Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Share this post:

Honda Jazz 2020

Editor rate:

Lihat promo

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan
Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan
0 Gambar

Pengantar Honda Jazz 2020

Mari kita simak spesifikasi Honda Jazz 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Hatchback Honda dengan mesin e:HEV dan teknologi canggih Honda Sensing sebagai standar

Tersedia lima opsi trim yang memberikan kesan menarik pada Honda Jazz

Kepraktisan di dalam kabin tetap dipertahankan melalui jok "Magic Seat"

Kekurangan

Belum bisa dipastikan apakah teknologi Honda Sensing dan e:HEV bisa disematkan untuk Honda Jazz jika dijual di Indonesia

Foto Honda Jazz generasi pertama berwarna silver

Penampilan Honda Jazz generasi pertama

Review Honda Jazz 2020 - Sejak awal debut Honda Jazz ke dunia di tahun 2001, Honda sudah menciptakan Honda Jazz sebagai salah satu hatchback yang ramah lingkungan. Pada generasi awal Honda Jazz berkode GD, Honda sudah menggunakan teknologi i-DSI (Intelligent Dual and Sequential Ignition) yang membuat konsumsi BBM jauh lebih hemat, sebelum disempurnakan teknologi i-VTEC (Intelligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Gambar menunjukkan sebuah mobil Honda Jazz Hybrid

Penampilan Honda Jazz generasi kedua dan ketiga yang sudah menggunakan teknologi Hybrid

Saat generasi kedua Honda Jazz debut di tahun 2007, Honda secara global merilis Honda Jazz Hybrid dengan mesin 1.300 cc 4-silinder i-VTEC dengan IMA (Integrated Motor Assist) di tahun 2010. Di kala generasi ketiga Honda Jazz hadir di tahun 2013, teknologi mesin ramah lingkungan disempurnakan lewat mesin Earth Dreams 1.500 cc Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan internal high-output motor dan IPU (Intelligent Power Unit).

Sayangnya baik generasi kedua dan ketiga Honda Jazz hybrid tidak dipasarkan di pasar otomotif Indonesia. Saat itu hanya generasi kedua dan ketiga Honda Jazz fokus pada penyempurnaan teknologi i-VTEC. Bagaimana dengan generasi keempat Honda Jazz, yang baru saja debut di Tokyo Motor Show 2019 pada Rabu (23/10) lalu?

Foto suasana peluncuran Honda Jazz 2020 di TMS 2019

Peluncuran Honda Jazz 2020 di Tokyo Motor Show 2019

Mengusung teknologi e:HEV dan Honda Sensing, Honda Jazz generasi keempat dirancang oleh Honda dengan spesifikasi yang akan serupa untuk pasar global. Dan untuk mengenal sosok generasi terbaru Honda Jazz, termasuk memahami teknologi-teknologi yang disematkan pada hatchback legendaris ini, berikut Cintamobil.com sampaikan secara komperhensif dalam review Honda Jazz 2020.

Eksterior Honda Jazz 2020

Review Honda Jazz 2020: Eksterior Depan

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi eksterior depan

Eksterior depan Honda Jazz 2020

Tema desain Honda Jazz 2020 bisa dikatakan banyak terinspirasi oleh mobil konsep Honda e, terutama dalam mengembangkan siluet eksterior bertema monospace khas Honda Jazz yang memiliki lekuk lebih dinamis dan minimalis.

Karakter minimalis ini tercermin dari sektor depan, dimana grille solid wing face kini absen dan berganti panel upper grille sewarna bodi. Mengapit area upper grille, terdapat detil headlight dengan LED Projector dan LED DRL berbentuk “U”. Adapun logo Honda diberikan bubuhan aksen warna biru di belakang huruf “H”, sebagai penanda bahwa mobil ini menggunakan mesin hybrid.

Review Honda Jazz 2020: Eksterior Samping

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi eksterior samping

Eksterior samping Honda Jazz 2020

Honda Jazz 2020 mengusung detil shoulder line yang lebih tajam dan lebih vertikal, sehingga mempertegas area fender roda depan dan belakang. Konsep Honda Jazz dengan kaca samping berukuran besar tetap hadir, meskipun kini desain pilar A dibuat lebih ramping dan kaca pada pilar A dibuat lebih besar

Guratan desain eksterior samping Honda Jazz 2020 terasa di pilar C-D, dimana kaca samping dibuat menukik ke bawah dan bertemu titik desain taillight. Hal ini seakan menggambarkan kesan garis desain yang berkelanjutan. Dan untuk memberikan kesan menarik pada mobil hatchback ini, Honda mengadopsi velg berdesain two-tone 16 inci.

Review Honda Jazz 2020: Eksterior Belakang

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi eksterior belakang\

Eksterior belakang Honda Jazz 2020

Desain eksterior belakang mobil ini melanjutkan pendekatan guratan garis bodi seperti yang terjadi di fascia depan. Hal ini tercermin dari tata letak taillight LED yang lebih horizontal dan pipih, serta berpadu dengan detil spoiler yang melingkari sisi kaca belakang. Adapun salah satu keunikan yang menarik di sisi belakang mobil ini adalah adanya shark fin antenna di sisi atap mobil.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Honda Jazz 2020

Review Honda Jazz 2020: Dashboard & Setir

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi Dashboard dan Setir\

Area Dashboard dan Setir Honda Jazz 2020

Efek dari desain eksterior yang mengharuskan visibilitas lebih baik kepada pengemudi, berimbas pada ubahan desain di sisi dashboard. Kini lekuk dashboard dibuat lebih horizontal dengan tata letak yang dibuat rendah, dan mengusung konsep two-tone agar terlihat menarik.

Pengalaman berkendara unik akan disajikan oleh setir yang menggunakan konsep ‘palang dua’. Pada masing-masing palang setir disematkan tombol pengatur MID, audio, hingga Cruise Control. Sedangkan instrument cluster menggunakan layar digital dengan interface lengkap untuk memudahkan pengemudi mendapatkan informasi mobil.

Sisi positif di area dashboard Honda Jazz 2020 adalah penempatan tuas transmisi dan tombol electric parking brake yang tinggi. Hal ini memungkinkan gerak tangan pengemudi saat berkendara tidak bergerak jauh. Dan terkait ruang penyimpanan, tersedia tempat penyimpanan terbuka di central console, cup holder di sisi dashboard, serta glovebox ganda di area dashboard yang menghadap penumpang depan.

Review Honda Jazz 2020: Jok

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi Jok

Area jok depan dan belakang Honda Jazz 2020

Honda melakukan peningkatan dari sisi jok yang kini menggunakan teknologi Body Stabilizing yang selama ini digunakan mobil sedan keluaran Honda. Sekalipun pengaturan masih bersifat manual, tapi untuk kualitas ketebalan jok sudah ditingkatkan agar pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

Bagaimana dengan jok belakang? Konfigurasi jok belakang “Magic Seat” yang terkenal cerdas kembali hadir pada mobil baru ini. Selain jok belakang memiliki konfigurasi 60:40 dengan pelipatan rata lantai, saat dibutuhkan pun dudukan jok belakang bisa dilipat sehingga memberikan ruang bagasi tambahan.

>>> Baca juga:

Fitur Honda Jazz 2020

Review Honda Jazz 2020: Fitur Berkendara & Keselamatan

Honda mengedepankan ekosistem Honda Sensing sebagai salah satu teknologi yang dirancang untuk memastikan keselamatan berkendara terjamin saat mengemudikan Honda Jazz 2020.

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi fitur honda sensing

Honda Jazz 2020 sudah dibekali fitur Honda Sensing

Menggunakan front wide view camera serta eight sonar sensors, sistem Honda Sensing pada Honda Jazz 2020 memiliki fitur cerdas seperti Collision Mitigation Brake System (CMBS) untuk mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda saat berkendara, serta mampu melakukan pengereman otomatis saat mobil melintas keluar jalur secara berbahaya. 

Dukungan sistem kamera cerdas yang ditempatkan di depan Honda Jazz 2020, bertugas untuk mengoptimalisasi kinerja Adaptive Cruise Control (ACC) saat mengikuti lalu lintas dengan kecepatan rendah saat macet. Tersedia pula fitur Lane Keeping Assist yang mampu menjaga mobil tetap pada jalurnya.

Honda Jazz 2020 juga dibekali on-board communication Honda CONNECT, yang memiliki tiga menu utama. Menu tersebut ialah Remote Control dengan koneksi via smartphone, Emergency Support Service, serta Security Rush Hour Service.

Review Honda Jazz 2020: Fitur Hiburan

Foto Honda Jazz 2020 dari sisi fitur Audio

Sistem audio Honda Jazz 2020 untuk pasar Eropa

Jika mengacu pada saat peluncuran Honda Jazz 2020 di Tokyo Motor Show 2019, untuk pasar Jepang fitur audio adalah opsional yang harus dipesan terpisah. Begitu juga untuk versi yang dipasarkan di Eropa, sistem audio standar yang digunakan adalah head unit layar sentuh dengan interface digital. Sistem audio ini pun dibekali teknologi seperti Wi-Fi Hotspot, Android Auto, dan Apple CarPlay.

>>> Mesin Hybrid Dipastikan untuk India, Honda Jazz Indonesia Menyusul Tahun Depan?

Operasi Honda Jazz 2020

Agak disayangkan, Honda belum berani membuka informasi penuh seputar kapasitas dan info teknis terkait mesin Honda Jazz 2020. Namun Honda memastikan bahwa teknologi e:HEV akan menjadi standar pada mesin di keluarga Honda Jazz.

Teknologi ini memungkinkan dua motor elektrik yang bekerja secara simultan saat mobil melakukan akselerasi. Para engineer Honda juga merancang agar mesin e:HEV bisa performa berkendara baik, mengedepankan kenyamanan berkendara, serta tetap ramah lingkungan karena emisi gas buang rendah.

>>> Lihat Lagi Harga Honda Jazz RS Bekas 2010, Mobil Kota nan Dinamis

Spesifikasi Honda Jazz 2020

Berikutnya adalah spesifikasi Honda Jazz 2020 yang Cintamobil.com sudah dapat.

Mesin Honda Jazz 2020

Seri mesin

Honda e:HEV Dual Motor

Tenaga Maksimum

N/A

Torsi Maksimum

N/A

Kapasitas Silinder

N/A

Bodi Honda Jazz 2020

Dimensi

N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Jazz 2020

Pelek

16 inci Alloy Two-Tone

Daftar Harga Honda Jazz 2020

Foto pilihan trim Honda Jazz 2020 di TMS 2019

Honda Jazz 2020 diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 dengan lima tipe trim menarik

Sampai informasi ini kami sampaikan, Honda belum merilis informasi harga resmi dari Honda Jazz 2020. Informasi valid terkait mobil Honda Jazz 2020 ialah ketersediaan Honda Jazz dengan lima trim khusus, mulai dari Basic, Home, Ness, Crosstar, dan Luxe. Untuk trim Crosstar ialah edisi Honda Jazz dengan bentuk eksterior tangguh bak crossover, sedangkan Luxe menjadi trim termahal yang tersedia di Honda Jazz 2020 nantinya.

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo mobil Honda Jazz lainnya

Kesimpulan Honda Jazz 2020

Secara garis besar, hadirnya e:HEV dan Honda Sensing jelas memberikan daya tarik tersendiri pada Honda Jazz sehingga menjadi lebih cinta lingkungan dengan menekan emisi gas buang, tapi juga tetap aman dikemudikan berkat bantuan Honda Sensing. Terlebih kepraktisan yang selama ini menjadi ciri khas Honda Jazz, seperti “Magic Seat”, tetap dipertahankan brand mobil asal Jepang ini.

Kendati demikian, bisa dikatakan dua fitur penting ini kemungkinan sulit untuk dimasukkan ke dalam Honda Jazz terbaru. Selama ini Honda Jazz dijual di Indonesia cenderung bertahan menggunakan mesin konvensional (i-VTEC), dan fitur Honda Sensing baru saja disematkan pada sedan flagship Honda Accord yang meluncur pada ajang GIIAS 2019. Andaikata teknologi e:HEV dan Honda Sensing disematkan ke dalam Honda Jazz generasi terbaru, bisa kami pastikan Honda Jazz bisa menjadi benchmark penting dalam persaingan hatchback di Tanah Air. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Review lain

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Mazda3 TCR 2020: Bukan Main, Ini Jadinya Jika Hatchback Mazda Ikut Kejuaraan IMSA

18/10/2019

Editor rate:

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Mazda Motorsports memperkenalkan model terbarunya yakni Mazda3 TCR 2020. ‘Senjata; pamungkas satu ini rencananya akan menyentuh podium IMSA Michelin Pilot Challenge pada awal Januari tahun mendatang, Apa rahasia dan kelebihan dari mobil satu ini? Mari kita cari tahu dalam review Mazda3 TCR 2020.

Lihat juga

Review Suzuki S-Presso 2019: Mini SUV Suzuki Untuk Anak Muda

04/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Renault Kwid mendapatkan lawan yang sepadan, inilah Suzuki S-Presso mobil yang didaulat sebagai SUV mini dari Suzuki yang siap melawan digdaya Renault Kwid di kelasnya.

Lihat juga

Review Nissan Note E-Power 2019: Senjata Pamungkas Nissan Untuk Era Mobil Hybrid & Elektrik Di Indonesia

20/09/2019

Editor rate:

Dengan teknologi hybrid yang canggih, membuat Nissan Note e-Power diramalkan akan menjadi baru di segment mobil hybrid kompak di Indonesia. Simak alasannya lewat review berikut ini

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga