Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011: SUV Ikonik Edisi Spesial

26/04/2019

Share this post:

Toyota Land Cruiser 2011

Editor rate:

Lihat promo

Diantara banyaknya mobil ikonik Toyota yang beredar di dunia, salah satunya adalah Toyota Land Cruiser. Pada tahun 2011, SUV yang melegenda ini berusia ke-60 dan Toyota menghadirkan edisi spesial. Salah satunya ada di Indonesia dan kami akan mengulas lebih dalam Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 dalam review kali ini.

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011: SUV Ikonik Edisi Spesial
Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011: SUV Ikonik Edisi Spesial
0 Gambar

Pengantar Toyota Land Cruiser 2011

Mari kita simak spesifikasi Toyota Land Cruiser 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Edisi spesial yang dijual terbatas

Punya banyak fitur modern

Aura mewah tapi bisa diajak untuk off-road

Kekurangan

Harga yang masih mahal meski dalam kondisi bekas

Biaya perawatan yang mahal untuk membeli beberapa komponen

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 - Toyota Land Cruiser merupakan salah satu mobil off-road atau SUV yang sudah dibuat oleh Toyota sejak tahun 1951 hingga saat ini. Mobil ini sudah pernah dibuat dalam berbagai model, mulai dari hardtop, station wagon, convertible hingga SUV tentunya. Pada generasi awalnya, Land Cruiser dikenal akan ketangguhannya  di medan berat. Tetapi sejak tahun 90-an Toyota juga membuat model mewahnya yang kemudian menjadi basis dari Lexus LX.

Gambar Model Toyota Land Cruiser paling melegenda di dunia

Toyota Land Cruiser model station wagon salah satu yang melegenda di dunia

Kembali ke belakang tepatnya pada era 1980-an, ada 2 jenis Land Cruiser yang beredar saat itu yakni dimensi yang besar dan lebih kecil yang kemudian diberi nama Prado. Namun pada 1996, Prado menjadi model tersendiri dipisahkan dari Land Cruiser. Sama seperti Land Cruiser yang menjadi basis dari SUV Lexus, Prado juga menjadi basis untuk Lexus GX. Adapun Land Cruiser model station wagon menjadi jenis yang paling banyak dan familiar dibandingkan Prado maupun 70 Series.

Pada tahun 2011, SUV ikonik ini tepat berusia 60 tahun. Untuk merayakannya, Toyota menghadirkan edisi spesial Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011. Salah satu unitnya ada di Indonesia. Kami pun berkesempatan untuk melihat dan membahas lebih dalam. Lantas apa saja perbedaannya dan keunggulannya? Berikut review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 dari Cintamobil.com.

Eksterior Toyota Land Cruiser 2011

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Eksterior Depan

Tampilan depan sudah terlihat gagah dan ikonik khas Toyota Land Cruiser 2011

Toyota Land Cruiser mempunyai tampilan gagah pada bagian depan namun ada lis krom yang membuatnya terlihat cukup elegan

Pada tampilan depannya tidak banyak perbedaan dari varian standar. Kesan gagah terpancar dari bentuknya yang melebar. Ditambah lampu berukuran besar menguatkan kesan tangguh. Gril dengan garis horizontal ikonik pada mobil ini dikelilingi frame lis krom yang membuatnya terlihat mewah. Bumper yang besar dipadu lampu kabut mengotak yang berukuran lebar membuatnya semakin terlihat kekar.

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Eksterior Samping

Dari samping dimensi Toyota Land Cruiser 2011 terlihat besar

Dimensi besar Toyota Land Cruiser begitu terlihat dari samping

Beralih ke bagian samping, pelek dengan diamter 20 inci dibalut ban profil 285/50 semakin menguatkan aura SUV tangguh yang siap untuk diajak ke medan off-road. Desain pelek palang lima dengan celah ventilasi terlihat maskulin dan cocok untuk SUV besar ini. Secara dimensi pun mobil ini memang terlihat besar karena mempunyai tinggi 1.865 mm, panjang 4.950 mm dan lebar 1.980 mm. Adapun untuk wheel base mencapai 2.850 mm. Satu perbedaan yang terlihat dari varian lainnya adalah emblem 60th Anniversary yang disematkan pada pilar D di sisi kanan dan kiri.

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Eksterior Belakang

Bagian belakang Toyota Land Cruiser 2011 juga memperlihatkan kegagahan

Toyota Land Cruiser juga memancarkan aura gagah meski dilihat dari belakang

Sama seperti bagian depan, kesan maskulin juga terlihat di sisi belakang. Mulai dari rem, sein hingga mundur terangkum dalam satu rumah lampu yang besar. Lekukan pada pilar terakhir yang berada dekat dengan lampu membuatnya tidak terlihat kaku sehingga cukup mewah. Satu hal yang kami sukai adalah tidak banyak emblem pada bagian belakang. Hanya emblem logo Toyota dan V8 pada sisi kanan bawah sebagai info konfigurasi mesin yang digunakan. Sementara lis krom tebal disematkan nama ‘Land Cruiser’ yang dibuat timbul untuk memberi kesan elegan.

>>> Baca Juga:


Interior Toyota Land Cruiser 2011

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Dashboard & Setir

Masuk ke dalam bagian interiornya, Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 ini terasa mewah. Ukuran dasbor yang lebar dan tidak banyak lekukan membuatnya terlihat sederhana. Meski panel instrumen masih berbentuk jarum tapi terbaca jelas ditambah adanya lampu yang bisa menyala ketika berkendara pada malam hari. Cukup banyak tombol yang disematkan pada kanan dasbor untuk mengaktifkan fitur-fitur yang tersedia.

Kesan mewah terpancar pada interior Toyota Land Cruiser 2011

Meski berkesan tangguh tapi pada interior Toyota Land Cruiser justru memperlihatkan kemewahan

Pengemudi pun bisa mengoperasikan head unit yang sudah menggunakan layar monitor pada setir. Dari tombol-tombol yang terletak di setir, bisa diketahui bahwa mobil ini mempunyai fitur mode, MID, voice command, dan telephony. Tentunya pengoperasian sistem audio juga bisa diakses oleh pengemudi seperti membesarkan atau mengecilkan volume speaker serta memilih stasiun radio atau lagu favorit.

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Jok

Balutan material kulit melapisi jok Toyota Land Cruiser 2011 edisi spesial ini

Kemewahan juga terlihat pada material kulit jok di Toyota Land Cruiser 60th Anniversary

Meski mempunyai kemampuan off-road, Toyota Land Cruiser tidak melupakan kemewahan pada SUV legendanya ini. Jok kulit berwarna hitam menjadi salah satu faktor yang membuat interiornya terasa elegan. Tidak perlu khawatir bila Anda ingin membawa keluarga besar karena mobil ini mampu menampung 7 penumpang. Ya, Toyota Land Cruiser memang mempunyai tiga baris. Bahkan pada baris ketiga sudah tersedia head rest yang bisa diatur ketinggiannya untuk kenyamanan selama perjalanan. Jok baris ketiga juga bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Toyota Land Cruiser 2011

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Fitur Berkendara

Fitur berkendara juga disematkan pada Toyota Land Cruiser 2011 yang siap diajak off-road

Mode berkendara Comfort dan Sport dengan penggerak 4WD

Sebagai SUV mewah dan keunggulannya dalam melintas off-road, ada banyak fitur berkendara yang tersedia dalam Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 ini. Mode berkendara salah satunya. Selain mode normal, ada 2 mode tambahan yang bisa digunakan oleh pengemudi yakni Comfort dan Sport yang bisa diganti dekat tuas perseneling.  Mengingat Toyota Land Cruiser ini sudah berpenggerah 4WD maka hadir fitur untuk mengatur kecepatan. Dekat dengan head unit terdapat tombol H4 (high speed position) dan L4 (low speed position) untuk keasyikan ketika melintasi medan off-road.

Review Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 : Fitur Keselamatan

Sebagai SUV modern fitur keselamatan Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011

Beragam fitur keselamatan yang modern juga disematkan pada Toyota Land Cruiser 60th Anniversary

Bila Anda sedang menggunakan mobil ini di lintasan off-road, maka bisa menon-aktifkan fitur RSCA (Roll Sensing Curtain Airbags) yang terdapat pada sisi kanan dibalik setir dengan tulisan’RSCA Off’. Fitur ini berguna untuk menon-aktifkan air bag karena dikhawatirkan ketika mobil terguling dalam lintasan off-road maka mengembang dan justru membahayakan pengemudi dan penumpang. Jumlah airbags pada Land Cruiser ini ada 10 titik yang tersebar di seluruh kabin. Mulai dari depan hingga samping, juga lutut pengemudi dan penumpang depan. Fitur seperti ABS (anti-lock braking system) , EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan BA (Brake Assist) menjadi fitur standar pada Land Cruiser.

>>> Artikel Terkait:

Operasi Toyota Land Cruiser 2011

Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011 dibekali mesin V8

Mesin V8 berkapasitas 4.500 cc siap diajak untuk bertualang ke medan off-road

Berbicara soal performa, Toyota Land Cruiser ini dibekali mesin V8 DOHC berkapasitas 4.461 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 289 dk dan torsi maksimum 650 Nm. Mesin V8 ini juga sudah menggunakan teknologi turbo untuk menghasilkan tenaga yang optimal dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tenaga besar tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang didesain mampu menangani torsi besar dengan akselerasi yang lembut.

>>> Simak spesifikasi mobil Toyota lain dengan klik sini

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 2011

Penasaran seperti apa info spesifikasi Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011

Tipe Mesin

V8 DOHC VVT-i

Isi Silinder

4.461 cc

Tenaga Maksimum

289 dk

Torsi Maksimum

650 Nm

Transmisi

Otomatis 6-Speed

Spesifikasi Bodi Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011

P x L x T

4.950 x 1.980 x1.865 mm

Wheelbase

2.850 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Toyota Land Cruiser 60th Anniversary 2011

Rem Depan / Belakang

Disc Brake / Disc Brake

Velg

285/50 R20

Daftar Harga Toyota Land Cruiser 2011

Mengingat Toyota Land Cruiser edisi spesial ulang tahun ke-60 ini sudah 8 tahun lalu diluncurkan, maka kondisi bekas yang akan Anda dapatkan. Meski dalam kondisi bekas, harga jual dari SUV ikonik ini masih cukup mahal dengan banderol berkisar Rp 1,1 miliar yang bisa Anda lihat dalam listing Cintamobil.com. Meski begitu edisi spesial ini bisa menjadi koleksi untuk Anda penggemar SUV khususnya yang ingin kesan mewah namun siap untuk diajak ke medan off-road.

>>> Klik sini untuk lihat dana yang harus siapkan saat membeli mobil

Kesimpulan Toyota Land Cruiser 2011

Salah satu yang membedakan Toyota Land Cruiser ini adalah emblem 60th Anniversary

Emblem 60th Anniversary menandakan Toyota Land Cruiser edisi spesial yang diluncurkan pada tahun 2011

Walaupun usia mobil ini sudah cukup tua, tetapi dengan performa mesin khas Toyota yang tangguh dan mempunyai durabilitas yang baik layak untuk diboyong. Mesin diesel dengan konfigurasi V8 cukup untuk diajak berjelajah keliling Indonesia. Fitur-fitur modern baik untuk keselamatan, berkendara maupun hiburan masih kekinian sehingga tidak perlu takut untuk ketinggalan zaman. Meskipun harga yang dibanderol masih cukup tinggi yakni lebih dari Rp 1 miliar. Namun bila Anda kolektor mobil edisi spesial dan suka keliling Indonesia, mobil ini siap menemani Anda. Soal layanan purna jual pun seharusnya tidak banyak masalah mengingat bengkel resmi maupun spesialis Toyota akan mengerti untuk memperbaiki masalah yang ada.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Toyota Land Cruiser 79 GXL 2016: Tetap Minimalis Dan Klasik

06/06/2018

Editor rate:

Perjalanan panjang Toyota Land Cruiser tak pernah berakhir dari tahun 1985 hingga kini memasuki era digital. Hal ini tidak dapat dipungkiri, alasan utamanya adalah banyak peminat yang sangat mempercayai dan mengakui ketangguhan dari model Sport Utility Vehicle (SUV) legendaris besutan Toyota ini. Akan terdapat fitur terbaru di model teranyarnya ini, kira-kira bagaimana strategi Toyota mengemas Land Cruiser 79 GXL untuk tetap eksis sebagai mobil legendaris?

Lihat juga

Review Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019

31/01/2019

Editor rate:

Kali ini tim Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk mengulas Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019, mengapa mobil ini bisa dikatakan istimewa bila dibandingkan dengan model yang dijual di Indonesia?

Lihat juga

Review Toyota Fortuner 2014

05/03/2018

Editor rate:

Memiliki sebuah kendaraan SUV yang bisa selalu diandalkan untuk digunakan dalam berbagai situasi merupakan impian banyak orang. Sebagai sebuah mobil, Toyota Fortuner menjadi salah satu SUV yang cukup terkenal di Indonesia. Desainnya yang gagah dan cukup besar menjadikan mobil ini sebagai salah satu mobil SUV terpopuler di Indonesia. Seperti apa sebenarnya performa dari mobil yang satu ini? Berikut ini adalah review Toyota Fortuner 2014.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail 2.0 M/T 2014

24/04/2019

Editor rate:

Jujur kami agak bingung, apa iya masih ada konsumen mobil di kelas ini yang masih menginginkan mobil dengan transmisi manual. Apalagi sejak Nissan X-Trail generasi berkode bodi T32 ini sudah dibekali dengan transmisi otomatis CVT yang pintar. So, is this car for real man which is use three pedals? Let's see... simaklah review Nissan X-Trail 2.0 M/T 2014 ini.

Lihat juga

Review Range Rover Sport Supercharged 2005

Rp. 395.000.000

09/04/2019

Editor rate:

Di awal masa debutnya, Range Rover Sport menjadi ‘versi ekonomis’ dari Range Rover. Tapi apakah ia benar-benar sekedar membuat Range Rover menjadi lebih murah, atau justru membangkitkan elemen lain Range Rover yang sesungguhnya?

Lihat juga