Puluhan Tahun Toyota Merajai Pasar Mobil Di Indonesia

25/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Puluhan Tahun Toyota Merajai Pasar Mobil Di Indonesia
Berbicara merek-merek terpopuler di Indonesia tak bisa dipisahkan dari nama TOYOTA. Merek ini menjadi merek paling sukses di sepanjang perjalanan industri otomotif dalam negeri. Sejak kedatangannya di Indonesia tahun 1971, posisi Toyota tidak pernah lepas dari peringkat paling atas hingga saat ini.

Gambar Toyota Kijang Buaya 1971 warna oranye

Kijang Buaya, generasi pertama Toyota Kijang di Indonesia diluncurkan tahun 1971

Toyota bukan tanpa pesaing. Banyak merek baru berdatangan mencoba mengambil alih posisi. Namun itu tak terlalu berpengaruh pada penjualan berbagai model mobil Toyota di dalam negeri. Data wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke dealer) yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat tahun 1991 silam Toyota berhasil menjual sebanyak 76.140 unit mobil dan merajai pasar mobil di Indonesia waktu itu.

Posisi yang diraih Toyota itu berlanjut pada tahun-tahun berikutnya hingga saat ini. Hanya sekali saja tergusur ke peringkat dua oleh Mitsubishi, yaitu di tahun 1996.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berhasil membukukan penjualan mobil sebanyak 76.254 unit, mengungguli Toyota yang hanya menjual sebanyak 72.570 unit.

>>> Jangan sampai ketinggalan berita seputar mobil, tongkrongin terus cintamobil.com

Grand New Avanza 2018 tampak dari depan

Lebih dari empat puluh tahun, Toyota merajai pasar mobil di Indonesia mengalahkan merek lain

Setahun kemudian, Toyota berhasil mengembalikan statusnya sebagai pemimping pasar mobil di Indonesia dan terus berlangsung hingga saat ini disusul oleh merek-merek lain di belakangnya seperti Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, dan yang lain.

Berbagai produk Toyota juga sukses menjadi model paling laris, paling digemari masyarakat. Sebut saja Avanza yang sudah terjual jutaan unit sejak meluncur pertama tahun 2003.

Lalu Kijang yang bahkan sudah berevousi hingga berkali-kali, dari mulai Kijang Buaya tahun 1977, Kijang Doyok tahun 1981, Kijang Super tahun 1986, Kijang Kapsul tahun 1997, Kijang Innova tahun 2004 dan All New Kijang Innova tahun 2016.

>>> Toyota Semakin Berjaya dengan Peningkatan Penjualan selama Triwulan 2018

Avanza yang sudah 15 tahun meluncur baru dua kali melorot ke posisi kedua, yaitu tahun 2016 dikalahkan adiknya, Toyota Calya selama tiga bulan berturut-turut dan tahun 2018 disalip oleh pendatang baru Mitsubishi Xpander sejak Februari 2018.

Puluhan mobil Toyota menunggu giliran masuk ke kapal untuk diekspor

Tak hanya di dalam negeri, produk Toyota Indonesia juga digemari konsumen mancanegara

Bagaimana sepak terjang Toyota berikutnya di pasar mobil Indonesia, tentu tidak bisa dipastikan seperti apa. Namun berbekal pengalaman puluhan tahun bergelut di Industri otomotif dalam negeri, tak sulit rasanya bagi Toyota mempertahankan nama besar yang telah dicapai selama ini.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top