Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial

29/06/2019

Share this post:

Kia Seltos 2019

Editor rate:

Lihat promo

Setelah dua mobil konsep, teaser sketsa eksterior dan interior yang menggoda, serta nama dari mitologi Yunani, Kia akhirnya memperkenalkan Kia Seltos 2019. Dengan tubuh berotot serta fitur berlimpah, Seltos siap mengalahkan lawan-lawannya di segmen Small MPV di India, dan seluruh dunia.

Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial
Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial
0 Gambar

Pengantar Kia Seltos 2019

Mari kita simak spesifikasi Kia Seltos 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain luar yang futuristik dan sangar

Dipenuhi dengan berbagai fitur canggih milik Kia

Banyak pilihan mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kekurangan

Harga akan melejit karena Seltos akan diimpor langsung dari Korea atau India

Review Kia Seltos 2019 - Pada Februari tahun lalu, Kia memperkenalkan mobil konsep Kia SP Concept. Versi konsep menunjukan wajah yang tegas dengan pengaturan lampu yang menarik. Akhir Maret tahun ini, versi yang lebih baru bernama Kia Signature Concept memulai debutnya. Diikuti oleh beberapa sketsa dan pengembangan model, Kia akhirnya merilis Kia Seltos 2019, yang diungkapkan pada 20 Juni di New Delhi.

sketsa Kia Seltos 2019  yang diarsir dengan pensil 
Versi sketsa Kia Seltos 2019 yang dirilis Kia beberapa bulan lalu

Sebelumnya, Kia mengungkapkan bahwa crossover kompak global terbarunya akan bernama Seltos, berasal dari mitologi Yunani yang merujuk pada Celtos, putra Hercules. Guna menarik minat generasi milenial, Kia mengubah huruf pertama Celtos menjadi “S”, menyiratkan “Speed” dan “Sportiness”. Kia menyebutkan Seltos akan menjadi crossover yang nyaman ditunggangi, sekaligus bertenaga ketika dibawa.

Dengan badan SUV, Seltos merupakan crossover dengan desain eksterior yang menarik. Menggunakan tampilan futuristik yang menawan, eksterior langsung memanjakan mata dengan kesan ‘berotot’ yang dimilikinya. Walaupun Kia belum merilis tampilan dalam mobil ini, namun dari berbagai gambar peluncuran, ada berbagai fitur yang disematkan pada kabin untuk memudahkan pengemudi.

mobil baru Kia Seltos berwarna merah 
Tampilan terbaru Kia Seltos 2019 yang baru saja diluncurkan

Kia sebelumnya sedang mempertimbangkan peluncuran enam mobil dalam tiga tahun ke depan, satu model setiap enam bulan. Termasuk kendaraan listrik eksklusif untuk India. Untuk mobil ini, mari kita simak review Kia Seltos 2019 berikut ini.

Eksterior Kia Seltos 2019

Poin utama dari Kia Seltos adalah desainnya. Gabungan tampilan futuristik dengan penggunaan krom membuat kesan mewah langsung terlihat dari mobil ini. Masih menggunakan bahasa desain khas Kia, ada banyak desain menawan yang bisa kita lihat dari eksterior Kia Seltos 2019.

Review Kia Seltos 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Kia Seltos 2019 berwarna merah 
Tampilan depan Kia Seltos 2019

Desain futuristik bisa terlihat dari bagian depan yang dipenuhi menunjukan wajah tegas nan berotot. Lampu depan LED memiliki banyak detail unik dan menyatu dengan ril Tiger Nose milik Kia. Lampu depan dan lampu DRL mendominasi eksterior depan Kia Seltos 2019, mengapit gril depan yang cukup besar dan dikelilingi oleh desain krom. Di bawah ada lampu kabut dengan konfigurasi vertikal, memberikan desain yang cukup menarik layaknya “misil” pada mobil di film fiksi ilmiah.

Review Kia Seltos 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Kia Seltos 2019 berwarna merah 
Tampilan depan Kia Seltos 2019

Menggunakan pelek 16 inci yang bisa diganti menjadi 17 inci maupun 18 inci, Seltos sudah memiliki paranomic sunroof bahkan menawarkan eksterior bernada ganda. Ada total delapan warna yang bisa Anda pilih. Sedangkan desain eksterior samping Kia Seltos 2019 memiliki nuansa edgy dengan lipatan samping di sepanjang garis bodi. Sementara garis jendela memiliki aksen krom yang memberikan kesan mewah pada mobil ini.

