Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Raja Pick Up Makin Berwibawa

21/01/2021

Share this post:

Suzuki Carry Pick Up 2021

Editor rate:

Rp. 162.000.000

Harga Suzuki Carry Pick Up Terbaru sera promosinya Lihat promo

Raja pick up di Indonesia kini semakin berwibawa, yes Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021 ini hadir dengan sejumlah pembaharuan dan menjawab kebutuhan konsumen

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Raja Pick Up Makin Berwibawa
Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Raja Pick Up Makin Berwibawa
0 Gambar

Pengantar Suzuki Carry Pick Up 2021

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Carry Pick Up 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin Luas

Daya Angkut Hingga 1 Ton

Kunci Sudah Immobilizer

Kekurangan

Posisi Radiator Rawan Terkena Kerikil

Tidak Ada Takometer

Tidak Tersedia Headrest

Foto Suzuki Carry ST20 1976

Kegigihan Soebronto Laras saat itu membuahkan hasil

Siapa yang menyangka, jika 'aksi nekat' yang dilakukan oleh Soebronto Laras selaku Presiden Direktur Suzuki saat itu di tahun 1975 dalam meyakinkan prinsipal Suzuki Motor Corporation di Jepang membuahkan hasil hingga kini. Karena Suzuki Carry yang saat itu diragukan bahkan sempat enggak laku di Jakarta, kini bisa menjadi andalan penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tanah Air. Tak segera merasa puas, hari ini Kamis (21/1) PT SIS meluncurkan Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021.

Gambar Sejarah Lengkap Suzuki Carry Di Indonesia

Beginilah rangkuman perjalanan Carry di Indonesia

Sedikit melihat sejarah, Carry hadir di Tanah Air sebagai jawaban Suzuki Indonesia atas kehadiran Daihatsu Hijet yang sama-sama bergenre kendaraan niaga ringan. Saat itu Carry ST20 mengusung mesin 2-tak yang punya ciri khas khusus, yakni suara khas mesin pembakaran 2 langkah. Tak heran ia kerap dipanggil Trungtung. Cerita sukses Carry terus berlanjut ke generasi selanjutnya yakni ST100 dan Bagong. Bahkan hingga ke Carry Futura dengan mesin 1.300 dan 1.500 cc di tahun 1991. Tak sampai disitu, kisah sukses terus berlanjut sampai generasi Mega Carry tahun 2011.

Foto Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019

Kehadiran generasi baru membawa angin segar

Memang, sekitar medio tahun 2007 hingga 2018, penjualan jagoan Suzuki ini sempat kalah pamornya dari rival abadinya yang telah bertransformasi sejak tahun 2007. Tak tinggal diam, segala jurus agar penjualan kian bertahan dilakukan PT SIS dengan melakukan penyegaran sang Carry. Tetapi upaya tersebut kurang membuahkan hasil, tak hanya dari tampilan dan fitur yang kalah dari rival, tetapi mesin lawas Carry saat itu yang berkode G series sudah (sangat) sulit untuk menembus standar emisi Euro 4 yang mulai dicanangkan pemerintah saat itu. 

Foto Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

PT SIS tak ingin lengah dan cepat puas, makanya versi facelift ini dibuat

Akhirnya cerita manis itu pun kembali berlanjut mulai bulan Agustus tahun 2019. Di mana generasi teranyar dari Carry diluncurkan. Tampilannya kini makin modern dan berkelas, meskipun ia lahir sebagai mobil untuk keperluan niaga, tapi tak terlihat murah. Penjualan Carry terus menggunung, model ini diterima dengan baik di sebagian besar wilayah di Tanah Air. Tak ingin terlena dengan kesuksesan yang telah diraih, PT SIS akhirnya merilis versi facelift dari Carry ini. Tentunya ulasan ini penting, karena bagaimanapun Suzuki Carry merupakan salah satu mobil yang punya peran serta terhadap pembangunan bangsa ini. Simak reviewnya sampai habis.

Eksterior Suzuki Carry Pick Up 2021

Foto tampilan depan Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Ubahan paling besar ada di bagian depan

Secara umum tampilan eksterior mobil ini masih mengusung desain semi bonnet yang menurut Cintamobil.com cukup enak dipandang, sekaligus juga lebih aman dan fungsional. Ubahan yang terbilang minor ini membuat tampilannya semakin kokoh dan berkarakter. Berikut ini adalah rincian ubahan yang ada di Suzuki New Carry Facelift 2021 ini.

