Review Honda City Sedan 2021: Lebih Praktis dan Elegan Dibanding Hatchback

25/11/2021

Share this post:

Honda City 2021

Editor rate:

Rp 355.000.000

Mobil City bekas - Harga bekas Honda City Lihat promo

Honda City Sedan menawarkan kepraktisan dan elegansi dibandingkan versi Hatchback yang meluncur lebih dulu. Seberapa menarik Sedan ini dibandingkan saudaranya?

Review Honda City Sedan 2021: Lebih Praktis dan Elegan Dibanding Hatchback
Review Honda City Sedan 2021: Lebih Praktis dan Elegan Dibanding Hatchback
0 Gambar

Pengantar Honda City 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda City 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan lebih elegan dibanding versi Hatchback

Mesin bertenaga dan efisien

Fitur lebih lengkap dibanding rivalnya

Kekurangan

Harga yang masih terlalu mahal meski dengan skema pajak baru

Varian yang ditawarkan hanya satu

Belum dibekali dengan Honda Sensing meski City Sedan di negara tetangga sudah mengadopsi fitur tersebut

Setelah Pemerintah Republik Indonesia memberlakukan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor berdasarkan emisi, PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung meluncurkan All New City Sedan bersamaan dengan Civic Hatchback RS.

Honda City Sedan terbaru ini merupakan generasi kelima sejak pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 1996. Nama City sendiri sebenarnya selalu identik dengan sebuah Sedan sampai HPM memutuskan untuk menghentikan penjualan Honda Jazz.

Gambar All New City Sedan

All New Honda City Sedan diluncurkan secara virtual pada 28 Oktober 2021

Secara fundamental, sebenarnya tak banyak perbedaan antara City Sedan dan City Hatchback. Tentu, Hatchback yang mengemban nama RS ditawarkan sebagai model yang menyasar segmentasi penggemar mobil sporty. Sementara versi Sedan ditawarkan untuk para konsumen yang lebih menyukai gaya yang elegan.

Apakah penyesuaian regulasi pajak dan peluncuran All New Honda City Sedan bisa jadi momentum kebangkitan Sedan Honda? Mari kita mengenal mobil ini lebih dekat untuk mengetahui seberapa menariknya ia dibanding saudaranya yang berbodi Hatchback.

>>> All New Honda Civic RS dan City Sedan Meluncur, Segini Harganya

Mobil Baru Populer

Rp 352.6 - Rp 370 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 260 - Rp 320 Juta
Rp 533 - Rp 550 Juta

Eksterior Honda City 2021

Review Honda City Sedan 2021: Eksterior Depan

Jika dilihat sekilas, fascia depan Honda City Sedan 2021 memang tampak serupa dengan saudaranya. Tetapi, ada beberapa detail yang berbeda antara All New Honda City Sedan dan City Hatchback RS.

Pertama, ada di bagian main grille. Versi sedan menggunakan aksen krom yang membuat mobil tampil lebih elegan, sedangkan versi hatchback menggunakan warna hitam agar terkesan sporty.

Gambar Fascia All New City Sedan

Fascia depan All New City Sedan

Ventilasi udara pada bumper depan City Sedan juga menggunakan desain garis melintang, berbeda dengan City Hatchback yang menggunakan desain honeycomb.

Selain yang sudah kami sebutkan di atas, bentuk bumper cenderung sama dengan desain membulat seperti saudaranya. Begitu pula dengan garis tegas yang memperlihatkan kesan sporty pada area di sekitar rumah fog lamp.

>>> Review Honda Civic RS 2021: Tampil Lebih Berkelas

Review Honda City Sedan 2021: Eksterior Samping

Melihat ke bagian samping, Honda City Sedan memiliki lekukan yang memanjang dari bagian depan hingga bodi samping belakang. Bagian door handle diberi aksen chrome agar terkesan berkelas, berbeda dengan City Hatchback yang sewarna bodi.

Gambar Eksterior Samping All New City

Tampak samping All New City

Tentu perbedaan paling utama adalah bentuk bodi Sedan dengan 'buntut' di bagian belakang yang menyajikan ruang kargo lebih besar ketimbang saudaranya.

Review Honda City Sedan 2021: Eksterior Belakang

Beralih ke buritan, ada pintu bagasi yang menjorok ke belakang selayaknya sebuah Sedan. Desain lampu kombinasi yang diusung City Sedan lebih besar dibanding Hatchback meski grafisnya tak jauh berbeda.

Gambar Buritan All New City Sedan

Perbedaan paling kentara dengan versi Hatchback tentu saja di bagian buritan

Bagian bumper terlihat polos tanpa diffuser 'palsu' seperti pada City Hatchback. Mata kucing di kedua sisi bumper City Sedan juga mengusung desain yang lebih besar dibanding (lagi-lagi) versi Hatchback yang terlihat ramping dan sporty.


Interior Honda City 2021

Review Honda City Sedan 2021: Dashboard dan Cockpit

Masuk ke dalam kabin, Anda tidak akan menemukan banyak perbedaan dibandingkan dengan City Hatchback. Secara umum, layout dashboard City menampilkan kesan yang elegan dengan peletakan tombol dan kenop yang terlihat simpel dan bersih.

Gambar Dashboard All New City Sedan

Tampilan dashboard dan cockpit All New City Sedan

Desain setir pun terlihat cukup simpel dengan tombol multifungsi berukuran cukup besar yang mudah untuk diakses dan digunakan.

Review Honda City Sedan 2021: Kursi

Secara desain, kursi City Sedan tak berbeda jauh dibanding saudaranya. Masih tetap ergonomis dengan desain yang cenderung simpel. Satu hal yang menjadi pembeda adalah penggunaan material kulit untuk membungkus kursi.

Gambar Kabin Belakang All New City

Ruang kaki dan kepala untuk penumpang belakang lebih baik dibanding versi Hatchback

Fitur Ultra Seat yang menjadi unggulan City Hatchback sudah pasti absen pada versi Sedan. Tetapi, ruang kabin penumpang belakang dan ruang kargo jelas lebih besar dibanding versi Hatchback.

>>> Adu Spesifikasi Honda City Hatchback RS vs Toyota Yaris GR Sport

Fitur Honda City 2021

Review Honda City Sedan 2021: Sistem Infotainment

Perjalan Anda semakin menyenangkan dengan sistem infotainment Honda City Sedan. Telinga Anda akan dimanjakan oleh 8 speaker yang terdiri dari 4 mid speaker dan 4 tweeter yang membuat reproduksi suara dari head unit touchscreen 8 inci di mobil ini terdengar merdu.

Gambar Head Unit All New City Sedan

Dibekali dengan head unit touchscreen berukuran 8 inci dengan konektivitas kekinian

Sayangnya, koneksi smartphone yang disediakan head unit ini belum bisa terkoneksi secara nirkabel untuk Apple CarPlay dan Android Auto. Anda bisa mengakses berbagai menu infotainment City Sedan melalui tombol multifungsi yang terletak pada setir.

Review Honda City Sedan 2021: Fitur Keselamatan

Mobil ini dibekali dengan fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Brake Distribution (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist, Vehicle Stability Assistant (VSA), dan total 6 Airbag (2 front SRS Airbag, 2 i-side airbag, dan 2 side curtain airbags).

Selain itu, Honda City Sedan 2021 juga menggunakan struktur G-force Control Technology yang dapat membantu meminimalisir dampak kecelakaan ke dalam kabin dan penumpang dengan mendistribusikan energi tubrukan secara merata ke sasis bagian luar mobil.

Operasi Honda City 2021

Honda City Sedan mengusung mesin L15ZF dengan konfigurasi 4-silinder segaris yang dilengkapi dengan pengaturan timing variabel VTC dan pengaturan katup variabel VTEC.

Gambar Mesin City

Tak ada perbedaan di sektor dapur pacu dengan City Hatchback RS

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 HP pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT.

Spesifikasi Honda City 2021

Dimensi Honda City Sedan 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.553 mm x 1.748 mm x 1.467 mm
Jarak Sumbu Roda 2.600 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 40 Liter
Kapasitas Bagas 485 Liter
Rangkaian Tenaga Honda City Sedan 2021
Mesin L15ZF, i-VTEC, 4-Silinder DOHC 16-Katup, Direct Injection
Kapasitas Mesin 1.497 cc
Bore x Stroke 73 mm x 89,4 mm
Tenaga Maksimal 120 HP @ 6.600 rpm
Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.300 rpm
Transmisi Continously Variable Transmission (CVT)
Sistem Penggerak Roda Depan (FWD)
Kaki-kaki Honda City Sedan 2021
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electric Power Steering
Suspensi Depan & Belakang Depan: MacPherson Strut
Belakang: H-Shape Torsi
Rem Depan & Belakang Depan: Ventilated Disc
Belakang: Drum
Velg Alloy, 16 Inci
Ukuran Ban 185/55 R16

Daftar Harga Honda City 2021

Honda City Sedan 2021 hanya ditawarkan dalam 1 varian dengan harga Rp 355.000.000 (on-the-road Jakarta). Varian tersebut menggunakan mesin 1.5L dengan transmisi CVT.

Kesimpulan Honda City 2021

Meski sudah menggunakan skema pajak berdasarkan emisi, Honda City Sedan 2021 masih ditawarkan dengan banderol yang jauh lebih tinggi di segmennya. Memang secara performa dan fitur, mobil ini lebih baik dibanding rival-rivalnya.

Namun, dengan harga Rp 355.000.000, Anda harus sangat menyukai Sedan untuk memilih mobil ini dibanding versi Hatchback. PT Honda Prospect Motor sendiri mengatakan bahwa target market utama mobil ini adalah sebagai fleet perusahaan.

Gambar All New City Sedan

Jika Anda bukan penggemar berat Sedan, kami sarankan untuk mempertimbangkan versi Hatchback

Jika Anda tak mempedulikan soal harganya, mobil ini adalah Small Sedan yang menarik untuk dipinang karena tampilannya yang berkelas dan kesenangan berkendara khas Honda.

>>> Simak Review Mobil Baru dari Cintamobil yang Lainnya di Sini

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top