Review Kia Seltos 2019: Eksterior Belakang

 tampilan belakang Kia Seltos 2019 berwarna merah
Tampilan belakang Kia Seltos 2019

Sama seperti lampu depan, lampu belakang juga menggunakan pengaturan LED penuh. Bahkan lampu kabut menggunakan light-emitting diode yang memberikan tampilan canggih pada eksterior belakang Kia Seltos 2019. Mengikuti wajah depan, bagian belakang dilengkapi dengan skid plate berwarna perak serta sedikit aksen warna badan. Menegaskan tampilan sangar untuk memudahkan Anda berkendara di semua kondisi jalan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Kia Seltos 2019

Setelah peluncuran perdananya, akhirnya kita bisa melihat interior Kia Seltos 2019 yang dipenuhi dengan berbagai fitur serta ruang kabin yang nyaman. Tak heran, Seltos langsung menjadi primadona dengan banyaknya pemesanan di negara aslinya. Diluncurkan dengan tiga varian, Tech Line, GT Line, dan GTX, bagian dalam pun terlihat hampir sama.

Review Kia Seltos 2019: Dasbor

Tampilan baru layar infotainment yang digunakan pada dasbor adalah salah satu kemewahan yang digunakan pada mobil ini. Kia akan menggunakan sistem infotainment 10.25 inci untuk bagian dasbor. Layar bahkan bisa digunakan untuk melihat tiga tampilan sekaligus, sebagaimana dijelaskan langsung oleh Kia.

 dasbor Kia Seltos 2019 berwarna hitam
Dasbor Kia Seltos 2019

Meskipun begitu, tampilan dasbor bisa dibilang bukan seleras semua orang. Desain sistem infotainment tidak begitu mengesankan, dengan beberapa tombol dibuat ‘lebar’ untuk memberikan kesan layar yang lebih besar. Selain itu, dasbor Kia Seltos 2019 masih terkesan biasa tanpa banyak aksen maupun gimik dari sisi penumpang hingga kemudi mobil.

Review Kia Seltos 2019: Kemudi

kemudi Kia Seltos 2019 berwarna hitam 
Kemudi Kia Seltos 2019

Sebagai varian tertinggi, GT Line sudah mendapatkan roda kemudi Kia Seltos 2019 dengan desain flat-bottom multi-fungsi akan membantu Anda mengakses berbagai fitur yang diberikan. Tak lupa aksen krom untuk tampilan yang lebih mewah di bagian dalam. Sistem head-up display yang tersedia akan menginformasikan beberapa detail perjalanan kepada Anda.

Review Kia Seltos 2019: Kursi

kursi Kia Seltos 2019 berwarna hitam
Kursi Kia Seltos 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kia menunjukkan bahwa Seltos mampu menampung hingga lima penumpang dengan leluasa. Dan beberapa perbedaan GT Line yang lebih tinggi yaitu memiliki tema hitam untuk desain yang lebih sporty. Kursi Kia Seltos 2019 yang berlapiskan kulit pun mendapatkan jahitan berwarna merah yang kontras.

Review Kia Seltos 2019: Bagasi

bagasi Kia Seltos 2019 berwarna hitam 
Bagasi Kia Seltos 2019

Dilihat dari berbagai sumber, Seltos memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Kabin memiliki kepraktisan yang menarik. Dan bagi Anda yang ingin menyimpan barang bawaan di bagian belakang, bagasi Kia Seltos 2019 menyediakan 433 liter. Angka yang cukup besar untuk menampung bawaan sehari-hari. Ada pula sekat pemisah yang bisa Anda gunakan untuk memisahkan barang bawaan yang akan Anda angkut.

>>> Baca juga:

Fitur Kia Seltos 2019

Kia juga tak segan-segan menanamkan berbagai fitur dan teknologi canggih untuk penumpang di dalam mobil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem infotainment memiliki layar sentuh 10.25 inci, cukup besar untuk segmen ini. Penghuni kabin juga bisa memilih opsi ambient lighting Sound Mood Lighting untuk membuat “pertunjukan cahaya” yang disesuaikan dengan irama dari audio Bose delapan speaker opsional untuk menemani Anda berkendara.

fitur Kia Seltos 2019 berwarna hitam
Fitur infotainment Kia Seltos 2019

Sistem antarmuka koneksi UVO Kia mirip seperti yang digunakan oleh Hyundai BlueLink dan dilengkapi denga 37 fitur, termasuk beberapa teknologi terbaru seperti geofencing, immobilizer jarak jauh, pengoperasian AC jarak jauh, serta pembatas kecepatan. Selain itu, fitur Kia Seltos 2019 memiliki tata letak multi-layar yang memungkinkan ANda untuk melihat hingga tiga aplikasi.

