Review Toyota Wish 2003

08/12/2018

Share this post:

Toyota Wish 2003

Editor rate:

Lihat promo

Beberapa dari kita mungkin banyak mengetahui Toyota Wish. Sosok mobil keluarga yang berdiri di lini Multi Purpose Vehicle (MPV). Di zamannya, mobil satu ini hanya bisa didapatkan dari diler importir saja khususnya di kota besar. Namun jangan salah apabila mobil ini masih terlihat di jalanan kota karena memang sosoknya masih digemari oleh beberapa masyarakat. Inilah review Toyota Wish 2003.

Review Toyota Wish 2003
Review Toyota Wish 2003
0 Gambar

Pengantar Toyota Wish 2003

Mari kita simak spesifikasi Toyota Wish 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Harga sudah pasti sangat terjangkau

Mobil yang memiliki tampilan modis serta akomodatif untuk kebutuhan keluarga

Performa mesin terbilang bertenaga dan cukup irit bahan bakar

Kekurangan

Karena model ini tergolong CBU, Sparepart cukup susah dicari yang menuntut Anda untuk mencarinya dengan bergabung bersama komunitas Toyota Wish Indonesia

Ventilasi AC hanya didapati pada dashboard sehingga bangku deret ketiga tidak begitu sejuk

Pajak bagi mobil impor seperti Toyota Wish terbilang sedikit mahal yang diprediksi Rp. 3 juta setiap tahunnya

 

Review Toyota Wish 2003 - Kehadiran generasi pertamanya dimulai sejak awal tahun 2003. Sosok bodinya yang panjang mengadopsi sasis bodi dari Toyota Corolla. Kala itu, sasis bodi Mono-Form terbilang populer yang dipadukan dengan garis atap menjulang dari sisi depan hingga ke arah belakang.

Di Indonesia sendiri, Toyota Wish mulai dikenal masyarakat di kisaran tahun 2004 hingga 2008. Namun sayangnya, mobil satu ini tidak dijual di dealer resmi Toyota melainkan harus didapatkan dari diler importir karena masih berkategori Completely Built Up (CBU).

Toyota Wish Indonesia merupakan mobil MPV yang hanya bisa didapatkan menggunakan metode impor

Hingga kini, Toyota Wish masih banyak ditemui di beberapa kota besar

Ya karena tergolong sebagai mobil impor, Toyota Wish kalah saing dengan produk MPV di kelasnya seperti halnya Nissan Serena atau Honda Odyssey generasi kedua. Tentu saja pajak yang membebani untuk kendaraan impor menjadikannya kalah pamor dengan pesaing lainnya.

Namun jangan salah, Toyota Wish yang berdiri sebagai MPV kelas atas memiliki berbagai fitur menarik. Adapun posisinya sebagai produk impor banyak dianggap lebih berkualitas karena dirancang langsung oleh pabrikan Toyota di Jepang. Satu hal yang tak lupa, Toyota Wish kini dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Penasaran apa saja fitur dan kelebihan dari generasi pertamanya? Inilah dia review Toyota Wish 2003.

Eksterior Toyota Wish 2003

Dibanding model-model lainnya dengan pembuatan tahun sama, eksterior Toyota Wish 2003 terbilang futuristik di zamannya. Terkesan modis dan Premium sebagai mobil MPV keluarga. Jika boleh kami menilai, Toyota Wish yang dirilis tahun 2003 seakan sepadan dengan desain mobil tahun 2010-an.

Review Toyota Wish 2003: Eksterior Depan

Wajah depannya terlihat menggemaskan dengan Grille tipis berlapis krom. Logo karismatik Wish jugadisematkan pada sisi tengah Grille-nya sebagai penegas identitasnya yang tak terlupakan  Adapun di kedua ujung depannya sudah didukung lampu LED Projector berukuran besar yang siap memberi kualitas penerangan mumpuni selama menempuh perjalanan.

Eksterior depan Toyota Wish 2003 dibalut apik dengan satu sapuan Grille tipis berlapis krom

Eksterior depan Toyota Wish 2003 dikemas apik dengan lampu LED Projector

Review Toyota Wish 2003: Eksterior Samping

Jika diamati sekilas desain bodi sampingnya terlihat cukup mirip Honda Mobilio. Hal ini bisa dibuktikan pada panel C-Pillar-nya yang dibalut apik dengan warna hitam. Sehingga, terlihat kaca tengah dan belakangnya nampak tersambung menjadi satu kesatuan.

Eksterior Toyota Wish 2003 dibalut apik dengan warna hitam pada C-Pillar-nya

Eksterior Toyota Wish 2003 nampak proposional dengan Wheelbase di angka 2.750 mm

Review Toyota Wish 2003: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri sudah menghadirkan lampu Rear Combination berukuran besar yang dikemas vertikal. Seakan terlihat sukses memberi notifikasi jelas bagi pengendara lain ketika Anda melakukan pengereman. Adapun pemanis akhir dari keseluruhan bodinya didapati pada fitur Rear Spoiler yang disematkan di bagian atap belakangnya.

Eksterior belakang Toyota Wish 2003 terlihat modis dengan Rear Spoiler

Eksterior belakang Toyota Wish 2003 dibekali lampu Rear Combination berukuran besar

>>> Baca juga:


Interior Toyota Wish 2003

Panjang bodinya di angka 4.550 mm dan Wheelbase sebesar 2.750 mm,  memberi kapasitas lebih lega pada interior Toyota Wish 2003. Ya, jika diamati sekilas panjang bodinya cukup mirip dengan Toyota Kijang Innova. Terkesan seperti mobil MPV Premium yang siap memenuhi seluruh kebutuhan berkendara keluarga Anda.

Review Toyota Wish 2003: Dashboard

Lini dashboard sendiri dikemas cukup sederhana tapi segala fitur nampak tertata rapi. Dari segi hiburan saja, Toyota Wish 2003 dibekali sistem audio yang mampu memutar musik dalam format CD serta radio saja. Meski terkesan kurang mewah, hal tersebut sudah terbilang cukup nyaman untuk menemani perjalanan Anda bersama keluarga.

Dashboard Toyota Wish 2003 sudah dibekali fitur menghibur

Dashboard Toyota Wish 2003 dirancang dengan desain yang sederhana

Di sisi lainnya juga didapati fitur penyejuk Climate Control Air Conditioning (AC) yang mampu memberi atmosfer sejuk. Cukup disayangkan ventilasi udara hanya didapati pada dashboard sehingga penumpang bagian belakang tidak begitu bisa merasakan kesejukan dari AC-nya.

Review Toyota Wish 2003: Setir

Dari kemudi setirnya, Toyota Wish menggunakan balutan bahan kulit yang cukup nyaman digenggam. Menariknya lagi, setirnya sudah dilengkapi fitur Tilt Steering yang mampu mengatur posisi setir sesuai postur tubuh pengendara. Cukup disayangkan apabila fitur tersebut tidak dipadukan dengan Telescopic Steering sehingga pengendara dapat mengatur posisi lebih leluasa.

Review Toyota Wish 2003: Kursi

Mobil berdimensi sangat panjang ini memiliki formasi bangku tiga deret. Kapasitas tersebut terbilang cukup memadai untuk tujuh orang sekaligus. Perlu menjadi catatan dari kami, bangku ketiganya kurang akomodatif untuk orang dewasa. Sehingga lebih direkomendasikan untuk dua anak kecil saja.

Kursi Toyota Wish 2003 direkomendasikan untuk menampung 5 orang dewasa dan 2 anak di bangku belakang

Kursi Toyota Wish 2003 memiliki ruang kaki yang cukup lega khususnya di bangku pertama dan kedua

Review Toyota Wish 2003: Kapasitas Bagasi

Bangku depan dan tengah yang memiliki ruang kaki lega nampaknya memberi dampak bagi bangku ketiga serta bagasinya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bangku ketiga lebih cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Adapun kapasitas bagasinya terbilang sempit yang diprediksi hanya mampu menampung dua tas berukuran besar.

Kapasitas bagasi Toyota Wish 2003 diprediksi mampu menampung hingga lima tas berukuran besar

Meski tak begitu besar, kapasitas bagasi Toyota Wish 2003 bisa bertambah jika bangku belakang dilipat

Namun tak perlu khawatir, apabila Anda ingin kapasitas bagasi lebih besar, bangku ketiga bisa Anda lipat. Dengan mode tersebut, dipastikan bagasinya bisa mengangkut hingga lima tas berukuran besar.

>>> Artikel terkait:

Fitur Toyota Wish 2003

Di zamannya, fitur Toyota Wish 2003 mendapatkan skor 5 dari total 6 bintang Japanese NCAP khususnya pada kursi pengendara dan perlindungan penumpang. Apa saja fiturnya?

Review Toyota Wish 2003: Fitur Keselamatan

Jika dibandingkan dengan fitur keselamatan terkini, segala pengamanan Toyota Wish terbilang sudah memenuhi standar. Dari pantauan kami, Toyota Wish 2003 sudah dibekali Dual Airbags di bangku depan serta 3-Point Seatbelt di masing-masing kursi kecuali kursi tengah pada deret kedua. Perlengkapan tersebut tergolong memadai untuk memberikan kualitas berkendara yang nyaman dan aman. Menariknya lagi, Wish juga menghadirkan fitur ISOFIX yang bisa diaplikasikan pada bangku keduanya.

Fitur keselamatan Toyota Wish 2003 sudah dilengkapi dengan perlengkapan standar

Fitur keselamatan Toyota Wish 2003 mendapatkan rating 5 dari 6 bintang Japanese NCAP

Review Toyota Wish 2003: Fitur Hiburan

Tak bisa dibandingkan dengan model terkini, fitur hiburan Toyota Wish 2003 hanya dibekali panel audio standar yang mampu memutar musik lewat format CD ataupun radio AM/FM. Meski terkesan sederhana, fitur satu ini terbilang cukup menghibur untuk menemani Anda selama perjalanan.

Fitur hiburan Toyota Wish 2003 hanya mampu mengoperasikan musik lewat format AM/FM atau CD

Sayangnya, fitur hiburan Toyota Wish 2003 masih mengandalkan panel audio standar saja

>>> Jual beli Toyota Wish bekas

Operasi Toyota Wish 2003

Untuk pasar Indonesia, operasi mesin Toyota Wish 2003 menawarkan dua pilihan yakni 1.8 Liter dan 2.0 Liter. Pada varian pertama, mesin berkapasitas 1.794 cc-nya diadopsi langsung dari Toyota Altis yang mengusung kode IZZ-FE VVT-i. Tenaga yang dihasilkan nantinya akan disalurkan ke roda penggerak depan menggunakan transmisi 4 tingkat percepatan otomatis. Alhasil, racikan tersebut mampu memberikan Output daya sebesar 130 HP setara  6.000 Rpm dan torsi puncak 175 Nm pada putaran 4.200 Rpm. Menariknya lagi, mesin satu ini berhasil mendapatkan penghargaan ‘2010 Fuel Consumption Standards Achieving Vehicle’ yang mampu meraih 14,4 Km/Liter.

Operasi mesin Toyota Wish 2003 terbilang tangguh dengan daya maksimum sebesar 130 HP (1.8 Liter) dan 152 HP (2.0 Liter)

Operasi mesin Toyota Wish 2003 menawarkan dua versi yakni 1.8 Liter dan 2.0 Liter

Di opsi kedua yakni mesin IAZ-FE memiliki kapasitas lebih besar di angka 1.998 cc. Berbeda dengan varian 1.8 Liter-nya, mesin satu ini diadopsi langsung dari Toyota Camry 2.0. Dengan kapasitas tersebut, mesinnya mampu meraih daya maksimum di angka 152 HP setara 6.000 Rpm dengan torsi mencapai 192 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Karena kapasitasnya yang lebih besar, mobil satu ini mampu meraih jarak 13,2 Km/Liter. Lebih bertenaga namun sedikit lebih boros dari mesin 1.8 Liter-nya.

>>> Jika Anda pecinta Toyota, coba simak segala model baru yang siap dirilis dalam waktu dekat berikut ini

Spesifikasi Toyota Wish 2003

Supaya Anda semakin mengenalnya, inilah spesifikasi Toyota Wish 2003.

SPESIFIKASI TOYOTA WISH 2003

Model

1.8 Liter

2.0 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.590 mm x 1.745 mm x 1.590 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.8 Liter IZZ-FE VVT-i

2.0 Liter IAZ-FE VVT-i

Kapasitas Silinder

1.794 cc

1.998 cc

Daya Maksimum

130 HP / 6.000 Rpm

152 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

175 Nm / 4.200 Rpm

192 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis

7 Tingkat Percepatan Otomatis Super CVT-i

Mode Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

14,4 Km/Liter

13,2 Km/Liter

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya dengan klik sini

Daftar Harga Toyota Wish 2003

Sebelum menutup segmen, tak lupa Cintamobil.com memberikan daftar harga Toyota Wish 2003.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA WISH 2003 BEKAS

Toyota Wish 2003

Rp.  85.000.000 – Rp. 175.000.000

*Catatan:

  • Mengingat mobil ini hanya bisa didapat dalam kondisi bekas maka harganya bervariasi sesuai dengan kualitas di setiap aspeknya, jarak tempuh dan pertimbangan penting lainnya

>>> Harga mobil Toyota terbaru Juli 2020

Kesimpulan Toyota Wish 2003

Toyota Wish 2003 Indonesia sempat populer di era tahun 2000-an. Bodinya yang panjang, berdesain modern, fitur lengkap serta memiliki harga terjangkau, menjadi penawaran menarik bagi mereka yang mencari sosok mobil keluarga. Adapun anggapan mengenai produk impor yang memiliki kualitas lebih baik daripada rakitan lokal menjadikan Wish laris manis di pasar Indonesia. Sehingga tak heran apabila Toyota Wish masih sering terlihat mondar-mandir di jalanan kota besar dalam beberapa dekade ini.

Apakah Anda tertarik dengannya? Jika iya, Anda bisa mengamati daftar penjual Toyota Wish di situs Cintamobil.com. Siapa tahu di sekitar kediaman Anda, ada yang ingin menjual Toyota Wish mereka. Jangan lupa untuk cek kondisi kendaraan serta Test Drive ya sobat.

>>> Baca lebih lanjut: Jual mobil bekas, review mobil di Cintamobil.com

 

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top