Cara Grab Hadapi New Normal, Pasang Pembatas hingga Wajib Bermasker

03/06/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Cara Grab Hadapi New Normal, Pasang Pembatas hingga Wajib Bermasker
Layanan transportasi berbasis aplikasi, Grab sudah siap menghadapi new normal. Sejumlah aturan disiapkan mulai dari memasang pembatas hingga wajib bermasker.

Layanan transportasi berbasis aplikasi Grab sudah menyiapkan sejumlah prosedur bagi para mitranya untuk menghadapi New Normal yang akan diterapkan di sejumlah wilayah Indonesia. 

Grab baru-baru ini meluncurkan GrabProtect sebagai protokol keamanan untuk mencegah penyebaran virus corona. GrabProtect dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan baru yang menjadi standar dalam industri ride-hailing. 

Layanan Grab

Layanan Grab di Asia Tenggara terapkan hal serupa

“Pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri. Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai,” kata Russell Cohen, Regional Head of Operations Grab seperti dikutip Cintamobil.com dari situs resmi Grab, Rabu (3/6/2020). 

>>> Tak Punya Model Baru, Harga Honda Freed Bekas Masih di Atas Rp 100 Juta

Apa saja yang dilakukan Grab kepada mitranya dalam mencegah penyebaran corona saat beroperasi di fase New Normal? 

1. Memastikan Pengemudi Sehat dan Penggunaan Masker

Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni.

Sejak adanya penyebaran virus COVID-19, mitra pengemudi dan pengantaran Grab telah menunjukkan inisiatif mandiri mereka dengan memberikan deklarasi kesehatan harian melalui Aplikasi Mitra Pengemudi Grab. 

Layanan Grab

Grab sudah menyiapkan sejumlah prosedur untuk beroperasi saat New Normal

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan. 

>>> Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

2. Kendaraan Dilengkapi dengan Partisi Plastik dan Peralatan Kebersihan

Grab akan memasang partisi plastik yang membatasi pengemudi dan juga penumpang di belakang. Ini dilakukan untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan juga pengemudinya. 

Selain itu, Grab juga akan mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan kepada mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan bekerja sama dengan produsen serta distributor untuk memudahkan para mitra dalam membeli produk kebersihan dengan harga terjangkau.

Layanan Grab

Layanan desinfeksi kendaraan yang disediakan Grab pada fase New Normal

>>> Ganjil Genap Jakarta Berlaku Kembali Setelah PSBB Selesai

Grab juga bakal mendistribusikan lebih dari 10.000 perangkat kesehatan pencegah Covid-19 seperti hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang. Nantinya hand sanitizer akan tersedia di tiap kendaraan. 

Grab juga telah mendirikan lebih dari 40 stasiun sanitasi di Indonesia, termasuk 21 stasiun di Jakarta di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk desinfeksi. Tak cuma itu, disarankan juga untuk melakukan transaksi secara non-tunai. 

3. Tak Pakai Masker Pesanan Bisa Dibatalkan

Menggunakan masker merupakan kewajiban saat ini. Oleh karena itu, bila ada pengemudi ataupun penumpang yang kedapatan tak menggunakan masker maka pesanan bisa dibatalkan. Nantinya pada alasan pembatalan bisa memilih 'pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)' sebagai alasan pembatalan. Grab tidak akan memberikan denda untuk alasan pembatalan ini.

>>> Berita menarik lainnya dalam dan luar negeri ada di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top