Review Hyundai Tucson GLS 2005: SUV Enak Dengan Harga Bekas Kini Rp 60 Jutaan

05/10/2019
editor rate: 3,5 user rate: 4,5
Inilah SUV yang cukup diperhitungkan merek lain asal Jepang. Kehadirannya mampu mencuri perhatian dengan bentuk tak lazim plus transmisi otomatis shifttronic. Lantas, dengan harga bekasnya yang kini hanya Rp 60 jutaan, layakkah ia untuk dimiliki?

PENGANTAR Hyundai Tucson 2005

Gambar menunjukkan Hyundai Tucson GLS 2005

Tucson yang akan kita bahas kali ini bukan limited edition, itu hanya emblem tempelan pemilik mobil ini

Review Hyundai Tucson GLS 2005 - Hyundai Tucson tipe GLS ini lahir pertama kali pada tahun 2005. Saat itu kehadirannya langsung diperhitungkan oleh pabrikan lain yang bermain di kelas serupa, seperti Honda CR-V, dan Nissan X-Trail. Maklum saja, ia hadir dengan bentuk tak lazim serta bersenjatakan transmisi tiptronik berlabel shiftronic. Sebuah fitur perpindahan gigi skuensial yang tak akan Anda temui pada semua pemain pada kelas ini di zamannya.

Gambar menunjukkan Hyundai Tucson GLS 2005

Tidak Ada SUV se-enak ini dengan harga Rp 60 jutaan selain Tucson

Review kali ini merupakan sebuah owning experience. Mengingat mobil yang kami ulas ini merupakan salah satu teman setia semasa penulis sekolah menengah atas hingga memperdalam ilmu alias kuliah pada tahun 2009 di sebuah universitas swasta terkemuka di Jakarta. Mobil ini memang bukan first owned from new alias dibeli dalam kondisi bekas. Namun saat didapat masih low kilometer dan penulis cukup lama menggunakan mobil ini. So, inilah review Hyundai Tucson GLS 2005 dari Cintamobil.com

EKSTERIOR Hyundai Tucson 2005

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan Hyundai Tucson GLS 2005

Tampilan depan mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini memang bukan selera semua orang

Jujur saja, tampilan depan dari mobil Hyundai Tucson tipe GLS lansiran 2005 ini bukanlah selera kebanyakan orang. Seperti buah durian, jika Anda suka pasti akan jatuh cinta, sementara kalau Anda tidak suka pasti akan jadi benci. Lampu depan punya desain 'mata belo' dan bohlam bertipe halogen biasa. Oh ya, jangan tertipu dengan keberadaan tanduk depan dan lis krom pada foglamp ya, karena itu merupakan aksesoris asli tambahan dari sang pemilik mobil.

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan Samping Hyundai Tucson GLS 2005

Aura SUV sejati yang gagah begitu terpancar pada Hyundai Tucson GLS 2005 ini

Lanjut ke tampilan samping mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini. Kesan gagah khas SUV sejati langsung terpancar saat Anda melihat overfender dengan warna hitam doff ini. Berbekal pelek dengan diameter 17 inch, proporsi mobil ini menjadi cukup pas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil ini banyak opsi aksesoris terpasang. Aslinya untuk tipe GLS talang air, footstep, dan pelek multi spoke belum menjadi standar. Baru di tipe XG aksesoris tambahan ini disematkan.

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Hyundai Tucson GLS 2005

Tampilan belakang mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini jadi salah satu nilai jual eksteriornya

Tampilan belakang dari mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini jadi salah satu favorit kami dan mungkin pemilik Tucson lainnya. Karena selain lebih terlihat keren dari tampang depannya, ia juga fungsional. Sebab jendela belakang dapat dibuka terpisah sehingga mempermudah akses ke bagasi belakang. Pun begitu dengan kualitas kaca dan lisnya yang solid, membuat tak khawatir ketika ditutup secara keras. Sayang semua lampu di belakang ini tak ada yang menganut bohlam jenis LED.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Hyundai Tucson 2005

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Hyundai Tucson GLS 2005

Layout dasbor Hyundai Tucson GLS 2005 ini cukup modern di zamannya

Layout dasbor mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini terasa cukup modern pada zamannya. Desainnya masih khas mobil Korea banget dengan lekuk dominan membulat. Ditambah dengan padu padan kelir abu-abu dan krem yang cukup membuat aura kabin ceria. Terdapat satu buah laci penyimpanan tertutup yang berukuran besar di sini. 

