Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017: Pesaing Carry Dan GranMax Yang Bikin Pengemudi Pick Up Lain Iri

13/10/2019
editor rate: 3,5 user rate: 4,3
Bisa dibilang, DFSK Super Cab adalah satu-satunya mobil niaga asal negeri Tiongkok yang berani melawan hegemoni mobil niaga asal Jepang. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

PENGANTAR DFSK Supercab 2017

Gambar menunjukkan Mobil DFSK Super Cab bensin 2019

Super Cab adalah produk pembuka dari DFSK untuk pasar Indonesia

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 - Daihatsu GranMax dan Suzuki Carry menjadi dua mobil pick up yang paling digemari di Indonesia. Contoh sederhana, coba saat Anda sedang di jalan dan berada ditengah keramaian, iseng Anda tengok kanan dan kiri, berapa banyak GranMax dan Carry yang ada di sekitar Anda? Namun, hegemoni dua mobil niaga tersebut seakan tidak dibiarkan oleh pemain dari negara lain, antara lain dari India yakni Tata Motors dan DFSK dari China.

Gambar menunjukkan Emblem Super Cab 1.5 DVVT

Mampukah Super Cab ini meredam hegemoni penjualan Daihatsu GranMax dan Suzuki Carry?

Sayangnya pesaing mobil niaga dari India tersebut seakan kurang bertaji. Faktornya banyak, mulai dari desain, hingga kapasitas angkutnya yang tak sebaik rivalnya. Dan kami justru menganggap bahwa DFSK Super Cab yang dites jalan kali ini adalah lawan terkuat dua raksasa Jepang tadi. Sebab, ia nyaris memiliki semuanya yang sudah dipunyai kedua rivalnya plus ada tambahan-tambahan lainnya yang tak ditemukan di Carry maupun Gran Max.

So, tak perlu berlama-lama, inilah ulasan kami terhadap DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017.

EKSTERIOR DFSK Supercab 2017

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Tampilan depan mobil ini sanggup membuat orang lain menengok dan tanya "ini mobil apa?"

Ada yang unik saat kami mengetes jalan mobil ini. Karena nyaris setiap pasang mata, terutama yang juga mengemudikan mobil pick up bahkan truk engkel melirik ke mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini. Bahkan, saat kami melakukan pemotretan di kawasan Puncak, Bogor ada pemilik mobil niaga yang menghampiri kami dan bertanya ini mobil apa. Tak sampai disitu, ia juga memuji desain mobil ini yang out of the box bila dibandingkan dengan pick up sejenis lainnya.

Gambar menunjukkan Headlamp DFSK Super Cab 2017

Headlamp Super Cab dengan tiger style ini jelas masih menganut bohlam tipe halogen biasa

Hal ini membuktikan bahwa tampilan eksterior depan dari mobil DFSK Super Cab ini cukup dapat memikat orang. Bumper depan Super Cab ini memang tidak dicat dan membuatnya kontras dengan kelir putih pada bodi. Namun, hal ini bukan tanpa alasan. Oleh sebab mobil niaga biasanya punya mobilitas tinggi, sehingga jika terjadi kecelakaan, proses pergantian part dapat dilakukan dengan cepat dan tidak membuat proses downtime menjadi panjang.

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Tampilan samping DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini juga tak kalah menggoda

Lanjut ke tampilan eksterior samping mobil asal Tiongkok yang dirakit di Cikande, Banten ini, terlihat mobil ini juga tak kalah menggoda. Desain eksterior kabin yang mengkotak membuatnya terlihat kekar dan punya aura pekerja sejati. Meskipun kami juga percaya, secara teknis desain seperti ini akan berakibat buruk pada aerodinamika mobil dan membuat performanya menjadi kurang baik (lengkapnya baca di segmen Operasi ya!).

Gambar menunjukkan Spion DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Kaca spion berukuran besar ini kokoh dan membantu mengurangi visibilitas

Tak hanya gagah, aura khas mobil pekerja juga seakan ingin disamarkan oleh DFSK terhadap mobil ini. Lihat saja desain handle alias gagang pintu dengan model tarik, yang umumnya ada di mobil non niaga. Belum lagi kaca spion berukuran besar yang dapat membantu mengurangi visibilitas, serta talang air dan stiker bodi pada bak angkut belakang yang membuatnya tampil beda dibandingkan dengan pick up lainnya.

Gambar menunjukkan Handle pintu DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Selain Esemka yang lagi beken itu, Super Cab sudah lebih dahulu menggunakan gagang pintu model tarik 

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

DFSK Super Cab adalah satu-satunya pick up dengan emblem terbanyak sepanjang yang pernah kami tes

Pada tampilan eksterior belakang mobil DFSK Super Cab ini sebenarnya tidak ada yang salah. Semuanya normal saja sebagai mobil niaga dengan jenis pick up. Hanya saja, kami kurang suka dengan begitu banyaknya emblem yang terpasang di bagain buritan mobil. Belum lagi ditambah stiker besar dengan logo DFSK sebagai merek mobil ini, membuat tampilan belakang mobil ini menjadi agak terlalu ramai.

Gambar menunjukkan Stoplamp DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Reflektor lampu belakang sudah mika bening dan membuat pancaran sinar lebih terang dan enak dilihat

Tapi, bukan berarti tidak ada kelebihan komparatif yang dimiliki DFSK Super Cab bensin ini bila dibandingkan dengan rivalnya. Secara fungsi dan tampilan, penggunaan mika kaca bening pada lampu belakang membuatnya terlihat keren, tak sampai disitu saja, pancaran sinar juga terlihat lebih terang dan enak untuk dipandang mata. Meskipun semua bohlam lampu menggunakan bohlam jenis halogen biasa demi daya tahan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR DFSK Supercab 2017

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Layout dasbornya memang biasa saja, namun desain head unit terintegrasi-nya patut dipuji

Secara layout dasbor, mobil DFSK Super Cab bensin ini desainnya baik dengan dominan bentuk membulat. Well, seperti halnya mobil niaga lain, bahan plastik keras pasti jadi material utama dasbor mobil ini. Satu hal yang kami tak suka, adalah ketiadaan cup holder pada mobil ini. Namun, kami suka desain head unit terintegrasi dan cukup banyaknya tempat penyimpanan di mobil niaga ini.

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Kursi ini busanya tipis sekali, sehingga akan membuat pegal saat diduduki berlama-lama

Memang, kabin yang lega jadi keunggulan dari mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini bila dibandingkan dengan kedua rivalnya asal Jepang. Namun, busa jok di ketiga kursi ini tipis sekali, seakan Anda harus mempasrahkan cadangan lemak Anda demi kenyamanan. Untunglah, untuk kursi pengemudi mampu diatur maju mundur sehingga postur tubuh seperti apapun dapat diakomodir.

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Setir

Gambar menunjukkan Setir DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

EPS alias Electronic Power Steering membuat putaran setir ringan layaknya city car

Tak ada tombol pengatur apapun di setir mobil DFSK Super Cab ini. Namun, kami tetap menyukai desain kemudi mobil ini, diameternya pas, ketebalannya juga pas dan yang terpenting adalah ia dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS). EPS membuat putaran setir menjadi sangat ringan, bahkan kami berani bilang nyaris se-enteng city car macam Suzuki Karimun. Jelas saja ini akan memudahkan Anda melakukan manuver terhadap pick up yang panjangnya 4,4 meter ini.  

>>> Baca juga:

FITUR DFSK Supercab 2017

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Kapasitas Bak 

Gambar menunjukkan Bak DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Dimensi bak angkut DFSK Super Cab bensin ini lebih besar dari varian bermesin diesel

Salah satu keistimewaan DFSK Super Cab dengan mesin bensin ini dibandingkan dengan versi diesel adalah dimensi bak angkutnya yang lebih panjang. Secara total bak angkut Super Cab bensin ini adalah 2.470 mm alias lebih panjang 160 mm dari Super Cab diesel, plus lebar 1.670 mm, dan tinggi bak 340 mm. Meski total dimensi bak masih kalah jauh dari New Carry Pick Up, namun setidaknya jagoan Tiongkok ini menang dari GranMax.

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Bak 3 Way

Gambar menunjukkan Bak 3 Way DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Bak dengan model 3 way sangat memudahkan dalam proses loading barang seperti ini

Bak angkut dengan model bukaan 3 way ini bukan hanya sangat memudahkan dalam proses loading, namun juga bisa lebih memaksimalkan daya angkut. Apalagi oleh pabrikan, mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini punya daya angkut lebih dari 1,3 ton, atau tepatnya 1.399 kilogram. Jelas saja, ini membuat pemilik mobil ini akan lebih leluasa dalam melakukan pengangkutan barang dengan mobil ini.

Gambar menunjukkan Model Bak 3 Way DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Dengan tidak adanya tonjolan sepatbor ban belakang, membuat kapasitas angkut jadi maksimal

Karena lahir sebagai mobil niaga, kami mencoba untuk memperlakukannya sebagai mobil pekerja juga. Kami coba mengangkut lemari dibantu oleh beberapa tenaga kerja dari lingkungan sekitar untuk kebutuhan foto ilustrasi. Hasilnya, lemari dengan ukuran di foto mudah saja untuk masuk. Dan kami tak mengalami kesulitan apapun dalam proses loadingnya. Saat dijalankan pun, suspensi belakang terasa sedikit melunak, maklum saja, hal ini karena ada beban di bak belakang.

Gambar menunjukkan Mekanisme pengunci bak DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Handel pengunci bak angkut mudah untuk dioperasikan dan dilengkapi karet pelindung

Kami juga menyukai handel pengunci bak angkutnya yang begitu mudah untuk dioperasikan. Tak hanya itu saja, ia pun dilengkapi dengan karet pelindung yang membuat proses penguncian tidak menimbulkan bunyi kasar. Bagi kami, ini adalah sebuah sentuhan detail ringan yang dilakukan oleh DFSK terhadap produk Super Cab ini, dan itu berdampak baik.

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 : Fitur Pemanja Penumpang & Pengemudi

Gambar menunjukkan Head unit DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Head unit terintegrasi ini memang bagus, sayang kualitas reproduksi suaranya biasa saja

Kami sangat suka bentuk head unit dari mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini. Karena rapi dan tampil layaknya mobil non niaga. Namun sayangnya, kualitas reproduksi suara dari 2 speakernya biasa saja. Bahkan komposisi suara seperti equalizer, dan bass tidak dapat diatur. Anda hanya bisa pasrah mendengar suara yang tidak bisa dibilang bagus tersebut. Konektivitasnya juga cukup untuk mobil niaga, karena selain radio dapat membaca file USB dan input AUX.

Gambar menunjukkan Tuas AC DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

AC mobil DFSK Super Cab ini memang (amat) dingin, namun sayang suara blowernya berisik

Satu lagi fitur yang menghibur adalah keberadaan Air Conditioning alias AC di mobil DFSK Super Cab ini. Well, kami tahu di Daihatsu GranMax dan New Suzuki Carry Pick Up juga sudah ada varian yang tersemat AC. Namun, di kedua rivalnya asal Jepang tersebut, AC bukan hadir sebagai kelengkapan standar. Set back ke DFSK Super Cab bensin ini, meski hembusan AC-nya dingin, sayangnya suara blowernya berisik dan agak menganggu.

>>> Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

OPERASI DFSK Supercab 2017

Gambar menunjukkan Mesin DK15 DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Mesin berkode DK15 yang terpasang di Super Cab ini menyala dengan halus

Mesin DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini ditenagai oleh unit berkode DK15. Mesin ini dirancang oleh DFSK dan diklaim sudah sesuai untuk pasar Indonesia. Mesin ini punya karakter overstroke, dimana langkah piston lebih panjang dari diameter piston membuat semburan torsi sudah terasa di putaran rendah. Yang mana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh mobil niaga seperti DFSK Super Cab bermesin bensin ini.

Gambar menunjukkan Tuas transmisi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Perpindahan gigi menjadi lebih mudah, berkat tuas transmisi yang berada di dekat kolom setir

Rasio giginya juga kasar layaknya mobil niaga. Hal ini membantu ketika mobil diberi full muatan dan dengan kondisi jalan menanjak. Sayangnya penyaluran tenaganya seperti kurang maksimal. Kami membandingkan dengan rivalnya asal Jepang, dengan figur tenaga dan torsi lebih kecil, terasa lebih mudah untuk melajukan mobil. Belum lagi bentuk bodi mengkotak yang cenderung tidak aerodinamis dan disinyalir bobot bodi yang berat turut menciderai performanya.

Gambar menunjukkan Tim Cintamobil test drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Mengemudikan DFSK Super Cab bensin ini jadi pusat perhatian pengendara lain

Untunglah, berkat bentuk mobil ini yang unik dari luar, plus kehadirannya yang jarang terlihat di jalanan membuat kami jadi pusat perhatian, sebab mobil tes kami kali ini tak dilengkapi dengan kaca film. Putaran setirnya yang ringan berkat penggunaan EPS, sangat memudahkan mobil ini ketika hendak bermanuver. Injakan kopling di mobil ini juga menyenangkan karena ringan, sayang hal itu tak dibantu dengan tuas persnelingnya yang tidak ringan dan kurang presisi.

>>> Review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007: Pick-Up Terlaris Di Kuartal Pertama 2018

spesifikasi DFSK Supercab 2017

Berikut ini adalah spesifikasi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017.

Mesin DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 
 Seri mesin  DK15, 1.5L 4 Silinder, DOHC VVT
 Pasokan Bahan Bakar  Electric Control Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet)
 Tenaga Maksimum  100,5 HP (102 PS) @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum  140 Nm @ 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,498 cc
 Bore X Stroke  75,0 mm X 84,8 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan, RWD
  Rangka DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 
 Panjang X Lebar X Tinggi  4,440 mm X 1,810 mm X 1,890 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,750 mm
 Dimensi Bak Angkut (PxLxT) & Beban Angkut  2,470 mm X 1,670 mm X 340 mm & 1,399 Kilogram
 Jumlah Tempat Duduk  3-Seats
 Kapasitas Tangki  55 liter
  Suspensi/Kaki-Kaki DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Independent Suspension & 6 Leaf Spring, non-independent
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Disc Brake & rum
Teknologi Sistem Pengereman  N/A
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Ladder Frame, Commercial Segment
 Pelek  Steel, 14 inch
Jenis Ban  Dunlop Maximiller, 185R14C-8PR

kelebihan & kekurangan DFSK Supercab 2017

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada kelebihan dan kekurangan yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com akan memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017  ini.

Kelebihan Kekurangan
Kabin Lega Minim Ruang Penyimpanan
Kapasitas Angkut Hingga 1,3 Ton Agak Boros BBM Dibanding Rival
EPS Memudahkan Pengendalian Material Plastik Eksterior Mudah Pudar

daftar harga DFSK Supercab 2017

Berikut ini adalah harga DFSK Supercab yang Cintamobil.com baru mendapat.

Tipe mobil

Harga DFSK Supercab

DFSK Supercab 1.3L Turbo Diesel

IDR 150.000.000

DFSK Supercab 1.5L Gasoline

IDR 128.990.000

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut cek harga mobil DFSK lainnya

Video DFSK Supercab 2017

KESIMPULAN DFSK Supercab 2017

Gambar menunjukkan sebuah mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Dengan harga enggak sampai Rp 130 jutaan, apakah pick up ini layak beli?

Yes! Apabila Anda adalah seorang pengusaha yang terkadang butuh mengemudikan armada Anda sendiri, maka mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017 ini layak dibeli. Apalagi kapasitas baknya besar, dan sudah 3-way system.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil