Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Kijang Kapsul Facelift Generasi Terakhir

26/10/2019

Share this post:

Toyota Kijang 2003

Editor rate:

Lihat promo

Sejak pertama kali diperkenalkan, Kijang telah bertransformasi menjadi jawaban PT Toyota Astra Motor atas kebutuhan pasar mobil MPV keluarga di Indonesia. Generasi ke-4 Toyota Kijang atau kerap dipanggil sebagai ‘Kijang Kapsul’ menjadi salah satu jejak langkah terbaik dari mobil yang kental darah Indonesianya ini.

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Kijang Kapsul Facelift Generasi Terakhir
Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Kijang Kapsul Facelift Generasi Terakhir
0 Gambar

Pengantar Toyota Kijang 2003

Mari kita simak spesifikasi Toyota Kijang 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin lapang dan lega

Suku cadang melimpah

Konsumsi BBM cukup irit

Harga jual bagus

Kekurangan

Fitur hiburan minim

Fitur keselamatan minim

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003 - Toyota Kijang yang juga kerap disebut singkatan dari ‘Kerjasama Indonesia-Jepang’ merupakan mobil yang awal mulanya didesain sebagai kendaraan niaga dan kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga yang diproduksi oleh Toyota di Indonesia. 

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 MPV asli berdarah Indonesia

Selama kiprahnya di pasar Indonesia, Kijang menjelma menjadi kendaraan paling populer untuk kelas MPV. Toyota Kijang hadir sejak tahun 1977 dan terus berlanjut hingga lima generasi. Toyota Kijang LGX Diesel 2003 yang kami ulas ini merupakan salah satu mobil keluarga legendaris yang paling bisa diandalkan, dan harga jualnya juga bertahan sangat baik hingga kini. Kijang LGX Diesel 2003 merupakan versi terakhir dari Kijang Kapsul facelift generasi ke-4 sebelum digantikan Toyota Kijang Innova.

Eksterior Toyota Kijang 2003

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Tampilan Depan

Tampilan depan Toyota Kijang LGX Diesel 2003 memiliki tampilan Kijang generasi ke-4 paling baru yang tampil lebih modern. Tampilan grille lebar dengan garis-garis vertikal berlapis chrome membuatnya tampak mewah. Bagian foglamp berbentuk kotak panjang dan headlamp berukuran cukup besar. Pada Kijang LGX Diesel 2003 yang kami ulas ini, ada tambahan aksesoris berupa bumper tanduk atau bull bar sebagai fitur penahan benturan. Selain keamanan, tentunya aksesoris itu membuat tampilan MPV ini jadi lebih gagah.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 tampil lebih modern

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Tampilan Samping

Beralih pada bagian samping, tampilan Toyota Kijang LGX Diesel 2003 begitu polos dengan tidak banyaknya tekukan layaknya mobil-mobil modern saat ini. Meski begitu, walau sudah berusia hampir 16 tahun, desain Kijang generasi ke-4 ini tetap tampak awet muda. Penggunaan pelek berukuran 14 inci tampak serasi dengan sosoknya yang tidak massif. Handle pintu serta cover rumah spion mendapat sentuhan chrome untuk mempercantik tampilannya.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Tidak banyaknya tekukan pada desain Toyota Kijang LGX Diesel 2003 layaknya MPV modern

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Tampilan Belakang

Pada bagian belakang Kijang LGX Diesel 2003 juga tampil sederhana, dengan lampu belakang vertikal yang ‘klasik’. Pada Kijang LGX yang telah mendapatkan sentuhan facelift terakhir, terdapat tambahan reflector di bagian pintu belakang yang mengesankan lampu utama lebih besar dibandingkan sebelumnya. 

Selain itu desain pintu belakang juga baru dengan kaca yang terkesan tanpa bingkai, membuat tampilannya lebih modern. Hadirnya spoiler di bagian atas, wiper belakang, dudukan plat nomor yang dilapis chrome serta tambahan pelindung bumper menjadikan Kijang LGX Diesel 2003 ini semakin menarik.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Tambahan aksesoris pelindung bumper membuat MPV ini jadi semakin menarik

>>> Mungkin Anda ingin membaca:


Interior Toyota Kijang 2003

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Dashboard

Nyaris tak ada perubahan berarti pada dashboard Kijang LGX ini dibandingkan dengan Kijang generasi ke-4 yang pertama kali hadir pada 1997. Dengan model membulat, dan berbahan plastik keras, dashboard ini memiliki keunggulan soal daya tahan. Tata Letak panel instrument, head unit dan beberapa tombol pengaturan cukup ergonomis.

Lingkar kemudi palang tiga khas Toyota cukup enak digenggam. Headunit sistem audio sejatinya masih mengusung model single din, dengan kemampuan pemutar kaset dan radio, namun pada mobil yang kami ulas ini, sudah diganti dengan headunit double din berlayar sentuh.

Gambar menunjukkan desain interior mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Tidak adanya perubahan berarti di bagian interior

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Kursi

Dengan tiga baris tempat duduk di dalam kabinnya, Toyota Kijang LGX Diesel 2003 ini dapat mengangkut penumpang hingga 8 orang dewasa termasuk pengemudi. Ruang kaki cukup lapang, meskipun tidak istimewa untuk mereka yang duduk di baris ketiga.