Sorotan lain dari daftar peralatan kelas-atas dari vari tertinggi GTX+ termasuk kamera parkir 360 derajat, head-up display, pod pengisian daya smartphone nirkabel, pembersih udara dengan indeks kualitas udara, kursi depan berventilasi dan Bose surround 8-spoke yang menakjubkan.

Review Kia Seltos 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Tersedia berbagai sistem keselamatan aktif tingkat lanjut pada mobil untuk memastikan penghuni Seltos tetap terlindungi dengan baik selama perjalanan. Dilengkapi dengan enam airbag, Fitur keselamatan aktif Kia Seltos 2019 juga memiliki sistem Vehicle Stability Management milik Kia untuk menggabungkan kontrol traksi dan kontrol stabilitas elektronik.

Begini cara kerja Vehicle Stability Management milik Kia

Anda juga sudah mendapatkan Anti-lock Braking System, Brake-force Assist System and Hill-start Assist Control, kontrol traksi, serta sensor parkir depan dan belakang yang membantu Anda saat parkir. Tubuh Seltos juga terbuat dari campuran baja dan aluminium dan dibalut komponen Advanced High-Strength Steel, memberikan bodi yang kaku untuk mengurangi getaran di jalan dan meningkatkan keselamatan penghuni saat terjadi tabrakan.

>>> Bisa Gantikan Spion, Kia dan Hyundai Patenkan Pilar A Transparan

Operasi Kia Seltos 2019

Seltos dilengkapi dengan serangkaian powertrain generasi ketiga milik Kia untuk efisiensi tinggi serta kinerja yang mumpuni. Mobil ini mendapatkan teknologi Smartstream Kia untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan keluaran emisi yang lebih rendah.

Sistem operasi Kia Seltos 2019 tersedia dengan pilihan mesin bensin T-GDI 1.6 liter yang menghasilkan 175 daya kuda, mesin bensin 2.0 liter 147 daya kuda, serta mesin diesel 1.6 liter untuk keluaran 134 daya kuda. Tergantung dengan pasarnya, Seltos akan mendapatkan tiga opsi transmisi, mulai dari dual-clutch tujuh percepatan (7DCT), otomatis 6 percepatan (6AT) dan CVT.

 mesin Kia Seltos 2019 berwarna hitam dan merah
Mesin T-GDI yang akan digunakan pada Kia Seltos 2019

Mobil ini juga dilengkapi sistem Drive Mode Select yang memungkinkan Anda menyesuaikan pengendaraan. Ada tiga mode yang bisa dipilih; Normal, Eco, dan Sport. Mode Eco disetel untuk memaksimalkan jangkauan kendaraan dan menghemat bahan bakar dan mode Sport untuk meningkatkan respons dari kemudi dan motor listrik untuk nuansa berkendara yang dinamis. Sedangkan mode Normal akan memberikan keseimbangan antara keduanya.

>>> TIPS BELI MOBIL BEKAS: Medium SUV Irit Dan Bertenaga, Simak Tips Lengkap Membeli Kia Sportage Bekas

Spesifikasi Kia Seltos 2019

Kia akhirnya mengungkapkan fitur yang ada di dalam mobil in lebih lanjut, mulai dari dimensi hingga kapasitas bagasi. Untuk saat ini, berikut spesifikasi Kia Seltos 2019 yang didapatkan dari laman resmi Kia di India.

Dimensi Kia Seltos 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

 4.375 mm x 1.800 mm x 1.615 mm

Jarak Poros Roda

 2.630 mm

Mesin Kia Seltos 2019

Tips Mesin

1.6 liter

2.0 liter

1.6 liter T-DGI

Tenaga Maksimal

134 dk

147 dk

175 dk

Transmisi

Kopling ganda 7 percepatan (7DCT)/ otomatis 6 percepatan/ CVT

Kaki-Kaki Kia Seltos 2019

Pelek

16 inci (opsi 17 inci dan 18 inci)

Daftar Harga Kia Seltos 2019

Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu, Kia pun mengungkapkan harga yang harus dibayar untuk mobil ini. Dilansir dari Kia India, harga Kia Seltos 2019 dimulai dari Rs9.69 Lakh (sekitar Rp194 jutaan) untuk varian terendah. Sedangkan harga varian tertinggi dihargai Rs16,99 lakh, atau setara dengan Rp340 jutaan.

Kesimpulan Kia Seltos 2019

Dilihat dari luar, Kia Seltos 2019 mampu menampilkan desain yang menarik dan cukup memanjakan mata. Dengan gabungan apik desain futuristik yang dipadukan dengan aksen krom, memberikan kemewahan yang dibutuhkan untuk menggaet generasi muda. Sedangkan kemewahan langsung terasa ketika masuk ke dalam kabin. Berbagai fitur memanjakan serta cukup lengkap dibandingkan pesaing lain di segmennya.

 mobil baru Kia Seltos 2019 berwarna merah di jalanan
Peluncuran pertama Kia Seltos yang dilakukan di India

Kia memberikan berbagai fitur baru untuk mobil ini. Diantaranya Sound Mood Lighting untuk pencahayaan di dalam kabin. Produksi Kia Seltos berbasis di dua fasilitas produksi Kia, di Distrik Anantapur di India dan di Gwangju, Korea. Kia Seltos 2019 saat ini sudah dijual di India dan menyasar beberapa negara lain hingga akhir 2019 ini.

>>> Dapatkan berbagai review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

Garasi Mobil

DI Yogyakarta

Review lain

Review KIA Telluride 2020: SUV Besar Dengan Kemampuan Menerjang 'Gunung'

26/06/2019

Editor rate:

Amerika baru-baru ini kedatangan model Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yakni KIA Telluride. Kenyamanan kabin yang luar biasa lega, menghibur dan juga punya performa Off-Road, menjadi sajian utama dari mobil SUV kelas menengah ini. Terpintas dalam benak, apakah cocok untuk dimiliki jika nantinya model ini tiba di Indonesia? Simak pantauan kami dalam review KIA Telluride 2020.

Lihat juga

Review KIA Stinger 2018: Bukti Terwujudnya Mobil Konsep

26/05/2019

Editor rate:

Dari banyak produk besutan KIA, satu-satunya yang paling kami harapkan hadir di Indonesia adalah Stinger. Sosok mobil Fastback dengan desain Sleek Styling dan performa mumpuni, membuat tim Cintamobil.com benar-benar mengaguminya. Bisa dibilang, dari setiap produk KIA, Stinger adalah yang paling sempurna, semua hal menarik tertanam rapi di dalam bodinya. Berikut review KIA Stinger 2018.

Lihat juga

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019, Performa Serupa Namun Lebih Murah Rp 40 Juta

21/06/2019

Editor rate:

Setelah mengulas tipe tertinggi dari All New Honda CR-V 1.5L Turbo yaitu Prestige, kini kami mendapat kesempatan istimewa untuk mengetes langsung dengan jarak yang panjang tipe menengah dari Al New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

Lihat juga

Review Ford Kuga 2020: Ada Kenyamanan Spesial Di Balik Nama Kontroversialnya

03/06/2019

Editor rate:

Jika berbicara masalah mobil terlaris buatan Ford di Eropa, Kuga menduduki peringkat ketiga setelah Fiesta dan Focus. Pencapaian ini dinilai positif oleh para petinggi Ford dan akhirnya memutuskan untuk memberikan pembaruan dalam versi All-New Kuga di tahun ini. Menariknya, mobil satu ini dirancang dengan performa elektrik, suatu hal yang sedang tren dalam dunia otomotif akhir-akhir ini. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak bersama dalam review Ford Kuga 2020.

Lihat juga

Preview Toyota C-HR EV 2019, Calon Mobil Listrik Terasyik Di Dunia?

14/05/2019

Editor rate:

Inilah calon mobil listrik terasyik di dunia. Kami enggak asal bicara, karena mobil-mobil Toyota yang berbasis TNGA (Toyota New Global Architecture) rata-rata memang punya kedinamisan berkendara diatas rata-rata produk Toyota lainnya. Lantas, apakah Toyota C-HR EV 2019 alias Electric Vehicle ini mampu menjadi mobil Toyota full elektrik terasyik di muka bumi?

Lihat juga