Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan

02/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan
Memasuki new normal, disarankan bagi mobil untuk dibersihkan menggunakan cairan desinfektan secara berkala. Berikut cara membersihkan mobil dengan desinfektan.

Fase New Normal yang bakal diterapkan di Indonesia membuat masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi baru. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar masyarakat tetap bisa beraktivitas normal namun tetap mewaspadai penyebaran virus corona. 

Mencuci tangan merupakan salah satu hal sederhana namun krusial dalam pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu, membersihkan kendaraan Anda pun menjadi bagian dalam pencegahan tersebut. 

>>> Kondisi New Normal Berpotensi Kerek Penjualan Mobil Baru

"Banyak orang yang masih menggunakan kendaraannya baik itu untuk mereka pergi bekerja atau hanya sekadar supermarket belanja kebutuhan pokok," ungkap New Model Engineering Nissan North America, Ryan Fulkerson dalam situs resmi Nissan. 

"Kami ingin memastikan mereka mengetahui mobil harus tetap terdesinfeksi," sambungnya lagi. 

Pihak kepolisian di Indonesia pun juga juga menyarankan bagi para pengendara untuk mendesinfeksi kendaraannya secara berkala. Untuk melakukan desinfeksi pada kendaraan Anda, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan sarung tangan baru kemudian mulai melakukannya pada permukaan kendaraan. 

>>> Tips Singkat Memeriksa Mobil Menuju Era New Normal

Bersihkan Mobil dengan Desinfektan pada New Normal

Bila permukaan mobil terlihat kotor, bisa dilap dengan menggunakan campuran sabun dan air. Sedangkan untuk bagian interior, disarankan untuk menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan cairan sabun dan air tersebut. 

Beberapa perlengkapan yang digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga cukup efektif dalam mendesinfeksi kendaraan. Namun ada juga beberapa yang justru berbahaya yakni seperti pemutih, hidrogen peroksida, benzena, thinner, dan cairan lain yang bersifat abrasif. 

Cairan desinfektan disemprot secara berkala pada mobil

Pihak kepolisian mengimbau bagi pengendara untuk membersihkan mobilnya menggunakan cairan desinfektan

>>> Begini Tips Aman Menjual Mobil di Tengah Pandemi Corona

Deretan produk berbahan kimia itu dapat membahayakan bagian permukaan pada interior mobil Anda. Supaya aman, Anda bisa menggunakan cairan semprot yang mengandung alkohol dengan kadar 70% dan itu efektif bisa mematikan virus corona. 

Mendesinfeksi bagian interior mobil bisa dibilang susah-susah gampang. Terlebih saat melakukannya di bagian layar hiburan. Sebagai bagian yang sering tersentuh jari, sebaiknya Anda lebih waspada saat mendesinfeksi bagian ini. Hindari membersihkannya dengan cairan yang bisa langsung menimbulkan efek. 

membersihkan layar sentuh

Membersihkan layar sentuh pada mobil

Gunakan cairan khusus pembersih layar atau lap halus yang sudah dibasahi dengan campuran sabun dan air. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan pembersih yang mengandung amoniak karena dapat membuat layar sentuh tak sensitif. 

Bagian Mobil yang Dilakukan Desinfeksi

Bila mobil sudah dibekali dengan fitur voice command atau perintah suara, hindari untuk membersihkannya. 

Selain layar hiburan, berikut daftar komponen mobil yang bisa dilakukan desinfeksi secara berkala: 

  • Setir
  • Kunci mobil
  • Pegangan pintu
  • Tombol Start/stop 
  • Spion kaca belakang
  • Tuas Transmisi
  • Tombol pembuka jendela
  • Tuas lampu sen
  • Konsol tengah dan armrest
  • Seat belt dan bucklenya
  • Rem tangan
  • Tuas pembuka pintu belakang dan juga tangki bensin.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga kabin tetap dalam kondisi bersih dengan menyemprotkan Car Air Desinfectant yang sekaligus bisa menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin. Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top