Hyundai Siapkan Small Pick Up Seukuran Tucson, Dijual di Indonesia?

02/11/2018
Di pameran otomotif North American International Auto Show 2015 Hyundai pernah memperkenalkan model konsep yang sangat menyita perhatian, yaitu Santra Cruz Concept. Sayang, mobil ini tidak kunjung masuk jalur produksi hingga saat ini. Hyundai malah mempersiapkan model baru small pick up pengganti Santra Cruz itu.

 

Foto bagian depan Hyundai Santa Cruz Concept 2015

Diperkenalkan sejak 2015, Hyundai Santa Cruz Concept tak juga diproduksi

Keikutsertaan Hyundai di pameran otomotif North American International Auto Show 2015 Detroit negara bagian Michigan Amerika Serikat menyisakan cerita tersendiri. Merek asal Korea Selatan itu berhasil menyita perhatian pengunjung pameran dengan kehadiran Hyundai Santa Cruz Concept. Mobil yang diperkenalkan sebagai crossover truck ini jadi pembicaraan hangat karena desainnya yang terlihat gagah namun berdimensi lebih kecil dari umumnya pick up.

Tak pernah terwujud menjadi kendaraan produksi meski banyak yang menunggu-nunggu, Hyundai justru mengumumkan sedang mempersiapkan dua model baru seperti ditulis TopSpeed.com, (30/102018). Pertama yaitu mobil listrik SUV dan satunya lagi pick up kompak yang terinspirasi dari Hyundai Santa Cruz Concept di atas. Dilaporkan keduanya masih dalam tahap pengembangan dan penelitian, belum benar-benar dipersiapkan untuk masuk jalur produksi sebagaimana Santa Cruz Concept di atas. Lalu, mengapa tidak meluncurkan Santa Cruz saja lalu memproduksinya secara massal?

Wonhee Lee, Co-Rep Director/President at Hyundai Motor Co. menuturkan Santa Cruz Concept hingga saat ini belum mendapat lampu hijau untuk diproduksi. Sementara model "semi pickup" yang tengah dipersiapkan kali ini masih butuh waktu sekitar 32 bulan lagi sampai siap diproduksi massal.

>>> Satu-Satunya di Dunia, Desain Tanpa Atap Hyundai Santa Fe Cabriolet

Foto Hyundai Santa Cruz Concept 2015 tampak dari samping depan

Foto Hyundai Santa Cruz Concept 2015 tampak dari samping

Foto Hyundai Santa Cruz Concept 2015 tampak dari samping belakang

Desain keren Hyundai Santa Cruz Concept dilihat dari berbagai sisi

Jika itu terealisasi, kemungkinan besar mobil ini bakal menggunakan platform milik Hyundai Tucson seri terbaru dan bakal diluncurkan paling cepat pada akhir 2020 untuk pasar Korea Selatan. Sedangkan untuk pasar Amerika Serikat, Lee tidak berani memastikan. Selain persaingan segmen truck pick up yang begitu ketat di pasar AS, Hyundai juga belum memiliki kesiapan fasilitas produksi yang memadai.

Memang, saat ini Hyundai punya pabrik di Montgomery, negara bagian Alabama Amerika Serikat, namun pabrik ini hanya memproduksi Erlanta, Sonata dan Santa Fe. Sementara untuk menjadikannya tempat produksi model baru, banyak yang harus dipersiapkan dan butuh investasi yang sangat besar. Meski demikian, kalau Hyundai benar-benar serius menggarap pasar AS sebagai lahan pemasaran semi pick up terbarunya, tempat paling cocok untuk memproduksi massal adalah di pabrik tersebut. Selain bakal mengurangi banyak biaya operasional, distribusi dan penanganan berbagai masalah juga bakal lebih mudah dan dekat tanpa harus ke negara asalnya, Korea Selatan.

Platform Hyundai Tucson juga bakal memberikan banyak keuntungan dari sisi segmentasi sebab hingga saat ini belum ada satu pun model pick up yang memiliki dimensi seukuran Hyundai Tucson di pasar Amerika Serikat. Bahkan Ford Ranger (5.426mm x 1.839mm x 1.850mm) yang saat ini diklaim paling kecil dibanding model merek lain, dimensinya juga masih lebih besar dari Hyundai Tucson (4.475mm x 1.849mm x 1.645mm).

>>> Spesifikasi Hyundai Tucson CRDi 2017, Varian Diesel dari Hyundai Tucson

Foto Hyundai Tucson 2018 tampak dari arah samping

Hyundai Tucson diprediksi bakal jadi basis small pick up terbaru

Jadi, apakah model semi pick up baru ini bakal diluncurkan di Amerika Serikat dalam beberapa tahun mendatang? Belum diketahui. Harapannya, jika benar-benar diproduksi desainnya tidak jauh berbeda dengan Hyundai Santa Cruz Concept yang pernah mejeng di pameran North American International Auto Show 2015 lalu. Ditunggu wae bareng-bareng sambil berharap mobil ini sampai ke Indonesia!

>>> Napak Tilas Sejarah City Car Hyundai, Dari Atoz Hingga i10 dan New Santro

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0