Review Honda City Tipe Z 2000: Jadul, Namun Responsif dan Eksklusif

03/03/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Memasuki milenium baru, Honda membawa perubahan melalui Honda City Tipe Z 2000, sedan eksklusif yang menegaskan kemampuan Honda sebagai kendaraan yang mudah dikendarai serta mesin yang responsif di jalanan.

PENGANTAR Honda City 2000

Review Honda City Tipe Z 2000Honda City Tipe Z pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 yang merupakan versi facelift dari Honda City generasi pertama yang masuk ke Indonesia (1996). Meskipun memiliki masa produksi yang relatif singkat, namun tak ada yang bisa menolak bahwa Tipe Z adalah salah satu sedan Honda yang memberikan pengendaraan yang mulus dan responsif di jalanan.

Honda City generasi ketiga berwarna perak

Honda City generasi ketiga yang dibawa untuk pasar Asia Tenggara

Tipe Z merupakan bagian dari Honda City yang mendapatkan debutnya pada November 1981. Pertama kali diperkenalkan sebagai hatchback 3 pintu, Honda City populer di pasar Jepang karena pengaturan kursi dan ergonomis yang baik sehingga menciptakan ruang kabin yang lapang. Honda membawa Honda City ke Indonesia melalui generasi ketiga, diperkenalkan pada tahun 1996 dan dibuat hanya untuk pasar Asia Tenggara.

Pada awal peluncurannya, Honda City Tipe Z 2000 dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan pesaing lain di segmen sedan sub kompak. Tersedia dalam dua varian, Type Z saat itu berhadapan dengan pesaing dari Asia lainnya, seperti Toyota Soluna, Suzuki Baleno, Hyundai Accent dan Kia Sephia pada awal milenium baru.

Honda City Tipe Z 2000 berwarna putih

Desain sporty Honda City Tipe Z 2000

Dalam perkenalannya, Type Z mampu menjadi salah satu sedan yang diminati di zamannya. Karena itu, mari kita lihat lagi review Honda City Tipe Z 2000 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Honda City 2000

Jika dilihat dari desain tahun 2000, Honda City merupakan salah satu sedan dengan tampilan yang menarik. Disebut mendapatkan tampilan yang mirip dengan Toyota Soluna, eksterior Honda City Tipe Z 2000 terlihat lebih sporty dan cocok untuk digunakan anak muda.

Review Honda City Tipe Z 2000: Eksterior Depan

tampilan depan Honda City Tipe Z 2000 berwarna putih

Tampilan depan Honda City Tipe Z 2000

Perubahan terlihat pada tampilan depan yang lebih sporty dan elegan dibandingkan edisi sebelumnya. Peningkatan terlihat pada desain lampu depan yang mendapatkan model crystal serta lampu kabut berbentuk bulat pada bagian bawah. Melengkapi eksterior depan Honda City Type Z 2000 adalah gril garis untuk menambah kesan sporty, sedikit lebih modern yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya.

Review Honda City Tipe Z 2000: Eksterior Samping

tampilan samping Honda City Tipe Z 2000 berwarna putih

Tampilan samping Honda City Tipe Z 2000

Dimensi mobil terlihat ideal untuk sedan dengan panjang 4.2 meter yang tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek. Eksterior samping Honda City Tipe Z 2000 mendapatkan pelek berukuran 14 inci dengan balutan ban berukuran 175/65 R14 untuk tipe Persona dan 185/60 R14 untuk tipe VTEC. Sedangkan pada bagian roda belakang, Anda sudah bisa mendapatkan piringan rem cakram khusus tipe VTEC.

Review Honda City Tipe Z 2000: Eksterior Belakang

tampilan belakang Honda City Tipe Z 2000 berwarna putih

Tampilan belakang Honda City Tipe Z 2000

Tak bisa dipungkiri, kesan jadul masih terlihat pada bagian belakang mobil ini. Mendapatkan lampu belakang yangs sedikit lebih lebar dibandingkan versi sebelumnya membuat pintu bagasi menjadi lebih miring. Tetapi selain itu, tidak ada lagi yang berubah dari eksterior belakang Honda City Tipe Z 2000.

INTERIOR Honda City 2000

Jangan terkejut jika masih melihat sistem jadul ketika masuk ke dalam mobil ini. Untuk mobil yang diproduksi belasan tahun lalu, bagian dalam Tipe Z memang tidak begitu banyak menawarkan sistem infotainment. Meskipun begitu, interior Honda City Tipe Z 2000 masih memberikan kenyamanan berkendara, khususnya dengan ruang yang lapang bagi Anda dan penumpang di dalam mobil.

Review Honda City Tipe Z 2000: Dasbor

dasbor Honda City Tipe Z 2000 berwarna beige

Dasbor Honda City Tipe Z 2000

Model kabin, khususnya pada bagian dasbor masih terlihat seperti model mobil tahun 90-an. Dengan desain yang terlihat simpel, penataan tombol-tombol dan ergonomis bagian dalam tertata rapi. Pada dasbor Honda City Tipe Z 2000 terdapat head unit single din yang terletak di bawah knop pengaturan AC, sedikit merepotkan pengemudi untuk menggapai pengaturan kendaraan. Sedangkan instrument speedometer sudah menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, indikator bahan bakar dna temperatur mesin.

Review Honda City Tipe Z 2000: Kemudi

kemudi Honda City Tipe Z 2000 berwarna hitam

Kemudi empat palang Honda City Tipe Z 2000

Sama seperti mobil-mobil Honda pada tahun 2000-an yang masih jadul, bagian setir mengadopsi kemudi palang empat tanpa ada banyak komponen menghiasi. Kemudi Honda City Tipe Z 2000 masih polos tanpa tombol fitur, meskipun sudah memberikan penanganan yang responsif dengan kendaraan yang mudah untuk dikendalikan.

Review Honda City Tipe Z 2000: Kursi

kursi Honda City Tipe Z 2000 berwarna putih

Kursi Honda City Tipe Z 2000

Kapasitas kabin dan bagian belakang merupakan bisa dibilang cukup luas untuk penumpang leluasa bergerak dengan bagian kepala yang cukup lapang. Namun sayangnya, kualitas kursi Honda City Tipe Z 2000 seringkali dipermasalahkan. Banyak yang menyebutkan jika kualitas jok yang diberikan tidak terlalu bagus untuk sekelas mobil sedan. Jadi sebaiknya Anda perlu melapisi dengan jok kulit untuk kenyamanan penumpang. Tetapi sudah tersedia armrest yang terletak pada bagian pintu.

FITUR Honda City 2000

Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan mobil modern dalam hal fitur-fitur dan teknologi baru yang diberikan. Namun jangan salah, ada banyak fitur Honda City Tipe Z 2000 yang masih relevan untuk kenyamanan berkendara, meskipun tidak begitu tinggi. Mobil ini masih menggunakan AC analog serta head unit single din. Sedangkan tampilan tachometer masih analog, terlihat biasa dengan beberapa sinyal peringatan yang akan menyala ketika ada masalah pada mesin, baterai, maupun aki.

fitur pada Honda City Tipe Z 2000 berwarna hitam

Tampilan fitur Honda City Tipe Z 2000

Review Honda City Tipe Z 2000: Fitur Keselamatan Aktif

Secara keseluruhan, tidak ada yang salah dengan suspensi dan kaki-kaki Tipe Z. Meskipun dibuat kaku sehingga membuat kenyamanan menjadi berkurang, tetapi membantu untuk menghadapi tikungan.  Sedangkan untuk fitur keselamatan aktif Honda City Tipe Z 2000 sendiri masih belum mendapatkan fitur ABS dan airbag. Tentu saja, untuk mobil Jepang tahun 2000, belum ada fitur keselamatan yang bisa dipamerkan dari mobil ini.

OPERASI Honda City 2000

Seperti kebanyakan mobil Honda lainnya, Honda City mendapatkan sistem mesin yang cukup responsif dari mesin 1.5 liter dengan 4 silinder segaris 16 katup berteknologi SOHC. Mengandalkan efisiensi berkendara yang terbilang hemat bahan bakar, sistem operasi Honda City Tipe Z 2000 sendiri mampu mengeluarkan hingga 115 daya kuda pada putaran mesin 6.800 untuk versi VTEC sedangkan torsi maksimal tercatat 139 Nm pada putaran 4.600 rpm.

mesin Honda City Tipe Z 2000 berwarna hitam

Mesin Honda City Tipe Z 2000

Varian VTEC disebut lebih populer untuk kalangan muda karena tenaga yang lebih besar namun konsumsi BBM yang masih irit. Jika dibandingkan dengan sedan pada masanya, mobil ini dibilang asik untuk dikendarai bersama dengan kemampuan manuver yang baik. Suspensi berkarakter keras membuat Tipe Z lebih stabil ketika menikung atau dipacu dalam kecepatan tinggi. Meskipun terlihat karakter suspense mempengaruhi kenyamanan berkendara dengan bantingan yang lumayan keras ketika melewati jalan berlubang.

