentuk tangki dan bagian ekor juga dibuat custom. Kelar urusan bodi, dipasanglah beberapa part modifikasi di motor tersebut. Misalnya knalpot split custom racikan JP Racing, discbrake bergelombang dari Galespeed, bar-end mirror alias spion yang menempel di ujung setang, monoshock Nitron R3 untuk suspensi belakang, dan jok dilapis suede khusus.

Hal menonjol lainnya yang ada di modifikasi Honda Grom ini adalah rangka teralis yang kini dilapis cat oranye. Uniknya, jika motor-motor bergaya cafe racer cenderung dibuat lebih rebah ala motor balap klasik, maka untuk mini cafe racer berbasis Honda Grom ini malah dibiarkan tampil jangkung sesuai kondisi standar motor tersebut.

>>> 5 Inspirasi Datsun GO Modifikasi Paling Keren di Indonesia

Pernah Sabet Penghargaan Modifikasi Terbaik

Honda Grom Mini Cafe Racer single seat

Jok single seater dilapis bahan suede

>>> Review Bugatti La Voiture Noire 2019: Perpaduan Klasik dan Modern Termahal Sejagad

Selain ketinggian motor yang masih dipertahankan standar, sektor mesin juga masih mempercayaakan bawaan dari Honda, Yakni mesin 124,9 cc silinder tunggal SOHC berpendingin udara. Mesin ini dipercaya masih cukup untuk pemakaian harian. Namun hasil racikan apik ini membuat modifikasi Honda Grom tersebut pernah berhasil merebut juara Honda Motorbike Idea Challenge 2020 di Thailand.

Wah, bisa jadi inspirasi modif Honda Grom nih!

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top