Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Lebih Fleksibel Dari MPV dan Sedan

21/05/2021

Share this post:

Toyota Corolla Cross 2021

Editor rate:

Rp 463.510.000

Lihat promo

Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin varian yang lebih murah disertai fitur yang tidak kalah dari varian hybrid

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Lebih Fleksibel Dari MPV dan Sedan
Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Lebih Fleksibel Dari MPV dan Sedan
0 Gambar

Pengantar Toyota Corolla Cross 2021

Mari kita simak spesifikasi Toyota Corolla Cross 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior dan interior 

Nyaman dan fun to drive

Kinerja mesin 

Kekurangan

Belum ada  fitur Toyota Safety Sense 

Belum ada varian 7 seater 

Harga jual mahal 

Inilah SUV andalan PT Toyota-Astra Motor yang siap menantang para rival sekelas. Desain menawan, platform TNGA dan kinerja mesin bensin yang kompetitif, seberapa besar peluangnya untuk memikat hati konsumen agar berpindah pilihan? Simak terus Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 di bawah ini.  

gambar toyota corolla cross

Tetap memiliki nilai jual unggulan guna memikat konsumen

Setelah meramaikan segmen pasar SUV kelas 1,8 liter sejak  Agustus 2020, Toyota Corolla Cross bermesin bensin 1,8 liter ini menjadi salah satu varian yang berstatus sebagai biang penasaran bagi  calon konsumen. Bisa dimaklumi, dengan harga lebih terjangkau dibanding varian hybrid dan secara fitur juga cukup lengkap, Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 menawarkan value for money yang kompetitif.

Alhasil, walau PT Toyota-Astra Motor lebih mengutamakan  varian hybrid daripada varian bensin, nyatanya Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 tetap memiliki nilai jual tersendiri. Layakkah diboyong pulang untuk mengisi koleksi garasi rumah Anda? Mari kita simak spesifikasi Toyota Corolla Cross1.8 Gasoline 2021 di bawah ini.

>>> Promo Corolla Cross New Normal Deals di Auto2000 Digiroom

Eksterior Toyota Corolla Cross 2021

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Tampilan Depan

Fascia depan SUV berplatform crossover ini menghadirkan bahasa tubuh Toyota generasi terbaru yang penuh dengan nuansa kekinian mengikuti arahan platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Tampilan yang agresif memang lebih memikat dibanding bahasa desain Toyota generasi terdahulu seperti "Vibrant Clarity" maupun "Keen Look".

gambar toyota corolla cross

Bahasa desain modern dan sarat dengan aura kekinian

Garis tegas pada kap mesin menegaskan aura berotot Sedangkan grille depan berukuran besar menjamin kelancaran pasokan udara  demi pendinginan maksimal untuk mesin dan aspek aerodinamika yang lebih baik. Headlamp model sipit dan lampu kabut dilengkapi teknologi  LED (Light Emitting Diode) yang  lebih terang dan hemat energi.  

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Tampilan Samping

Beralih pada sisi samping, produk andalan PT Toyota-Astra Motor untuk segmen pasar SUV kelas 1,8 liter  ini tampil dengan aura gagah dan sporty melalui velg alloy 18 inci. Sedangkan ban Michelin Primacy memberikan  grip dan traksi yang optimal  plus  cukup senyap demi kenyamanan para penumpang sepanjang perjalanan. Instalasi body cladding pada bagian bawah pintu mendongkrak  kesan kokoh untuk SUV kelas 1,8 liter ini.

gambar toyota corolla

SUV yang kental dengan aura tampilan sporty

Selanjutnya pilar D yang tebal memberikan kesan desain ala SUV kekinian pada crossover terbaru Toyota ini. Tampilan unik juga terlihat pada panel rear quarter belakang yang bertumpuk dan mempunyai lekukan mirip pinggul serta terhubung hingga lampu belakang.   

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Tampilan Belakang

Berlanjut menuju fascia belakang, SUV bermesin bensin 1,8 liter keluaran Toyota ini memancarkan aura kokoh dan maskulin melalui desain bemper belakang yang dilengkapi body cladding berwarna hitam yang mencirikan sosok crossover sejati. Sayangnya lubang pipa knalpot hanya ada satu buah, padahal akan lebih baik dan terlihat semakin sporty jika dibuat menjadi sepasang serupa Mazda CX-3.

gambar corolla cross

Desain unik model tumpuk dan siluet pinggul terlihat jelas di sini

O iya, desain model tumpuk dan siluet pinggul menjadi salah satu ciri khas desain fascia belakang yang tiada duanya. Senada tampilan fascia depan, desain lampu belakang/rem/stop dibuat menyipit dan pipih yang menciptakan kesan lebih dinamis. Secara keseluruhan, fascia belakang SUV unik ini terlihat seperti wajah topeng Jepang (kabuki) yang menguatkan asal usulnya dari negeri matahari terbit.