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi Hyundai Tucson GLS 2005

Kursi Hyundai Tucson GLS 2005 ini nyaman diduduki dan pengaturannya lengkap

Salah satu yang jadi favorit kami di mobil Hyundai Tucson tipe GLS keluaran tahun 2005 ini adalah kursinya. Selain empuk diduduki karena busanya tebal, untuk jok pengemudi juga pengaturannya lengkap. Pengatur ketinggiannya saja ada dua buah, di depan dan belakang. Belum lagi sandaran dan maju mundur. Untuk kursi belakangnya tak kalah menyenangkan, karena headroom dan legroom memadai dan dapat dilipat secara terpisah guna menambah volume bagasi.

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Hyundai Tucson GLS 2005

Setir ini cukup nyaman digenggam dan bentuknya pas

Meskipun tak ada tombol pengatur apapun dan enggak berlapis kulit, tetapi setir Hyundai Tucson GLS 2005 ini nyaman digenggam dan besar diameternya pas. Tidak terlalu besar juga tak terlalu kecil. Satu yang jadi masalah adalah tombol klakson terkadang agak keras ditekan dan logo emboss Hyundai tanpa kelir krom cukup mengurangi aura mewah di kabin rival X-Trail dan CR-V ini.

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Tucson 2005

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ringkasan Fitur Keselamatan Hyundai Tucson GLS 2005

Ingin rem mendadak? Jangan khawatir cakram di keempat roda sudah dikawal ABS agar berhenti sempurna

Sistem pengereman di mobil Hyundai Tucson GLS 2005 ini juga sudah oke. Sebab, keempat roda sudah menganut rem jenis cakram. Untuk yang depan terdapat ventilasi udara dan diameternya lebih besar, sementara untuk bagain buritan mengadopsi solid disc. Menginjak pedal rem secara mendadak jadi lebih yakin, karena keempat rem ini sudah terkoneksi sistem ABS yang dapat mencegah rem mengunci.

Review Hyundai Tucson GLS 2005 :  Panel Meter

Gambar menunjukkan Spidometer Hyundai Tucson GLS 2005

Panel meter penunjuk ini cukup lengkap meski tanpa keberadaan MID

Panel meter yang berada di balik kemudi ini cukup lengkap meski tanpa keberadaan MID alias Multi Information Display. Terdapat sentuhan unik dari font di spidometer Hyundai Tucson GLS 2005 ini, yaitu angkanya yang besar dan kecil. Terdapat jarum petunjuk suhu mesin (temperature) plus indikator BBM juga. Latar spidometer ini berpendar warna hijau ketika lampu kota atau lampu utama dinyalakan. Cukup cantik.

Review Hyundai Tucson GLS 2005 : Aksesoris OEM

Gambar menunjukkan Aksesori OEM Spoiler Hyundai Tucson GLS 2005

Spoiler ini merupakan aksesoris resmi dan aslinya terpasang di Tucson tipe XG

Agak disayangkan saat tahun 2005 dimana ketika Tucson meluncur di pasar mobil Indonesia, hanya terdapat satu varian saja yakni GLS yang mana trim terendah dengan fitur seadanya. PT Hyundai Mobil Indonesia baru memasukkan tipe XG sebagai trim diatas GLS setahun sesudahnya yakni 2006. Oleh karena pemilik mobil ini kesengsem tampilan Tucson tipe XG namun sudah terlanjur membeli Tucson GLS ini, maka sang pemilik menambahkan beberapa aksesoris resmi.

Gambar menunjukkan Aksesoris OEM Cover Foglamp Chrome & Tanduk Hyundai Tucson GLS 2005

Begitu juga dengan tanduk kecil di depan ini, aslinya kepunyaan Tucson tipe XG

Beberapa aksesoris resmi alias OEM (Original Equipment Manufucturer) bawaan Tucson tipe XG pun disematkan di Hyundai Tucson tipe GLS ini. Antara lain spoiler belakang, tanduk depan, injakan kaki alias footstep, pelek multi spoke, dan talang air. Untuk yang kami sebutkan di akhir bukan hanya membuat tampilan mobil lebih keren saja, namun juga fungsional ketika terjadi hujan dan ingin sedikit membuka jendela.

Gambar menunjukkan Aksesoris OEM Talang Air Hyundai Tucson GLS 2005

Talang air bukan hanya membuat tampilan makin outstanding, fungsinya juga besar

>>> Review Toyota Highlander 2020: SUV 7-Seater ‘Showoff’ Di Panggung New York

OPERASI Hyundai Tucson 2005

Gambar menunjukkan Mesin Hyundai Tucson GLS 2005

Mesin Tucson GLS 2005 ini belum dilengkapi teknologi katup variabel, namun responnya cukup menyenangkan

Hyundai Tucson GLS 2005 ini mengandalkan mesin bensin berkode Beta 2 dengan konvigurasi 4 silinder segaris 16 katup. Meski mesin ini belum dilengkapi dengan teknologi katup variabel, namun respon mesin ini cukup menyenangkan dan seolah effortless membawa SUV dengan bobot lebih dari 1,5 ton ini berlari. Figur tenaga dan torsi seolah tidak menjadi terlalu penting (lengkapnya baca di boks spesifikasi ya!).

Gambar menunjukkan tuas transmisi Hyundai Tucson GLS 2005

Transmisi shiftronic merupakan pelopor di kelasnya

Tucson pada awal kemunculannya punya tagline 'Shift Tucson Way'. Maklum saja, ia merupakan pelopor di SUV sekelasnya yang menggunakan transmisi otomatis dengan mode tiptronik (Hyundai menyebutnya Shiftronic) alias dapat dipindah secara manual. Meski responnya tidak secepat mobil jaman sekarang, namun dirasa sudah cukup. Oh ya, tenaga yang keluar dari mesin tersalur ke transmisi ini dan diteruskan ke roda depan.

Gambar menunjukkan Mobil Hyundai Tucson GLS 2005

Pengendalian mobil ini tergolong baik pun begitu didukung dengan suspensi yang nyaman

Akselerasi yang cukup baik tersebut tidak serta merta menciderai konsumsi BBM-nya. Dahulu kami pernah tes untuk di dalam kota, dengan kecepatan  rata-rata sekitar 22 km/jam, 1 liter dapat menempuh sekitar 9 kilometer. Dan saat berjalan konstan di jalan tol dengan average speed 90 km/jam, konsumsi BBM-nya sekitar 14 kilometer untuk 1 liternya. Pengendalian mobil ini juga baik dan didukung dengan suspensi yang nyaman.

>>> Spesifikasi Hyundai Tucson CRDi 2017, Varian Diesel dari Hyundai Tucson

spesifikasi Hyundai Tucson 2005

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Tucson GLS 2005.

Mesin Hyundai Tucson GLS 2005  
 Seri mesin  Beta 2 G4GC, 4 Silinder Segaris, DOHC
 Pasokan Bahan Bakar  Multi Point Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet)
 Tenaga Maksimum  139 Hp (141 PS) @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum  184 Nm @ 4.500 rpm
 Kapasitas Silinder  1,975 cc
 Bore X Stroke  82,0 mm X 93,5 mm
 Tipe Transmisi  Otomatis 4 Percepatan dengan mode skuensial, FWD
  Rangka Hyundai Tucson GLS 2005
  Panjang X Lebar X Tinggi  4.325 mm X 1.795 mm X 1.730 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.630 mm
 Jumlah Tempat Duduk  5-Seats
 Track Roda Depan & Belakang  
 Kapasitas Tangki  55 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Tucson GLS 2005
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Multi Link
Sistem Kemudi  Hydraulic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Teknologi Sistem Pengereman  ABS
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
 Pelek  Alloy, 17 inch
Jenis Ban  Bridgestone Grantrex, 225/70 R17

kelebihan & kekurangan Hyundai Tucson 2005

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Hyundai Tucson GLS 2005 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada kelebihan dan kekurangan yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com akan memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson GLS 2005 ini.

Kelebihan Kekurangan
Respon Tenaga Baik Minim Fitur
Transmisi Shiftronic Ruang Penyimpanan Sedikit
Kekedapan Kabin Baik Tidak Terlalu Hemat BBM

daftar harga Hyundai Tucson 2005

Untuk kondisi bekas, Hyundai Tucson GLS 2005 dijual mulai dari harga Rp 60 jutaan saja.

 

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI TUCSON

Harga Hyundai Tucson GLS 2005

IDR. 59.500.000

Harga Hyundai Tucson GLS 2006

IDR. 65.000.000

Harga Hyundai Tucson GLS 2007

IDR. 68.000.000

Harga Hyundai Tucson GLS 2008

IDR. 75.000.000

*Harga per bulan Oktober 2019 di listing Cintamobil.com dan harga tidak mengikat karena tergantung kondisi aktual kendaraan.

Video Hyundai Tucson 2005

KESIMPULAN Hyundai Tucson 2005

Gambar menunjukkan Kunci Hyundai Tucson GLS 2005

Layakkah ia untuk Anda buru dan miliki?

Yes! Kami belum menemukan SUV sekelas dengan harga Rp 60 jutaan yang memiliki kenyamanan baik seperti Hyundai Tucson GLS 2005 ini. Namun, Anda harus sabar untuk mencari unitnya yang berkondisi baik.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil