Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

14/10/2019
Ibarat peperangan legendaris antara negeri Tiongkok vs Jepang. Kali ini kami juga mengkomparasi dua mobil niaga yang asalnya dari kedua negara tersebut. Inilah komparasi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck.

Gambar menunjukkan ilustrasi Komparasi New Suzuki Carry Pick Up Wide Deck vs DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Kedua pick up ini sama-sama dirakit di Indonesia dan keduanya pun berjenis bak angkut wide deck

Komparasi kali ini ibarat mengulik kisah lama peperangan antara Tiongkok vs Jepang, namun komparasi alias perang kali ini adalah yang ketiga kalinya. Karena, sejarah pernah mencatat Tiongkok alias China telah berseteru hebat dengan Jepang melalui perang terbuka sebanyak dua kali, yakni sebelum Perang Dunia I dan sebelum Perang Dunia II, yang kami sebutkan terakhir tadi dikenal sebagai perang Asia Timur Raya.

Gambar menunjukkan Tampilan belakang DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Mampukah jagoan asal China rakitan Cikande, Banten ini menaklukkan ksatria bersamurai asal Jepang?

Demikian pula komparasi antara DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs New Suzuki Carry Pick Up Wide Deck ini, ibarat kedua perang besar tersebut. DFSK Super Cab 1.500 cc bermesin bensin ini hadir bak Chiang Kai-shek, seorang pemimpin politik dan militer Tiongkok abad ke-20 yang amat disegani lawannya. Kembali ke pertarungan antara DFSK Super Cab vs Suzuki New Carry Pick Up, kira-kira siapa yang akan jadi pemenang pada komparasi kali ini?

1. Harga

 

Tipe mobil

Harga DFSK Supercab

DFSK Supercab 1.3L Turbo Diesel

IDR 150.000.000

DFSK Supercab 1.5L Gasoline

IDR 128.990.000

*Harga per bulan Oktober 2019

Pertarungan pertama antara DFSK Super Cab 1.5L vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck adalah dari sisi harganya. DFSK Super Cab 1.5L dijual dengan harga Rp 16,1 juta lebih murah dibandingkan New Suzuki Carry Pick Up Wide Deck yang telah memiliki kelengkapan tambahan Air Conditioning (AC) dan Power Steering (PS). Bahkan, bila dibandingkan dengan Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck non AC dan PS, pickup ini hanya lebih murah Rp 1 jutaan saja. Hal ini jelas menjadi poin plus untuk DFSK Super Cab.

TIPE MOBIL

HARGA NEW SUZUKI CARRY PICK UP 2019

Suzuki New Carry Pick Up Flat Deck

Rp. 135.600.000

Suzuki New Carry Pick Up Flat Deck AC/PS

Rp. 144.100.000

Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Rp. 136.600.000

Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck AC/PS

Rp. 145.100.000

*Harga per bulan Oktober 2019

Meski begitu, soal jumlah varian yang ditawarkan, jagoan Suzuki yang dirakit di Tambun, Bekasi ini mengungguli DFSK yang dibuat di Cikande, Banten. Suzuki New Carry Pick up memiliki setidaknya empat varian, sementara DFSK Super Cab hanya memiliki dua varian. Namun soal jkenis varian ini, DFSK punya "senjata rahasia", yakni adanya pick up bermesin diesel. Tak main-main, mesin yang diusung oleh varian diesel DFSK Super Cab ini adalah diesel common rail buatan FIAT yang punya teknologi tinggi.

>>> Begini pendapat kami mengenai mobil City Car andalan Suzuki yang resale value-nya super bertahan

2. Desain

Gambar menunjukkan tampilan depan DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Desainnya yang beda dengan pick up lainnya, membuatnya ia jadi pusat perhatian di jalan

Di Indonesia, tampilan eksterior sebuah mobil mempengaruhi unsur penilaian calon konsumen mobil, maka pada komparasi mobil niaga kali ini kami masukkan desain sebagai salah satu parameter penilaian. Menurut kami tampilan eksterior depan mobil DFSK Super Cab ini cukup dapat memikat orang. Bumper depan Super Cab bermesin bensin ini tidak mendapatkan sentuhan yang membuatnya tampak kontras dengan warna putih pada bodi. Sementara lampu utama tiger style-nya memberikan sentuhan agresif yang modern para pick up asal Tiongkok ini.

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Tampilan depan New Carry ini lebih modern dan jauh membaik dari pendahulunya

Sementara tampilan eksterior depan dari New Carry Pick Up Wide Deck sama persis dengan semua tipe yang dijual. Dengan desain semi bonnet yang menurut kami cukup enak dipandang sekaligus fungsional, jika dilihat sekilas, eksterior depan mobil New Carry Pick Up Wide Deck ini agak mirip dengan Toyota HiAce yang beredar antara tahun 2005 hingga 2018. Secara umum tampilan depan mobil ini dapat diterima oleh kebanyakan konsumen Tanah Air.

Gambar menunjukkan Tampilan belakang DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Lampu dengan mika kristal membuat tampilan belakang DFSK Super Cab bensin ini lebih modern dari rivalnya

Mobil asal Tiongkok yang dirakit di Cikande, Banten ini, pun terlihat modern. Desain eksterior kabin yang mengkotak membuatnya terlihat kekar dan menularkan aura pekerja sejati. Tak hanya gagah, desain handle alias gagang pintu dengan model tarik membuatnya tampil layaknya mobil penumpang. Plus kaca spion berukuran besar di kedua sisinya membantu memperbesar visibilitas. Tambahan talang air pada pilar A  dan pintu serta balutan stiker bodi pada bak angkut belakang membuatnya tampil beda dibandingkan dengan pick up lainnya.

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Suzuki New Carry Pick Up 2019

Sejak dulu, bisa dibilang tampilan belakang Suzuki Carry tak ada ubahan berarti

Berlanjut ke Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck, tampilannya dari depan hingga belakang memberikan proporsi yang baik sebagai mobil niaga. Meski dimensi bak angkutnya lebih lebar 80 mm dibandingkan dengan versi non Wide Deck, namun Suzuki mampu "menyembunyikannya" dengan baik. Pada generasi Carry sebelumnya, perbedaan lebar bak angkut ini tampak jelas antara wide deck dengan non wide deck.

Gambar menunjukkan DFSK Super Cab vs Suzuki New Carry

Anda lebih suka tampilan kekar (atas) atau membulat (bawah)? 

Meski pada akhirnya soal desain kembali ke selera, menurut kami kedua mobil ini memberikan tawaran desain yang sama baiknya. Jika Anda menyukai tampilan eksterior mengkotak dengan beberapa sudut lancip, Anda bisa memilih DFSK Super Cab berbahan bakar bensin. Tapi, jika Anda lebih sreg dengan desain eksterior yang mendapatkan beberapa kurva membulat dan tampak khas sebagai "mobil Jepang", New Carry Pick Up bisa menjadi pilihan. 

3. Kabin

Gambar menunjukkan Layout dasbor DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Layout dasbor cukup luas, sayang tempat penyimpanan tak sebanyak rivalnya asal Jepang

Secara layout dasbor, mobil DFSK Super Cab bensin ini desainnya didominasi bentuk membulat. Well, seperti halnya mobil niaga lain, bahan plastik keras menjadi material utama dasbor mobil ini. Satu hal yang kami kritik pada pick up asal Tiongkok ini adalah ketiadaan cup holder. Tanpa adanya cup holder, akan sangat merepotkan untuk meletakkan air mineral. Namun, kami suka desain head unit yang terintegrasi dan cukup banyaknya tempat penyimpanan di kabin mobil niaga ini.

Gambar menunjukkan Layout dasbor Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Anda akan senang di dalam kabin New Carry Pick Up ini, selain lega ia juga kaya akan tempat penyimpanan

Keunggulan soal kepraktisan ditampilkan pada kabin New Carry Pick Up Wide Deck. Di sini, terdapat sedikitnya enam tempat penyimpanan, termasuk satu buah cup holder. Jelas saja hal ini memberikan keuntungan bagi pengemudi Suzuki Carry ini. Oh ya, lingkar kemudi pada Suzuki Carry ini menggunakan model 2-spoke seperti yang diusung Carry Japanese Domestic Market yang tampil keren dan besar.

Gambar menunjukkan Kursi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Busa jok DFSK Super Cab lebih tebal dari New Carry membuatnya lebih nyaman diduduki

Masih di dalam kabin, keleluasaan menjadi salah satu keunggulan dari mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline ini bila dibandingkan dengan rivalnya asal Jepang itu. Pada DFSK Super Cab ini pengaturan maju dan mundur bangku di kabinnya lebih leluasa dibandingkan New Suzuki Carry, sehingga pengemudi dengan postur tubuh seperti apapun dapat diakomodir. Apalagi busa joknya sedikit lebih tebal dari rivalnya tersebut.