Gambar menunjukkan desain bagian kursi mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Ruang kaki cukup lapang dari Toyota Kijang LGX Diesel 2003 sangat lapang

>>> Artikel terkait:

Fitur Toyota Kijang 2003

Tak banyak fitur istimewa yang disematkan pada Toyota Kijang LGX Diesel 2003. Pada bagian luar, lampu utama telah menggunakan halogen. Pada bagian belakang, seperti yang sudah sempat disebutkan, terdapat wiper pada kaca belakang yang membantu penglihatan ke arah belakang saat cuaca buruk.

Di bagian kabin, selain headunit dengan kemampuan memutar kaset dan radio FM/AM, Kijang LGX juga telah dilengkapi dengan AC double blower. 

Gambar sebuah mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 dilengkapi headunit single DIN

>>> Kilas Balik Yuk, Melihat Harga Dan Spesifikasi Toyota Kijang Kapsul LX 2002

Operasi Toyota Kijang 2003

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 generasi ke-4 ini didukung mesin diesel 4-silinder segaris berkapasitas 2.444 cc dengan tenaga 82 hp pada 4.200 rpm dan torsi maksimal 160 Nm pada 2.400 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5-speed. Meskipun banyak dikenal orang sebagai Kijang yang kurang bertenaga, namun setidaknya Kijang LGX bermesin diesel ini menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan varian Kijang bermesin bensin.

Gambar menunjukkan bagian mesin dari mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 dibekali mesin berkapasitas 2.444 cc 

>>>  Review Toyota Kijang LGX 1997, Terobosan Besar Mobil Keluarga Pada Masanya

Spesifikasi Toyota Kijang 2003

Selanjutanya adalah spesifikasi dari Toyota Kijang LGX Diesel 2003.

Spesifikasi Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Mesin

2.446cc 4-silinder diesel

Tenaga

82 hp @ 4.200 RPM

Torsi

160 Nm @ 2.400 RPM

Transmisi

RWD manual 5-speed

Panjang x Lebar x Tinggi

4.495 x 1.670 x 1.775 mm

Wheelbase

2.650 mm

Ukuran ban

195/70 R14

Daftar Harga Toyota Kijang 2003

Toyota Kijang LGX Diesel 2003 dijual mulai Rp 80 juta hingga Rp 120 juta. Angka tersebut tentunya tergantung dari kondisi mobil. Namun ketika Anda ingin membeli Toyota Kijang LGX Diesel 2003, karena sudah berumur cukup tua, disarankan untuk melihat riwayat servis, kondisi sasis dan kaki-kakinya.

>>> Klik sini untuk cek harga semua mobil Toyota Kijang baik baru maupun bekas

Kesimpulan Toyota Kijang 2003

Jika Anda menginginkan sebuah mobil keluarga yang melegenda dengan kepraktisan dan jaminan nilai jual kembali yang baik, maka Kijang LGX Diesel 2003 ini merupakan pilihan yang tepat. Dukungan mesin diesel juga menjadikan mobil ini salah satu pilihan yang irit soal konsumsi bahan bakar.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Review lain

Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?

23/10/2019

Editor rate:

Inilah Kijang termewah pada masanya. Ia hadir sebagai varian top of the line dari Toyota Kijang. Dan tahun 2003 adalah masa-masa terakhir Kijang Krista dipasarkan, sebelum ia digantikan oleh generasi Innova di 2004 hingga saat ini. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Kijang Krista tahun 2003 yang masih jadi incaran konsumen keluarga di daerah.

Lihat juga

Review Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002, Kijang Terakhir Yang Benar-Benar 'Kijang'

31/05/2019

Editor rate:

Pada tahun 2002, kembali Kijang Kapsul mengalami facelift. Ubahan utamanya ada pada gril, lampu depan-belakang, bumper depan lebih panjang, serta interior kini pakai warna beige untuk varian SGX, LGX dan Krista. Model Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002 ini merupakan angkatan terakhir ‘Kijang Kapsul’ sebelum akhirnya digantikan oleh Toyota Kijang Innova.

Lihat juga

Review Toyota Kijang LGX EFI 2000, Usaha Ekstra Meredam Sang "Rajanya Diesel"

29/05/2019

Editor rate:

Setelah puas mendulang kesuksesan penjualan melalui Toyota Kijang kapsul series sejak tahun 1999, Di tahun milenium atau tahun 2000, PT Toyota Astra Motor kembali menyempurnakan MPV andalannya agar lebih bertaji di pasar mobil Indonesia. Mereka menyematkan teknologi injeksi di sistem pengabutan bahan bakarnya. Inilah ulasan lengkap kami seputar Toyota Kijang LGX 2000.

Lihat juga

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Harganya Jadi Miring Karena Punya Desain ‘Aneh’

15/09/2019

Editor rate:

Percaya atau tidak, ada sebuah mobil yang akhirnya menjadi murah akibat desainnya ‘aneh’. Yap, fenomena itu pernah terjadi pada Suzuki Baleno Next-G. Sebuah sedan tapi punya wajah mirip Hatchback, diadopsi langsung dari fascia depan Suzuki Aerio. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita lihat dalam review Suzuki Baleno Next-G 2003.

Lihat juga

Review Daihatsu Ceria 2003: ‘Mbahnya LCGC’ Dijual Hanya Rp. 30 Jutaan Saja

08/08/2019

Editor rate:

Sebelum muncul mobil Low Cost Green Car (LCGC) seperti saat ini, nyatanya ada mobil murah loh sobat di tahun 2000-an. Yap, namanya adalah Daihatsu Ceria, menggunakan Platform mungil Kei Car ala Jepang. Keunggulannya adalah harganya yang super murah. Tak heran, kami menyebutnya “Mbahnya LCGC”. Berikut review Daihatsu Ceria 2003.

Lihat juga