Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Harganya Jadi Miring Karena Punya Desain ‘Aneh’

15/09/2019

Share this post:

Suzuki Baleno 2003

Editor rate:

Lihat promo

Percaya atau tidak, ada sebuah mobil yang akhirnya menjadi murah akibat desainnya ‘aneh’. Yap, fenomena itu pernah terjadi pada Suzuki Baleno Next-G. Sebuah sedan tapi punya wajah mirip Hatchback, diadopsi langsung dari fascia depan Suzuki Aerio. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita lihat dalam review Suzuki Baleno Next-G 2003.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Harganya Jadi Miring Karena Punya Desain ‘Aneh’
Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Harganya Jadi Miring Karena Punya Desain ‘Aneh’
0 Gambar

Pengantar Suzuki Baleno 2003

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Baleno 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Harga bekasnya kini dijual sangat terjangkau

Sparepart mudah dicari

Fitur-fiturnya sudah memenuhi standar

Kekurangan

Desain bodinya yang ‘aneh’, mencampurkan sedan dan Hatchback, bukan selera semua orang

Tidak didapati kesan mewah baik pada eksterior maupun interior

Tidak punya fitur Premium meski kategorinya sedan

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 - Ketika dominasi dari Toyota Vios generasi pertama dan Honda City GD8, akhirnya Suzuki Baleno pun mengeluarkan versi Next-G di tahun 2001. Tapi anehnya, sosok Baleno bertubuh sedan ini dicampurkan dengan wajah mirip Hatchback Suzuki Aerio. Alhasil, tampilannya menjadi aneh, ibarat sedan berwajah Hatchback.

Mencoba memperbaiki hal tersebut, akhirnya pada tahun 2003, Suzuki Baleno Next-G mendapat ubahan Facelift. Grille dan bemper belakang diberi sentuhan elegan, menutupi kekurangannya dari versi sebelumnya. Tak kalah menarik adalah soal kelengkapan fitur, menjadi lebih Worth It untuk dibeli.

Suzuki Baleno Next-G 2003 mencampurkan esensi sedan dan bodi Hatchback

Mari berkenalan dengan Suzuki Baleno Next-G, sempat kontroversial di eranya

Terlepas dari soal desain, kami sih suka-suka saja mengingat harganya yang menjadi murah. Yap, daripada kompetitor lain, Suzuki Baleno Next-G 2003 punya harga terjangkau. Posisinya sebagai mobil sedan juga terasa sangat nyaman ketika dikendarai. Jika dirasa mobil ini cocok untuk selera Anda, berikut review Suzuki Baleno Next-G 2003.

Eksterior Suzuki Baleno 2003

Terima kasih buat Anda yang masih setia membaca, itu berarti soal desain menjadi nomor sekian. Tapi jujur saja, eksterior Suzuki Baleno Next-G 2003 terasa cukup modern, relevan untuk disandingkan dengan model saat ini. Yang terasa ‘aneh’ karena kombinasi karakter sedan dan Hatchback pada bodinya.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Eksterior Depan

Wajah depan terlihat sederhana dengan desain Grille model dua palang berkelir hitam. Bentuknya trapesium, membuat fokus pandangan ke arah logo Suzuki pada sisi tengah. Tapi yang perlu kita ketahui bersama, keluhan dari para konsumen Tanah Air adalah karena wajahnya terlalu mirip Aerio. Mirip-mirip wajah Hatchback, bukan?

Eksterior Depan Suzuki Baleno Next-G 2003 menggunakan desain mirip Suzuki Aerio yang berdiri dalam kategori Hatchback

Benar sekali, wajah depan yang mirip Hatchback, Suzuki Aerio, pada bodi sedan menjadi hal kontroversial

Sektor lampu utama juga terintegrasi dengan lampu sein, berukuran cukup besar. Dipastikan kualitas pencahayaan tergolong baik di malam hari. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh lampu kabut di kedua sisi bemper.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Eksterior Samping

Merambah bodi samping, kami mengatakan desainnya “Simple”. Tak ada guratan apapun baik sporty atau aksen krom, dikemas sesederhana mungkin. Sehingga, tampilannya menjadi cukup sedap dipandang. Kaca spion dan Door Handle hanya mendapat sentuhan warna mirip dengan warna bodi utama.

