Review Volvo FH16 2012

28/02/2019

Share this post:

Volvo FH16 2012

Editor rate:

Lihat promo

Truk ini memang sengaja dibuat oleh perusahaan otomotif asal Swedia yaitu Volvo untuk membantu meringankan pekerjaan para pekerja tambang. Karena seri FH sendiri memang truk yang disiapkan untuk keperluan heavy duty. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai truk ini? Kami langsung melompat ke bangku pengemudi untuk mengetahui bagaimana rasa berkendara truk Volvo FH16 2012

Review Volvo FH16 2012
Review Volvo FH16 2012
0 Gambar

Pengantar Volvo FH16 2012

Mari kita simak spesifikasi Volvo FH16 2012 di bawah ini.

Kelebihan

Salah satu truk ter-aman di dunia saat ini

Salah satu truk dengan fitur keselamatan terlengkap dikelasnya

Salah satu truk ternyaman yang pernah kami coba

Kekurangan

Harga sangat mahal karena impor utuh dari Swedia

Operational cost tinggi dan belum se-affordable truk Jepang

Jaringan servis di Indonesia tidak sebanyak truk asal Jepang

Gambar mobil Volvo 16 lawas berwarna merah sedang mengangkut kayu

Volvo adalah salah satu produsen kendaraan ter-advanced dan berpengalaman didunia

Review Volvo FH16 2012 - Volvo sudah dikenal di dunia sebagai salah satu perusahaan produsen kendaraan ter-advanced dan yang paling aman serta berpengalaman di dunia. Tidak hanya mobil-mobilnya saja, truk mereka juga dikenal sebagai salah satu truk ter-aman yang pernah dijual di bumi. Dahulu kala, banyak sekali truk Volvo beredar di jalan Indonesia, karena salah satu perusahaan transportasi besar di Indonesia mengandalkannya sebagai armada untuk memperkuat bisnis mereka.

Gambar menunjukkan desain mobil Volvo FH16 2012 yang sedang parkir di halaman yang indah

Tampak sebuah Volvo FH16 tractor head yang kami coba langsung di area tertutup

Lama tak terdengar kabar, Volvo Truck berjibaku kembali di pasar tanah air, mereka membawa lengkap line up truk mereka ke Indonesia, kesemua truk Volvo didatangkan utuh, bulat-bulat dari Swedia, dengan cukup banyak penyesuaian fitur agar harga jualnya tetap kompetitif melawan truk-truk Eropa yang dijual di Indonesia, seperti MAN, Mercedes-Benz, serta merek asal Jepang lainnya seperti Fuso, ISUZU serta Hino. 

Gambar menunjukkan Tim Tester Cintamobil melompat kebalik kemudi Volvo FH16

Tim tester Cintamobil langsung melompat ke bangku pengemudi untuk mengetahui impresi dari truk andalan Volvo ini

Tak hanya mengulas secara detail dan lengkap saja, kami dari Cintamobil.com mengirimkan salah satu tester yang sudah berpengalaman untuk mencoba truk Volvo dengan varian FH16 di Sentul International Circuit pertengahan tahun 2018 lalu. Menurut impresinya, truk Volvo yang masuk dalam keluarga tractor head ini cukup dapat diandalkan di medan berat. Berikut ini ulasan lengkap dari Cintamobil mengenai review Volvo FH16 2012.

Eksterior Volvo FH16 2012

Review Volvo FH16 2012 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan mobil Volvo FH16 2012

Tampilan depan dari Truk Volvo FH16 ini begitu kekar dan jujur saja, terlihat mewah

Meski akta lahirnya sebagai truk atau kendaraan untuk bekerja, namun secara tampilan ternyata truk Volvo FH16 ini cukup menarik, Anda bisa lihat dari tampilan depan truk Volvo FH16 2012 ini mewah dengan desain lampu yang menyatu dengan lampu daytime running light ber-bohlam LED (Light Emitting Diode) grill depan dari truk ini juga menyiratkan kesan kekar. Sayang sekali truk Volvo FH16 yang kami tes belum dilengkapi dengan radar lengkap seperti versi luar negeri.

