Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tawarkan Kelegaan Kabin

13/10/2020

Share this post:

Suzuki Carry 2020

Editor rate:

Rp. 262.300.000

Update/ Pembaruan harga mobil New Suzuki Carry Pick Up terbaru Lihat promo

Akhirnya yang ditunggu-tunggu para pecinta Suzuki Carry di Indonesia hadir juga, inilah ulasan lengkap dari Suzuki New Carry Minibus 2020 yang punya kabin lega

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tawarkan Kelegaan Kabin
Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tawarkan Kelegaan Kabin
0 Gambar

Pengantar Suzuki Carry 2020

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Carry 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin lega

Mesin hemat dan bertenaga

Pengaturan kursi fleksibel

Kekurangan

Body buatan karoseri punya imej kurang baik

Seatbelt belum auto ELR dan untuk penumpang belakang hanya 2 titik

Harga mahal

 

Gambar Suzuki New Carry Minibus 2020

Ini bukan kali pertama Suzuki Indonesia menjual Carry buatan karoseri

Inilah salah satu mobil yang menjadi most wanted para penggemar Suzuki Carry di Indonesia. Maklum saja, sejak tahun 2015 di mana Suzuki Indonesia terakhir menjual Carry model Real Van Minibus yang bodynya langsung di assembly Suzuki, belum ada lagi Carry Minibus yang dijual di Indonesia. Sampai akhirnya Suzuki New Carry Minibus 2020 yang bodynya dirakit oleh karoseri PT Putra Ganda Jaya Pratama ini dijual ke konsumen. Lantas seberapa menarik minibus garapan DSP Styling ini? Simak review Suzuki New Carry Minibus 2020 hingga tuntas.

Eksterior Suzuki Carry 2020

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Suzuki New Carry Minibus 2020

Grille depan dilapis chrome

Tampilan eksterior depan dari Suzuki New Carry Minibus 2020 ini tentu tidak ada bedanya dari New Carry Pick Up. Desainnya tergolong modern untuk sebuah mobil niaga. Bedanya, di model minibus ini grill depan menggunakan aksen chrome persis seperti New Carry Pick Up Luxury. Makin sip lagi, bumper depan sudah dicat sewarna body, sayangnya karena mobil ini buatan karoseri, maka tarikan garis pada atapnya kurang ‘landai’ dan terkesan tambahan, bukan assembly asli seperti Carry Real Van.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Suzuki New Carry Minibus 2020

Pintu geser memudahkan akses keluar-masuk

Body samping New Carry Minibus ini dibuat dengan body plat galvanis tebal 1 mm, dan insulator bodynya menggunakan PU Foam. Kaca pintu sliding pakai model tempered 5 mm dilapisi kaca film 60%, sementara untuk kaca samping kiri dan kanan menggunakan model dan ketebalan yang sama. Penumpang yang ingin mengakses kabin belakang juga makin mudah berkat ketinggian lantai 475 mm dari permukaan tanah, serta bukaan ruang pintu sliding kiri dan kanan yang masing-masing berukuran 1.050 mm X 750 mm.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Suzuki New Carry Minibus 2020

Tampilan belakang polos

Lanjut ke bagian buritan Suzuki New Carry Minibus ini, pintu bagasi model hatchback dengan bukaan ke atas semakin memudahkan saat pemilik atau pengguna mobil ini ingin mengakses bagasi. Senada dengan kaca bagian sampingnya, untuk kaca buritan New Carry Minibus ini menggunakan model tempered dengan ketebalan 5 mm dilapis kaca film dengan tingkat kegelapan 60%. Sensor parkir juga sudah tersedia secara opsional di mobil ini, sayangnya belum tersedia wiper belakang berikut washernya di mobil ini.