Eksterior Samping Suzuki Baleno Next-G 2003 dirancang dengan desain yang serba sederhana

Esensi spesial-nya adalah karena bodinya yang dikemas Simple

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Eksterior Belakang

Karakteristik sedan barulah terasa pada sektor buritan dan bodi sampingnya yang memanjang. Bagasi ala sedan dengan model sedikit tinggi, membuatnya terkesan aneh. Mungkin banyak orang berpikir, “Baleno Next-G itu sejatinya mobil sedan atau Hatchback, ya?”

Eksterior Belakang Suzuki Baleno Next-G 2003 dikemas dengan rancangan bagasi sedan dan dilengkapi lampu berukuran besar

Esensi sedan baru terasa pada bagasi belakangnya yang sedikit tinggi

Terlepas dari itu, kami cukup suka dengan desain lampu belakangnya. Ukuran lampu Stop dan sein cukup besar, tersambung menjadi satu kesatuan apik. Mungkin terlihat sedikit klasik, tapi masih oke soal desain. Setidaknya menjadi lebih berwarna.

>>> Editor's Pick:


Interior Suzuki Baleno 2003

Desain interior Suzuki Baleno Next-G 2003 juga tampil sederhana saja tapi sudah sangat nyaman untuk dijadikan kendaraan sehari-hari. Tak ada aksesoris mewah atau apapun, lebih ke arah permainan warna saja.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Dashboard

Lini dashboard dipenuhi fitur-fitur yang cukup menghibur. Mulai dari pengaturan AC model Knob dan audio, dirasa sangat menghibur proses berkendara Anda. Semua dikemas sederhana dan didominasi warna hitam saja. Di sisi yang lain, model satu warna seperti ini umumnya akan memberi rasa bosan jika Anda berada dalam kabinnya terlalu lama.

Dashboard Suzuki Baleno Next-G 2003 sudah menyediakan fitur AC model Knob dan sistem audio

Dashboard tampil biasa saja namun sudah punya fitur cukup menghibur

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Setir

Satu yang menarik adalah panel Multi Information Display (MID) yang terlihat modern. Semua informasi dari kondisi mobil, bisa terbaca dengan sempurna oleh pengendara. Sedangkan untuk desain setir, masih menggunakan model tiga palang dengan logo Suzuki tertancap pada sisi tengah.

Setir Suzuki Baleno Next-G 2003 hanya mengandalkan desain model tiga palang dan logo Suzuki pada sisi tengahnya

Lini setir dilengkapi MID yang cukup keren di eranya

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Kursi

Jok kursinya sudah dikemas cukup nyaman, sangat mampu untuk menampung lima orang sekaligus. Tapi dari pantauan kami, kursi belakang terasa kurang lega soal ruang kaki. Saran kami untuk menggunakannya dalam jarak tempuh dekat saja, tidak begitu disarankan untuk jarak jauh.

Kursi Suzuki Baleno Next-G 2003 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi belakang terasa kurang lega soal ruang kaki

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki Baleno 2003

Merambah ke sektor fitur Suzuki Baleno Next-G 2003, khusus Facelift sudah sangat lengkap. Berbeda dengan versi sebelumnya, terkesan minim fitur.

Dari sektor keselamatan misalnya, pengereman ditunjang oleh fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Pengereman punya performa cukup empuk dan presisi. Untuk ukuran mobil sedan, sudah sangat nyaman menurut kami. Tak lupa, fitur Airbag juga disediakan sebagai komponen standar soal keselamatan. Saran kami, lebih memilih versi Facelift satu ini, ketimbang versi Baleno Next-G pertama.

>>> Bandingkan juga dengan mobi sedan yang tak kalah menarik lainnya

Operasi Suzuki Baleno 2003

Dari segi jantung pacu, operasi mesin Suzuki Baleno Next-G 2003 tak merubah spesifikasi. Masih menggunakan mesin 4 silinder segaris berkode M15A. Daya yang dihasilkan mesinnya mampu mencapai 100 HP pada putaran 5.900 Rpm dipadu catatan torsi menyentuh angka 133 Nm setara 3.100 Rpm.

