Tidak Punya Rival Sekelas, Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Sienta Q CVT 2016

17/07/2019
Setelah Honda Freed discontinue pada tahun 2015, secara otomatis Toyota Sienta tidak memiliki pesaing sama sekali, alias ia melenggang sendirian. Meski ia tidak punya rival sekelas, berikut ini akan kami jabarkan kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta Q CVT 2016.

Kelebihan Toyota Sienta Q CVT 2016 :

1. Pelipatan Kursi Praktis

Mekanisme pelipatan kursi Toyota Sienta Q CVT

Pelipatan kursi praktis nan cerdas jadi kelebihan Toyota Sienta Q CVT 2016

Hal pertama yang menjadi kelebihan alias keunggulan dari Toyota Sienta Q CVT 2016 adalah proses pelipatan kursi baris ketiganya yang praktis nan cerdas. Jadi, kursi baris ketiga bisa ditempatkan persis dibawah kursi baris kedua ketika tidak digunakan. Meskipun dalam proses pelipatannya tidak begitu cepat, namun cara ini cukup baik dan patut diapresiasi kepraktisannya.

2. Transmisi CVT Halus

Transmisi CVT Di Toyota Sienta

Transmisi sejuta rasio yang digunakan Toyota Sienta Q CVT 2016 membuat mobil ini dapat melaju halus

Selanjutnya yang menjadi kelebihan Toyota Sienta Q CVT 2016 adalah transmisi CVT-nya, meski penggunaan transmisi jenis ini menjadikan efek fun to drive dari Toyota Sienta ini berkurang, namun transmisi CVT yang menyalurkan tenaganya ke dua roda depan ini membuat mobil dapat melaju lebih halus. Apalagi transmisi CVT ini dapat "dipisah-pisah" rasionya jadi seakan 7 tingkat percepatan yang membuat efek sedikit sporti dan cukup membantu saat harus engine brake.

3. MID Lengkap

MID di Toyota Sienta Q CVT

MID selengkap ini hanya dapat ditemui pada Toyota Sienta tipe Q CVT

Multi Information Display alias MID yang disuguhkan oleh Toyota Sienta tipe Q CVT termasuk lengkap. Bukan hanya mampu menampilkan data perjalanan seperti konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, hingga sisa jarak yang dapat ditempuh dengan jumlah BBM di dalam tangki. Namun, ia juga mampu menampilkan spidometer format digital serta informasi seberapa hemat Anda mengemudi dan berapa biaya yang Anda hemat ketika menggunakan mobil ini.

>>> Hanya Jadi Kembaran Mitsubishi Xpander, Ternyata Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Nissan Livina VE 2019

4. Pintu Geser Elektris

Pintu geser elektris di Toyota Sienta Q CVT

Pintu geser elektrik membuat proses keluar masuk mobil menjadi lebih mudah dan nyaman

Adanya pintu geser elektrik pada Toyota Sienta Q CVT 2016 memberikan poin plus tersendiri, karena dengan adanya fitur ini maka membuat prosesi keluar dan masuk mobil menjadi lebih mudah dan juga nyaman. Bila fitur ini dinyalakan, ketika Anda berada diluar mobil Anda tinggal tarik saja gagang pintu maka secara otomatis pintu akan terbuka, untuk menutupnya Anda tingga geser kedepan handel pintu bagian dalam. Pintu geser elektrik ini juga dapat dibuka dari remote dan tombol dibalik kemudi.

5. Headlamp LED

LED Headlamp Toyota Sienta Q CVT

Lampu LED di Toyota Sienta Q CVT ini menyala terang dan warnanya putih

Salah satu fitur yang hanya akan ditemui pada Toyota Sienta top of the line ini adalah headlamp yang sudah menganut bohlam dengan tipe LED (Light Emitting Diode). Pancaran cahaya pada mobil ini terang dan warna sinarnya putih, meskipun terkesan canggih, namun saat kondisi hujan lebat sinar lampu ini agak "tertelan" permukaan aspal yang basah.

Kekurangan Toyota Sienta Q CVT 2016 :

1. Radius Putar Buruk

Ban dan pelek di Toyota Sienta Q CVT

Meski dimensi Toyota Sienta itu termasuk kompak, namun sayangnya radius putar mobil ini buruk

Kendati dimensi bodi dari Toyota Sienta termasuk kompak dan tidak terlalu besar, bahkan identik dengan Toyota Avanza. Namun tidak demikian dengan radius putarnya. Radius putar mobil ini tidak begitu baik bahkan bisa dibilang buruk untuk mobil dengan dimensi kompak. Hal ini dikarenakan lebar sepatbor Sienta yang tidak terlalu lebar serta penggunaan pelek ring 16 inchi membuat ackermaan steering angle-nya tidak dapat terlalu dimaksimalkan.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap hanya ada di sini

2. Miracast Sulit Terkoneksi

Head unit di Toyota Sienta Q CVT

Head unit bawaan Toyota ini canggih, namun terkadang fitur miracast-nya sulit terkoneksi

Memang, head unit bawaan Toyota Sienta ini termasuk canggih dan mampu memutar source musik kekinian, namun yang patut disayangkan adalah terkadang fitur miracast-nya sulit untuk terkoneksi. Entah itu masalah koneksi dari smartphone atau malah head unitnya ini sendiri. Butuh waktu beberapa saat hingga fitur ini dapat bekerja dengan sempurna. Seharusnya kelemahan ini mampu dieliminir oleh Toyota dengan memasang head unit yang lebih canggih dan proper.

3. Jok Tidak Captain Seat

Jok Baris Kedua Toyota Sienta Q CVT

Jok tidak captain seat jadi salah satu kekurangan Toyota Sienta Q CVT 2016

Salah satu kekurangan terbesar dari Toyota Sienta Q CVT 2016 adalah format kursi baris keduanya yang tidak captain seat. Ini disebabkan karena Toyota Sienta menggunakan mekanisme pelipatan bangku dive-in seat yang pintar, sehingga format captain seat tidak akan mengakomodir pelipatan bangku pintar tersebut. Namun, menurut kami alangkah lebih baik, jika Toyota Sienta tidak menggunakan mekanisme dive-in seat dan pakai mekanisme pelipatan konvensional ala Toyota Innova Reborn namun kursi baris keduanya sudah captain seat.

4. Akselerasi Kurang Baik

Mesin 2NR-FE di Toyota Sienta Q CVT

Handling mobil ini menyenangkan dan serasa membawa hatchback, namun akselerasi mobil ini agak kurang

Pengendalian dari mobil Toyota Sienta Q CVT 2016 ini memang lincah serta menyenangkan dan serasa membawa hatchback semisal Toyota Yaris, namun akselerasi mobil ini terasa agak kurang. Memang tidak termasuk boyo, karena figur 0 ke 100 km/jam dapat tuntas sekitar 12,3 detik, tetapi akselerasi bawah hingga menengah mobil Toyota Sienta ini seharusnnya bisa lebih baik lagi. 

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

5. Desain Bukan Selera Semua Orang

Tampak tampilan belakang Toyota Sienta Q CVT 2016

Desain dari Toyota Sienta Q CVT 2016 dapat memancing perdebatan love and hate

Desain eksterior dari mobil Toyota Sienta Q CVT 2016 ini memang dapat memancing perdebatan antara suka dan benci. Dan memang, harus diakui desain tampilan agresif  yang terinspirasi dari sepatu trekking seperti ini bukanlah selera semua orang, namun kami dari Cintamobil.com merasa tidak masalah dengan desain seperti ini.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain