Review Renault Duster 2019: Penyegaran Wajah SUV Eropa Bercita Rasa India

10/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: N/A
Renault akhirnya meluncurkan Duster baru di India sebelum (diprediksi) diperkenalkan di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 nanti. Renault Duster 2019 yang merupakan facelift kedua dari edisi pertama keluaran 2010 hadir dengan serangkaian pembaruan kosmetik, penambahan fitur, serta tersedia dalam total sembilan varian.

PENGANTAR Renault Duster 2019

Review Renault Duster 2019 - Renault Duster (atau dikenal juga dengan Dacia Duster di beberapa negara) merupakan SUV yang dikembangkan oleh pabrikan Prancis Renault bersama Dacia sejak 2010. Di India dan Rusia, generasi pertama dijual kembali dengan ama Nissan Terrano. Duster saat ini berada dalam generasi kedua yang pertama kali diluncurkan pada musim gugur 2017 lalu.

generasi pertama Renault Duster berwarna cokelat

Generasi pertama Renault Duster keluaran tahun 2010

Di India sendiri, Duster mendapatkan kesuksesannya ketika diluncurkan pertama kali pada 2012. Meskipun Renault sudah menurunkan generasi kedua di tanah asalnya, Duster India hanya mendapatkan facelift dari generasi pertama. Meskipun begitu, Duster memiliki nama yang cukup besar di India, bahkan menyabet Indian Car of the Year pada 2013 silam.

Dalam peluncurannya, CEO & Managing Director Renault India Operational Country Venkatram Mamillapalle mengatakan "Duster memainkan peran penting dalam portofolio produk kami dan memiliki penawaran terluas di segmen ini, memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang. Kami yakin bahwa Duster baru akan beresonansi dengan baik dengan pelanggan India yang cerdas.”

facelift Renault Duster 2016 berwarna cokelat
Facelift pertama Renault Duster 2016 di India

Di Indonesia sendiri, Duster sempat diperkenalkan, bahkan dengan mesin diesel untuk menarik minat konsumen. Sayangnya, harga perawatan yang ditengarai kurang bersahabat dengan pasar Indonesia serta kalah bersaing dengan brand Jepang yang lebih membumi diperkirakan menjadi penyebab Duster memiliki sedikit penggemar di Tanah Air.

edisi facelift kedua Renault Duster 2019 berwarna biru
Facelift kedua Renault Duster 2019 di India

Banyak rumor yang menyebutkan bahwa Renault akan membawa edisi facelift ke Indonesia. Nah, sembari menunggu kepastian kehadiran Duster di Indonesia, mari kita simak review Renault Duster 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Renault Duster 2019

Dari dimensi, tidak ada yang berubah dari Duster yang hanya mengusung kapasitas lima penumpang. Tapi perubahan eksterior Renault Duster 2019 membuat SUV asal Prancis ini tidak lagi kaku dibandingkan edisi sebelumnya. Perubahan paling terlihat pada tampilan depan dan belakang yang cukup memikat.

Review Renault Duster 2019: Eksterior Depan

Dari segi tampilan luar, ada banyak perubahan yang membuat tampilan depan Duster terkesan lebih menawan. Eksterior depan Renault Duster 2019 yang diperbarui mendapatkan gril depan baru dengan hiasan krom bertingkat yang jauh berbeda dengan model generasi kedua.

tampilan depan Renault Duster 2019 berwarna biru
Eksterior depan Renault Duster 2019

Lampu depan DRL LED dan kap depan dengan pahatan baru melengkapi garis kap mesin yang lebih tinggi. Dilansir dari Autocar India, perubahan ini dilakukan untuk memenuhi keselamatan pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan depan. Bemper depan juga dirancang ulang dengan tampilan skid plate menambah kesan maskulin Duster dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.

Review Renault Duster 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Renault Duster 2019 berwarna biru
Eksterior samping Renault Duster 2019

Beralih ke samping, tidak ada perbedaan yang terlihat dari edisi facelift pertama dengan yang kedua. Bedanya, pada eksterior samping Renault Duster 2019 terlihat menggunakan penutup spion model baru serta desain pelek yang berbeda. Sedangkan footstep samping dan kayak roof rail yang terletak pada atap masih menggunakan versi facelift pertama.

Review Renault Duster 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Renault Duster 2019 berwarna biru

Eksterior belakang Renault Duster 2019

Ada beberapa perubahan yang terlihat pada bagian belakang, salah satunya dengan desain lampu belakang yang berbeda dengan aksen hitam yang meliputi lampu belakang dan menyatu dengan bagian tengah pintu bagasi yang dulunya memakai aksen krom. Desain skid plate yang baru pada eksterior belakang Renault Duster 2019 juga memberikan kesan yang lebih sporty dibandingkan edisi sebelumnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Renault Duster 2019

Masuk ke dalam kabin, ada lebih banyak perubahan yang bisa Anda rasakan. Tambahan sound system Arkamys dengan empat speaker dan dua tweeter depan dipadukan dengan desain interior Renault Duster 2019 berwarna New Midnight Black dengan Stone Grey.

Review Renault Duster 2019: Dasbor

dasbor Renault Duster 2019 berwarna hitam 
Dasbor Renault Duster 2019

Ada banyak perubahan yang terlihat pada dasbor dibandingkan edisi sebelumnya. Layer atas dasbor Renault Duster 2019 mendapatkan perubahan signifikan, dimulai dengan kisi AC berbentuk bulat serta sistem infotainment baru memberikan penyegaran yang dibutuhkan Duster. Ventilasi AC persegi panjang di konsol tengah dengan trim aluminium dipadukan dengan aksen krom dan hitam gloss berwarna serta insert dash yang berwarna sama dengan eksterior.

Review Renault Duster 2019: Kemudi

kemudi Renault Duster 2019 berwarna hitam 
Kemudi Renault Duster 2019

Kemudi yang masih belum mendapatkan tombol pengaturan akhirnya mendapatkan aksen krom, memberikan pembaruan yang membuatnya hampir menyerupai Renault Triber yang juga diperbarui. Untuk memudahkan Anda, Duster juga sudah menggunakan teknologi tilt, walaupun belum telescopic pada kemudi Renault Duster 2019.

Review Renault Duster 2019: Kursi

kursi Renault Duster 2019 berwarna cokelat
Kursi Renault Duster 2019

Desain yang berbeda langsung terasa ketika Anda melihat kursi Renault Duster 2019 yang baru. Jok kulit baru terlihat memberikan kenyamanan selama mengemudi. Pembaruan detail lainnya terlihat pada penambahan armrest pada sisi kanan pengemudi. Sedangkan untuk kapasitas tempat duduk, Duster menyediakan ruang yang cukup lapang untuk lima orang di dalam kabin.
>>> Baca juga:

FITUR Renault Duster 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Renault memberikan berbagai tambahan fitur standar untuk versi facelift Duster di India. Banyaknya penambahan terlihat pada daftar fitur yang diberikan pada Duster. Renault menyebutkan bahwa ada 25 teknologi baru dan fitur Renault Duster 2019, diantaranya fitur pendingin udara dengan penghangat.

 fitur baru Renault Duster 2019 berwarna hitam
Fitur baru Renault Duster 2019

Sistem infotainment yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto ditambah sistem pengenalan suara dan EcoGuide disandingkan dengan fitur keselamatan seperti Hill-Start Assist. Duster baru juga sudah dilengkapi dengan sistem keyless entry serta central locking atau power door locks yang akan memudahkan Anda mengunci pintu.

Review Renault Duster 2019: Fitur Keselamatan Aktif

airbag Renault Duster 2019 berwarna putih 
Airbag sebagai fitur keselamatan aktif Renault Duster 2019

Ada banyak penambahan pada sistem keamanan mobil ini. Dilansir dari laman resmi Renault India sendiri, fitur keselamatan aktif Renault Duster 2019 termasuk Anti-lock Braking System ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dengan Brake Assist, engine immobilizer, serta airbag penumpang dan pengemudi. Selain itu, Duster juga sudah memiliki seatbelt reminder yang akan mengingatkan Anda jika pengemudi maupun penumpang belum memasang seatbelt.
>>> Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV, Spesifikasi dan Harga Lengkap

OPERASI Renault Duster 2019

Dua mesin yang memberi daya pada Duster baru diambil langsung dari pendahulunya. Varian bensin yang ditawarkan adalah unit 1.5 liter empat silinder yang mampu mengeluarkan tenaga 106 daya kuda dengan torsi maksimal 142 Nm. Sistem operasi Renault Duster 2019 menggunakan pilihan manual 5 percepatan atau girboks otomatis 6 percepatan CVT.

 mesin Renault Duster 2019 berwarna putih
Mesin 1.5 liter Renault Duster 2019

Versi diesel juga menggunakan mesin 1.5 liter empat silinder, tetapi ditambahkan dengan unit turbocharged. Versi yang lebih rendah mengeluarkan tenaga 85 daya kuda dan torsi 200 Nm dilengkapi girboks 5 percepatan manual. Sedangkan tune yang lebih tinggi menghasilkan 110 daya kuda dengan 245 Nm menggunakan opsi manual 6 percepatan atau girboks AMT. Kombinasi diesel-AMT  hanya tersedia pada varian tertinggi RxZ, dimana sebelumnya diberikan pada varian RxS.
>>> Review KIA XCeed 2019: Selamat Datang, Keluarga Baru KIA Bergaya Crossover

spesifikasi Renault Duster 2019

Renault sudah memperkenalkan dan langsung menjual Duster di India. Di India, berikut spesifikasi Renault Duster 2019.

Dimensi Renault Duster 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.320 mm x 1.822 mm x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.673 mm

Ground Clearance

205 mm

Kapasitas Bagasi

475 liter

Mesin Renault Duster 2019

Tipe Mesin

1.5 H4K MT 4 silinder segaris

Kapasitas SIlinder

1.498 cc

Tenaga Maksimal

105 dk @ 5.600 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

5 Percepatan MT

Sistem Bahan Bakar

Multi-Point Fuel Injection

Kaki-Kaki Renault Duster 2019

Suspensi Depan

Independent MacPherson

Suspensi Belakang

Trailing arms

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

215/65 R16 tubeless radial

Pelek

R16

kelebihan & kekurangan Renault Duster 2019

Perubahan yang dilakukan Renault untuk Duster membuat beberapa aspek mendapatkan peningkatan. Tapi tentu saja tidak semuanya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Renault Duster 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Perubahan wajah yang membuat Duster lebih menawan

Harga yang lebih mahal jika dibawa ke Indonesia

Tambahan fitur-fitur baru sebagai standar

Beberapa fitur keselamatan hanya terdapat pada varian yang lebih tinggi

Harga yang bersaing di India, hanya kalah dari Maruti Suzuki S-Cross

 

daftar harga Renault Duster 2019

Edisi facelift Duster hadir dengan tiga trim level (RxE, RxS, dan RxZ) serta memiliki sembilan varian yang bisa dipilih oleh konsumen Renault di India. Sedangkan harga Renault Duster 2019 sendiri tercatat sebagai berikut.

Varian

Harga

RxE MT bensin

₹7.99 lakh (Rp164 jutaan)

RxS MT bensin

₹9.20 lakh (Rp189 jutaan)

RxS (O) CVT bensin

₹9.99 lakh (Rp205 jutaan)

RxE diesel 84 dk

₹9.30 lakh (Rp191 jutaan)

RxS diesel 84 dk

₹9.99 lakh (Rp205 jutaan)

RxS 108 dk diesel

₹11.20 lakh (Rp230 jutaan)

RxZ 108 dk diesel

₹12.10 lakh (Rp248 jutaan)

RxZ 108 dk AMT diesel

₹12.50 lakh (Rp257 jutaan)

RxS 108 dk AWD diesel

₹12.50 lakh (Rp257 jutaan)

Video Renault Duster 2019

Mengusung pengendaraan dan petualangan di alam liar, Renault menampilkan iklan terbaru Duster di pegunungan salju. Menawarkan tampilan yang maskulin serta berbagai fitur terbaru, lihat lagi video Renault Duster 2019 berikut ini.

KESIMPULAN Renault Duster 2019

Mengikuti perubahan desain Renault yang sudah diperbarui, perubahan desain Renault Duster 2019 membuat tampilannya semakin segar. Selain itu, peningkatan teknologi serta sistem keamanan membuat mobil ini menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik untuk kelas SUV.

model facelift Renault Duster 2019 berwarna biru 
Model baru facelift Renault Duster 2019

Dengan berbagai penambahan dan peningkatan tersebut, Renault tetap memberikan harga yang cukup murah dibandingkan pesaingnya di segmen SUV, setidaknya di India. Jika memang benar dibawa ke Indonesia, Renault Duster 2019 yang akan bertarung dengan Toyota Rush dan Honda BR-V diprediksi akan dijual mendekati Rp300 jutaan, dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang dijual dengan harga Rp275 jutaan di Indonesia.
>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya di Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil

Iklan terkait