Modifikasi Motor Honda CG 125, Pakai Komponen Moto Guzzi dan Ducati

26/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Modifikasi motor Honda yang satu ini berbasis Honda CG 125 yang di produksi tahun 1976, namun tampilannya diubah jadi motor cafe racer yang mendapat donor komponen dari Moto Guzzi dan Ducati.

Modifikasi motor Honda klasik untuk diubah menjadi motor bergaya scrambler, flat track, ataupun cafe racer memang kini sedang banyak dikagumi. Kesan klasik retro yang ingin tetap dipertahankan namun lantas dipadankan teknologi mesin modern, membuat penampilan kuda besi kesayangan memang jadi jauh berbeda dibanding aslinya.

Modifikasi Honda CG 125

Mesinnya sudah jauh lebih bertenaga

>>> Modifikasi BMW R Nine T Flat Track Custom Berbodi Aluminium

Contohnya bisa juga dilihat dari modifikasi motor Honda CG 125 yang satu ini. Secara stok, CG 125 memang sudah merupakan model klasik dari Honda yang sudah ada sejak 1976. Namun yang menarik dari motor ini adalah menggunakan mesin 124 cc silinder tunggal berpendingin udara dengan teknologi Overhead Valve (OHV) yang berbeda dengan konstruksi mesin motor-motor modern saat ini. Mengenai tenaganya, CG 125 mampu menghasilkan daya puncak 11 hp pada 8.500 rpm dengan torsi 9 Nm di 7.500 rpm.

Pakai Mesin Lebih Bertenaga

Meskipun parasnya sudah sangat klasik, namun dikutip dari Autoevolution, Kamis (25/02/2021), De Palma Cycles tetap ingin Honda CG 125 ini tampil berbeda. Walhasil motor Honda versi modifikasi tersebut pun dijalani secara total. Langkah pertama yang dilakukan workshop asal Spanyol itu adalah mengoprek mesin standar CG 125 dengan di oversize menjadi 150 cc.

Modifikasi Motor Cafe Racer

Kaki-kakinya pakai copotan dari beberapa moge

>>> Trik Membersihkan Chrome Mobil Klasik Biar Kinclong Lagi

Bukan cuma itu, mesin ini pun dikawinkan karburator Keihin 22 mm yang membuat pasokan udara jadi lebih lancar. Lantas untuk sistem pembuangan ada satu set knalpot baru yang menjamin aliran gas buang juga menjadi lebih lapang.

Kaki-kaki Pakai Part Moge

Setelah sektor mesin dirasa sudah cukup bertenaga, maka modifikasi selanjutnya beralih ke bodywork. Model cafe racer yang dipilih oleh De Palma. Tangki pun dibuat custom, jok dipapas dan dibalut kulit baru, lantas setang juga dibuat lebih rebah dengan memilih model clip-on.

Honda CG 125 modifikasi

Lampu belakang pakai LED yang menyatu dengan jok

>>> Review BMW 325i 2003: Fun to Drive Khas Sedan Klasik Eropa

Ada yang unik juga pada sektor kaki-kaki motor Honda versi modifikasi ini. Karena untuk suspensi depan dipilih copotan dari milik Moto Guzzi V50. Lantas untuk velgnya diambil dari kepunyaan Ducati Strada 250 yang dibalut ban high performance bernuansa klasik dari Avon. Agar pengereman tetap bisa presisi, dipilihlah perangkat dari Brembo.

Terakhir supaya sentuhan modifikasi motor Honda CG 125 ini makin klasik adalah pemilihan lampu depan tunggal dengan model bulat besar. Lantas speedometer juga dipilih yang bernuansa klasik, namun lampu belakang dipilih menggunakan LED yang posisinya menempel pada jok.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top