Tak Ingin Menggarami Lautan, KIA Enggan Main Di Segmen Low MPV

22/07/2018
KIA memilih tak bermain di segmen low MPV sebab persaingannya terlalu ketat.

Gambar keren logo KIA Motors

KIA baru saja meluncurkan MPV premium Grand Sedona Diesel di Indonesia

Sudah pada tahu kalau segmen mobil keluarga low MPV adalah segmen paling favorit di Indonesia. Karakter orang Indonesia yang suka berkumpul bersama keluarga dan saudara membuat mobil low MPV paling banyak dicari dan dibeli masyarakat.

Para produsen pun berlomba menghadirkan low MPV terbaiknya agar bisa memikat pembeli. Setelah sebelumnya ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mitsubishi dan merek China Wuling menyusul dengan Xpander dan Confero S di pertengahan 2017.

Sebagaimana para pendahulunya, kedua merek terakhir juga sangat diminati meski dari sisi penjualan berbanding jauh. Mitsubishi Xpander langsung booming, sementara Wuling Confero S yang harganya paling murah di antara pemain low MPV melangkah dengan pelan tapi penuh kepastian.

Bagaimana dengan merek asal Korea Selatan, KIA?

Rupa-rupanya KIA tak mau latah dengan fenomena low MPV. Dari pada harus mengikuti langkah para kompetitor, KIA memilih jalannya sendiri dengan menawarkan produk mobil yang berbeda.

"Kita kan produk global jadi nggak bisa custom untuk Indonesia. Jadi mengikuti produk yang sudah dibuat secara global. Siapa yang nggak mau jualan banyak," tutur Ridjal Mulyadi, General Manager Marketing PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar KIA Sportage dari arah depan samping

Mobil KIA semuanya adalah produk global, tapi penjualan di Indonesia kurang begitu bagus

General Manager Business Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI), Harry Yanto juga menuturkan hal senada. Dari pada sia-sia, KIA memilih tidak ikut-ikutan menghadirkan produk low MPV.

"Kalau kita tidak kuat jangan nyemplung di kolam yang sama, kita cari celah. Kalau nyemplung di kolam yang sama istilahnya seperti menggarami lautan," kata Harry.

Memang, dari kelima model yang dijual KIA di Indonesia, tak satupun yang masuk kategori low MPV 7 penumpang. Untuk memenuhi kebutuhan mobil keluarga, KIA punya model premium Grand Sedona dan Grand Sedona Diesel yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Tak hanya muat 7 penumpang, Grand Sedona dan Grand Sedona Diesel malah bisa dimaksimalkan hingga muat 11 penumpang. Harganya sudah pasti mahal, KIA membanderolnya lebih dari setengah miliar rupiah.

>>> Terus update perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Gambar mobil KIA Grand Sedona tampak depang samping

Grand Sedona bukan low MPV, tapi bisa dikustom hingga muat 11 penumpang

>>> Baca review dan spesifikasi lengkap Kia Grand Sedona Diesel 2018, penerus kesuksesan Carnival

Fat

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0