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Tampilan depannya kini lebih tegas dan berkarakter

Tampilan baru pada Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021 ini langsung terlihat dari ubahan desain front grille dan bumper yang kini mengadopsi bentuk kapak yang pihak Suzuki sebut sebagai Hatched Axe. Pengaplikasian garis desain Hatched Axe yang tegas memperkuat karakter New Carry Pick Up sebagai kendaraan niaga yang kokoh dan tangguh untuk digunakan di berbagai medan.

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Dimensi lebih pendek 45 mm

Lanjut ke bagian samping, sekilas ia tidak memiliki ubahan apapun, semua masih terlihat sama dari mulai bentuk kabin, bak belakang, bahkan hingga ke kaki-kaki yang digunakan. Namun, jika Anda jeli sebenarnya dimensi panjang total ini mengalami sedikit ubahan. Panjang mobil berkurang 45 mm dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena bumper depan versi facelift ini lebih 'pesek' sedikit. 

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Buritan tak ada ubahan

Sementara untuk bagian buritan tak ada ubahan apapun. Semuanya tampak biasa saja selayaknya mobil pengangkut barang. Terdapat dua buah hook (dudukan) yang dapat digunakan untuk mengikat barang. Pada masing-masing sisi bak belakang juga terdapat karet penahan yang berfungsi untuk menahan pintu penutup dek ketika tutup dek kargo dibuka.

>>> Simak juga review tipe Carry lainnya:


Interior Suzuki Carry Pick Up 2021

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Layout Dashboard Dan Setir

Foto layout dashboard Suzuki New Carry Pick Up

Dashboard berkesan modern dan ada 'nafas' Suzuki Jimny terbaru

Layout dasbor yang fungsional tetap dipertahankan pada New Carry Pick Up versi facelift ini. Terdapat sedikitnya 6 tempat penyimpanan untuk tipe dengan power steering dan air conditioner, dan 10 tempat penyimpanan bagi Carry facelift dengan tipe tanpa AC dan power steering. Jelas saja hal ini menyenangkan bagi driver Suzuki Carry ini. Oh ya, setir menggunakan model 2 spoke mirip kepunyaan Carry Japanese Domestic Market yang bentuknya keren dan besar.

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Kursi Dan Posisi Duduk

Foto posisi duduk Suzuki New Carry Pick Up

Busa jok kini lebih tebal untuk tambah kenyamanan

Satu lagi ubahan yang dilakukan oleh PT SIS dan tak kasat mata di Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 ini, yakni dengan menambah ketebalan kursi agar lebih nyaman diduduki. Sehingga total tiga orang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin New Carry Facelift 2021 ini tanpa merasa kesempitan dan panas yang disebabkan oleh suhu mesin di bawah bokong. Sayangnya hingga versi facelift ini meluncur belum juga dilengkapi dengan headrest sebagai standar.

>>> Lihat juga berita seputar Suzuki di sini:

Fitur Suzuki Carry Pick Up 2021

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Suzuki New Carry Pick Up

Takometer tetap tak tersedia di versi facelift

Salah satu keputusan PT Suzuki Indomobil Sales yang amat kami sayangkan saat pertama kali peluncuran New Carry tahun 2019 lalu adalah mereka tidak lagi memasang takometer pada semua varian Suzuki Carry terbaru yang dijual di Indonesia kini. Tak terkecuali untuk Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021 ini. Kami juga pernah menanyakan mengapa demikian ke pihak teknik Suzuki, mereka bilang rata-rata pengguna mobil pick up tidak pernah menggunakan takometer. 

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Gambar APAR pada Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021

APAR sudah SNI (Standar Nasional Indonesia) lho

Guna menunjang faktor keamanan dan menuruti anjuran pemerintah, New Carry Pick Up yang dipasarkan mulai bulan Januari 2021 sudah dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terletak di bawah glove box. APAR yang digunakan adalah tipe dry chemical powder dan bersertifikat SNI sehingga efektif memadamkan kebakaran tanpa menimblkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya.

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Suzuki New Carry Pick Up

Audio dengan sepasang speaker cukup untuk menghibur sepanjang perjalanan

Meskipun head unit yang diusung masih bertipe single din sama seperti versi sebelum penyegaran, namun setidaknya sistem audio di mobil Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 ini mampu mengobati rasa bosan dan galau Anda selama diperjalanan dengan mobil ini. Memang ia tidak mampu memutar keping CD, namun sudah tersedia slot pembaca USB guna memutar lagu-lagu kesayangan Anda.

Review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021: AC

Foto tuas AC Suzuki New Carry Pick Up

AC jamin kabin tak panas

Selain sudah mengusung kunci dengan immobilizer sebagai standar, Anda juga tak perlu khawatir merasa kepanasan saat mengemudikan Suzuki Carry Facelift 2021 ini, sebab fitur pendingin udara akan membuat Anda merasa nyaman saat mengemudikan mobil ini di tengah panas terik. Apalagi terdapat empat tingkat percepatan pada blower AC New Carry Facelift ini. Membersihkan AC pun cukup mudah, sebab boks blower dan filter AC cukup mudah untuk diraih.

