Review KIA XCeed 2019: Selamat Datang, Keluarga Baru KIA Bergaya Crossover

10/07/2019
editor rate: 4,6 user rate: N/A
Jajaran keluarga KIA Ceed tampaknya semakin bertambah pada pertengahan tahun 2019 ini. Dihadirkan sebuah Crossover yang dinamai All-New KIA XCeed, mengedepankan tema serba praktis yang dikemas dalam tubuh Sporty. Tampaknya, persaingan mobil Crossover Utility Vehicle (CUV) akan semakin sengit dalam beberapa tahun ke depan. Mari kita simak sosok serta kelebihannya dalam review KIA XCeed 2019.

PENGANTAR Kia XCeed 2019

Review KIA XCeed 2019 - Mobil kekar dengan aroma maskulin sepertinya tak lagi menjadi tren. Zaman berubah, tren serta selera konsumen pun berubah. Terbukti, dalam beberapa tahun belakangan ini mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) banyak menggunakan Platform Crossover sehingga banyak menamainya CUV.

Bukan saja, tetangga sebelah yang bermain dalam kategori CUV, KIA jelas-jelas ingin juga mencicipi ‘kue’ tersebut. Tepat pada 26 Juni 2019, informasi resmi dari KIA disebar kepada publik, menyatakan All-New XCeed siap dijual ke pasar Eropa lebih dulu.

KIA XCeed 2019 merupakan model CUV terbaru yang akan dijual lebih dulu di pasar Eropa

SUV Crossover pertama dari jajaran keluarga KIA Ceed

Memang jika ditilik dari jajaran keluarga KIA Ceed, hanya XCeed-lah yang dikemas dalam bodi Crossover. Otomatis langkah agresif ini, membuat XCeed akan berhadapan langsung dengan Toyota C-HR, Volkswagen T-Roc hingga pemain kawakan, BMW X2.

Lalu apa yang menjadi hal spesial dari KIA XCeed dibanding kompetitornya? Langsung saja kita bahas lebih mendalam setiap aspeknya dalam review KIA XCeed 2019.

EKSTERIOR Kia XCeed 2019

Karakteristik dari CUV memang benar-benar khas. Perpaduan dari bodi maskulin SUV dipadu esensi agresif ala Crossover. Yang berbeda pada eksterior KIA XCeed 2019 justru terlihat pada kultur desain otomotif ala Korea Selatan.

Review KIA XCeed 2019: Eksterior Depan

Jika Anda sering mengamati mobil-mobil modern KIA, tentu sudah tak asing dengan Tiger-Nose Grille. Persis dengan Grille depan XCeed, membuat karakteristik KIA benar-benar muncul, menjadi pembeda utama daripada kompetitornya.

Hal lain yang mencuri pandangan kami justru pada desain lampu LED-nya, dikemas dengan mimik sayu namun masih tegas. KIA bahkan memberi nama khusus untuk desain lampu tersebut yakni Ice Cube LED Light Signature.

Eksterior Depan KIA XCeed 2019 hadir dengan lampu LED serta Grille berdesain Tiger-Nose

Wajah depannya menggunakan Tiger-Nose Grille, khas KIA

Tepat pada sisi bawahnya juga tersemat apik sebuah bemper berbentuk Trapezoid berlapis krom, menyambungkan dua rumahan Fog Lamp. Tegas sekaligus berwibawa untuk ukuran mobil perkotaan.

Review KIA XCeed 2019: Eksterior Samping

Pesan Crossover cukup terlihat jelas dari tema bodi sampingnya. Lekuk atap seksinya dikemas tegas berkat penambahan Roof Spoiler serta aksen krom pada pelipis kaca. Inilah tren mobil Crossover saat ini yang juga diaplikasikan oleh para kompetitornya.

Eksterior Samping KIA XCeed 2019 menerapkan dimensi Wheelbase di angka 2.650 mm

Tema Crossover terlihat tegas dari lekuk atapnya

Keunikan KIA XCeed justru terasa pada desain peleknya serta dimensi Wheelbase yang tak berubah (2.650 mm). Memang, mobil yang rencananya akan dijual ke belahan Eropa ini akan ditawarkan dengan dua ukuran pelek yakni 16 inci dan 18 inci. Untuk ukuran 16 inci, Ground Clearance bisa mencapai 174 mm. Berbeda dengan pelek 18 inci yang lebih tinggi Ground Clearance-nya di angka 184 mm.

