Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV

07/11/2017

Share this post:

Renault Kwid 2017

Editor rate:

Rp 117.000.000

Lihat promo

Sebagai produsen mobil berasal dari Eropa, Renault nampaknya paham betul dengan emisi gas buang yang membahayakan lingkungan jika dilakukan secara kontinyu. Untuk itu, produsen asal Prancis ini coba mengeluarkan varian mobil ramah lingkungan yaitu Renauld Kwid. Mobil ini sendiri akan membuat orang bertanya-tanya karena desainnya yang begitu kokoh. Renault seakan memberikan kejutan sendiri atas mobil ini. Lantas, bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari Renault Kwid Indonesia?

Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV
Review Renault Kwid 2017 Indonesia: LCGC yang Kental dengan Nuansa SUV
0 Gambar

Pengantar Renault Kwid 2017

Mari kita simak spesifikasi Renault Kwid 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Eksterior Cukup Tangguh

Irit Bahan Bakar

Interior Cukup Nyaman

Kekurangan

Desain sisi Samping Kurang Mengesankan

Minim Fitur Interior

Nama Renault Kurang Dikenal

Gambar mobil Renault Kwick 2017 berwarna putih dilihat dari bagian depan

Gambar mobil Renault Kwid 2017

Harga Renault Kwid 2017 di Indonesia - Renault Kwid Indonesia sejatinya merupakan katalog lama yang dirilis pada tahun 2015 silam. Dari sisi penjualan, mobil ini bisa dibilang cukup moncer di Asia Timur, khususnya India. Bisa dibilang, Kwid sendiri menjadi tulang punggung penjualan Renault di negeri Bollywood tersebut. Hal itu dapat dilihat dari penjualannya yang fantastis. Dua minggu pasca diluncurkan ke pasaran, kwid mampu merengkuh penjualan 25.000 unit. Bahkan da;am dua bulan saja, Mobil ini mampu merengkuh penjualan sebesar 70.000 unit. Cukup fantastis memang. Bahkan menurut kabar yang beredar, mobil ini mampu merengkuh 10 persen pangsa pasar di India. Cukup mengesankan bukan.

Melihat track recordnya yang manis, maka dua tahun sejak memulai debutnya, Renault memperkenalkan kembali mobil ini ke pasaran. Indonesia sendiri kebagian jatah distribusi mobil ini. di tanah air, Kwid nantinya akan bersaing dengan beberapa nama kondang seperti Brio dan Agya. Apakah Kwid mampu memenangkan persaingan atas nama-nama tersebut? Silahkan bacalah tulisan review Renault Kwid 2017  dari cintamobil.com ini.

Eksterior Renault Kwid 2017

Gambar mobil Renault Kwid 2017 berwarna putih dilihat dari bagian depan sedang parkir di atas rumput

Gambar eksterior Renault Kwid

Entah mengapa, Kwid dirancang sedemikian rupa sehingga wujud mobil ini menjadi lebih mirip SUV versi kecil. Satu yang pasti, tampilan eksterior Renault Kwid 2017 mampu membuat orang terkecoh karenanya. Dari point ini saja, Kwid saudah memberikan value added lebih untuk calon konsumennya. Selain itu, Renault juga ingin memberikan penyegaran atas desain varian LGCG yang cenderung “itu-itu saja.”

Tampilan bagian depan mobil Renault Kwid 2017

Tampilan depan

  • Desain bagian depan

Dari sisi depan, Kwid sudah tampil gagah melalui tampilan depan, grill dengan gradasi garis putus-putus dua rangkap yang disematkan di depan memberikan nuansa maskulin pada mini SUV ini. tak lupa, logo Renault yang cukup eye catching itu disematkan di sisi tengah guna memberikan identitasnya. Di bagian samping, tersemat headlamp dengan dua mata lensa yang terlihat cukup menyalak. Meskipun tak tampil futuristic, lampu utama ini sudah cukup memberikan nuansa gagah di kedua sisinya.

Bergerak ke bagian bumper, Renault hadirkan tone warna black dope pada bagian bawah untuk memberikan kesan yang tak datar pada bagian depan. Tak lupa pula, sisi bumper juga disematkan ruang udara yang hampir mirip dengan sisi grill guna memberikan kesan aerodinamis pada mobil ini. sebagai pelengkap, dihadirkan pula dua folg lamp lengkap dengan rumahnya yang beraksen hitam dope.

  • Desain bagian samping

Sementara pada bagian samping, aksen hitam dope kembali dimunculkan di bagian bawah pintu. Sisi ini memang terasa begitu dipakasakan memang. Mengingat, kehadiran lekuk tebal yang menjorok ke dalam di bagian atas sudah lebih dari cukup untuk membuat mobil ini menjadi lebih dinamis. Entah apa motivasi Renault selaku pabrikan meletakan aksen tambahan berwarna hitam ini. Selain lekuk tebal yang tersemat di sisi samping, rasanya tak ada yang perlu dibahas lebih mendalam lagi dari mobil ini.

Mobil Renault Kwid 2017 berwarna biru dilihat dari bagian belakang

Tampilan belakang

  • Desain bagian belakang

Bergerak ke bagian belakang, Kwid lagi-lagi mempertebal kesan maskulinnya melalui lekukan di sisi bagasi. Selain itu, kecantikan di bagian belakang juga tetap terjaga dengan hadirnya stop lamp dengan desain klasik. Sebagai penutup, bumper belakang jua disematkan dengan list berwarna hitam dope yang membautnya menjadi balance dengan sisi depan. Secara keseluruhan, eksterior dari Kwid memang cukup ciamik untuk dilihat. Renault sendiri dibilang melakukan langkah berani dengan memberikan model mini SUV terhadap sisi luar katalognya ini.

>>> Inilah Renault Kwid Indonesia terbaru, klik untuk melihat


Interior Renault Kwid 2017

Setelah tampil sporty dan maskulin dari sisi luar, kini tibalah waktu untuk membicarakan lebih dalam lagi apa yang tersemat pada sisi interior mobil Eropa satu Renault Kwid 2017 ini. Meskipun berkonsep LCGC, sisi kabin dari Kwid bisa dibilang cukup luas untuk dibawa bepergian ke jarak menengah maupun jarak jauh. Mobil yang mampu menampung lima penumpang ini bahkan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang mobilitas serta flesibilitas penggunanya.

Gambar bagian dashboard mobil Renault Kwid 2017 berkulit hitam

Desain dashboard

  • Dashboard

Di bagian dashboard misalnya, fitur entertainment disematkan agar membuat perjalanan menjadi lebih berwarna. Berbagai fitur seperti layar touchscreen berukuran sedang yang dilengkapi dengan berbagai gitur tambahan seperti Bluetooth, port USB, dan AUX coba dihadirkan agar penggunanya bisa memilih musik terbaik dan mengusir rasa jenuh sepanjang perjalanan. Untuk menunjang tata suara, dibenamkan pula speaker aktif yang cukup ramah terhadap telinga penumpang maupun pengemudinya. Tak lupa pula, Ac yang bertugas untuk memberikan kesejukan disematkan diantara panel-panel dashboard tersebut.

gambar bagian kursi mobil Renault Kwid 2017 dengan jok berwarna coklat

Bagian kursi

  • Kursi

Dari sisi seat, dua buah kursi depan dibuat dengan desain semi captain seat. Sementara kursi belakang dibuat beberapa derajat menukik ke belakang guna memberikan kenyamanan. Selain itu, material yang digunakan juga cukup nyaman untuk menyangga bagian tubuh penggunanya. Ruang-ruang yang disediakan untuk kaki dan kepala juga terbilang cukup maksimal. Sayangnya, di bagian tengah kabin tak disematkan Ac tambahan sehingga penumpang di bagian belakang mungkin tak akan teraliri kesejukan udara secara maksimal.

Untuk keamanan di bagian kabin sendiri, Kwid menyematkan seluruh seatbelt di bagian kursi guna memberikan proteksi kepada seluruh penumpangnya. Di kursi depan, tersemat pula satu air bag untuk pengemudi. Cukup minim memang. namun apa hendak dikata, harga mobil ini yang terbilang cukup murah membuat Renault Kwid Indonesia tak bisa berbuat banyak.

>>> Mungkin Anda ingin baca: Renault Duster 2017, SUV Tangguh Yang Siap Hangatkan Kompetisi

 

Fitur Renault Kwid 2017

Gambar bagian dashboard mobil Renault Kwid 2017 dengan fitur airbag untuk melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan

Fitur Renault Kwid

Disamping berbagai fitur entertainment dan keselamatan di bagian kabin, Kwid juga dipersenjatai dengan berbagai fitur tambahan guna memberikan keamanan dan keselamatan penggunanya. Fitur-fitur seperti central lock dan parking sensor guna mempermudah pengemudi memarkirkan kendaraannya. Sementara dari sisi pengereman, hadir pula fitur ABS untuk memaksimalkan pengereman apabila mobil diharuskan mengerem dalam keadaan darurat. Demi memberikan kemudahan dalam mengendalikan mobil, sisi kemudi Kwid juga dihadirkan dengan fitur power steering guna hasilkan bantingan yang enteng saat mobil dipacu di berbagai medan. Sudah cukup bukan fitur Renault Kwid 2017 ini?

Operasi Renault Kwid 2017

Gambar bagian mesin mobil Renault Kwid 2017

Bagian mesin 

Dari sistem operasi Renau Kwid 2017 dilengkapi dengan mesin 1,0 liter berkubikasi 999cc dengan 3 silinder dan 12 katupmelalui mesin tersebut, Kwid mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 68 Hp setiap mencapai putaran 5.500 rpm dan mampu mencapai maksimum torsi hingga 91 Hp pada putaran ke 4.250 rpm. Untuk mobil berbody besar, sudah tentu mesin tersebut tergolong cukup kecil. Sebagai penggerak, disematkan 2 sistem transmisi, tipe Synchomesh manual dengan tingkat 5 percepatan dan transmisi otomatis AMT (Automated Manual Transmission). Keduanya bisa dipilih sesuai dengan request konsumen. Untuk bahan bakar, tangki yang tersemat pada Kwid memiliki kapasitas 28 liter. Terbilang kecil? Memang. pasalnya, mobil ini sendiri cukup irit karena mampu melahap 25 km/jam hanya dengan 1 liter bensin. Cukup irit bukan?

Spesifikasi Renault Kwid 2017

Terkait spesifikasi yang mendetil, cintamobil.com telah merangkum apa-apa saja yang tersemat pada LCGC ini. Berikut paparan spesifikasi Renault Kwid 2017.

Mesin Renault Kwid

Seri mesin

0.8 litre SCe – Smart Control Efficiency engine

Kubikasi

999 cc

Tenaga Maksimum

67 hp

Torsi Maksimum

72 Nm @ 4400 rpm

Transmisi

5-percepatan manual synchromesh

Dimensi Renault Kwid

Panjang Keseluruhan

3.679 mm

Lebar Keseluruhan

1.579 mm

Tinggi Keseluruhan

1.478 mm

Poros Roda

2.422 mm

Kapasitas Tangki

28 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Renault Kwid

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated front disc

Rem Belakang

Rear Drum Brakes

Ukuran Ban

155/80 R13

Daftar Harga Renault Kwid 2017

Dari segi harga Renault Kwid 2017 memiliki harga yang sangat-sangat kompetitif untuk ukuran mobil Eropa. Lantas, berapakah harga dari mobil ini sendiri?

Tipe mobil

Harga Renault Kwid

Renauld Kwid 2017

Rp 117 Jutaan

>>> Berapakah harga Renault Kwid 2016 di Indonesia, langsung klik untuk tahu saja

Kesimpulan Renault Kwid 2017

Secara keseluruhan Renault Kwid 2017 Indonesia memang mobil ramah lingkungan yang didesain layaknya SUV. Harga yang ditawarkan Renault untuk katalognya ini bisa dibilang cukup kompetitif untuk ukuran mobil Eropa. Adakah harga murah ini menjadi strategi Renault untuk pasar otomotif nasional guna memenangkan persaingan di ranah sejenis?

Arief
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top