F1 Meksiko 2021: Max Verstappen Juara, Mercedes Gagal Total

08/11/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil memenangkan seri balap F1 Meksiko 2021. Dengan kemenangan tersebut, ia semakin menjauh dari Lewis Hamilton.

Setelah menjadi pemenang di Autodromo Hermanos Rodriguez, kini Max Verstappen unggul 19 poin dari sang juara bertahan, Lewis Hamilton. Pebalap asal Belanda tersebut memulai lomba dari posisi ketiga dan langsung mengambil posisi terdepan sejak lap pertama.

Hamilton sendiri berhasil mempertahankan posisi dan keluar di tikungan pertama di posisi kedua. Nasib buruk dialami oleh rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas yang memulai lomba dari pole position karena terlempar ke luar sirkuit setelah ban belakangnya ditabrak oleh Daniel Ricciardo.

>>> F1 Amerika 2021: Max Verstappen Menjauhi Hamilton di Puncak Klasemen

Manuver Apik dari Verstappen

Duo Mercedes-AMG Petronas sebenarnya mampu melakukan start dengan sangat baik, namun Verstappen yang memanfaatkan slipstream dari Bottas melakukan manuver agresif dengan late braking untuk memasuki tikungan pertama.

Gambar Manuver Max Verstappen

Manuver agresif dari Max Verstappen (kanan) saat start berbuah manis

Lewis Hamilton yang memanfaatkan sisi kanan tikungan juga mampu mendahului Bottas. Ricciardo yang selalu memiliki reaction time apik saat start berusaha untuk memanfaatkan celah yang tersisa untuk merangsek ke posisi ketiga.

Sayangnya, celah itu tak cukup besar sehingga ia menabrak ban belakang Bottas dan membuat pebalap asal Finlandia tersebut melintir ke luar lintasan. Ricciardo sendiri mengalami kerusakan di bagian sayap depan sehingga ia harus masuk ke dalam pit untuk melakukan perbaikan.

>>> Red Bull Racing Tetap Pakai Power Unit Honda Sampai 2025

Kegagalan Strategi Undercut Mercedes

Kesulitan untuk menyalip Verstappen, tim Mercedes-AMG Petronas pun menginstruksikan Hamilton untuk masuk ke pit lebih cepat demi melakukan undercut. Ia akhirnya masuk ke pit pada lap 30 untuk pergantian ban.

Gambar Lewis Hamilton Pitstop

Tim Mercedes berniat untuk melakukan undercut terhadap Verstappen dengan pitstop lebih awal

Sayangnya, strategi ini tak berbuah manis karena Hamilton kembali bergabung dengan rombongan pebalap di posisi kelima di belakang Ferrari yang dikendarai oleh Charles Leclerc. Ia pun harus tertahan di belakang dan tak mampu kembali ke barisan terdepan sebelum duo Red Bull Racing masuk ke dalam pit.

Max Verstappen masuk ke dalam pit pada lap 34 dan mampu bergabung dengan rombongan di posisi kedua di belakang rekan setimnya, Sergio Perez. Pendukung Perez di Autodromo Hermanos Rodriguez pun bersorak saat sang pebalap tuan rumah memimpin perlombaan.

Gambar Sergio Perez

Sergio Perez jadi pebalap tuan rumah pertama yang bisa memimpin lomba di Grand Prix Meksiko

Perez masuk ke pit pada lap 41, dan masuk ke sirkuit di belakang Hamilton. Ia pun mulai mengejar sang juara bertahan dan berhasil melakukan fastest lap pada putaran ke-50.

Tertahan di Belakang Traffic

Memasuki 10 lap terakhir, para pebalap di barisan terdepan pun mulai terhadang oleh lalu lintas mobil-mobil lain yang menjadi backmarker. Lewis Hamilton sempat mengeluhkan bahwa temperatur mobil dan bannya terlalu panas karena berada di belakang McLaren yang dikendarai Lando Norris.

Perez pun mulai mengintai di belakang dengan selisih waktu tak sampai 2 detik. Ia pun diberikan instruksi untuk mengeluarkan semua energi dari baterai sistem hybrid RB16B demi mengamankan finish di posisi 1 dan 2 untuk Red Bull Racing.

Untungnya, Hamilton berhasil mempertahankan posisinya dengan baik hingga akhir balapan. Max Verstappen menjadi pebalap pertama yang melewati chequered flag disusul oleh Hamilton dan Perez. Bottas yang menjadi pole sitter justru hanya mampu finish di urutan ke-15.

>>> Intip Pilihan Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga yang Menarik di Sini

Gambar Red Bull Racing

Verstappen finish di posisi pertama dan Checo di posisi ketiga

Dengan kemenangan ini, tak hanya Max Verstappen yang semakin menjauh di puncak klasemen, tim Red Bull Racing pun semakin mendekati posisi Mercedes-AMG Petronas di klasemen konstruktor. Dengan 4 seri balap yang tersisa, bukan tak mungkin mereka berhasil menyalip Mercedes sebagai juara konstruktor.

Berikut hasil balap F1 Meksiko 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Meksiko 2021

Hasil balap F1 Meksiko 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top