Interior Toyota Corolla Cross 2021

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Cockpit

Ruang kerja pengemudi Toyota Corolla Cross bermesin bensin 1,8 liter ini  didominasi warna hitam yang mencerminkan aura  elegan dan berkelas serta membuat kabin tidak mudah kotor. Tata letak tombol pengaturan fitur mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengemudi. Posisi dashboard cukup tinggi, namun  tidak  mengurangi visibilitas ke arah depan.

gambar corolla cross

Elegan, ergonomis dan kelengkapan fitur menjadi nilai jual unggulan ruang kerja pengemudi

Kemudi memiliki diameter cukup besar dan mantap digenggam tangan serta dilengkapi tombol pengatur audio, MID, cruise control plus  tilt dan telescopic sehingga memudahkan untuk mendapatkan posisi mengemudi yang paling cocok.  

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Kursi Depan

Kursi model semi bucket pada Toyota Corolla Cross bermesin bensin 1,8 liter ini dilengkapi side support untuk alas duduk plus sandaran punggung sehingga mampu memeluk mantap tubuh pengemudi maupun penumpang depan ketika mobil bermanuver dengan kencang.

gambar corolla cross

Kursi semi bucket dengan pengaturan manual mampu mendekap tubuh dengan mantap

Semua kursi sudah dilapisi dengan kulit berwarna gelap sehingga terlihat mewah dan memberikan kenyamanan optimal bagi segenap penumpang sepanjang perjalanan. Pengaturan posisi duduk pengemudi juga fleksibel walau dilakukan secara manual dengan sistem tuas.   

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Kursi Belakang

Bagi penumpang kursi belakang, urusan kenyamanan disumbangkan oleh fitur reclining (walau terbatas) serta ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega demi kenikmatan selama perjalanan dalam kota maupun luar kota. Kenyamanan penumpang belakang juga didukung keberadaan sandaran tangan di bagian tengah yang dilengkapi dengan cup holder.

gambar kursi corolla cross

Aspek kenyamanan juga dimaksimalkan bagi penghuni kursi baris kedua

Tersedia  pula kisi-kisi AC pada konsol tengah yang mengalirkan udara sejuk. Konsol tengah juga menyediakan power outlet USB untuk men-charge baterai smartphone sepanjang perjalanan.  

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Bagasi

Menyandang predikat SUV, tentu saja aspek kepraktisan dan utilitas menjadi nilai jual utama.  Dan Toyota sudah merancang SUV crossover ini secara optimal melalui volume 487 liter untuk ruang bagasi yang sangat memadai untuk menjawab kebutuhan membawa barang bawaan dari 5 orang penumpang.

gambar bagasi corolla cross

Tersedia ruang bagasi dengan kapasitas 487 liter untuk memenuhi kebutuhan 5 orang penumpang

Memang harus diakui, lantai bagasi yang maju ke dalam membuat akses bongkar muat untuk barang berat menjadi agak merepotkan karena harus diangkat, bukan digeser. Terlebih lagi buka tutup  pintu bagasi dilakukan secara manual.  

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Moonroof

Keberadaan moonroof memberikan kesan mewah dan lega pada kabin SUV crossover andalan Toyota ini. Menyandang nama moonroof, Anda bisa menikmati perjalanan sambil melihat cahaya langit tanpa khawatir udara luar masuk karena  bagian plafon bisa digeser ke belakang sehingga ruang kepala tetap baik.

gambar moonroof

Moonroof memberikan kesan kabin yang lapang bagi para penumpang

Moonroof bisa dibuka dengan cara digeser secara elektrik dan tersedia fitur tilt. Sebenarnya moonroof kurang bermanfaat di negara dengan iklim tropis, tapi adanya fitur ini menjadi nilai jual tersendiri karena tidak semua mobil sekelas menawarkannya.   

Fitur Toyota Corolla Cross 2021

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Sistem Hiburan

Alasan untuk meminang Toyota Corolla Cross bermesin bensin 1,8 liter 2021 bukan hanya karena tampilan yang sama persis dengan varian hybrid, juga kelengkapan fitur yang ditawarkan. Konsumen tetap mendapatkan perangkat moonroof yang bergengsi, kepraktisan dan utilitas kabin yang tinggi, sama persis dengan varian hybrid.

gambar corolla cross

Fitur NFC menjadi nilai jual unggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain sekelasnya

Dan tidak ketinggalan head unit dengan layar sentuh 9inci yang dilengkapi fitur AM/FM Stereo, Bluetooth, Miracast, NFC, USB dan Voice Command. Secara spesifik, fitur NFC (Near Field Communication) untuk mengetahui sisa saldo e-toll menjadi satu-satunya di kelas SUV crossover 1,8 liter.  

Review Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021: Fitur Keselamatan dan Keamanan

Satu catatan penting untuk Toyota Corolla Cross 1,8 liter peminum bensin adalah tidak ada fitur keselamatan Toyota Safety Sense yang membuat mobil menjadi lebih aman selama perjalanan. Tetapi buang jauh-jauh rasa khawatir karena varian pemilik mesin 2ZR-FE ini didukung perangkat keselamatan aktif dan pasif yang tergolong komprehensif. Mulai rem cakram untuk semua roda yang sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist).

gambar corolla cross

Emergency Brake Signal (EBS), memberitahu pengemudi di belakang agar menjaga jarak aman

Tersedia fitur EBS (Emergency Brake Signal) yang memberitahu pengemudi kendaraan lain di belakang agar menjaga jarak aman saat pemegang kemudi Toyota Corolla Cross sedang melakukan pengereman panik. Saat berhenti di tanjakan, Toyota Corolla Cross tidak akan menggelinding ke belakang karena ditahan oleh  HSA (Hill Start Assist). Demikian pula olah gerak (manuver) dalam kondisi ekstrem akan dikawal oleh fitur VSC (Vehicle Stability Control).

Operasi Toyota Corolla Cross 2021

Respons mesin 2ZR-FE yang digunakan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 terasa cukup responsif sejak putaran bawah dan segenap output mesin mengalir secara linear hingga putaran tinggi. Karakter tersebut menjadi ciri khas mesin Toyota seri 2ZR. Torsi sebesar lebih kurang 130 Nm yang tersedia mulai dari 1.000 rpm mendukung mobilitas dalam kondisi lalu lintas stop and go dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

gambar mesin

Performa mesin Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 cukup responsif pada semua rentang putaran

Tim Cintamobil.com sudah buktikan saat melaju di tengah kepadatan lalu lintas dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, konsumsi bahan bakar tercatat 12 km/liter. Ketika melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 meraih konsumsi bensin RON 95 senilai 17,3 km/liter. Pada sisi lain, kemampuan berakselerasi juga tergolong cukup baik dan saat pengujian dengan alat Racelogic, Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 mampu berlari dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 11,1 detik.

Spesifikasi Toyota Corolla Cross 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021.

Mesin
Tipe  2ZR-FE, 4 silinder segaris  
Pasokan bahan bakar  EFI (electronic fuel injection) 
Sistem katup  Dual VVT-i, DOHC 16 katup (2 intake & 2 exhaust per silinder)
Tenaga  138 hp/6.400 rpm
Torsi   172 Nm/4.000 rpm
Kapasitas  1.798 cc
Diameter x Langkah 80,5 mm X 88,3 mm
Transmisi & Sistem Penggerak  CVT, FWD
Dimensi 
Panjang X Lebar X Tinggi 4,460 mm X 1,825 mm X 1,620 mm
Jarak Sumbu Roda  2,640 mm
Ground Clearance  165 mm
Kapasitas Tangki 47 Liter
Sasis
Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut/Torsion Beam  

Sistem Kemudi Rack and Pinion, Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Cakram ventilasi/cakram 
Teknologi Sistem Pengereman ABS, EBD, BA
Teknologi Sasis Toyota New Global Architecture
Struktur Sasis Monokok TNGA-C, SUV C-Segment
Velg Alloy 18 inci 
Ban  225/50 R18 

Daftar Harga Toyota Corolla Cross 2021

Berikut data harga untuk semua varian Toyota Corolla Cross 2021 yang dipasarkan oleh PT Toyota-Astra Motor di Indonesia. Harganya sudah on the road untuk wilayah DKI Jakarta, untuk wilayah di luar DKI Jakarta harganya tentu berbeda. 

Model   Harga   
Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline  Rp 463.510.000
Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid Rp 518.480.000

Kesimpulan Toyota Corolla Cross 2021

Rasanya sulit untuk menampik godaan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 yang dipasarkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Indonesia. Tampil dengan format SUV (Sport Utility Vehicle), Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 memberikan fleksibilitas dan utilitas yang lebih tinggi daripada MPV dan sedan. Tawaran harga Rp 463.510.000 atau lebih murah Rp 54.970.000 daripada varian hybrid (Rp 518.480.000) juga menjadi salah satu nilai jual unggulan.

gambar toyota corolla cross

Pilihan bagi konsumen yang ingin Toyota Corolla Cross non-hybrid

Cocok bagi konsumen yang ingin Toyota Corolla Cross dengan harga lebih murah. Bicara soal value for money, Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline 2021 memang tidak dilengkapi dengan fitur driving mode dan efisiensi khas varian hybrid namun boleh disebut varian non-hybrid ini tidak  kalah banyak dari varian hybrid. Selain itu, nama besar Toyota di Indonesia menjamin Anda bebas dari rasa khawatir soal layanan purnajual dan lebih khususnya lagi, harga jual kembali (sebagai mobil second hand).  

>>> Review Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Untuk Keluarga

Heradiranto
Share this post:
Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top