Interior Suzuki Carry 2020

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Suzuki New Carry Minibus 2020

Banyak kompartemen penyimpanan di sini

Karena berbasis dari dari Suzuki New Carry Chassis, maka tak ada perbedaan layout dashboard di Suzuki New Carry Minibus ini. Banyak tempat penyimpanan yang tersedia baik di kolom penumpang depan, dan juga pengemudi. Cup holder yang tepat berada di depan kisi AC juga tetap ada di Carry garapan perusahaan karoseri yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat ini. Posisi tuas transmisi menyatu di dashboard memberi kemudahan tersendiri saat pengemudi hendak meraihnya.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Setir

Foto setir Suzuki New Carry Minibus 2020

Posisi setir fixed

Demikian juga dengan setir yang terpasang di Suzuki New Carry Minibus 2020 ini yang masih serupa dengan New Carry losbak (pick up). Desainnya serupa dengan Suzuki Carry yang dijual lokal untuk pasar Jepang alias JDM (Japanese Domestic Market), bentuknya lebih kecil, namun tebal sehingga memberi rasa mantap ketika digenggam. Sayangnya, sama seperti Carry Pick Up, power steering bukan menjadi fitur standar dan posisinya sudah fixed dan tak tersedia pengaturan tilt and telescopic.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Konvigurasi Jok

Foto kursi baris kedua Suzuki New Carry Minibus 2020

Kabin lapang bikin nyaman penumpang

Karena panjang dimensi Suzuki New Carry Minibus 2020 ini lebih melar 220 mm dibandingkan dengan New Carry Pick Up Standar yang hanya 4.195 mm, maka tak heran berbagai konfigurasi jok bisa ditawarkan oleh DSP Styling. Dari mulai konfigurasi  2-2-3 (dua kursi di baris kedua, dua kursi di baris ketiga, dan tiga kursi kursi di baris keempat), konfigurasi 2-3 (hanya ada dua baris kursi, yakni dua kursi di baris kedua, dan tiga kursi di baris ketiga) hingga model kursi berhadapan seperti angkot.

Foto kursi baris keempat Suzuki New Carry Minibus 2020

Konvigurasi jok bisa disesuaikan dengan pesanan

Kursi-kursi ini dilapisi dengan kulit imitasi untuk menambah kesan rapi nan mewah. Sayangnya, semua kursi di kabin belakang ini hanya dilengkapi dengan sabuk pengaman model pesawat yang ada dua titik saja. Tapi, meski demikian seluruh kursi di Suzuki New Carry Minibus 2020 ini sudah dilengkapi dengan headrest yang proper dan dapat diatur tinggi-rendahnya. Lubang kisi AC tersedia enam buah sehingga membuat penyebaran udara dingin lebih cepat dan merata.

Foto kursi belakang SuzukI New Carry Minibus 2020 Terlipat

Bagasi cukup lapang

Kapasitas bagasi dari Suzuki New Carry Minibus ini juga cukup memadai. Meski pihak DSP Styling tidak menyebutkan secara resmi dan tidak ada dalam data, tetapi ia cukup lapang. Kursi paling belakang bisa dilipat seperti di foto, serta untuk membawa barang yang panjang kursi mobil ini juga bisa direbahkan. Kepraktisan mobil ini cukup baik sebagai mobil yang diproyeksikan untuk angkutan niaga, travel antar kota antar propinsi, maupun hanya sekadar antar jemput perusahaan atau sekolahan ini.

Foto kursi Suzuki New Carry Minibus mode terlipat rata

Kursi bisa dilipat seperti ini

>>> Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up

Fitur Suzuki Carry 2020

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Panel Meter

Foto panel meter Suzuki New Carry Minibus 2020

Tak tersedia takometer

Berbasis dari Suzuki New Carry Pick Up membuat fitur-fitur standarnya mengikuti jagoan mobil niaga asal Jepang tersebut. Panel meternya masih sederhana tanpa dilengkapi dengan takometer, pihak teknik Suzuki Indonesia beralasan pengemudi mobil niaga jarang melirik putaran mesin ketika mengemudi. Meski demikian, untuk indikator bahan bakar, odometer serta trip A dan trip B sudah tersaji secara digital.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: AC

Foto tuas pengatur AC Suzuki New Carry Minibus 2020

AC membuat seisi kabin nyaman

Pengemudi dan delapan penumpang yang menaiki Suzuki New Carry Minibus 2020 ini tidak akan kepanasan, sebab sudah tersedia fitur AC yang siap mendinginkan seisi kabin. Terdapat total 11 kisi AC yang akan menyemburkan udara dingin ke sekujur kabin. Sayangnya, pengaturan AC pada mobil ini masih sederhana saja, tidak ada pengaturan arah semburan apalagi heater dan defogger.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: Detail Lain

Foto cup holder Suzuki New Carry Minibus 2020

Cup holder mudah diraih

Suzuki New Carry Minibus 2020 ini memiliki kepraktisan yang sama baiknya dengan model lainnya seperti pick up maupun blind van. Karena, untuk bagian depan terdapat banyak laci penyimpanan, dan satu buah cup holder. Sementara untuk kabin bagian belakang terdapat kantong penyimpanan yang dapat difungsikan untuk menyimpan smartphone maupun botol ukuran mini. Meski digarap karoseri, namun kualitas buatan kabinnya tergolong baik.

Review Suzuki New Carry Minibus 2020: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Suzuki New Carry Minibus 2020

Sayang hanya tersedia dua speaker saja

Seluruh penumpang termasuk pengemudi yang berjumlah 9 orang dapat menikmati perjalanan lebih menyenangkan, sebab New Carry Minibus ini juga sudah dilengkapi sistem tatanan audio bawaan pabrik. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, belum dilakukan penyesuaian system in-car entertainment system di mobil ini, sebab kabin yang bertambah besar volumenya ini hanya didukung oleh dua buah speaker saja di bagian depan.

>>> Promo Suzuki Carry, Gratis Jasa Servis dan Ganti Oli Hingga 50 Ribu Km

Operasi Suzuki Carry 2020

Foto Mesin Suzuki New Carry Minibus 2020

Mesin mirip kepunyaan Ertiga tapi posisinya di sini tidur

Kehematan dan durabilitas seakan sudah menjadi icon produk mobil lansiran Suzuki. New Carry Minibus ini tetap mempertahankan mesin lama yakni K15B-C yang punya konfigurasi 4-silinder 1.500 cc berpenggerak roda belakang. Mesin ini mempunyai keluaran tenaga (97 PS atau 95,5 HP pada putaran mesin 5.600 rpm serta output torsi 135 NM pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersambung ke transmisi manual 5-percepatan yang pedal koplingnya ringan.

Foto tuas transmisi Suzuki New Carry Minibus 2020

Transmisi hanya manual 5-percepatan

Karena belum tersedia unit test drive, kami belum mengetahui bagaimana rasa berkendara dari mobil ini yang pastinya ada sedikit perbedaan, sebab bobot mobil bertambah begitu pula dengan dimensi mobil ini. Informasi yang kami dapatkan dari pihak PT Suzuki Indomobil Sales dan telah kami cross check ke DSP Styling, diketahui bahwa suspensi belakang maupun depan dari mobil ini tidak mendapat ubahan apapun.

>>> Kuat Secara Teknis Diantara Rival, Ini Kelebihan Dan Kekurangan New Suzuki Carry Pick Up 2019

Spesifikasi Suzuki Carry 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki New Carry Minibus 2020.

Mesin Suzuki New Carry Minibus 2020

 Seri mesin

 K15B-C

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

 Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,462 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka Suzuki New Carry Minibus 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.415 mm X 1.675 mm X 2.100 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

 Dimensi Pintu Sliding 

 1.530 mm X 950 mm

 Dimensi Ruang Pintu (Terbuka)

 1.050 mm X 750 mm

 Radius Putar Minimum 

 4,37 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki New Carry Minibus 2020

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Minibus Segment

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5, 165/80R13

Daftar Harga Suzuki Carry 2020

Foto harga Suzuki New Carry Minibus 2020

Harganya bahkan tembus di atas Rp 250 juta

"Harga untuk customer fleet, harga Carry minibus Rp 260 jutaan, blind van Rp 210 jutaan model cargo untuk spesial lisensi perusahaan," papar Sukma Dewi, Asst. To Dept Head Sales 4W, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada tim Cintamobil.com di suatu kesempatan interview online. Harga pasti dari Suzuki New Carry Minibus 2020 ini adalah Rp 262.300.000. Terasa kemahalan untuk sebuah Carry? Coba Anda lihat di kesimpulan.

Kesimpulan Suzuki Carry 2020

Foto kesimpulan review Suzuki New Carry Minibus 2020

Tawarkan kabin lapang, pas untuk usaha

Suzuki New Carry Minibus 2020 ini menawarkan dimensi kabin yang lapang dan serbaguna. Dipadu dengan kehandalan dan kehematan mesin K series Suzuki, membuat Carry ini sulit dicari tandingannya. Meskipun New Carry Minibus ini adalah buatan karoseri, namun kualitas buatannya cukup bisa menyamai assembly pabrikan asli. Kendati demikian, harus diakui harga jual yang ditawarkan adalah hal yang paling mengganjal dari Suzuki New Carry Minibus ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Enggak Perlu Pusing Modifikasi Lagi

Rp. 156.100.000

13/03/2020

Editor rate:

Untuk semakin mengukuhkan gelar sebagai 'Rajanya Pick Up' Suzuki Indonesia meluncurkan New Carry Luxury di ajang GIICOMVEC 2020. Berikut ini review Suzuki New Carry Luxury 2020.

Lihat juga

Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

21/08/2019

Editor rate:

Inilah tipe tertinggi dari New Carry Pick Up yang dijual di Indonesia. Tipe wide deck ini menawarkan dek yang lebih lega dibanding tipe biasa. Bagaimana impresi kami mengenai mobil Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019? Ikuti terus ulasan mendalam kami mengenai mobil ini.

Lihat juga

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013: Pekerja Yang Canggih

05/03/2019

Editor rate:

Suzuki Carry bisa dibilang adalah salah satu mobil yang punya cerita panjang nan legendaris di Indonesia, bahkan di dunia. Di Jepang sendiri, Suzuki Carry dikenal sebagai "light truck". Lalu bagaimana impresi kami terhadap mobil yang sudah lebih dari 40 tahun masa peredarannya dari generasi pertamannya di 1976? Inilah persembahan dari kami sebuah ulasan Suzuki Super Carry Pick-Up 2018, sang generasi penerus legenda.

Lihat juga

Review Suzuki Carry Pick Up 2019: Raja Pikap Semakin Modern

25/04/2019

Editor rate:

Nama Suzuki Carry bagi orang Indonesia sudah melegenda khususnya para konsumen otomotif di bidang komersial atau niaga. Sempat hadir dalam bentuk van yang kemudian dijadikan angkutan kota (angkot) hingga saat ini. Tetapi model pikap adalah yang melegenda di Indonesia dan banyak dipakai oleh para pedagang dan pengusaha. Berikut review Suzuki Carry Pick Up 2019.

Lihat juga

Review Suzuki Carry Pick Up 2015

28/02/2019

Editor rate:

Kehadiran Suzuki di Indonesia tak lepas dari peran Carry. Ya, model satu ini sudah berkiprah sejak tahun 1976 dan sekaligus berhasil melejitkan nama Suzuki bagi masyarakat Tanah Air. Dari banyak perubahan yang diberikan, khusus di artikel kali ini Cintamobil.com hendak mengulas tentang varian 1.5 Liter-nya dalam review Suzuki Carry Pick Up 2015.

Lihat juga