Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Sedan Atap Terbuka Dengan Kepraktisan C-Class

12/05/2020

Share this post:

Mercedes-Benz C-Class 2020

Editor rate:

Rp 1.315.000.000

Daftar Harga Mercedes-Benz C-Class Terbaru Lihat promo

Setelah sebelumnya hanya menjual model saloon, coupe, dan estate, Mercedes-Benz C-Class hadir dengan bentuk Cabriolet atau atap terbuka pada awal tahun 2020 ini.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Sedan Atap Terbuka Dengan Kepraktisan C-Class
Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Sedan Atap Terbuka Dengan Kepraktisan C-Class
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz C-Class 2020

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz C-Class 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain yang cantik, memiliki perpaduan aura elegan, sporty, dan modern yang pas

Fitur berkendara dan kenyamanan lengkap

Head unit baru dengan fitur hiburan dan navigasi yang lengkap

Kekurangan

Kursi belakang kurang ideal untuk orang dewasa

Kapasitas bagasi sempit

Pelipatan atap yang sangat lambat

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 - C 200 Cabriolet AMG Line 2020 memang bukan sedan atap terbuka pertama yang dijual oleh Mercedes, mengingat sebelumnya sudah ada E-Class dan S-Class Cabriolet, atau SLC yang dikenal juga sebagai SLK. Namun jika Anda membutuhkan perpaduan dari kemewahan sedan convertible dengan soft top, dan kepraktisan khas Mercedes-Benz C-Class, mobil ini patut Anda pertimbangkan.

Hadir sebagai rival utama Audi A5 Cabriolet dan BMW 4 Series Cabriolet, Mercedes-Benz menghadirkan model Cabriolet pada generasi W205, dan memulai debutnya pada 2015 lalu. Tahun 2018, C-Class Cabriolet dapat facelift dengan improvement di berbagai sektor, interior, eksterior, fitur, sampai line-up mesin baru.

Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 ini sendiri diperkenalkan di ajang Star Drive yang berlangsung di Senayan City, Jakarta, pada 12-15 Maret 2020. Bagaimana impresi dari eksterior, interior, fitur, dan performa C-Class convertible ini? Simak terus reviewnya di Cintamobil.com

Eksterior Mercedes-Benz C-Class 2020

C 200 Cabriolet yang dimasukkan oleh Mercedes-Benz Distribution ke Indonesia merupakan varian facelift, dengan embel-embel AMG Line. Alhasil, mobil ini berhasil memadukan aura elegan dan sporty, serta modrn secara pas, untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Eksterior Depan

Tampak depan Mercedes-Benz C200 Cabriolet 2020

Fascia C 200 Cabriolet AMG Line memadukan aura sporty, elegan, dan modern secara pas

Kita mulai dari bagian depan, grille C 200 Cabriolet hadir dengan desain berlian yang sama seperti C 300 AMG Line, memberikan kesan elegan. Grille tersebut mengapit lampu LED yang desainnya telah disegarkan, yang menguatkan aura modern.

Turun sedikit ke bawah, terdapat air intake berukuran besar dengan pattern mesh yang berfungsi mengalirkan udara ke sistem pendingin mesin, dengan side vents sebelah kanan dan kiri ditutup oleh plastik hitam dengan dua garis yang memberikan kesan sporty.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Eksterior Samping

Tampak samping Mercedes-Benz C200 Cabriolet AMG Line 2020

Penggunaan pelek 19 inci single tone terasa pas dan tidak berlebihan

Berbicara soal desain samping Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020, kita menemukan desain yang sangat elegan dan halus. Hal ini terlihat dari minimnya guratan di bagian samping, paling hanya satu di atas, yang menghubungkan lampu depan menuju lampu belakang, dan di bagian bawah yang jadi penghubung antara fender.

Kesan elegan juga diperkuat dengan pemilihan pelek, untuk C 200 Cabriolet Mercedes memasangkan pelek 19-inci single-tone dengan desain yang elegan.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Eksterior Belakang

Tampak belakang Mercedes-Benz C200 Cabriolet AMG Line 2020

Kesan sporty terpancar dengan penggunaan knalpot ganda di bagian belakang

Beralih ke belakang, kesan sporty langsung hadir dengan penggunaan sistem knalpot dua lubang, dengan ujung knalpotnya diberi finishing krom, di tengahnya terdapat diffuser yang berfungsi mengarahkan angin dari underbody.

Naik ke atas, kita akan menemukan lampu belakang dengan orientasi landscape yang sama seperti varian pre-facelift. Bedanya, pattern lampu kini sedikit disegarkan meski sama-sama telah menggunakan LED.

>>> Mungkin Anda juga tertarik


Interior Mercedes-Benz C-Class 2020

Masuk ke dalam, aura khas C-Class masih terjaga dengan dominasi aksen krom pada panel-panel interior, serta material soft touch yang memberi kesan premium pada dashboard dan door panel.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Dashboard

Desain dashboard Mercedes-Benz C-200 Cabriolet AMG Line 2020

Dashboard C 200 Cabriolet AMG Line sama seperti C-Class pada umumnya

Kita mulai dari dashboard, Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 masih sama seperti C-Class pada umumnya, di mana bagian atas dashboard menggunakan material soft touch, dengan material plastik untuk bagian bawah, dan aksen chrome pada lubang AC, serta beberapa panel di konsol tengah.

Kebutuhan Anda untuk fitur infotainment terkini juga diakomodir oleh layar multimedia berukuran 10,25 inci yang telah mendukung fitur integrasi handphone Android Auto dan Apple CarPlay, serta fitur navigasi berbasis SD Card.

Untuk mempercantik tampilan kabin, Anda bisa menggunakan mode Ambient Lightning yang memiliki sampai 64 pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai mood.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Kursi

Interior Mercedes-Benz C200 AMG Line

C 200 Cabriolet AMG Line memakai material kulit sintetis Artico leather

Pada C 200 Cabriolet AMG Line 2020, Mercedes menawarkan kursi dengan material kulit sintetis Artico leather, yang hadir dalam empat pilihan kombinasi warna, yakni silk beige/black, saddle brown/black, magma grey/black, dan full black.

Memang, mobil ini menyediakan empat tempat duduk, namun tampaknya Anda akan kesulitan untuk duduk di belakang karena ruang kaki dan kepala (saat atap tak dilipat) yang sangat terbatas. Selain itu, posisi sandaran kursi juga tegak sehingga kurang nyaman untuk perjalanan jauh. Mungkin bisa untuk anak kecil, tapi akan terlihat menyedihkan untuk orang dewasa, apalagi saat merencanakan untuk menjelajah.

Tapi untuk akomodasi penumpang depan, Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 punya segalanya. Berbagai fitur pengaturan elektronik disematkan di kursi depan, mulai dari memory function, sampai 4-way lumbar support yang memberi kenyamanan untuk pengemudi ataupun penumpang depan.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Bagasi

Bagasi Mercedes-Benz C200 Cabriolet AMG Line 2020

Ruang bagasi C 200 Cabriolet dibatasi oleh ruang untuk penyimpanan atap soft-top

Salah satu kelemahan dari sebuah Cabriolet, atau convertible adalah kapasitas bagasi yang sangat terbatas karena sebagian besar area kargo dipakai untuk menyimpan atap. Hal ini juga berlaku untuk Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020, yang hanya memiliki kapasitas bagasi sekitar 360 liter saat atap mobil dipakai, dan berkurang menjadi 285 liter ketika atap dilipat.

>>> Ini juga tak kalah menariknya loh

Fitur Mercedes-Benz C-Class 2020

Sebagai sedan atap terbuka yang identik dengan line-up mobil premium, Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 hadir dengan berbagai fitur terkini, khususnya fitur keselamatan aktif, hiburan, sampai fitur mengemudi. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya di bawah ini.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Fitur Pengemudian

Mode mengemudi Mercedes-Benz C200 Cabriolet AMG Line

Anda memiliki lima profil berkendara, dengan satu bisa dikustomisasi

Untuk fitur berkendara, C 200 Cabriolet AMG 2020 mendapat berbagai fitur, seperti Cruise control, Active Parking Assist with PARKTONIC, Blind Spot Assist, sampai Reversing camera, yang membantu Anda saat berkendara.

Salah satu fitur menarik yang hadir di C 200 Cabriolet AMG adalah fitur dynamic select, di mana Anda bisa memiliki lima mode berkendara dengan parameter yang akan mempengaruhi respon mesin, suspensi, dan kemudi, yakni Comfort, ECO, Sport, dan Sport+, satu slot lagi tersedia untuk profil yang bisa dikustomisasi sendiri.

Selain itu, hadir juga fitur keselamatan standar di C-Class seperti Active Brake Assist (ABA) plus airbag yang telah dilengkapi kneebag. Selain itu, hadir juga Tyre Pressure Monitoring System, yang dapat memonitor tekanan udara di keempat ban mobil.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Fitur Hiburan

Sistem entertainment yang dipakai di Mercedes-Benz C200 Cabriolet

Fitur hiburan C 200 Cabriolet juga terhitung lengkap

Untuk sistem multimedia, C 200 Cabriolet mendapatkan improvement layar dari yang sebelumnya 8,4 inci, kini menjadi 10,2 inci. Fitur yang dihadirkan juga lumayan, mulai dari integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto, navigasi berbasis SD Card, sampai Widescreen cockpit.

Semua fungsi dari layar multimedia ini dapat diatur melalui kenop putar di konsol tengah, atau trackpad yang berada di lingkar kemudi mobil.

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Pelipatan Atap

Proses buka-tutup atap Mercedes-Benz C200 Cabriolet

Proses buka tutup atapnya sangat lama, sampai 24 detik

Seperti mobil atap terbuka kebanyakan, soft-top C 200 Cabriolet AMG Line dapat dilipat secara elektrik. Pengoperasiannya dapat dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan 50 km/jam, sayangnya waktu yang dibutuhkan untuk naik dan menutupnya 24 detik, terhitung lama ketika mobil sekelas hanya butuh waktu kurang dari 10 detik.

>>> Ingin Mercedes-Benz Anda tetap prima selama PSBB? Simak tips berikut ini

Operasi Mercedes-Benz C-Class 2020

Mesin Mercedes-Benz C200 Cabriolet

C 200 Cabriolet memakai mesin 2.000cc yang menghasilkan tenaga 204 HP

Beralih ke dapur pacu, Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 menggunakan mesin inline-4 turbo M264 yang menghasilkan tenaga 204 HP dan torsi 300 Nm, yang dipadukan dengan transmisi otomatis 9G-Tronic.

Dengan performa seperti ini, C 200 Cabrio dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik dengan kecepatan puncak 238 km/jam. Performa yang cukup impresif ini dipadukan dengan konsumsi bensin yang oke punya, yakni sekitar 13-14 km/liter dengan rute kombinasi.

>>> Anda mau membeli mobil Mercedes-Benz C 200? Klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

Spesifikasi Mercedes-Benz C-Class 2020

Sebagai satu-satunya C-Class Convertible yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz, berkut ini spesifikasi Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020:

Dimensi Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020
Panjang x Lebar x Tinggi 4.696 mm x 2.016 mm x 1.411 mm
Jarak Poros Roda 2.840mm
Mesin Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020
Tipe Mesin M264, inline-4 turbo
Kapasitas Silinder 1.991cc
Tenaga Maksimal 204 HP @ 5.800-6.100 rpm
Torsi Maksimal 300 Nm @ 1.600-4.000 rpm
Akselerasi (0-100 km/jam) 7,5 detik
Kecepatan Maksimal 238 km/jam
Konsumsi Bahan Bakar 13-14 km/liter (kombinasi)
Transmisi 9G-Tronic automatic transmission
Kaki-Kaki Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020
Velg 19-inch AMG multi-spoke light-alloy wheels