>>> Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Operasi Suzuki Carry Pick Up 2021

Foto mesin K15B-C Suzuki Carry

Mesin yang hemat dan bertenaga tetap dipertahankan

Mesin yang digunakan oleh Suzuki Carry Pick Up versi Facelift 2021 ini serupa dengan model sebelum penyegaran, yakni unit berkode K15B-C. Huruf C pada akhir kode tersebut menandakan Commercial atau mesin tidur. Berbeda dengan Suzuki Jimny atau All New Ertiga yang posisi mesinnya berdiri tegak. Khusus untuk K15B-C ini dilakukan berbagai macam penyesuaian seperti kepala piston hingga timing pengapian, jadi jangan heran kalau tenaga dan torsinya turun dari K15B biasa.

Foto tuas transmisi Suzuki New Carry Pick Up

Transmisi manual 5-percepatannya punya rasio gigi yang pas

Kubikasi mesin bersih ada di angka 1.462 cc dan teknologi DOHC pun tetap disematkannya pada Suzuki Carry terbaru ini. Output tenaga maksimum mobil ini adalah 97 PS atau sekitar 95,5 HP pada putaran mesin 5.600 rpm. Sementara torsi maksimumnya 135 NM di kitiran 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disambung ke transmisi manual 5-percepatan untuk kemudian disalurkan ke dua roda belakang, layout ini pastinya cocok untuk mobil niaga.

Foto kaki-kaki depan Suzuki New Carry Pick Up

Revisi pada kaki-kaki membuatnya lebih tangguh

Pada Suzuki Carry sebelum facelift, ada beberapa keluhan yang kami kumpulkan dari para konsumen setia maupun pengguna New Carry Pick Up. Cukup banyak yang menunjukkan harapan agar Suzuki Indonesia menyematkan kampas kopling yang lebih kuat di Suzuki Carry facelift. "Ada penyesuaian sesuai dengan hasil research dari bagian engineering," ujar Yulius Purwanto, selaku Product Development & Accessories Head. PT. Suzuki Indomobil Motor kepada Cintamobil.com.

Spesifikasi Suzuki Carry Pick Up 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021.

Mesin Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

 Seri mesin

 K15B-C

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

 Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,462 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.150 mm X 1.765 mm X 1.910 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

 Dimensi Bak Kargo (Panjang X Lebar X Tinggi) 

 Flat Deck: 2.505 mm X 1.665 mm X 360 mm

 Wide Deck: 2.505 mm X 1.745 mm X 425 mm

 Radius Putar Minimum 

 4,37 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Low Pick Up Segment

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5, 165/80R13

Daftar Harga Suzuki Carry Pick Up 2021

Foto ilustrasi harga Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Hargaya mulai Rp 150 jutaan saja

Suzuki Carry Pick Up versi facelift ini hadir dalam beberapa tipe, berikut ini adalah daftar harga New Suzuki Carry Pick Up versi penyegaran:

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI NEW CARRY PICK UP FACELIFT

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Flat Deck

Rp 152.500.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Flat Deck AC/PS

Rp 153.500.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Wide Deck

Rp 161.000.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Wide Deck AC/PS

Rp 162.000.000

*Harga per bulan Januari 2021

Kesimpulan Suzuki Carry Pick Up 2021

Foto kesimpulan review Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Ubahan yang dilakukan membuat pick up ini tampak lebih kokoh

Berkat ubahan yang dilakukan oleh PT SIS, tampilan Carry kini menjadi lebih berkarakter dan kokoh. Disamping itu penyempurnaan tak kasat mata yang dilakukan juga membuat Carry punya keunggulan yang tak terelakkan dibandingkan dengan kompetitornya. Kami pun jelas tak ragu-ragu merekomendasikan Anda pick up ringan ini untuk mendukung segala bentuk usaha Anda,

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021?
Harga Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 paling murah adalah Rp 152.500.000 dan yang termahal dibanderol Rp 162.000.000
Siapa saja rival dari Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 ini?
Rival Suzuki Carry Pick Facelift 2021 ini adalah: Daihatsu Gran Max, DFSK Super Cab, TATA Super ACE, Esemka Bima 1.2, Mitsubishi Colt T120SS, dan Esemka Bima 1.3
Apa saja ubahan di Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 ini?
Ubahan terbesar ada pada grille depan dan bumper depan, penambahan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta revisi pada kaki-kaki dan kopling
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top