Review Volvo FH16 2012 : Tampilan Samping

Gambar mobil Volvo FH16 2012 berwrna abu-abu dilihat dari sisi samping

Aura mewah dan kekar terus terpancar dari tampilan samping truk Volvo FH16 yang sudah ada sejak 2012 ini

Aura mewah dan kekar terus terpancar dari tampilan samping truk Volvo FH16 yang sudah ada sejak tahun 2012 ini, garis bahu jendela yang meninggi ke atas memberikan kesan dinamis pada truk ini, desain ini senada dengan garis bodi pada pintu truk Volvo FH16 ini. Untuk naik ke kabin juga mudah, karena ada pijakan kaki yang terbuat dari bahan aluminium yang membuat grip pada sepatu atau sandal yang Anda gunakan menjadi lebih kuat dan tidak licin. 

Review Volvo FH16 2012 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang mobil Volvo FH16 2012

Tampilan belakang pada truk ini seperti lazimnya truk berjenis tractor head, begitu fungsional

Seperti lazimnya truk dengan jenis tractor head, bentuk tampilan belakang truk Volvo FH16 2012 begitu fungsional, serta klimis. Hanya ada beberapa bagian yang eye catching seperti stiker mata kucing dengan warna kuning dan merah pada truk ini. Juga lampu belakangnya yang sudah mengandalkan bohlam berjenis LED yang mempunyai kelebihan yaitu hemat daya listrik dan lebih terang pancaran sinarnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Volvo FH16 2012

Review Volvo FH16 2012 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Volvo FH16 2012

Begitu banyak tombol pengaturan yang ada di setir Volvo FH16 ini, namun sayang...

Sayangnya tombol-tombol pengatur fitur pada head unit, kamera serta radar maupun multi information display hanya ada di Volvo FH16 full option yang tidak dijual di Indonesia. Meski demikian, setir Volvo FH16 2012 ini dapat diatur posisinya dengan sangat fleksibel, mau naik bisa, turun juga bisa, tidak hanya itu saja, untuk maju serta mundur dapat dengan mudah diatur posisinya. Benar-benar truk yang nyaman...

Review Volvo FH16 2012 : Posisi duduk

Teman dari team Cintamobil.com sedang mencoba Posisi duduk pada mobil Volvo FH16 2012

Volvo FH16 adalah salah satu truk ter-nyaman yang pernah tim tester Cintamobil.com coba

Sebelum Volvo FH16, sedikitnya kami telah mencoba beberapa truk yang dijual ditanah air, dan kami harus mengakui bahwa posisi duduk dari Volvo FH16 adalah salah satu yang ternyaman yang pernah Cintamobil.com coba. Kursinya empuk, pun begitu dengan pengaturan posisinya yang fleksibel. Kami yakin, siapapun pengemudi yang duduk di bangku ini akan merasa terbuai dengan kenyamanannya.

>>> Baca juga:

Fitur Volvo FH16 2012

Review Volvo FH16 2012 : Radar

Gambar menunjukkan Radar pada mobil Volvo FH16 2012

Sebagai salah satu merek kendaraan yang concern akan keselamatan, Volvo FH16 ini tidak main-main dengan fitur keselamatannya

Volvo di dunia transportasi maupun per-mobilan sangat dikenal dengan merek yang identik dengan keamanan. Tidak hanya mobil-mobil keluaran perusahaan kendaraan asal Swedia ini saja yang aman, namun kendaraan besar mereka seperti truk Volvo FH16 ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan sangat memadai. Ambil contoh, ABS, EBD, serta Traction Control bukan barang baru di truk ini, namun truk ini dilengkapi dengan radar pintar yang dapat menangkap informasi jalan dan melakukan intervensi ke setir hingga rem. Sistem ini disebut Driver Alert System, Line Keeping Support, dan Lane Change Support. Sayangnya, lagi-lagi fitur canggih seperti ini tidak masuk Indonesia karena selain infrastruktur negara kita belum siap juga demi mengejar harga jual yang kompetitif.

Review Volvo FH16 2012 : Paket Perawatan

Gambar menunjukkan seorang mekanik yang sedang Perbaikan Volvo FH16 2012

Teknisi handal akan membantu Anda dalam melakukan perawatan truk Volvo FH16 ini

Membahas mengenai berbagai fitur canggih yang ada pada truk Volvo FH16 2012  ini sudah kami lakukan, kini saatnya kami membahas sesuatu yang jarang untuk dibahas, yaitu paket servis. Volvo Trucks mempunyai sistem pintar yang dapat mendeteksi kondisi dari truk Volvo FH16 Anda. Dengan sistem real-time ini akan dengan mudah diketahui kondisi aktual truk Anda, dan sistem canggih ala Volvo Trucks ini mulai ditiru oleh kompetitor lainnya asal Jepang.

Gambar menunjukkan Paket monitoring dan perawatan Volvo FH16 2012

Dengan sistem pintar tersebut, kondisi armada truk Volvo FH16 Anda dapat diketahui secara real-time

Review Volvo FH16 2012 : Spion

Gambar menunjukkan tampilan bagian Spion dari mobil Volvo FH16 2012

Kaca spion truk Volvo FH16 ini dapat diatur dari kabin, karena sudah elektris

Kecanggihan fitur terus disajikan oleh Volvo FH16 2012 ini kepada konsumennya, salah satu fitur yang memudahkan Anda adalah kaca spion pada truk Volvo FH16 ini dapat diatur dari kabin karena sudah menganut kaca spion elektris. Bahkan, pada beberapa negara di Eropa kaca spion ini sudah dilengkapin dengan pemanas sehingga pada saat suhu dingin, kaca spion tetap dapat menampilkan visibilitas yang baik. Sayangnya (lagi) fitur ini dipangkas saat masuk Indonesia.

>>> Volvo Powerpulse, Teknologi Anti Turbo Lag Ala Volvo

Operasi Volvo FH16 2012

Gambar menunjukkan tampilan bagian mesin mobil Volvo FH16 2012

Mesin berkode D16C yang tertanam dibalik kabin Volvio FH16 cukup dapat diandalkan

Volvo FH16 dilengkapi dengan mesin berkode D16C yang spesifikasi lengkapnya Anda dapat lihat pada tabel spesifikasi di bawah, yang istimewa untuk dibahas adalah transmisi i-Shift pada Volvo FH16 ini. Sejatinya transmisi i-Shift adalah sebuah transmis dengan cara kerja otomatis tapi manual atau AMT (Automated Manual Transmision). Transmisi AMT adalah transmisi yang perpindahan gigi beserta pengaturannya diatur oleh sistem pada modul komputer. Jadi pada transmisi i-Shift ini tetap ada prosesi penginjakan kopling lazimnya sebuah kendaraan manual, namun proses itu dilakukan oleh komputer. Makanya enggak heran, i-Shift pada truk Volvo ini sering disebut sebagai transmisi manual yang di-otomatiskan.

Gambar menunjukkan team Cintamobil.com sedang coba mobil Volvo FH16 2012

Volvo FH16 dilengkapi dengan transmisi AMT yang efisien dan menyalurkan tenaga dengan baik

Cara kerjanya pun mudah dipahami karena secara teknis sama dengan transmisi AMT pada umumnya, perpindahan gigi dan aktivas kopling menggunakan pompa aktuator selenoid yang punya fungsi menekan dan menggeser kopling ke tingkat yang dibutuhkan. Perintah untuk pindah gigi dan aktivasi kopling diperintahkan melalui modul transmisi dan ECU (Electronic Control Unit) si girboks i-Shift itu sendiri. ECU pada girboks i-Shift akan membaca beberapa parameter untuk menentukan perpindahan gigi, diantaranya kecepatan mobil, putaran mesin, sudut elevasi jalan, dan input dari pedal gas.

Gambar menunjukkan transmisi AMT pada Volvo FH16 2012

Transmisi i-Shift 12 percepatan ini memiliki rasio yang pendek-pendek demi mengkompensasi pendeknya 'nafas' mesin diesel

Begitulah cara kerja transmisi i-Shift pada truk Volvo. Perintah untuk menaikkan atau menurunkan posisi gigi diperoleh dari ECU transmisi i-Shift dan modul transmisi. Ketika salah satu dari beberapa parameter itu tercapai maka transmisi akan berpindah posisi baik naik ataupun turun. Bagi beberapa orang transmisi i-Shift ini cenderung gugup bahkan dinilai kasar, padahal jika mengetahui triknya, mengendarai mobil bertransmisi i-Shift cukup nyaman.

Gambar menunjukkan transmisi i-Shift Volvo FH16 2012

Transmisi AMT (Automated Manual Transmision) berjuluk i-Shift ini membantu performa truk ini ketika menanjak maupu melaju

>>> Ini Sudut Pandang Pengemudi Truk Terhadap Titik Buta Pada Truk

Spesifikasi Volvo FH16 2012

Berikut ini adalah spesifikasi Volvo FH16 2012.

Mesin Volvo FH16 2012

Seri Mesin

D16C, 6 Silinder Segaris

Rasio Kompresi

16,8 : 1

Tenaga Maksimum

610 Hp @ 1.600 - 1.700 rpm

Torsi Maksimum

2.800 Nm @ 1000 - 1.500 rpm

Kapasitas Silinder

16.123 cc

Bore X Stroke

144 mm X 165 mm

Tipe Transmisi

i-Shift (Automated Manual Transmission), 12 Tingkat Percepatan

Rangka Volvo FH16 2012

Panjang X Lebar X Tinggi

5.990 mm X 2.495 mm X 3.492 mm

Jarak Sumbu Roda

3.800 mm

Radius Putar

13,7 meter

Berat Kotor

N/A

Kapasitas Tangki

200 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Volvo FH16 2012

Suspensi Depan & Belakang

Air Suspension & Leaf Spring

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Full Air Brake

Struktur Sasis

Heavy Duty Tractor Head

Struktur Bodi

Steel and Aluminium

Handbrake

Menggunakan mekanisme hidrolik

Pelek

Alcoa Aluminium Rim

Jenis Ban

Bias, dengan ukuran 315/70-R22,5

Daftar Harga Volvo FH16 2012

Harga Volvo FH16 ini adalah sekitar Rp 1,500,000,000 hingga Rp 2,300,000,000 dalam keadaan off the road alias belum termasuk BBN atau biaya balik nama serta pajak. 

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo mobil-mobil lainnya

Kesimpulan Volvo FH16 2012

Gambar menunjukkan Tampak depan sebuah Volvo FH16 2012 berwarna abu-abu sedang berjalan di jalan Indonesia

Dengan segala keunggulan maupun kekurangannya, layakkah truk ini dijadikan armada usaha Anda?

So, is this truck for you? Jika Anda pengusaha jasa transportasi atau jasa pengangkutan barang yang membutuhkan truk dengan kualitas wahid, dan sesekali Anda ingin mengendarai truk Anda sendiri, maka Volvo FH16 ini adalah truk yang cocok untuk Anda.

>>> Tertarik dengan artikel review tentang Volvo FH16 2012 dan ingin cari tahu lebih banyak tentang mobil-mobil lain? Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Volvo Bus B11R 2011 Transjakarta

26/02/2019

Editor rate:

Bus ini memang baru ditanah air, namun sebenarnya bus Volvo B11R ini sudah muncul pertama kali di bumi tahun 2011. Ini pendapat kami mengenai Volvo B11R yang digunakan oleh Transjakarta Busway.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 2017, Si Tayo Yang Akan Membuat Pengusaha Bis Cepat Kaya

21/02/2019

Editor rate:

Inilah bus yang sempat menggegerkan dunia pecinta bis di Indonesia, sebuah bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 2017. Ini pendapat kami mengenai Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 2017

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Arocs 2018

12/02/2019

Editor rate:

Pernahkah terbayang di benak Anda, sebuah truk besutan Mercedes? Bilamana kita sering mendengar sedan maupun Sport Utility Vehicle (SUV) dari Mercedes, nyatanya model truk juga digarap oleh pabrikan asal Jerman tersebut yang dinamai Arocs. Apakah kendaraan satu ini mampu menarik minat para kontraktor? Mari kita cari tahu kelebihannya dalam review Mercedes-Benz Arocs 2018.

Lihat juga

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

30/01/2019

Editor rate:

Tak hanya mobil penumpang saja, medan persaingan Medium Duty Truck juga sama panasnya dan sengit, banyak pemain yang berkecimpung disini, ada Hino, UD Trucks, Isuzu, hingga Mitsubishi. Segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya. Guna mencapai target penjualan tahun 2019 ini, Mitsubishi memperkenalkan andalan terbaru mereka, yakni sebuah Mitsubishi Fuso Fighter. Inilah ulasan kami mengenai Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

Lihat juga

Review KMW AMMDes Calon Kendaraan Nasional Indonesia 2019

05/12/2018

Editor rate:

KMW AMMDes merupakan akronim dari Alat Mekanis Multiguna PeDesaan yang merupakan proyek kerjasama antara PT Kiat Inovasi Indonesia dengan Velasto Indonesia. Apakah ini merupakan mobil yang masuk calon kendaraan nasional Indonesia tahun 2019?

Lihat juga