Ini Kelemahan Honda Jazz Bekas yang Banyak Ditemui Pemiliknya

14/09/2019
Beberapa kelebihan membuat Honda Jazz populasinya cukup masif di Indonesia. Meski demikian tetap ada beberapa kelemahan Honda Jazz yang dialami sejumlah pemiliknya. Terutama yang usia pakai sudah cukup lama.

Honda Jazz merupakan mobil kompak yang sangat banyak peminatnya. Bahkan Jazz hampir selalu jadi mobil terlaris dari PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai prinsipal mobil Honda di Indonesia.

>>> Inilah 12 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Jazz 2016

Dimensinya yang kompak, desain sporti kesukaan anak muda, mesin bertenaga dan hemat bahan bakar, jadi alasan mengapa mobil ini banyak dicari. Bahkan harga mobil bekasnya pun masih cukup tinggi.

Namun selain kelebihan tadi, ada beberapa kelemahan Honda Jazz yang sering ditemui para pemakai hatchback berlogo "H" itu.

1. Suspensi

Honda Jazz kuning

Sering kali suspensi amblas ketika mobil diisi 4 orang

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Honda Jazz memiliki sistem kaki-kaki yang cukup unik karakternya. Suspensi yang cukup keras di depan dan lembut pada bagian belakang. Akibatnya ketika berkendara seorang diri suspensi mobil terasa keras, namun jika Anda berpergian bersama 4 orang dewasa, mobil menjadi amblas. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengganti dengan per yang memiliki jarak ulir lebih rapat.

2. Mesin

mesin Honda Jazz

Mesin bergetar saat usia pakai sudah cukup lama

Kelemahan Honda Jazz berikutnya yang sering dialami sebagian pemilik mobil ini adalah mesin bergetar. Cirinya adalah jarum rpm tidak stabil atau naik turun. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan membersihkan throttle body sampai benar-benar bersih. Atau bisa juga dengan setting ulang ECU.

>>> Pilihan mobil bekas Honda Jazz ada disini

3. Valve Body

blok mesin Honda Jazz

Bagian valve body di mesin mudah sekali kotor

Bagian yang satu ini pada Honda Jazz juga mudah sekali kotor. Terlebih lagi jika pemilik sering menempuh perjalan jauh dengan mpbilnya. Akibatnya performa mobil tersendat dan pada akhirnya konsumsi bahan bakar terasa boros. Untuk mengatasi hal ini, bersihkan valve body secara berkala di bengkel langganan Anda.

4. Transmisi

transmisi otomatis Honda Jazz

Selalu gunakan oli transmisi khusus mobil Honda

Kelemahan Honda Jazz pada bagian transmisi khususnya dialami para pengguna Jazz transmisi otomatis. Gejalanya adalah tuas transmisi sulit digeser ke posisi tertentu, atau mobil terasa ndut-ndutan saat berganti gigi. Solusinya adalah selalu lakukan pergantian oli transmisi CVT standar Honda secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan.

>>> Tips menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain