Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Penyegaran Kosmetik dan Peningkatan Kenyamanan Penumpang

02/09/2019
editor rate: 4,4 user rate: N/A
Toyota Sienta 2019 Indonesia resmi mendapatkan beberapa perubahan kosmetik serta penambahan beberapa fitur di dalam mobil. Dengan harga yang masih sama, apa saja perubahan yang diberikan untuk satu-satunya MAV (Multi Activity Vehicle) Toyota di Indonesia ini?

PENGANTAR Toyota Sienta 2019

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia - Toyota Sienta 2019 Indonesia akhirnya mendapatkan penyegaran setelah hampir empat tahun hadir di Tanah Air. Bagian dari MAV milik Toyota yang dijual pertama kali pada tahun 2003, Sienta pernah menjelma sebagai salah satu andalan Toyota di Indonesia. Bagi Anda yang belum tahu, nama Sienta berasal dari bahasa Spanyol ‘siete’ yang berarti tujuh (merujuk pada kapasitas penumpang) serta kata dalam bahasa Inggris ‘entertain” (menghibur).

generasi pertama Toyota Sienta berwarna putih
Generasi pertama Toyota Sienta dari Negeri Sakura

Generasi kedua Toyota Sienta yang hadir pertama kali di Indonesia pada ajak Gaikindo Indonesia International Motor Show 7 April 2016 silam adalah yang tersisa di kelasnya. Setelah pesaing utamanya, Honda Freed, tak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia. Namun sayangnya, penjualan Sienta masih tersendat. Penyegaran kali ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing Sienta di tengah gempuran model-model baru di Indonesia.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto dalam pernyataan resminya menyebutkan, “Improvement ini mempertimbangkan masukan dari pelanggan baik yang sudah menggunakan Sienta ,maupun yang berencana untuk memiliki dalam waktu dekat. Selain itu, value dari model ini pun akan kita pertahankan, salah satunya kita pastikan level harganya pun akan sama.”

 Toyota Sienta 2019 Indonesia edisi facelift berwarna putih
Versi facelift Toyota Sienta 2019 Indonesia yang baru diluncurkan

Perubahan yang jelas terlihat adalah pada desain depan. Selain itu, ada pula beberapa penambahan yang bisa Anda dapatkan pada interior, khususnya sandaran tangan pada kursi. Tapi, apa saja peningkatan yang diberikan Toyota? Simak review Toyota Sienta 2019 Indonesia dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Toyota Sienta 2019

Penyegaran yang dilakukan oleh Toyota sebagian besar terlihat pada tampilan luar yang mendapatkan beberapa peningkatan. Mulai dari tampilan baru pada gril yang dibuat baru, serta tambahan pada spoiler belakang yang diberikan pada seluruh varian, eksterior Toyota Sienta 2019 Indonesia terlihat lebih segar dibandingkan sebelumnya.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Eksterior Depan

Mengandalkan tema desain Active, Modern, and Fun, tampilan baru dari New Sienta dibuat lebih sporty dan stylish dengan beberapa perubahan dibandingkan tampilan sebelumnya. Meskipun tidak terlalu signifikan, pencinta Sienta di Indonesia bisa mendapatkan tampilan gril yang berbeda dibandingkan ketika pertama kali generasi kedua diperkenalkan di Indonesia.

tampilan depan Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna putih

Eksterior depan Toyota Sienta 2019 Indonesia

Tampilan bemper juga sedikit mengalami perubahan, dengan penambahan garis hitam yang menjalar dari bemper bawah hingga ke lampu depan. Selain perubahan pada eksterior depan Toyota Sienta 2019 indonesia, varian Q sendiri juga sudah mendapatkan lampu depan Bi-beam LED Projector dengan LED Clearance Lamp untuk menambahkan visibilitas Anda selama berkendara.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Eksterior Samping

tampilan samping Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna  putih
Tampilan samping Toyota Sienta 2019 Indonesia

Bagian samping juga tidak memiliki perubahan dengan pelek yang machining alloy 16 inci. Kemudahan akses masuk ke dalam pintu juga menjadi bagian penting bagi Sienta. Seperti biasanya, eksterior samping Toyota Sienta 2019 Indonesia masih dilengkapi dengan akses sliding door elektrik yang hadir pada setiap varian mobil.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Eksterior Belakang

 tampilan belakang Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna  putih
Tampilan belakang Toyota Sienta 2019 Indonesia

Perubahan yang paling jelas adalah tambahan spoiler belakang yang digunakan pada semua varian di Indonesia. Dan untuk kepraktisannya, Sienta masih menjadi salah satu yang dibandingkan mobil lain dnegan harga serupa. Eksterior belakang Toyota Sienta 2019 Indonesia yang bisa terbuka dengan lebar dan rendah akan memudahkan Anda untuk memasukkan barang-barang bawaan ke bagasi belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Sienta 2019

Tak banyak perubahan yang terjadi pada interior Toyota Sienta 2019 Indonesia. Penyegaran pada interior akan disematkan pada semua varian Sienta dengan tampilan warna hitam yang lebih elegan. Sedangkan ada tambahan warna Burgundy yang bisa Anda dapatkan untuk varan V dan Q serta warna baru hitam pada varian G.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Dasbor

dasbor Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna  hitam

Dasbor Toyota Sienta 2019 Indonesia

Jika banyak yang memperdebatkan apakah edisi terbaru akan merujuk pada interior yang digunakan untuk versi Jepang, bersiap-siap untuk kecewa. Pasalnya, tidak ada perubahan signifikan dari dasbor Toyota Sienta 2019 Indonesia yang digunakan untuk edisi facelift. Tapi untuk menambahkan desain baru tampilan facelift, setiap varian sudah mendapatkan head unit Premium AVX dengan layar sentuh 6.8 inci.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Kemudi

kemudi Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna  hitam

Kemudi Toyota Sienta 2019 Indonesia

Untuk kemudi, masih menggunakan setir palang tiga multi-fungsi yang sama dengan edisi sebelum facelift. Kemudi Toyota Sienta 2019 Indonesia masih menggunakan beberapa tombol pengaturan untuk memudahkan Anda mengatur beberapa fitur selama berkendara. Namun kemudi berlapis kulit dengan steering switch hanya bisa Anda temukan pada tipe V dan Q.

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Kursi

 kursi Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna cokelat
Tambahan sandaran tangan pada kursi Toyota Sienta 2019 Indonesia

Salah satu perubahan paling terasa dari bagian dalam Sienta terbaru adalah beberapa fitur baru yang digunakan pada kursi. Sentuhan baru dari kursi Toyota Sienta 2019 Indonesia meningkatkan kenyamanan penumpang dengan sandaran tangan untuk bangku baris depan pada New Sienta tipe CVT. Sandaran juga diberikan pada bangku baris belakang pengemudi dan penumpang untuk New Sienta varian V dan Q.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Sienta 2019

Terdapat tombol push start stop button yang bisa Anda temukan di bawah kisi AC pengemudi. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toyota memiliki pintu belakang model geser khusus dengan tombol buka dan tutup secara elektris. Sedikit perbedaan, pintu geser otomatis di kiri dan kanan hanya bisa ditemukan pada tipe V dan Q. Tapi pada varian G, hanya pintu belakang berwarna kiri yang bisa dibuka secara elektrik.

Dibandingkan dengan mobil lain dengan harga yang sama, Sienta memiliki sedikit fitur infotainment. Namun jangan takut, dentuman suara yang cukup nyaman di telinga akan menemani Anda selama berkendara di jalanan. Salah satu fitur Toyota Sienta 2019 lainnya adalah Climate Control pada AC yang dapat dikendalikan secara praktis untuk kenyamanan Anda dan penumpang di belakang.

 fitur sliding door pada Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna putih
Fitur sliding door pada Toyota Sienta 2019 Indonesia

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk bagian keselamatan, tidak ada yang berubah dari tampilan baru Sienta ini. Sienta yang pernah mendapatkan spesifikasi bintang lima ASEAN NCAP untuk fitur Vehicle Stability Control (VSC) diprediksi masih mempertahankan ketangguhannya dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi.

Dilengkapi dengan 3 airbag dan Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, dan sensor parkir, fitur keselamatan aktif Toyota Sienta 2019 juga didukung oleh GOA Body dan Head Impact Mitigating Structure. Khusus untuk varian Q, Anda akan mendapatkan Hill Start Assist (HAS) serta Vehicle Stability Control (VSC).

>>> Anda sedang cari sebuah mobil Toyota Sienta di DKI Jakarta, ayo klik sini untuk mendapat beberapa rekomendasi terbaik

OPERASI Toyota Sienta 2019

Tidak ada perubahan untuk dapur pacu Sienta. Masih menggunakan mesin berteknologi VVT-i, Sienta mampu menawarkan performa yang handal dengan kekuatan dari 109 daya kuda. Ada dua pilihan transmisi yang bisa Anda pilihan, manual dan matic. Tapi untuk varian Q yang menjadi varian tertinggi dari Sienta, Anda hanya bisa mendapatkan transmisi matic.

mesin Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna putih dan hitam 
Mesin 2NR-FKE untuk Toyota Sienta 2019 Indonesia

Sistem operasi Toyota Sienta 2019 Indonesia sudah dilengkapi dengan mesin bertipe 2NR-FE L4 DOHC 16 katup dan sistem Start-Stop Engine dengan kapasitas tangki hingga 1.499 cc. Toyota sendiri mengungkapkan bahwa mesin Sienta mampu membawa Anda sejauh 20,2 km hanya dalam 1 liter.

>>> Debut Generasi Baru Toyota Sienta 2019 Bocor Di Media

spesifikasi Toyota Sienta 2019

Untuk masalah detail, sebagian besar spesifikasi Toyota Sienta 2019 Indonesia masih sama dengan edisi sebelumnya. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Dimensi Toyota Sienta 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.235 mm x 1.695 mm x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Ground Clearance

133 mm

Mesin Toyota Sienta 2019

Tipe Mesin

2NR-FE L4 DOHC 16 katup

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

109 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

136 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi

Manual dan Matic

Kaki-Kaki Toyota Sienta 2019

Pelek

Machining alloy 16 inci

Tipe ban

195/65 R16

kelebihan & kekurangan Toyota Sienta 2019

Meskipun Toyota sudah memberikan beberapa penyegaran kosmetik dan fitur di bagian dalam, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta 2019 menurut tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Ubahan pada bagian depan dan belakang yang memberikan penyegaran tampilan

Tidak ada penambahan pada fitur berkendara maupun fitur keselamatan

Tambahan armrest memberikan kenyamanan bagi penumpang di belakang

Mesin masih sama seperti edisi sebelum facelift

Handling terbaik di kelas MPV 200 - 300 jutaan

 

daftar harga Toyota Sienta 2019

Dengan penambahan fitur dan penyegaran di bagian depan, beruntungnya tidak ada perubahan harga yang diberikan untuk mobil ini. Harga Toyota Sienta 2019 Indonesia untuk lebih lengkapnya ada di bawah.

Tipe

Harga

SIENTA 1.5 G M/T (BLACK TRIM)

IDR 249.050.000

SIENTA 1.5 G CVT (BLACK TRIM)

IDR 267.050.000

SIENTA 1.5 V M/T (BLACK TRIM)

IDR 264.050.000

SIENTA 1.5 V M/T (FROMAGE TRIM)

IDR 264.050.000

SIENTA 1.5 V CVT (BLACK TRIM)

IDR 282.050.000

SIENTA 1.5 V CVT (FROMAGE TRIM)

IDR 282.050.000

SIENTA 1.5 Q CVT (BLACK TRIM)

IDR 302.850.000

SIENTA 1.5 Q CVT (FROMAGE TRIM)

IDR 302.850.000

Video Toyota Sienta 2019

Video Toyota Sienta 2019 Indonesia masih belum dirilis karena Toyota baru saja memperkenalkan Sienta dalam pernyataan resmi yang diungkapkan oleh PT Toyota-Astra Motors. Untuk itu, mari kita lihat kembali apa saja yang diberikan oleh Sienta baru di negara asalnya, Jepang dalam video diunggah oleh Toyota Jepang berikut ini.

KESIMPULAN Toyota Sienta 2019

Dibandingkan dengan edisi facelift milik Thailand maupun Jepang yang sudah diperkenalkan lebih dulu, memang tidak banyak ditemukan perubahan pada Toyota Sienta 2019 Indonesia. Tapi setidaknya penumpang dibuat lebih nyaman dengan adanya armrest untuk menyandarkan tangan. Belum lagi ubahan di bagian depan memberikan kesan segar untuk generasi kedua yang sudah hadir hampir empat tahun di Indonesia.

 Toyota SIenta 2019 Indonesia facelift berwarna putih
Model baru Toyota Sienta 2019 Indonesia yang siap meluncur di Tanah Air

Sienta memang sedang mengalami masa sulit dengan sedikitnya penjualan pada 2019 ini. Dengan perubahan yang diberikan pada Toyota Sienta 2019 Indonesia terbaru, diharapkan akan menarik minat konsumen untuk satu-satunya MAV milik Toyota ini. Walaupun kita hanya bisa menunggu bagaimana perubahan di mata konsumen dengan sedikitnya peningkatan yang diberikan.

>>> Lanjut membaca review lain dari Cintamobil.com di sini

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil