Review Datsun Go 2016

13/01/2018

Share this post:

Datsun GO 2016

Editor rate:

Lihat promo

Selain MPV dan SUV, mobil Green Car memiliki banyak peminat karena harga yang kompetitif dan irit bahan bakar. Dua poin tersebut nampaknya menjadi prioritas pecinta otomotif untuk membawa pulang Green Car ke garasi rumah. Menilik tingginya atensi konsumen akan mobil ini, produsen mobil asal Korea Selatan, Datsun meluncurkan Datsun Go sebagai alternatif pilihan Green Car untuk konsumen mobil di pasar otomotif Indonesia. Inilah review Datsun Go 2016 dari cintamobil.com.

Review Datsun Go 2016
Review Datsun Go 2016
0 Gambar

Pengantar Datsun GO 2016

Mari kita simak spesifikasi Datsun GO 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM Iirt

Desain Sporty

Bagasi Luas

Kekurangan

Fitur Keselamatan Kurang

Dashboard Terlalu Sederhana

Material Jok Terkesan Seadanya

Gambar mobil Datsun Go 2016 berwarna biru dilihat dari bagian depan

Citarasa Green Car langsung terasa di bagian ini

Review Datsun Go 2016 - Seiring padatnya jalan di pekotaan membuat pecinta otomotif beralih mencari kendaraan yang irit bahan bakar dan fleksibel membelah medan perkotaan yang kental dengan kontur stop and go. Dan, Green Car menjadi solusi terkini untuk mengatasi borosnya penggunaan BBM saat mobil terjebak kemacetan di jalan. Nissan, selaku pemegang merek Datsun coba menawarkan solusi dengan mengeluarkan Datsun ke pasaran. Meski berkonsep Green Car, Datsun Go boleh dibilang merupakan mobil yang bertenaga dan cukup bandel saat dipacu di jalan. Disamping keunggulan mesin, apalagi yang ditawarkan oleh Datsun Go yang diluncurkan setahun lalu ini? Well, cintamobil.com akan memberikan ulasannya untuk anda. Berikut ini adalah review Datsun Go 2016, selamat membaca!

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Datsun GO 2016

Datsun Go memiliki desain yang cukup kompak dan dinamis. Kedinamisan mobil ini dapat dilihat dari berbagai lekuk yang terbenam di sekujur body. Tak hanya itu, kesan sporty khas anak muda juga tersaji pada desain body Datsun Go. Untuk lebih mendetil, ada baiknya jika kita menilik bagian-bagian eksterior Datsun Go 2016 ini satu demi satu, mulai dari depan hingga belakang. 

  • Desain Bagian Depan

Gambar bagian depan mobil Datsun Go 2016 berwarna putih

Sisi depan tetap pancarkan kesan maskulin

Di sisi depan, desain Datsun Go mengingatkan kita akan tampilan legenda facelift asal Jepang yaitu Honda Jazz. Desain yang disematkan juga cukup maskulin dan aktraktif. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi lampuu utamanya yang cukup catchy dan sedikit memanjang. Tak hanya itu, kesegaran juga ditampilkan melalui grill berdesain aktraktif nan aerodinamis di bagian tengah. Untuk mempercantik rongga udara tersebut, disematkan pula list beraksen chrome guna pancarkan sedikit kemewahan dari bagian depan.

Sementara di bagian bawah, Go kembali memancarkan kesan aerodinamis melalui lubang di bagian tengah bumper. Di samping itu, untuk mempercantik sisi depan, disematkan juga dua lampu senja lengkap dengan rumahnya yang diberi aksen black dope.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Datsun Go 2016 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Gradasi kecil di bagian samping membuat mobil ini menjadi lebih dinamis

Bergeser ke sisi samping, guratan tipis nan tegas juga disematkan di bagian bawah pintu. Hal tersebut dilakukan guna membuat sisi samping tidak kering. Selain itu, gradasi garis lain juga disematkan memanjang pada atas guna kesan dinamis yang dikonsepkan tetap terjaga. Pun demikian pada sisi spion. Kesan two tone colour juga dihadirkan guna memberikan warna tambahan pada sisi samping.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Datsun Go 2016 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Tak ada penekanan berarti di sisi belakang

Lompat ke bagian belakang, lekukan yang tersemat di sisi ini tak dibuat begitu menonjol dan terkesan biasa saja. Bahkan stop lamp yang mereka hadirkan juga terkesan standar. Kesederhanaan sisi belakang ini memang bisa dimaklumi karena mobil LCGC pada umumnya tak dikonsep cukup aktraktif guna menekan biaya produksi dari sisi eksterior. Hal ini bisa dijadikan pemakluman karena mobil ini memang mengandalkan mesin yang berkemampuan menyerap bahan bakar agar tetap efisien dipacu di berbagai medan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Datsun GO 2016

Bergerak ke bagian dalam,  kesan lega cukup terasa pada bagian interior Datsun Go 2016. Meski mobil ini masuk ke galam kategori Green Car, Datsun Go memiliki ruang yang mumpuni untuk menampung lima orang sekaligus. Ruang-ruang kaki yang disediakan juga cukup signifikan guna mengakomodir mobilitas para penggunanya. Demi mendapatkan info yang lebih lengkap, cintamobil.com akan mendedahnya satu demi satu guna suguhkan informasi yang mendetil. Untuk memulainya, kita akan coba membedahnya di bagian depan.

  • Dashboard

Gambar sisi dashboard mobil Datsun Go 2016 berwarna abu-abu

Sisi dashboard belum dilengkapi MID namun tetap bisa suguhkan kebutuhan entertainment

Di sisi dashboard, kesan minimalis begitu terasa berkat suguhan panel multifungsi yang tertata rapih. Green Car ini masih belum memiliki head unit kekinian lengkap dengan layar sentuh. Sebagai gantinya, disematkan head unit klasik yang siap memutarkan lagu kesukaan melalui perangkat CD maupun MP3. Di bagian atas, tersemat dua rongga ac yang didesain dengan cukup menarik. Di luar itu, tak ada sesuatu yang bisa dibanggakan dari dashboard mobil ini.

  • Kursi 

Gamabr Bagian setir mobil Datsun Go 2016 dan bagian itu terasa begitu sederhana

Bagian setir terasa begitu sederhana

Bergeser ke bagian setir, kita juga tak akan menemui steering switch control yang lazimnya tersemat pada lingkar kemudi. Untuk panel dashboard sendiri, kita juga tak bisa berharap banyak karena panel yang disediakan masih mengusung tampilan analog layaknya mobil-mobil keluaran awal 2000an. Namun, panel tersebut masih mampu untuk menginformasikan berbagai info terkini seputar kendaraan mulai dari jarak tempuh, penggunaan bahan bakar dan lain sebagainya.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Datsun Go 2016 berwarna abu-abu

Meski merupakan mobil Green Car. kursi yang tersemat cukup nyaman dan mumpuni untuk ruang kaki maupun kepala

Bergeser ke sisi kursi, material warna yang digunakan nampak sama dengan apa yang tersemat di kursi. Selain itu, kursi di bagian belakang juga belum bisa diatur pengaturan duduknya. Namun, ruang yang disediakan masih cukup lapang untuk menopang kaki dan kepala. Sementara di bagian bagasi, kita akan menjumpai ruang yang begitu luas untuk meletakan tas maupun barang bawaan lainnya untuk menunjang perjalanan. Luasnya bagasi ini juga memberikan perbedaan tersendiri bagi Datsun Go dengan kompetitornya. Jika mobil lain harus melipat kursi guna maksimalkan ruang, maka pengguna Go tak pelu repot-repot melakukan itu semua.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Datsun GO 2016

Gambar ruang kabin mobil Datsun Go dengan fitur airbag di bagian kursi depan

Meski minim fitur, Datsun Go tetap menyediakan Air bag di bagian kursi pengemudi

Mobil yang bisa dikategorikan sebagai mobil murah ini belum ditopang berbagai fitur terkini untuk tunjang keamanan dan keselamatan penggunaya. Para pengguna Datsun Go masih belum dapat menikmati kenyamanan yang secara umum ditawarkan oleh kompetitor. Sungguh menyedihkan memang.

Kita tak akan menemui kombinasi pengereman ABS, EDB dan lainnya. Kerangka mobil juga masih dibuat dengan material standar. Untuk sarana penunjang keamanan, mobil ini hanya mengandalkan seatbelt yang tersemat di seluruh kursi. Kabar baiknya, Datsun Go masih dilengkapi dengan airbag untuk yang tersemat di kursi pengemudi. Namun untuk mendapatkan airbag ini, pengguna harus membeli seri tertinggi dari mobil ini.

>>> Untuk cek harga mobil baru atau bekas, silahkan klik sini

Operasi Datsun GO 2016

Gambar bagian mesin mobil Datsun Go 2016

Mesin yang disematkan adalah mesin standar yang biasa ditemui pada Green Car lainnya

Untuk sistem operasi, mobil asal negeri gingseng ini mengandalkan mesin yang diadaptasi dari Nissan March yakni HR12DE. Pengadopsian mesin ini bisa dibilang menjadi perbedaan tersendiri karena memiliki tenaga yang cukup besar untuk dipacu di berbagai medan. Mesin berkubikasi 1.198 cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga 68 PS pada putaran 5.000 rpm. Sedangkan untuk torsi, mobil ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 104 Nm pada 4.000 rpm. Sebagai pengerak, mobil ini mengandalkan transmisi manual dengan lima percepatan untuk setiap variannya.

>>> Untuk cek informasi tentang mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

Spesifikasi Datsun GO 2016

Berikut adalah paparan spesifikasi Datsun Go 2016.

Dimensi Datsun Go 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

3765 x 1635 x 1.485 mm

Ground Clerance

170 mm

Berat Kosong

785 Kg

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Mesin Datsun Go 2016

Tipe

HR12DE

Kapasitas Mesin

1,198 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual

Tenaga Maksimum

68 ps / 5.000 rpm

Torsi Maksimum

104 Nm/ 4.000 rpm

Kaki- Kaki Datsun Go 2016

Ban

175/60 R15

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Datsun GO 2016

Berapa harga yang harus ditebus untuk membawa pulang mobil ini? Simaklah harga Datsun Go 2016 di tabel bawah ini. 

Tipe mobil

Harga Datsun Go

Datsun Go Panca T 1.2 M/T

Rp114.000.000

Datsun Go Panca T Active 1.2 M/T

Rp114.900.000

Datsun Go Panca T Option 1.2 M/T

Rp119.000.000

Datsun Go Panca T Ultimate 1.2 M/T

Rp126.000.000

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil Datsun lainnya

Kesimpulan Datsun GO 2016

Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau dan hemat bahan bakar pastinya akan menjadikan Datsun Go sebagai opsi pembelian. Mobil ini akan sangat cocok untuk anda yang ingin tampil beda dan berjiwa dinamis. Anda yang merasa Hipster juga akan menjadikan Go sebagai opsi terkini.

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Datsun Go Live 2018 : Datsun Incar Konsumen Berjiwa Muda Dengan Edisi Spesial

12/08/2018

Editor rate:

Penampilan menjadi hal penting untuk kita yang berjiwa muda. Melalui tampilan yang berbeda dari lainnya membuat Anda lebih percaya diri. Datsun mencoba memenuhi kebutuhan konsumennya melalui varian Datsun GO Live yang diluncurkan di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2018.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

22/03/2019

Editor rate:

Mobil keluarga Datsun GO+ Panca akhirnya kebagian teknologi CVT setelah sebelumnya Datsun GO telah mencicipi transmisi tersebut. Seperti apa inovasi yang dihadirkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Low Cost Green Car dengan kapasitas 7-seater ini?

Lihat juga

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC

14/09/2019

Editor rate:

Ketika kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia, sontak para perusahaan otomotif juga turut berpartisipasi. Salah satunya yang sempat ramai adalah Datsun GO+ Panca, menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama di segmen LCGC. Tertarik untuk membelinya? Berikut review Datsun GO+ Panca 2014.

Lihat juga

Review Datsun Cross 2019: Solusi Mobil Keluarga Gaya Tangguh & Dana Terjangkau

19/08/2019

Editor rate:

Zaman sekarang membeli mobil keluarga memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Selain soal gaya, kemampuan berkendara, serta harga mobil yang terjangkau juga jadi pertimbangan untuk konsumen membeli sebuah mobil. Bisa jadi Datsu Cross 2019 adalah salah satu pilihan untuk konsumen Indonesia yang menginginkan mobil keluarga rasa tangguh dengan dana terjangkau. Apa sebabnya?

Lihat juga