Daftar Harga Mercedes-Benz C-Class 2020

Hadir sebagai salah satu line-up premium C-Class, harga Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 tidak bisa dibilang murah, yakni sekitar Rp 1.315.000.000,- off the road. Sebagai pembanding, C 300 AMG Line yang merupakan C-Class sedan termahal dihargai Rp 1.000.000.000,-

>>> Dapatkan tawaran terbaik saat membeli mobil Mercedes-Benz lainnya di sini

Kesimpulan Mercedes-Benz C-Class 2020

Mercedes-Benz C200 Cabriolet AMG Line 2020 warna silver

Jika mencari sebuah convertible dengan styling yang apik, C 200 Cabriolet bisa dijadikan opsi

Akhirnya, Mercedes-Benz Cabriolet masuk juga ke Indonesia. Mobil ini berhasil memadukan desain sporty dan modern tanpa menghilangkan kesan agresif yang menjadi identitas Mercedes-Benz. Ditambah lagi berbagai fitur yang akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan, tapi apakah mobil ini layak untuk dipinang?

Jika Anda mencari sebuah Convertible dengan harga yang tidak terlalu mahal, dan suka dengan desain mobil ini, maka kami sangat menyarankan Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020 untuk Anda. Namun jika Anda lebih mementingkan kepraktisan, kami rasa lebih baik ambil varian sedannya saja.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Review lain

Review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020: Otot Kuat Di Balik Keanggunan

Rp. 2.720.000.000

01/05/2020

Editor rate:

Inilah model sport 4 pintu pertama yang dibuat oleh Affalterbach untuk AMG. Inilah review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC yang punya desain anggun dan mesin berotot

Lihat juga

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian

Rp 1,225,000,000

24/04/2020

Editor rate:

Berbasis generasi keempat Mercedes-Benz A-Class, compact hatchback yang tampil sporty Mercedes-AMG A 35 4MATIC diperkenalkan di Tanah Air medio Maret 2020 lalu di Jakarta. Tampil resmi pertama kali di ajang Paris Motor Show 2018, Seperti apa saja detailnya? Simak review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 berikut.

Lihat juga

Review Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017

Rp 10,500,000,000

05/10/2018

Editor rate:

Apa jadinya jika mobil SUV Mercedes-Benz G-Class yang berdarah tangguh, kemudian dibentuk menjadi kendaraan safari rasa VVIP? Jawabannya bisa ditemukan di Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017.

Lihat juga

Preview Mercedes-Benz EQC 2019

Rp. 744.000.000

07/09/2018

Editor rate:

Mobil listrik besutan Mercedes-Benz bernama EQC baru saja dirilis di Stockholm. Seluruh awak media internasional menjadi saksi akan World Premiere Mercedes-Benz EQC. Acara megah satu ini dipastikan akan terus merambah ke beberapa negara lainnya termasuk Asia. Kami memprediksi Mercedes-Benz EQC dirilis 2019 di Indonesia. Tentu, kehadiran mobil listrik satu ini menjadi ancaman serius bagi Tesla, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat. Mari kita simak preview Mercedes-Benz EQC 2019.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG A 35 2019

Rp. 678.000.000

01/10/2018

Editor rate:

Kehadiran Mercedes-AMG A 35 2019 memiliki desain bodi yang berangkat dari generasi keempat A-Class. Dengan mengusung bodi Compact Hatchback, rencananya Mercedes-AMG A35 akan memulai peluncurannya di acara Paris Motor Show 2018. Tentu sebagai mobil Entry-Level, Mercedes-AMG A35 akan siap bertanding melawan Volkswagen Golf R dan Audi S3 di kelas serupa. Mari kita lihat informasi selengkapnya dalam preview Mercedes-AMG A 35 2019.

Lihat juga