5 Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback RS

31/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
PT Honda Prospect Motor meluncurkan All New Honda City Sedan pada Kamis (28/10). Berikut 5 perbedaan mobil ini dengan saudaranya, Honda City Hatchback RS.

Setelah penghitungan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru berdasarkan emisi diberlakukan, PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung menggunakan momentum tersebut untuk memperkenalkan dua sedan terbaru mereka, yaitu All New Honda City Sedan dan Civic RS.

Sebelumnya, HPM telah meluncurkan versi hatchback dari City pada awal 2021 sebagai pengganti Honda Jazz yang tak lagi dipasarkan di Indonesia. Lantas, apa saja perbedaan City Sedan dan Hathback RS? Berikut penjabarannya.

Gambar All New City Sedan

HPM memperkenalkan All New Honda City Sedan melalui peluncuran virtual yang diadakan pada Kamis (28/10)

1. Tipe Bodi

Perbedaan paling kentara antara kedua mobil tentu saja tipe bodu yang diusung. Sesuai namanya masing-masing, All New Honda City Sedan berbentuk sedan dan City Hatchback RS tentunya berbentu hatchback.

Perbedaan itu bisa Anda lihat pada buritan mobil di mana City Hatchback tidak memiliki 'buntut' yang menjadi ruang kargo. Sedan memiliki ruang kargo yang terpisah dari kabin dan hatchback sebaliknya.

Gambar City Sedan

Selayaknya sebuah sedan, ada 'buntut' di bagian belakang yang menjadi bagasi mobil

>>> Ini Alasan Honda Masih Ogah Kenalkan Mobil Elektrifikasi di Indonesia

2. Harga

All New City Sedan dibanderol dengan harga Rp 355.000.000 (on the road Jakarta). Cukup tinggi mengingat harga sedan seharusnya bisa lebih rendah setelah pemberlakuan pajak berdasarkan emisi. Sebagai perbandingan, pesaing utamanya di segmen Small Sedan, Toyota Vios dijual dengan harga Rp 280 jutaan.

Untuk City Hatchback RS sendiri, HPM mematok harga Rp 302.000.000 (on the road Jakarta) untuk pilihan transmisi CVT. Artinya, lebih murah Rp 53 juta dibanding saudaranya.

Perlu diingat bahwa City Hatchback RS dirakit oleh HPM di Indonesia. Sehingga, mobil tersebut mendapatkan keringanan PPnBM. Sedangkan City Sedan masih diimpor dari Thailand. HPM sendiri belum berencana untuk merakit sedan ini secara lokal di Tanah Air sehingga harga tersebut nampaknya akan bertahan untuk waktu yang lama.

3. Fitur Interior

City Hatchback menggunakan kombinasi kulit pada bagian interior yang membuat mobil ini tampil lebih berkelas. Di sisi lain, City Sedan yang seharusnya tampil lebih elegan justru masih mengandalkan fabric pada interiornya.

Gambar Blower AC

Selain jok fabric, City sedan memiliki blower AC untuk penumpang belakang

Positifnya, City Sedan sudah dibekali dengan blower AC untuk penumpang di belakang. Karena HPM menyebut bahwa target market terbesar mobil ini adalah fleet perusahaan, wajar jika penumpang belakang diberi fitur kenyamanan ekstra.

>>> Dirumorkan Bakal Diganti City Hatchback, Intip Kelebihan Honda Jazz Bekas

4. Detail Fascia Depan

Jika dilihat sekilas, fascia depan kedua mobil memang tampak serupa. Tetapi, ada detail yang berbeda antara All New Honda City Sedan dan City Hatchback RS.

Pertama, ada di bagian main grille. Versi sedan menggunakan aksen krom yang membuat mobil tampil lebih elegan, sedangkan versi hatchback menggunakan warna hitam agar terkesan sporty.

Gambar City Hatchback RS

Grille hitam dan kisi-kisi udara dengan desain honeycomb membuat City Hatchback RS tampil lebih sporty

Ventilasi udara pada bumper depan City Sedan juga menggunakan desain garis melintang, berbeda dengan City Hatchback yang menggunakan desain honeycomb.

5. Perbedaan Akomodasi

Dengan ruang kargo yang terpisah, tentu City Sedan menawarkan akomodasi barang yang lebih besar dibanding versi hatchback. Tetapi, City Hatchback dibekali dengan fitur kepraktisan berupa Ultra Seat yang memungkinkan beragam konfigurasi pelipatan bangku untuk bisa mengakomodasi barang yang lebih banyak di dalam kabin.

Di luar 5 perbedaan di atas, spesifikasi teknis kedua mobil cukup serupa. Begitu pula dengan fitur-fitur lainnya. Baik City Sedan maupun City Hatchback menggunakan mesin L15ZF DOHC i-VTEC 1.498 cc. Keduanya juga sudah mengusung Honda Sensing sebagai fitur keselamatan.

>>> Intip Harga Mobil-mobil Baru Beserta Promo Menariknya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top