Operasi Mesin Suzuki Baleno Next-G 2003 menggunakan kapasitas silinder 1.5 Liter berdaya 100 HP dan punya torsi 133 Nm

Mesinnya masih menggunakan spesifikasi mirip dengan Suzuki SX4 S-Cross

Transmisi pun menawarkan dua pilihan yakni 5 percepatan manual atau 4 percepatan otomatis. Tak ada masalah, Anda bisa memilih sesuai selera berkendara masing-masing. Hal menarik lainnya yang perlu disampaikan adalah Sparepart yang mudah ditemukan di berbagai bengkel. Selain mudah diakses, harganya pun terjangkau.

>>> Tertarik untuk mengetahui model Suzuki terbaru lainnya? Coba simak di sini informasinya

Spesifikasi Suzuki Baleno 2003

Untuk hal teknis, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Suzuki Baleno Next-G 2003 di bawah ini.

SPESIFIKASI SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.350 m x 1.690 m x 1.545 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Daya Maksimum

100 HP / 5.900 Rpm

Torsi Maksimum

133 Nm / 3.100 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Daftar Harga Suzuki Baleno 2003

Mengacu harga barunya dulu, mobil satu ini dijual Rp. 149 jutaan. Tapi kini, daftar harga Suzuki Baleno Next-G 2003 bekas dibanderol sangat terjangkau.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI BALENO NEXT-G BEKAS

Suzuki Baleno Next-G (Facelift)

Kisaran Rp. 50 jutaan hingga Rp. 60 jutaan

Kesimpulan Suzuki Baleno 2003

Suzuki Baleno Next-G bukanlah selera semua orang. Racikan Suzuki untuk menggabungkan esensi sedan dan Hatchback pada Next-G, kurang bisa diterima positif oleh masyarakat Tanah Air. Tapi, tentu bukan hal bijak jika hanya melihatnya dari segi desain saja. Jika Anda ingin sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau, fitur cukup lengkap dan nyaman dikendarai sehari-hari, Suzuki Baleno Next-G bisa dijadikan pilihan. Tapi jika yang dicari adalah sedan Premium, masih banyak pilihan lain di luar Baleno Next-G.

>>> Lihat juga review mobil terbaru dan terlengkap lainnya hanya di Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
BLESS AUTO

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Hyundai Accent 1998: Mobil Yang Sempat Jadi Kandidat Mobil Nasional

Review Hyundai Accent 1998: Mobil Yang Sempat Jadi Kandidat Mobil Nasional

23/08/2019

Editor rate:

Indonesia dulunya punya sedan elegan asal Korea Selatan yakni Hyundai Accent. Sosoknya elegan, manis dipandang dan juga sangat irit bahan bakar. Harganya? Sangat murah sobat, ketimbang mobil sedan lainnya besutan Jepang. Tertarik untuk punya sedan elegan dan irit? Yuk, kita simak review Hyundai Accent 1998.

Lihat juga
Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat

Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat

17/08/2019

Editor rate:

Jaguar X-Type memang tidak sepopuler compact luxury sedan Jerman di Indonesia. Tapi jika Anda ingin tampil keren dan berkelas, sedan bekas ini bisa jadi pilihan dengan harga semurah mobil baru LCGC. Enggak percaya?

Lihat juga
Review Peugeot 406 2000: Sedan Paling Nyaman, Tapi Butuh Kedisiplinan Merawatnya

Review Peugeot 406 2000: Sedan Paling Nyaman, Tapi Butuh Kedisiplinan Merawatnya

29/07/2019

Editor rate:

Bukan hanya satu dua orang yang mengakui sensasi Fun to Drive dari Peugeot 406. Apalagi untuk versi Facelift-nya berkode D9 yang diimpor secara utuh lewat metode Completely Built Up (CBU). Banyak penggunanya menuturkan bahwa Peugeot 406 D9 memiliki laju berkendara sangat nyaman dibanding Mercedes-Benz C-Class serta BMW seri 3, pesaing di eranya. Benarkah begitu? Mari kita simak bersama dalam review Peugeot 406 2000.

Lihat juga
Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019

Editor rate:

Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

Lihat juga
Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

11/07/2019

Editor rate:

Selain punya nilai eksotis tinggi, memelihara mobil tua juga didasari akan alasan filosofis bagi para pemiliknya. Unsur filosofis? Ya, benar-benar punya makna terselubung, mencerminkan kepribadian dari para pemilik mobil tua. Ford Laser menjadi satu-satunya sosok yang sukses menggambarkan fenomena tersebut. Merasa tertantang untuk memilikinya? Ini dia review Ford Laser Champ 1991.

Lihat juga
back to top