IIMS 2021: Wuih Ada Modifikasi Motor Vespa Pakai Turbo dan Suspensi Udara!

21/04/2021

Event - Promosi

5 menit

IIMS 2021: Wuih Ada Modifikasi Motor Vespa Pakai Turbo dan Suspensi Udara!
Modifikasi motor Vespa yang satu ini sangat unik, sebab mesinnya sudah ditambah sistem turbo dan kaki-kakinya pakai suspensi udara yang dikontrol lewat remote.

Ada banyak hal menarik dari ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, bukan hanya dari para Agen Pemegang merk (APM) mobil dan motor namun juga dari ranah modifikasi. Contohnya hasil modifikasi motor Vespa yang cukup unik ini.

Bagaimana tidak, modifikasi motor tersebut bukan hanya menggunakan basis motor Vespa klasik yang mungkin kini keberadaannya sudah cukup langka, namun juga sudah digarap dengan cukup ektrim. Satu diantaranya mengaplikasikan sistem suspensi udara (Air Suspension) serta mesinnya ditambahkan turbo.

>>> IIMS 2021 : Italjet Dragster Hadir di Indonesia, Harganya Mulai Rp 137 Juta

Motor dengan Suspensi Udara

Vespa VBB IIMS 2021

Sistem suspensi udara bisa dikontrol pakai remote

Modifikasi motor Vespa ini menggunakan basis Vespa VBB lansiran 1964. Desain bodi motor yang sudah unik dan terlihat klasik makin nyeleneh karena telah dimodifikasi pakai teknik choptop. Yaitu ketinggian motor dipangkas sehingga jauh lebih rendah dari aslinya, namun panjang serta lebar motor tetap dipertahankan.

Adalah Kupu-Kupu Malam, rumah modifikasi asal Yogyakarta yang mengubah motor berpenampilan nyelenah tersebut. Selain body yang sudah dipangkas, sistem kaki-kaki di motor ini telah menggunakan suspensi udara 2 titik untuk bagian depan dan belakang. Sementara tabung kompresor untuk suspensi ini diletakkan pada bagian belakang kiri dan bisa terlihat dari luar.

Vespa VBB Kupu-Kupu Malam

Mesinnya bisa terlihat dari luar

>>> Modifikasi All New Suzuki Carry, Ekstrim Pakai Suspensi Udara

Bahkan pengoperasian suspensi udara ini sudah mirip dengan yang diaplikasikan di mobil, yakni dapat diatur menggunakan remote control. Pada posisi terendah, bodi motor benar-benar begitu dekat ke aspal. Selain itu lampu depan juga sudah diganti dengan LED Dyamaker, dan speedometer juga telah diganti model digital dari SIP.

Mesinnya Ditambah Turbo dan Nongol di Luar

Hal unik Lainnya yang bisa ditemui dari modifikasi motor Vespa tersebut adalah sebagian komponen mesinnya yang diletakkan di luar. Sehingga terlihat dengan jelas seperti apa bentuk knalpot dari motor ini yang terhubung ke bagian karburator dari Koso PWK28 serta sistem pendinginan motor.

Vespa VBB Modifikasi

Konstruksi yang cukup rumit di bagian mesin

>>> Review Honda Civic Turbo Sedan 2016: Semakin Sporty dengan Mesin Turbo

Nah kalau melihat sistem peninginan di motor ini maka bisa terlihat jelas jika Vespa VBB tersebut sudah dipasang turbo. Adapun komponen yang terpasang adalah Turbo CT20. Penampilan sangar modifikasi Vespa asal Yogyakarta ini makin sangar berkat leburan cat Golden Greensand di sekujur tubuhnya.

Jika penasaran dengan bagaimana sosok motor Vespa racikan Kupu-Kupu Malam ini, bisa sambangi IIMS Hybrid 2021 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Sebab pameran berlangsung hanya sampai 25 April mendatang.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top