Review KIA XCeed 2019: Eksterior Belakang

Dengan sengaja, KIA juga menyematkan desain unik pada lampu belakangnya. Jika diamati pada posisi tertentu, desain lampu Tail Lights-nya menyerupai tombak, menjulur ke sisi bahu XCeed. Tentu hal ini yang menjadi unsur pembeda langsung dibanding kompetitor lainnya. Tak lupa, fitur Spoiler juga dikemas minimalis, sukses menegaskan tema Crossover yang diusungnya.

Eksterior Belakang KIA XCeed 2019 sudah dilengkapi Rear Spoiler berukuran minimalis

Karakteristik berbeda juga ditampilkan pada lampu belakangnya

>>> Baca juga:

INTERIOR Kia XCeed 2019

Merambah ke sektor interior KIA XCeed 2019, terlihat jelas bahwa seluruh fitur tertata menghadap pengendara. Secara implisit, tema yang diusung tentu tak jauh dari Driver’s Oriented, memusatkan kemudahan kendali bagi sang penunggangnya.

Review KIA XCeed 2019: Dashboard

Sajian teknologi terkini sudah disematkan apik pada dashboard-nya. Bukan sebuah panel Head Unit biasa, melainkan Floating Touchscreen Infotainment System. Fitur hiburan satu ini bahkan siap mengoperasikan banyak hal baik audio, video, menelpon kerabat dan didukung tombol serba sensitif.

Dashboard KIA XCeed 2019 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik mulai dari Floating Touchscreen hingga fitur penyejuk AC

Seakan terpisah dari dashboard-nya, maka dari itu Head Unit-nya dinamai Floating Touchscreen Infotainment System

Dalam hal ini, KIA juga merancang dashboard XCeed supaya dapat mudah dijangkau oleh tangan pengendara. Yang ditonjolkan adalah esensi ergonomis tadi. Sehingga, bukan saja menghadirkan fitur berteknologi mumpuni tapi juga kepraktisan mengoperasikannya.

Review KIA XCeed 2019: Setir

Setir XCeed juga dikemas tak kalah menarik, memberi esensi sporty seketika Anda mengemudikannya. Hal ini dapat diamati pada model tiga palangnya serta panel Multi Information Display (MID) yang sudah mendukung konfigurasi Digital.

Setir KIA XCeed 2019 hadir dengan panel informasi khusus berukuran lebih dari 12 inci

Panel Digital MID di atas hanya baru dirasakan pada varian tertinggi KIA XCeed

Tapi sayang seribu sayang, varian paling rendah masih menggunakan 3,8 inci Mono-LCD. Beda halnya dengan tipe XCeed tertinggi yang sudah mendukung spesifikasi 4,2 inci Colour TFT LCD Screen. Bagi kami, hal ini merupakan sebuah kekurangan kecil dari XCeed.

Review KIA XCeed 2019: Kursi

Hal serupa juga ditemui pada kursinya. Ya, tersedia tiga bahan yang disesuaikan dari jenis varian yang dipilih. Pada versi terendah, KIA XCeed menawarkan kursi berbahan kain. Bahan kulit sintetis baru ditemui pada varian menengah. Barulah pada KIA XCeed tipe tertinggi, kursinya dibalut bahan kulit berkualitas.

Kursi KIA XCeed 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Corak desain pada kursinya pun dikemas sporty, mengikuti tema bodi luarnya

Meski perbedaan fitur seperti itu menjadi sebuah kekurangan, tapi masih ada juga kelebihan menarik yang tak dimiliki kompetitornya. Dalam hal ini, KIA XCeed menghadirkan ruang kepala yang sangat lapang. Bahkan pihak KIA mengklaim Head Room XCeed adalah yang terbaik di antara kompetitornya. Alasan dibaliknya pun terjawab dari desain atapnya Roof Line yang bergaya Fastback serta penggunaan kaca Half-Moon Shaped.

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Kia XCeed 2019

Kelebihan paling spesial justru terletak pada fitur KIA XCeed 2019 yang mana diklaim baru pertama kali dihadirkan di Eropa. Apakah itu?

Review KIA XCeed 2019: Fitur Keselamatan

Sebagai mobil yang akan dijual di Eropa lebih dulu, tentu soal keselamatan menjadi skala prioritas utama. Bayangkan saja, KIA XCeed menghadirkan beberapa teknologi keselamatan mutakhir seperti Forward Collision Warning, Blind Spot Collision Warning, Smart Cruise Control, Smart Parking Assist hingga Lane Keeping Assist. Semua fitur tersebut dirancang untuk memudahkan pola berkendara Anda, meminimalisir terjadinya potensi kecelakaan.

Tak dipungkiri, mobil dengan fitur seperti di atas dibanderol cukup mahal. Berbeda dengan kasus Indonesia, alasan pemangkasan harga jual mengikuti daya beli masyarakat hingga aspek infrastruktur belum memadai, masih menjadi hambatan menghadirkan fitur tersebut. Tapi tak mau mendahului takdir, kami pun masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari KIA Indonesia apabila XCeed dihadirkan di Tanah Air.

Review KIA XCeed 2019: Fitur Hiburan

Untuk pertama kalinya dalam dunia otomotif Eropa, baru KIA saja yang menghadirkan teknologi UVO Connect Links. Teknologi satu ini diaplikasikan pada layar utama XCeed serta pada Smartphone penggunanya. Fungsinya cukup beragam mulai dari mengetahui keadaan lalu lintas saat ini, prediksi cuaca, lokasi hingga mencari tempat parkir. Canggih bukan? Tapi perlu menjadi catatan, fitur ini hadir sebagai opsional yang membutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya.

Fitur KIA XCeed 2019 sudah dipersenjatai dengan UVO Technology yang siap memudahkan proses berkendara Anda

Penggunaan teknologi UVO pada Head Unit-nya diklaim sebagai terobosan terbaru di pasar otomotif Eropa

Fitur opsional juga ditawarkan khususnya pada panel Head Unit. Tersedia dua ukuran yakni 10,25 inci dan 8 inci, yang mana keduanya sudah mendukung konfigurasi Touchscreen. Tapi jujur saja, fitur-fitur opsional semacam ini terlalu banyak memakan biaya jika konsumen ingin mengaplikasikannya.

>>> Tertarik dengan mobil-mobil besutan KIA lainnya? Klik di sini untuk mengetahuinya

OPERASI Kia XCeed 2019

Perkara jantung pacu, tampaknya KIA tak mati-mati. Meski operasi mesin KIA XCeed 2019 ditawarkan dalam tiga pilihan, tapi sejatinya hal ini semakin merambah selera konsumen. Apakah mereka yang menggilai kecepatan, kenyamanan atau keiritan bahan bakar? Untuk kasus mesin variatif ini, kami sepakat sehingga konsumen bisa memilih sesuai gaya berkendara tiap-tiap orang.

Pertama, mesin 3 silinder 1.0 Liter T-GDi dijadikan pilihan. Daya yang disemburkan cukup mumpuni di angka 120 PS dipadu torsi 172 Nm. Tersedia pula transmisi utama yang bisa dipilih yakni 6 percepatan manual.

Mesin kedua memberi daya lebih unggul menyentuh angka 140 PS dengan buaian torsi sebesar 242 Nm. Kapasitas silinder juga mencapai 1.4 Liter dipadu konfigurasi T-GDi. Untuk urusan kenyamanan, berkendara santai di tengah perkotaan, kami rasa mesin satu ini sudah cukup memadai.

Operasi Mesin KIA XCeed 2019 ditawarkan ke dalam tiga pilihan silinder yakni 1.0 Liter, 1.4 Liter dan 1.6 Liter

Mesinnya ditawarkan dalam berbagai pilihan, sesuai gaya berkendara. calon konsumennya

Performa paling unggul ditunjukkan pada pilihan mesin ketiga yakni 1.6 Liter T-GDi. Dayanya? Jauh melebihi kedua mesin lainnya, berhasil menyentuh angka 204 PS dengan catatan torsi puncak sebesar 265 Nm. Di sisi lain juga tersedia versi Diesel-nya, diklaim paling bersih emisinya oleh KIA. Daya yang dihasilkan berada di angka 115 PS atau 136 PS, sesuai pilihan. Bagi mereka yang ingin Adrenaline mengalir deras, tentu pilihan mesin ini sudah cukup membuat keringat dingin ketika dipacu hingga kecepatan maksimal.

>>> Bandingkan juga dengan mobil SUV Crossover yang tak kalah menarik lainnya di sini

spesifikasi Kia XCeed 2019

Untuk informasi yang lebih detail, Anda bisa mengamati spesifikasi KIA XCeed 2019 di bawah ini.

SPESIFIKASI KIA XCEED 2019

MODEL

1.0 Liter

1.4 Liter

1.6 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.395 mm x  1.826 mm x 1.490 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter T-GDi

1.4 Liter T-GDi

1.6 Liter T-GDi

Daya Maksimum

120 PS

140 PS

204 PS

Torsi Maksimum

172 Nm

242 Nm

265 Nm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Manual

6 Percepatan Manual / 7 Percepatan Double-Clutch

kelebihan & kekurangan Kia XCeed 2019

Dari banyak hal yang disampaikan, tim Cintamobil.com juga hendak merangkum kelebihan dan kekurangan KIA XCeed 2019 yang disematkan pada tabel di bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin interior yang dikhususkan untuk kenyamanan sang pengendara, Driver’s Oriented

Terlalu banyak fitur yang sifatnya opsional, perlu tambahan biaya untuk mengaplikasikannya

SUV Crossover (CUV) satu-satunya di jajaran keluarga KIA Ceed

Varian paling rendah, terasa sarat akan fitur dan teknologi terbaru tidak dapat dirasakan

Fitur keselamatan sangatlah lengkap, bahkan ada teknologi terbaru yang tak dimiliki kompetitornya

Kehadirannya di Indonesia masih belum dikabarkan secara resmi

Performa mesin ditawarkan bervariatif, memudahkan calon konsumen menentukan sesuai gaya berkendara masing-masing

-

daftar harga Kia XCeed 2019

Dari kabar resminya, KIA Xceed bisa dinikmati di garasi konsumennya mulai bulan Agustus 2019. Bagi Anda yang tertarik dengannya, mohon bersabar lebih dulu dikarenakan model ini akan lebih dulu dijual Eropa. Berikut daftar harga KIA XCeed 2019.

TIPE MOBIL

HARGA KIA XCEED

(Mata Uang Euro)

HASIL KONVERSI DARI EURO KE RUPIAH

KIA XCeed

Dijual mulai Euro 21.000

Dijual mulai Rp. 332 jutaan

*Catatan:
•    Harga di atas adalah hasil konversi langsung dari Euro ke Rupiah
•  Tentu akan ada penambahan biaya apabila XCeed dijual di Indonesia kelak, mengingat adanya aspek impor, pajak dan kebijakan tersendiri dari KIA Indonesia

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari seluruh model KIA

Video Kia XCeed 2019

KESIMPULAN Kia XCeed 2019

Selamat datang KIA XCeed, anggota keluarga baru dari Ceed. Sosok SUV bergaya Crossover pertama KIA yang siap menjadi penantang tangguh di dunia otomotif Eropa. Tapi jujur saja, meski agresif ala Crossover, tapi KIA dengan cerdik menyematkan karakteristik utamanya sebagai mobil Korea Selatan. Bahkan tersedia teknologi terbaru dari Head Unit-nya yang mampu menyajikan informasi navigasi, prediksi cuaca, mencari tempat parkir hingga fungsi Multimedia. Teknologi yang benar-benar menarik, pertama kali dalam sejarah mobil Eropa. Tertarik? Tunggu dulu, mari kita sama-sama bersabar menunggu keputusan KIA Indonesia.

>>> Selalu ingat untuk menyimak review kami terlebih dulu sebelum membeli mobil ya sobat, hanya di Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil