Review Toyota Highlander 2020: SUV 7-Seater ‘Showoff’ Di Panggung New York

20/08/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Di acara New York Motor Show 2019, Toyota Global meluncurkan generasi keempat dari Highlander. Sontak para penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) 7-Seater, sangat mengapresiasi kehadirannya. Apalagi tipe mesin Hybrid-nya punya performa lebih mumpuni dan lebih baik soal keiritan bahan bakar. Mari kita simak informasinya dalam review Toyota Highlander 2020.

PENGANTAR Toyota Highlander 2020

Review Toyota Highlander 2020 - Cukup disayangkan, mobil Medium SUV satu ini masih belum masuk di pasar Indonesia. Pasalnya, Toyota Fortuner dan Toyota Rush, sudah hadir di lini SUV 7-Seater. Padahal jika mau melihat kebijakan Pemerintah Indonesia yang mendukung sepenuhnya mobil listrik, Toyota Highlander lebih cocok karena sudah menyediakan mesin Hybrid.

Nah, tepat di acara New York Motor Show 2019, generasi keempat Toyota Highlander hadir dengan segenap pembaruan. Bahkan, sasis bodinya kini menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA), yang sebelumnya juga diterapkan pada mobil-mobil terbaru Toyota seperti Prius, C-HR hingga All New Camry. Sensasi berkendara lebih nyaman, ruang kabin lebih lapang dan akselerasi lebih menggigit.

Toyota Highlander 2020 meluncurkan generasi keempatnya di New York

Peluncuran generasi keempat Toyota Highlander di ajang New York Motor Show 2019

Generasi keempat Highlander kini menawarkan dua pilihan jantung pacu yakni mesin bensin V6 dan generasi terbaru Hybrid. Tapi di artikel kali ini, kami lebih ingin membahas versi Hybrid-nya, menengok sosok mobil masa depan. Berikut informasi selengkapnya dalam review Toyota Highlander 2020.

EKSTERIOR Toyota Highlander 2020

Dimensi bodinya kini mempunyai dimensi lebih lapang. Bahkan jika diadu dengan Toyota RAV4, eksterior Toyota Highlander 2020 tampak lebih besar. Yap, ruang kargo dan juga hadir baris kursi ketiga, membuatnya terasa cukup besar untuk ukuran SUV keluarga.

Review Toyota Highlander 2020: Eksterior Depan

Grille baru berwarna hitam mendapat balutan trim krom, sehingga terlihat sangat menawan. Memang, jika diamati lebih detail, Grille-nya punya desain berbeda daripada mobil Toyota lainnya. Adapun lampu utama dikemas cukup apik, konfigurasi Premium Projector Headlamps disematkan untuk menjawab soal penerangan.

Eksterior Depan Toyota Highlander 2020 hadir dengan Grille istimewa, lengkap berhiaskan aksen krom

Grille-nya yang menawan terlihat sangat mewah ketika dipadukan dengan lampu utama berdesain tegas

Review Toyota Highlander 2020: Eksterior Samping

Tema Crossover dipilih untuk desain bodinya, relevan dengan tren desain otomotif masa kini. Terkesan agresif, modern dan juga sporty sebagai mobil SUV keluarga. Menariknya lagi, pelek berukuran 20 inci, terasa sangat proporsional dengan dimensi bodinya yang cukup besar. Bagi mereka yang suka mobil bernuansa maskulin dan agresif, Toyota Highlander menjadi rekomendasi sangat tepat.

Eksterior Samping Toyota Highlander 2020 terlihat sangat agresif berkat tema Crossover yang diusungnya

Untuk pertama kalinya, Toyota Highlander menggunakan pelek berukuran 20 inci

Review Toyota Highlander 2020: Eksterior Belakang

Sektor buritannya pun dikemas tajam, menggunakan lampu berdesain serupa dengan lampu depan. Minimalis tapi cukup sukses menggambarkan kesan modern. Lekuk agresif dari Crossover juga terasa sangat kental, bisa diamati dari desain atapnya yang sedikit menukik ke arah bawah. Apalagi Rear Spoiler dan Shark Fin Antenna, sudah dihadirkan untuk memperkuat tema Crossover-nya.

Eksterior Belakang Toyota Highlander 2020 punya desain menarik, menonjolkan kesan agresif dan lampu minimalis

Bodi belakangnya mendapat sentuhan menarik baik dari desain lampu, lekuk bodi hingga hadirnya panel Spoiler

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Highlander 2020

Berkat penggunaan Platform TNGA, ruang interior Toyota Highlander 2020 terasa sangat lapang. Di sisi lain pula, penataan fitur-fiturnya kini dirancang ergonomis serta punya desain yang dapat mendukung kenyamanan berkendara.

Review Toyota Highlander 2020: Dashboard

Lini dashboard terlihat elegan, berkat kombinasi tiga warna yakni Beige, coklat dan Silver. Corak seperti ini memang dapat memanjakan seluruh penumpang sekaligus menguatkan kesan bahwa kabinnya benar-benar Premium.

Dashboard Toyota Highlander 2020 kental akan nuansa elegan dan Premium, dominasi tiga warna

Inilah tampilan dashboard Toyota Highlander terbaru

Hal yang juga mendapat perhatian kami adalah layar utama berukuran super besar. Dari informasi resminya, panel Head Unit Toyota Highlander menggunakan ukuran Jumbo di angka 12,3 inci Touchscreen. Tentu bukan sekedar besar soal dimensi saja, tapi juga dapat memudahkan pengendara membaca informasi serta mengoperasikan seluruh kelebihannya.

Review Toyota Highlander 2020: Setir

Kemudi setirnya pun begitu, dilengkapi tombol-tombol praktis. Tak perlu lagi takut kehilangan konsentrasi, pengendara hanya perlu menekan tombol untuk mengatur alur musik, menjawab telepon hingga mengaktifkan fitur Cruise Control.

Satu-satunya nuansa futuristik yang kami dapatkan, justru terletak pada panel Multi Information Display (MID). Didominasi warna biru dan putih, memberi kesan masa depan bagi sang pengendara. Apalagi konfigurasinya sudah Digital sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

Review Toyota Highlander 2020: Kursi

Ketika peluncurannya, Toyota Highlander terbagi menjadi 4 pilihan meliputi tipe L, LE, XLE dan Limited. Nah, untuk tipe L serta LE, daya tampung kursinya mampu mencapai 8 orang. Beda ceritanya jika menilik varian Toyota Highlander XLE dan Limited, hanya mampu menampung 7 orang saja.

Kursi Toyota Highlander 2020 sudah dilengkapi dengan bahan kulit sehingga terasa nyaman untuk seluruh penumpang

Semua kursinya sudah dibekali Headrest dan bahan kulit dengan jahitan berkualitas

Mengapa begitu? Pasalnya, bangku deret kedua dirancang dengan model Captain Seat yang dilengkapi Arm Rest. Maka tak heran, bangku deret kedua hanya mampu menampung dua orang saja. Tapi jangan salah, soal kenyamanan penumpang, dua tipe teratasnya sangatlah menjadi rekomendasi.

>>> Info menarik lainnya:

FITUR Toyota Highlander 2020

Tentu soal fitur Toyota Highlander 2020, mobil satu ini tampil sangat canggih. Sebut saja versi Hybrid-nya yang sudah menerapkan konfigurasi All-Wheel Drive (AWD), dirancang untuk dapat melaju di segala medan berat. Dalam hal ini, 50 persen torsi dari mesinnya akan dialirkan ke roda belakang sehingga dapat menghambat terjadinya potensi selip.

Canggihnya lagi, tersedia teknologi AWD Integrated Management (AIM) yang mampu mengontrol kemudi setir, kontrol dari Throttle, pergantian gigi hingga torsi berkendara. Alhasil, sistem AWD-nya mampu bergerak selaras dengan tiap komponen sehingga memaksimalkan performa Handling.

Fitur Toyota Highlander 2020 lebih ditonjolkan pada bannya yang berukuran besar serta teknologi inovatif pada mode penggerak 4WD-nya

Lengkap sudah, ban berukuran 20 inci serta mode penggerak AWD, diklaim mampu melahap berbagai medan berat

Mode berkendara juga ditawarkan, dinamai Multi-Terrain Select. Pengendara dapat mengubah mode berkendara sesuai medan yang dilalui. Semisal, mode MUD & SAND, dialokasikan untuk berkendara di area berpasir seperti pantai. Adapun mode berkendara ROCK & DIRT, diaktifkan ketika melaju di area berbatu layaknya pegunungan.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV yang tak kalah menarik lainnya

OPERASI Toyota Highlander 2020

Seperti apa yang sudah disampaikan di awal, operasi mesin Toyota Highlander 2020 ditawarkan dalam dua pilihan yakni 3.5 Liter V6 dan Hybrid. Secara khusus, di artikel kali ini, Cintamobil.com cenderung ingin membahas versi Hybrid-nya.

Jika diingat-ingat lagi, Toyota memperkenalkan teknologi Hybrid untuk SUV, pertama kalinya diterapkan pada Highlander di tahun 2006 silam. Tentu dari pengalaman tersebut dan melalui riset panjang selama 13 tahun, kini sistem Hybrid pada Toyota Highlander 2020 semakin ditingkatkan.

Kapasitas mesin utamanya kini menggunakan spesifikasi 2.5 Liter DOHC. Sebagai mobil Hybrid, mesin utamanya ini akan didukung langsung oleh sebuah motor listrik. Performanya pun tak main-main, mampu mencapai daya maksimum 240 HP dengan estimasi konsumsi bahan bakar 34 MPG.

Ingin lebih hemat bahan bakar? Tekan saja, mode berkendara ECO, mengedepankan efisiensi bahan bakar baik pada mesin utama maupun motor listriknya. Di sisi lain juga tersedia mode berkendara EV yang mana lajunya menggunakan motor listrik 100 persen. Tapi hal ini bisa diaktifkan pada kecepatan rendah saja dan juga tidak bisa diajak berjalan jauh.

Tapi kami pun mempertanyakan performa dari konfigurasi Hybrid itu sendiri. Mungkin sangat nyaman untuk dikendarai di area perkotaan, tapi bagaimana jika diajak ke area pegunungan? Mengingat fitur dan mode penggerak AWD yang dimilikinya sangat menunjang untuk diajak ke medan berat, tentu kami jadi bertanya-tanya ketangguhan dari mesin Hybrid-nya. Untuk klarifikasi resminya, kita tunggu saja di tahun mendatang.

Mesin Toyota Highlander 2020 juga menyediakan konfigurasi Hybrid, mengandalkan mesin utama dan motor listrik

Mampukah mesin Hybrid-nya digunakan untuk medan Off-Road?

>>> Ingin tahu mobil-mobil Toyota terbaru? Simak ulasan lengkapnya di sini

KESIMPULAN Toyota Highlander 2020

Toyota Highlander 2020 adalah mobil SUV tangguh yang mencampurkan banyak elemen layaknya tema Crossover, fitur-fitur canggih untuk Off-Road, ruang kabin Premium dan punya opsi mesin Hybrid. Bisa dikatakan, mobil ini adalah paket lengkap, semua ada dan tersedia. Rencananya, Toyota Highlander 2020 3.5 Liter V6 akan dirilis lebih dulu di akhir tahun 2019. Sedangkan untuk tipe Hybrid-nya akan dilepas ke garasi konsumen pada bulan Februari di tahun mendatang. Diprediksi, harga Toyota Highlander 2020 akan dibanderol mulai $34.000 hingga $46.000. Setara Rp. 481 jutaan untuk varian terendah serta Rp. 652 jutaan pada tipe tertingginya.

Mengintip cuplikan resmi dari Toyota Highlander 2020

>>> Simak selalu review mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil