Suzuki Carry Pick Up Facelift Meluncur, Kini Makin Berwibawa

21/01/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Akhirnya sang rajanya pick up, yakni Suzuki Carry Pick Up mendapat penyegaran, seperti apa Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021 ini? Apakah ganti wajah saja?

Pada hari ini, Kamis (21/1) PT Suzuki Indomobil Sales secara resmi meluncurkan versi penyegaran dari Suzuki Carry. Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021 kini tampil lebih berkarakter, dan bergaya. Meski secara umum ubahan yang dilakukan oleh PT SIS ini memang minimalis. Para insinyur dan desainer pabrikan berlogo S ini hanya melakukan ubahan pada bentuk grille dan juga bumper depan yang kini bernama Hatched Axe.

Ubahan Minor Bikin Makin Berkarakter

Foto bumper dan grille depan Suzuki Carry Pick Up Facelift

Ubahan ringan di Suzuki Carry Pick Up Facelift ini membuatnya makin berkarakter

Sementara untuk headlamp sendiri maupun bentuk semi-bonnet pada mobil ini masih sama saja seperti versi sebelum facelift. Tampilan eksterior depan mobil ini mengusung desain semi bonnet yang menurut Cintamobil.com cukup enak dipandang, sekaligus juga lebih aman dan fungsional. Ubahan yang terbilang minor ini membuat tampilannya semakin kokoh dan berkarakter.

>>> Begini rasa mengemudi Suzuki Carry Pick Up terbaru

Dimensi Lebih Panjang Tapi Dimensi Bak Angkut Tetap

Foto tampak samping Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Dimensi panjang berkurang 45 mm lebih panjang dari sebelumnya

Meski demikian ternyata ada ubahan kecil yang tak terlihat, yakni panjangnya berkurang sekitar 45 mm bila dibandingkan versi sebelum penyegaran. Hal ini disebabkan karena bumper depan versi facelift ini lebih 'pesek' sedikit. Meski demikian, itu tidak membuat kapasitas bak angkut mengalami ubahan. Panjang bak belakangnya tetap sama yakni 2,505 mm, tapi ukuran bak angkutnya berbeda, yakni lebar 1.665 mm untuk Flat Deck dan 1.745 mm untuk Wide Deck, sementara tinggi bak angkutnya adalah 360 mm untuk Flat Deck dan 425 mm untuk Wide Deck.

Foto New Carry Blind Van dan New Carry Minibus

New Carry Minibus dan Pick Up garapan karoseri juga akan 'facelift'

“Kami akan terus meluncurkan produk, baik baru maupun penyegaran, sehingga bisa selalu sesuai dengan kebutuhan konsumen, termasuk peluncuran tampilan baru New Carry Pick Up ini. Penyegaran ini kami yakini membuat New Carry Pick Up lebih kokoh, tangguh, dan aman,” kata Hideaki Tokuda, Managing Director 4W Sales & Marketing PT SIS pada acara peluncuran mobil ini hari ini.

Dilengkapi APAR

Foto tampak belakang Suzuki Carry Pick Up Facelift 2021

Tampak belakang Suzuki Carry Pick Up Facelift tak ubahnya dengan versi sebelum facelift

Sesuai dengan peraturan baru tahun ini, yakni mengenai Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada 18 Februari 2020 Sebagai perangkat pertolongan pertama, keberadaan APAR juga sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Gambar APAR merek FIRE STOP

APAR seperti ini diletakkan di bagian depan sebelah kiri ruang kaki penumpang depan

Maka, Suzuki Carry facelift kini sudah tersedia dengan tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Peranti ini berguna untuk keselamatan pengemudi dan juga penumpang mobil ini andai terjadi kebakaran kecil di mobil atau di lingkungan sekitar. Nah, APAR ini bisa dipakai untuk memadamkan api. Tentu saja siapa pun yang akan memakai tabung APAR itu disarankan untuk membaca instruksi atau petunjuk pemakaiannya agar paham mengenai cara memadamkan apinya.

Penyempurnaan Tak Kasat Mata

Pada Suzuki Carry sebelum facelift, ada beberapa keluhan yang kami kumpulkan dari para konsumen setia maupun pengguna New Carry Pick Up. Cukup banyak yang menunjukkan harapan agar Suzuki Indonesia menyematkan kampas kopling yang lebih kuat di Suzuki Carry facelift. "Ada penyesuaian sesuai dengan hasil research dari bagian engineering," ujar Yulius Purwanto, selaku Product Development & Accessories Head. PT. Suzuki Indomobil Motor kepada Cintamobil.com.

Foto kaki-kaki Suzuki New Carry

Kaki-kaki Carry Pick Up Facelift mendapat sedikit revisi

Tak hanya itu saja, PT SIS juga melakukan ubahan minor pada bagian kaki-kaki depan dengan cara merevisi bagian kaki-kaki yang tujuannya agar ban tidak 'makan' sebelah. Tak lupa busa jok kini dipakai yang lebih tebal agar dapat lebih menunjang kenyamanan pengguna rajanya pick up di Indonesia ini.

Mesin Tetap Sama

Foto mesin K15B-C Suzuki

Mesin punya layout dan output yang sama dengan yang lama

Mesin yang digunakan oleh Suzuki Carry Pick Up versi Facelift 2021 ini serupa dengan model sebelum penyegaran, yakni unit berkode K15B-C. Huruf C pada akhir kode tersebut menandakan Commercial atau mesin tidur. Berbeda dengan Suzuki Jimny atau All New Ertiga yang posisi mesinnya berdiri tegak. Khusus untuk K15B-C ini dilakukan berbagai macam penyesuaian seperti kepala piston hingga timing pengapian, jadi jangan heran kalau tenaga dan torsinya turun dari K15B biasa.

Foto tuas transmisi Suzuki New Carry Pick Up

Transmisinya tetap manual 5-percepatan

Kubikasi mesin bersih ada di angka 1.462 cc dan teknologi DOHC pun tetap disematkannya pada Suzuki Carry terbaru ini. Output tenaga maksimum mobil ini adalah 97 PS atau sekitar 95,5 HP pada putaran mesin 5.600 rpm. Sementara torsi maksimumnya 135 NM di kitiran 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disambung ke transmisi manual 5-percepatan untuk kemudian disalurkan ke dua roda belakang, layout ini pastinya cocok untuk mobil niaga.

Harga Suzuki Carry Pick Up Facelift

Suzuki Carry Pick Up versi facelift ini hadir dalam beberapa tipe, berikut ini adalah daftar harga New Suzuki Carry Pick Up versi penyegaran:

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI NEW CARRY PICK UP FACELIFT

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Flat Deck

 Rp 152.500.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Flat Deck AC/PS

 Rp 153.500.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Wide Deck

 Rp 161.000.000

Suzuki New Carry Pick Up Facelift Wide Deck AC/PS

 Rp 162.000.000

*Harga per bulan Januari 2021

“Sebagai kendaraan yang sudah menemani kisah sukses jutaan pengusaha Indonesia sejak tahun 1976, kami harap penyegaran New Carry Pick Up ini menjadi awal yang baik mengawali tahun 2021 dengan semangat baru untuk menggerakkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat,” tutup Tokuda usai melangsungkan acara peluncuran.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa Saja Ubahan Pada Suzuki Carry Pick Up Facelift?
Ubahan terbesar ada pada grille depan dan bumper depan, penambahan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta revisi pada kaki-kaki dan kopling
Siapa Saja Rival Suzuki Carry Pick Up Facelift Ini?
Rival Suzuki Carry Pick Facelift 2021 ini adalah: 1. Daihatsu Gran Max 2. DFSK Super Cab 3. TATA Super ACE 4. Esemka Bima 1.2 5. Mitsubishi Colt T120SS 6. Esemka Bima 1.3

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top