>>> Ingin Memiliki Mobil Sedan? Ada 3 Pilihan Small Sedan Bekas Terbaik

spesifikasi Honda City 2000

Meskipun sudah banyak yang mengobrak-abrik komponen dalam Tipe Z, mari kita lihat lagi bagaimana spesifikasi Honda City Tipe Z 2000 yang pernah dibawa Honda untuk pasar Tanah Air belasan tahun lalu.

Dimensi Honda City Tipe Z 2000

Panjang x Lebar x Tinggi

4.270 mm x 1.690 mm x 1.385 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Berat Kosong

980 kg

Mesin Honda City Tipe Z 2000

Tipe Mesin

1.5 liter 4 silinder segaris 16 katup SOHC

Isi Silinder

1.493 cc

Tenaga Maksimum

115 dk @ 6.800 rpm

Torsi Maksimum

139 Nm @ 4.600 rpm

Kecepatan Tertinggi

179 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar

10-13 km/l (dalam kota), 15-18 km/l (luar kota)

Transmisi

4 Percepatan Otomatis atau 5 Percepatan Manual

Kaki-Kaki Honda City Tipe Z 2000

Suspensi

McPherson Strut dengan stabilizer

Rem

Cakram

Ukuran Ban

205/65 R15

kelebihan & kekurangan Honda City 2000

Semua produk Honda memiliki kelebihan yang sama, yaitu sistem bahan bakar yang sudah baik untuk efisiensi bahan bakar selama berkendara. Tetapi selain itu, mari kita lihat kembali kelebihan dan kekurangan Honda City Tipe Z 2000 berikut ini,

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar yang menarik serta bagian dalam yang luas

Kualitas interior kurang baik dan material jok tidak terlalu bagus

Menawarkan kesenangan berkendara yang baik dengan mesin yang responsif

Bantingan yang keras serta kaki-kaki sering bermasalah

Meskipun mobil lama, namun spareparts masih mudah ditemukan

 

>>> Jangan lupa klik sini untuk baca kelebihan dan kekurangan mobil Honda lainnya

daftar harga Honda City 2000

Tentu saja, untuk mobil yang diproduksi hampir 20 tahun lalu, harga Honda City Tipe Z 2000 di pasar mobil bekas Tanah Air cukup variatif. Kebanyakan berada pada kisaran di bawah Rp 100 jutaan. Anda bisa mendapatkan sedan ini dengan harga mulai dari Rp 60 jutaan, tetapi harganya juga bervariasi tergantung kondisi serta kelengkapan kendaraan.

>>> Mari update harga dan promo mobil Honda City dari dealer-dealer di seluruh Indonesia di sini

Video Honda City 2000

Honda menampilkan pengendaraan yang responsif bersama kelincahan ketika berada di jalanan dengan video Honda City Tipe Z 2000 berikut ini.

KESIMPULAN Honda City 2000

Harganya yang dahulu mahal akhirnya menjadi murah. Namun tidak mengurangi kenikmatan berkendara dalam salah satu lini sedan terpopuler Honda ini. Honda City Tipe Z 2000 memiliki pengendaraan yang menyenangkan serta enak dibawa melaju di jalanan. Desainnya yang sporty serta mesin yang kencang dan bandel juga menjadi kekuatan mobil ini.

mobil jadul Honda City Tipe Z 2011 berwarna putih

Salah satu mobil yang enak dibawa melaju di perkotaan, Honda City Tipe Z 2000

Salah satu kelemahan mobil ini adalah kaki-kaki yang lemah serta suspensi yang kurang bertenaga pada putaran bawah. Selain itu bantingan keras juga menjadi penghalang bagi konsumen memilih mobil ini. Namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit serta perawatan yang tidak terlalu mahal, seperti sparepart yang mudah didapat, Honda City Tipe Z 2000 adalah salah satu sedan terbaik dengan harga murah yang bisa Anda dapatkan.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil