Tak Punya Model Baru, Harga Honda Freed Bekas Masih di Atas Rp 100 Juta

02/06/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Tak Punya Model Baru, Harga Honda Freed Bekas Masih di Atas Rp 100 Juta
Honda telah memutuskan untuk menyetop penjualan Freed di Indonesia. Meski begitu harga Honda Freed bekas masih terbilang baik yakni di atas Rp 100 jutaan.

PT Honda Prospect Motor pada tahun 2016 memutuskan untuk tak lagi menjual MPV berpintu geser Freed di Indonesia. Padahal pada saat itu, Honda di Jepang baru saja meluncurkan Freed versi terbaru untuk warga di Negeri Sakura.

Kala itu, Honda beralasan mobil yang memiliki bentuk seperti Freed tak lagi menarik di mata masyarakat Indonesia. Freed memiliki bentuk kotak mencirikan MPV khas Jepang. 

Harga Masih Tinggi

>>> Apakah Generasi Terbaru Honda Freed Dijual Di Indonesia?

Pihak Honda menyebut, orang Indonesia sudah mulai konsen untuk memperhatikan desain sebelum membeli mobil. Desain Freed dianggap tak lagi memenuhi selera masyarakat Indonesia meskipun model barunya punya wujud yang lebih stylish. 

Tapi jangan salah, meskipun tak ada lagi model baru yang dirilis harga Honda Freed bekas justru masih terbilang tinggi. 

Freed bekas

Beragam harga Freed bekas

Setidaknya dalam daftar mobil dijual Cintamobil.com, Freed dibanderol dengan harga di atas Rp 100 juta. Ini terbilang cukup baik bagi sebuah mobil yang versi barunya tak lagi dijual di Indonesia. 

>>> Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

Artinya Freed masih diminati sehingga membuat harga bekasnya menarik tak kalah dengan model-model baru yang dijual saat ini. 

Mengambil contoh harga Honda Freed bekas tipe SD keluaran tahun 2012 dengan jarak tempuh 10.000 km memiliki banderol Rp 138 juta. 

Ada juga Freed tipe PSD dengan jarak tempuh 57.000 km tahun 2014 dijual dengan harga Rp 165 juta. Bahkan untuk Freed tipe E bekas dengan jarak tempuh 95.000 km harga jualnya Rp 200 juta, setara dengan mobil-mobil Low MPV model baru. 

Honda Freed Bekas

Harga Freed bekas di Cintamobil.com

Freed bisa jadi pilihan Anda yang menginginkan mobil MPV namun sudah mengusung pintu geser laiknya di kelas premium dengan budget RP 150 jutaan. 

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Laris Manis pada Eranya

Freed memang pernah mencicipi manisnya penjualan di Indonesia. Dijual sejak tahun 2009, penjualan Freed terus merangkak naik. 

Mengutip data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun pertamanya Freed terdistribusi sebanyak 8.900 unit dalam waktu setahun.

Freed model baru

Wujud Honda Freed model terbaru

Kemudian pada tahun 2010 langsung naik menjadi 13.500 unit. Puncaknya, Freed mencatatkan penjualan sebanyak 19.811 unit pada tahun 2012 dan mulai turun menjadi 18.595 unit pada 2013. 

Tanpa model baru dan perubahan signifikan, penjualan Freed merosot pada 2014 yakni sebesar 6.517 unit. Kemudian sepanjang 2016 penjualannya kembali turun yakni 617 unit. 

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top