Gambar menunjukkan Kursi Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Busa jok tips membuat Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck tidak lebih nyaman dari Super Cab

Jika sebelumnya Suzuki Carry hanya menyediakan tempat duduk yang leluasa bagi dua orang, maka Suzuki New Carry Pick Up kali ini .dapat mengakomodirt hingga tiga orang termasuk pengemudi untuk dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin. Meski busa joknya yang terasa lebih tipis dari DFSK Super Cab sedikit banyak mengurangi kenyamanan, namun kursi mobil yang dapat diatur maju dan mundurnya memberikan kemudahan untuk mencari posisi mengemudi yang nyaman. 

>>> Komparasi Baru Atau Bekas: Harga Beda Rp 2 Jutaan, Piliih Toyota Avanza Veloz 1.5 AT 2015 Atau New Toyota Calya 1.2 G AT

Gambar menunjukkan Posisi duduk DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Posisi duduk yang tinggi di DFSK Super Cab membuat Anda lebih mudah memantau ke sekitar

Sebagai catatan, menurut kami ada satu hal yang mengganjal di dalam kabin DFSK Super Cab bensin ini. Meski kursinya terasa lebih nyaman diduduki, ditambah posisi duduknya yang tinggi sehingga pandangan Anda lebih leluasa ke sekitar, tapi channel sepatbor roda cukup mengganggu di dalam kabin. Kaki kami maupun penumpang depan sering terpentok dan itu sedikit menciderai kenyamanan kabinnya, apalagi bagi driver yang ukuran kakinya besar, hal ini sangat mengganggu.

Gambar menunjukkan Posisi duduk Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Posisi duduk lebih rendah membuat proses keluar masuk kabin di New Carry Pick Up jauh lebih mudah

Sebaliknya dengan New Carry Pick Up Wide Deck. Mobil ini memang tidak menyuguhkan posisi duduk yang tinggi, ataupun jok yang relatif empuk, namun, ruang kaki jagoan Suzuki ini sangat luas. Bahkan untuk pengemudi dengan postur tubuh diatas 175 cm kami jamin ia tak akan merasa kesempitan kakinya. Kelebihan ini kembali menjadi poin plus bagi produk PT Suzuki Indomobil Sales ini dibandingkan pick up andalan PT Sokonindo Automobile.

4. Kapasitas Angkut

Gambar menunjukkan Bak angkut DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Kapasitas angkut maksimum di DFSK Super Cab bensin ini unggul 300 kilogram lebih dari Carry Pick Up

Pertarungan kunci yang ketiga dalam komparasi kali ini adalah kapasitas angkut, maklum saja kedua mobil ini masuk ke kelas mobil niaga, dimana daya angkut adalah segalanya. Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck unggul mutlak di sini, ia mampu menyediakan dimensi bak muatan yang jauh lebih luas dari rivalnya itu. Dengan dimensi bak muatan panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi 360 mm secara otomatis mengungguli DFSK Super Cab 1.5L Gasoline yang hanya punya volume bak, panjang 2.470 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 340 mm.

Gambar menunjukkan Bak angkut Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Kelegaan bak angkut menjadi keunggulan mutlak New Carry Pick Up Wide Deck di komparasi kali ini

Tapi, untuk beban maksimum yang dapat dibawa, New Suzuki Carry Pick Up Wide Deck ini harus mengakui kekuatan DFSK Super Cab 1.5 Gasoline. Hal itu lantaran berat total 1,3 ton atau tepatnya 1.399 kilogram dapat dengan mudah saja diangkut oleh jagoan PT Sokonindo Automobile ini. Sementara gacoan PT Suzuki Indomobil Sales ini harus puas pada beban maksimum yang dapat dibawa dengan nilai 1 ton saja. Kapasitas muatan maksimum yang banyak, jelas akan menguntungkan para pengusaha, tapi ukuran bak yang luas jauh lebih penting.

>>> Dapatkan tips jual beli lainnya hanya di sini

5. Performa

Gambar menunjukkan Mesin DK15 DFSK Super Cab

Mesin DK15 yang dibopong DFSK Super Cab bensin ini menyemburkan tenaga dan torsi lebih besar dari rivalnya

Mesin DFSK Super Cab 1.5L Gasoline ini ditenagai oleh unit berkode DK15 yang diklaim oleh DFSK sudah sesuai untuk pasar Indonesia. Mesin ini punya karakter overstroke, dimana langkah piston lebih panjang dari diameter piston membuat semburan torsi sudah terasa di putaran rendah. Resep ini tentunya sangat dibutuhkan oleh mobil niaga seperti DFSK Super Cab bermesin bensin ini.

Berikut ini adalah spesifikasi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline:

Mesin DFSK Super Cab 1.5L Gasoline
 Seri mesin  DK15 1.5L 4 Silinder, DOHC DVVT
 Pasokan Bahan Bakar  Electric Control Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet)
 Tenaga Maksimum  100,5 HP (102 PS) @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum  140 Nm @ 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,498 cc
 Bore X Stroke  75,0 mm X 84,8 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan, RWD
  Rangka DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 
 Panjang X Lebar X Tinggi  4,440 mm X 1,810 mm X 1,890 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,750 mm
 Dimensi Bak Angkut (PxLxT) & Beban Angkut  2,470 mm X 1,670 mm X 340 mm & 1,399 Kilogram
 Jumlah Tempat Duduk  3-Seats
 Kapasitas Tangki  55 liter
  Suspensi/Kaki-Kaki DFSK Super Cab 1.5L Gasoline
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Independent Suspension & 6 Leaf Spring, non-independent
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Disc Brake & rum
Teknologi Sistem Pengereman  N/A
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Ladder Frame, Commercial Segment
 Pelek  Steel, 14 inch
Jenis Ban  Dunlop Maximiller, 185R14C-8PR

Rasio giginya yang terasa kasar cukup membantu ketika mobil diberi full muatan dan dengan kondisi jalan menanjak. Sayangnya penyaluran tenaganya seperti kurang maksimal. Kami membandingkan dengan rival asal Jepangnya, dengan figur tenaga dan torsi lebih kecil, terasa jauh lebih mudah untuk melajukan mobil. Belum lagi bentuk bodi mengkotak yang cenderung tidak aerodinamis dan disinyalir bobot bodi yang lebih berat turut serta mengurangi performanya.

Gambar menunjukkan Mesin K15B-C New Carry Pick Up Wide Deck

Mesin K15B-C yang diusung New Carry Pick Up ini memang tenaga dan torsinya lebih kecil, tapi...

Mesin yang digunakan oleh New Carry Pick Up Wide Deck ini adalah unit berkode K15B-C. Huruf C pada akhir kode tersebut menandakan Commercial atau mesin dengan posisi tidur. Berbeda dengan Suzuki Jimny atau All New Ertiga yang posisi mesinnya berdiri tegak. Khusus untuk K15B-C ini ada berbagai macam penyesuaian seperti desain kepala piston hingga timing pengapian, jadi jangan heran kalau tenaga dan torsinya di bawah dari mesin K15B biasa.

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019.

Mesin Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

 Seri mesin

 K15B-C

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Multi Point Injection

 Tenaga Maksimum

 95,5 Hp (97 Ps) @ 5.600 rpm

 Torsi Maksimum

 135 Nm @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,462 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 85,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.195 mm X 1.765 mm X 1.910 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.205 mm

 Dimensi Bak Kargo (Panjang X Lebar X Tinggi) 

 2.505 mm X 1.745 mm X 425 mm

 Radius Putar Minimum 

 4,37 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Leaf Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 TECT

Struktur Sasis

 Ladder Frame

Pelek

 Steel, 13 Inch

Jenis Ban

Dunlop SP LT5 , 165/80R13

Yang menyenangkan adalah, mesin ini efisien dalam mengolah tenaga. Tenaga dan torsi yang memang lebih kecil dibandingkan pick up Tiongkok itu dapat tersalur sempurna ke roda belakang, sehingga lebih mudah melajukan mobil. Tenaga mesin 97 Ps atau sekitar 95,5 Hp dan torsi 135 Nm disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dengan bantuan kopel ke dua roda belakang. Meski begitu, proses perpindahan giginya  agak kaku dan terasa kurang presisi.

6. Kesimpulan

Gambar menunjukkan seorang wanita memakai baju biru disamping Suzuki New Carry Pick Up

Jelas saja New Suzuki Carry Pick Up Wide Deck ini adalah pemenangnya, sebab...

Daya angkut menjadi kelebihan utama dari New Carry Pick Up Wide Deck ini. Sebab dalam dunia logistik dan pengangkutan, kapasitas bak yang lebih luas jauh lebih membantu. Apalagi kelegaan dan kepraktisan yang tinggi di kabin, plus desain yang lebih fresh membuat rasanya tak ada alasan untuk tidak memberikan kemenangan mutlak ada di jagoan Suzuki ini. Namun, DFSK Super Cab 1.5L Gasoline tak harus berkecil hati, daya angkut beban hingga 1,3 ton menjadi keunggulan selain limpahan tenaga dan torsi yang juga lebih baik dibandingkan pick up Jepang lawannya. Selain itu, tawaran banderol harga yang lebih "ramah" terhadap kantong juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku usaha. 

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain