Review Daihatsu All New Terios R MT 2018

07/08/2018

Share this post:

Daihatsu Terios 2018

Editor rate:

Lihat promo

Animo penikmat mobil bertransmisi manual di Indonesia bisa dikatakan masih tinggi. Bahkan bisa dikatakan untuk mobil di segmen MPV maupun SUV yang dibanderol di bawah Rp250 jutaan sudah pasti menyediakan opsi transmisi manual, yang bisa menjadi pilihan mobil baru bagi masyarakat yang teguh pada prinsip ‘real men use three pedals’.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018
Review Daihatsu All New Terios R MT 2018
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Terios 2018

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Terios 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain modern & gagah

Value for Money

Efisiensi lebih baik

Kekurangan

Cukup banyak ornamen chrome di eksterior

Tambah Rp20 jutaan bisa dapat tipe tertinggi, R Deluxe

Lebih nyaman saat digunakan banyak penumpang

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018 Daihatsu bisa dikatakan menjadi salah satu brand yang cerdik memahami karakter pengguna mobil yang memiliki dana cukup terbatas, tapi ingin mobil dengan fitur dan tampilan yang bikin bahagia sekalipun sudah digunakan bertahun-tahun. Apalagi saat ini Daihatsu sudah memiliki beragam produk yang bisa dibilang sangat menggoda pengguna mobil di Indonesia untuk berganti menggunakan produk asal Jepang ini.

Salah satu contohnya adalah Daihatsu All New Terios, Compact 7-Seater SUV yang dirancang untuk keluarga Indonesia yang aktif dan gemar berpetualang. Mobil yang baru saja mengalami penyegaran di akhir 2017 ini banyak mendapatkan respon positif, dibuktikan lewat angka retail sales 13.470 unit dan wholesales 12.585 unit selama semester 1 2018 (Januari-Juni) yang menandakan animo masyarakat sangat tinggi.

Lalu apa yang membuat Daihatsu All New Terios terasa spesial? Untuk menemukan jawaban tersebut, kami menjajal unit test drive Daihatsu All New Terios R MT, yang kami dapatkan dari PT Astra Daihatsu Motor selaku ATPM Daihatsu di Indonesia.

Dan inilah review Daihatsu All New Terios R MT 2018 yang bisa Anda nikmati secara mendalam di Cintamobil.com. Enjoy!

Eksterior Daihatsu Terios 2018

Dua jempol tangan patut kami berikan kepada desainer Daihatsu All New Terios yang memiliki desain jauh lebih modern, bahkan jika dibandingkan generasi sebelumnya yang diluncurkan 2007 silam. Desain Daihatsu All New Terios terbaru ini sendiri banyak menuai respon positif masyarakat. Apalagi dengan adanya penghargaan sekaligus apresiasi tertinggi, yakni Good Design Indonesia 2018 dari Kementrian Perdagangan Indonesia.

Lalu detil desain Daihatsu All New Terios apa saja yang menarik menurut Cintamobil.com? Yuk ikuti pembahasan secara keseluruhan area eksterior Daihatsu All New Terios R MT 2018.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Tampak Depan

Eksterior Depan Daihatsu All New Terios R MT 2018berwarna abu-abu

Tampak depan Daihatsu All New Terios R MT 2018 terasa aerodinamis dan elegan.

Tampak depan Daihatsu All New Terios R MT 2018 memiliki desain lebih aerodinamis dengan sentuhan aksen elegan yang terpancar melalui grille serta fog lamp berkelir krom. Urusan pencahayaan kala berkendara pun lebih mantap berkat LED Head Lamp dan LED Position Lamp yang didesain pipih dan selaras mengikuti lekuk horizontal grille.

Agak bergeser ke bawah, Daihatsu All New Terios R MT 2018 memiliki dua sensor parkir depan yang ditempatkan di dekat skid plate silver pada area bumper bawah. Hanya saja jika dikomparasi dengan tipe tertinggi All New Terios R Deluxe baik MT maupun AT memiliki aerokit yang menambah kesan macho nan kokoh mobil yang masuk segmen pasar Low SUV di Indonesia ini.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Tampak Samping

Desain Eksterior Samping Daihatsu All New Terios R MT 2018

Tampak samping Daihatsu All New Terios R MT 2018 memancarkan aura ketangguhan dan desain yang kokoh

Desain eksterior Daihatsu All New Terios R MT 2018 di area samping terkesan kokoh dan sedikit jangkung. Hal ini disebabkan ground clearance 220mm dan penggunaan velg 17 inci Polished Alloy Wheel with Black Paint berlapis ban berukuran 215/60 R17. Mobil berpostur 4.435 x 1.695 x 1.705 mm (p x l x t) ini memiliki jarak sumbu roda 2.685 mm ini juga aman diajak berpetualang di medan aspal atau semi off-road.

Salah satu detil menarik yang membuat mobil ini terkesan tangguh ialah penggunaan aksen hitam di area side skirt dan fender. Kalau melihat ke area atap, Daihatsu menyematkan roofrail hitam solid, dengan panel di area kaca pintu yang dipermanis lewat ornamen chrome list. Nah satu yang membedakan pada unit tes kami dengan Daihatsu All New Terios R Deluxe ialah absennya kamera yang sejatinya disematkan di bawah kaca spion. Itu saja.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Tampak Belakang

Desain Eksterior Belakang Daihatsu All New Terios R MT 2018

Desain tampak belakang Daihatsu All New Terios R Deluxe 2018 terasa lebih berotot

Area buritan belakang Daihatsu All New Terios R MT 2018 memang terasa lebih berotot karena kini sudah tidak lagi menggunakan ‘konde’ alias penempatan ban serep di pintu bagasi. Nah untuk Daihatsu All New Terios R MT sudah menggunakan LED Rear Combination Lamp dan LED Tail Lamp yang didesain pipih, Serta rear bumper belakang yang dipadukan silver skid plate.

Anda pun akan melihat di area atap terdapat duck tail spoiler dengan lampu LED High Mount Stop Lamp yang berguna untuk visibilitas pengereman bagi pengendara di belakang mobil, serta adanya shark fin antenna yang bekerja optimal untuk sistem audio di dalam mobil.

Lalu dimana penempatan ban serep di Daihatsu All New Terios? Nah kini penempatan  ban serep pindah ke area kolong mobil belakang, yang dilindungi oleh cover berbahan plastik khusus tipe X Deluxe hingga R Deluxe.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Daihatsu Terios 2018

Interior Daihatsu All New Terios R MT 2018 mengisyaratkan kesan nyaman dan luas sejak pertama kali masuk. 7 penumpang dewasa bisa duduk nyaman di dalam kabin, dengan posisi yang bisa diatur sesuai tingkat kenyamanan terbaik. Pun mobil ini memiliki tingkat fleksibilitas lebih baik dalam urusan penyimpanan barang bawaan, sehingga pastinya semakin meyakinkan Anda dalam menggunakan mobil ini untuk bertualang bersama keluarga.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Dashboard

Desain Dashboard Modern Daihatsu All New Terios R MT 2018

Dashboard Daihatsu All New Terios R MT 2018 mengusung konsep two-tone

Dashboard Daihatsu All New Terios R MT 2018 menggunakan konsep warna two-tone hitam dan putih. Memang secara kualitas bisa dibilang standar, mayoritas menggunakan material plastik keras dengan aksen berbentuk alur jahitan pada panel dashboard berkelir putih.

Di area dashboard ini Anda akan menemukan pengaturan Digital Auto AC, dan di bawahnya terdapat soket listrik 12V ditemani slot USB dan jack audio 3.55 mm. Agak bergeser ke sisi atas dashboard maka Anda akan menemukan head unit 2 DIN dengan layar sentuh, serta jika menilik pada sisi instrument cluster kini terasa modern karena dibekali layar MID yang dipadukan meter cluster berdesain informatif.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Jok

Desain Jok Nyaman Daihatsu All New Terios R MT 2018

Jok Daihatsu All New Terios R MT 2018 tersedia dalam 3 baris dan bisa mengangkut 7 penumpang dewasa

Dalam kondisi standar Daihatsu All New Terios R MT 2018 bisa mengangkut hingga 7 penumpang dewasa dengan konfigurasi duduk 2 + 3 + 2 (baris pertama + kedua + ketiga). Seluruh jok menggunakan material fabric, yang secara positif mengalami penebalan pada bagian busa jok, sehingga kenyamanan untuk perjalanan jauh lebih baik.

Untuk akses di jok baris ketiga bisa dilakukan melalui cara melipat jok baris kedua yang menggunakan metode one touch tumble. Sekalipun jok kedua baris ini terasa cukup nyaman, namun ada kalanya terasa jok baris ketiga memiliki legroom yang agak sempit. Untuk itu Daihatsu memberikan solusi dimana jok baris kedua bisa dimaju-mundurkan jika baris ketiga sedang digunakan oleh orang dewasa.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Setir

Desain Setir mobil Daihatsu All New Terios R MT 2018

Desain setir Daihatsu All New Terios R MT 2018

Setir Daihatsu All New Terios R MT 2018 bisa diatur ketinggiannya berkat fitur tilt steering. Meskipunt tidak bisa diatur secara maju-mundur (telescopic), namun setir Daihatsu All New Terios R MT 2018 sudah dibekali audio & phone handsfree steering switch. Agar nyaman digenggam oleh tangan, pada area lingkar kemudi dibalut material leather dengan batang setir berkelir silver.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Bagasi

Ruang Bagasi Daihatsu All New Terios R MT 2018

Ruang bagasi Daihatsu All New Terios R MT 2018 bisa meluas jika jok baris ketiga dilipat penuh.

Bicara soal bagasi, Daihatsu All New Terios R MT 2018 memang terasa memiliki kapasitas standar jika seluruh kursi digunakan. Namun jika dibandingkan Daihatsu Terios generasi sebelumnya yang lebih pendek 23 mm dibanding Daihatsu All New Terios, sejatinya luas bagasi Compact 7-Seater SUV ini cukup menjanjikan.

Setidaknya dalam kondisi semua jok dipakai, bagasi Daihatsu All New Terios R MT bisa memuat 4 galon air. Namun andai jok belakang dilipat, area bagasi bisa digunakan untuk membawa 2 hingga 4 buah koper berukuran besar dengan kondisi tidur. Namun tetap harus diingat untuk menempatkan barang tidak melebihi area visibilitas belakang, dan untuk keamanan sudah disediakan cargo net di bagasi Daihatsu All New Terios R MT 2018.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Daihatsu Terios 2018

Fitur Daihatsu All New Terios R MT 2018 memberikan kesan aman dan nyaman bagi keluarga yang berada di dalamnya. Untuk membahas lebih mendalam fitur yang tersedia di Daihatsu All New Terios R MT 2018, Cintamobil.com akan membaginya dalam dua aspek yakni fitur keselamatan & keamanan, dan fitur hiburan.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Fitur Keselamatan & Keamanan

Ragam Fitur Keselamatan Lengkap yang tersedia untuk mobil Daihatsu All New Terios R MT 2018

Ragam fitur keselamatan lengkap di Daihatsu All New Terios R MT 2018

Semua Daihatsu All New Terios, termasuk diantaranya Daihatsu All New Terios R MT 2018 dibekali sistem keselamatan aktif dan mutakhir. Fitur tersebut diantaranya ialah Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Sedangkan untuk sistem keselamatan pasif, Daihatsu All New Terios sudah dibekali dual SRS Airbag dan seatbelt di semua jok penumpang.

Khusus untuk tipe R hingga R Deluxe mendapatkan fitur keselamatan tambahan berupa Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat berguna kala bermanuver di kondisi licin dan saat start dalam kondisi tanjakan. Di sisi lain tersedia juga fitur visibilitas lebih berupa kamera mundur untuk tipe R, dan kamera 4 titik berteknologi Around View Monitor, yang akan aktif menampilkan citra kendaraan ditampilkan di sistem head unit saat melakukan mundur.

Bagaimana dengan sistem keamaman di mobil ini? Daihatsu sudah menyematkan fitur berupa alarm & immobilizer yang bisa dikontrol melalui Remote Key yang dideteksi merupakan milik mobil tersebut. Menariknya, di bagian tuas pintu pengemudi dan penumpang depan terdapat tombol yang bisa membuka sekaligus menutup kunci pintu mobil hanya melalui sentuhan tangan saja.

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018: Fitur Hiburan

Sistem hiburan Daihatsu All New Terios R MT 2018

Sistem hiburan di Daihatsu All New Terios R MT 2018

Sistem hiburan Daihatsu All New Terios R MT 2018 bisa dibilang cukup mumpuni. Selain bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui USB Port dan Bluetooth, sistem hiburan mobil ini juga dibekali layar sentuh yang bisa menampilkan grafis smartphone melalui metode mirroring. Masih tersedia juga slot DVD player yang bisa digunakan oleh penumpang depan untuk menyaksikan film.

Beberapa mode pemutar audio di sistem hiburan Daihatsu All New Terios R MT 2018 dibekali pengaturan konfigurasi audio lengkap. Dan jika Anda gemar mengutak atik baik konfigurasi equalizer hingga efek sound staging yang ingin didapat, maka output suara dari total 8 speaker yang terletak di semua baris jok mobil akan bisa dioptimalisasi sesuai preferensi Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil Daihatsu lainnya

Operasi Daihatsu Terios 2018

Di saat rival-rival di kelas Low SUV banyak mulai memilih menggunakan sistem penggerak roda depan, Daihatsu All New Terios tetap konsisten menggunakan konfigurasi penggerak roda belakang yang diyakini lebih piawai digunakan di medan jalanan Indonesia. Plus untuk jantung pacu yang digunakan pun kini berganti menjadi 2NR-VE 1.500 cc Dual VVT-i yang terkenal durabilitasnya di Daihatsu Great New Xenia.

Mesin 2NR-FE Daihatsu All New Terios R MT 2018

Jantung pacu Daihatsu All New Terios R MT 2018

Di atas kertas, mobil tes kami yang menggunakan transmisi 5 percepatan manual ini bisa menghasilkan performa 104 dk dan bertorsi 136 Nm. Tenaga tersebut sedikit lebih kecil dibanding Daihatsu Terios generasi terdahulu, yang bisa menghasilkan figur performa 109 dk dan torsi 145 Nm. Namun hal ini dikompensasi oleh tingkat efisiensi lebih baik, yang diklaim oleh pabrikan 10-15 % lebih efisien.

Tiga hal yang kami apresiasi dalam memberikan kemudahan dalam berkendara di Daihatsu All new Terios R MT 2018 terletak pada fitur start-stop engine button, transmisi manual responsif, serta setir dan suspensi yang kapabel untuk penggunaan di kota maupun perjalanan jauh.

Fitur start-stop engine button di mobil ini sejatinya membuat pengemudi lebih mudah dan lebih aman dalam menyalakan mesin. Dan saat mobil dikemudikan, sistem transmisi manual terasa responsif dan pedal kopling terasa ringan, sehingga bisa sedikit mengurangi rasa lelah apabila harus berada dalam kondisi kemacetan.

Kekuatan lain mobil ini juga terasa lewat setir berteknologi Electric Power Steering yang memudahkan mobil bisa dikendalikan lebih lincah. Saat mobil bermanuver pun tidak terasa adanya efek gejala limbung, yang sering terasa di Daihatsu Terios generasi terdahulu.

Hal ini bisa terjadi karena kombinasi suspensi McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer (depan) dan suspensi 5 link Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer (belakang) yang bekerja lebih baik dalam menjaga kestabilan sekaligus meminimalisir efek gejala limbung.

Meski demikian, konfigurasi suspensi Daihatsu All New Terios yang kami coba agak terasa keras, meski dalam batas wajar, apabila hanya berisikan pengemudi saja. Rasa berbeda  justru didapat saat mobil berisikan di atas 4 penumpang dewasa, dimana saat berkendara terasa bantingan jauh lebih nyaman dan lembut.

>>> Simaklah artikel review mobil lainnya di sini

Spesifikasi Daihatsu Terios 2018

Berikut adalah spesifikasi Daihatsu All New Terios R MT 2018, yang sudah dirangkum oleh Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Daihatsu All New Terios R MT 2018

P x L x T

4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm

Jarak poros roda

2.685 mm

Ground Clearance

220 mm

Mesin Daihatsu All New Terios R MT 2018

Jenis

2NR-VE 4 Cylinder In-Line 16 Valve DOHC Dual VVT-I

Isi silinder

1.496 cc

Daya maksimum

104 dk @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

145 Nm @ 4,500 rpm

Transmisi

5-percepatan Manual

Kaki-Kaki Daihatsu All New Terios R MT 2018

Suspensi depan

McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang 5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Ban 215/60 R17

Daftar Harga Daihatsu Terios 2018

Saat ini Anda bisa membeli mobil baru Daihatsu All New Terios R MT 2018 di diler Daihatsu terdekat dengan kisaran harga Rp 227,9 jutaan untuk OTR Jakarta. Harga ini terpaut Rp10 juta lebih murah dibanding Daihatsu All New Terios R AT dan Daihatsu All New Terios R Deluxe MT, serta lebih murah 20 juta dibanding Daihatsu All New Terios R Deluxe AT.

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promosi mobil Daihatsu lainnya

Kesimpulan Daihatsu Terios 2018

Gambar mobil Daihatsu All New Terios R MT 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Daihatsu All New Terios R MT 2018 menjadi salah satu pilihan utama di kelasnya

Ada dua alasan mengapa Daihatsu All New Terios R MT 2018 memiliki tingkat rasionalitas yang lebih baik ketimbang tipe-tipe lain di Daihatsu All New Terios saat ini.Pertama ialah secara fitur Daihatsu All New Terios R MT lebih lengkap dibanding tipe X dan X Deluxe, serta harga yang lebih terjangkau ketimbang tipe tertinggi R Deluxe yang nyatanya memiliki perbedaan fitur yang bisa dihitung jari dan tidak begitu krusial. Alasan selanjutnya ialah masih banyaknya masyarakat yang lebih setia dan terbiasa menggunakan mobil bertransmisi manual, sehingga dengan tersedianya pilihan transmisi manual memungkinkan ia menjadi salah pilihan utama untuk mobil Low SUV.

Meski begitu, beberapa rivalnya baik dari brand Jepang maupun pemain baru dari brand mobil asal China juga secara perlahan tapi pasti mulai menggoyang segmen pasar yang diisi oleh Daihatsu All New Terios R MT 2018. Caranya pun beragam, ada yang mematok harga lebih murah, atau fitur yang dibuat jor-joran.

Nah, disinilah kelebihan Daihatsu sebagai brand mobil yang sudah lama eksis di Indonesia berperan penting. Berbekal jaringan diler lengkap, harga terjangkau, dan kualitas produk yang reliabel, secara tidak langsung membuat produk Daihatsu, salah satunya Daihatsu All New Terios, bisa memberikan rasa aman sekaligus 'peace of mind' yang lebih terjamin ketimbang rival-rival di kelasnya. 

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2016, Varian Termurah Dari Daihatsu Sigra

28/07/2018

Editor rate:

Bersamaan dengan Toyota Calya, Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Sigra yang akan bersaing dalam ketatnya persaingan MPV. Bahkan mobil ini menganut konsep LCGC sehingga lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2016 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017, Edisi Facelift Varian Termurah Daihatsu Ayla

Rp 94.050.000

27/07/2018

Editor rate:

Setelah sukses menarik minat masyarakat akan mobil kompak yang ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau, di tahun 2017 kemarin Ayla mendapat facelift yang membuatnya terlihat jauh berbeda. Review Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 akan di jabarkan di bawah ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007: Pick-Up Terlaris Di Kuartal Pertama 2018

11/07/2018

Editor rate:

Kabar gembira diterima oleh pihak Daihatsu di awal tahun ini. Pasalnya, produk Daihatsu Gran Max khususnya pada kategori Pick Up menduduki peringkat ketujuh dari total penjualan periode Januari hingga bulan Mei 2018. Apa alasan dibalik itu? Mari kita simak bersama review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2016

Rp 85.000.000

05/01/2018

Editor rate:

Setahun lalu, Daihatsu meluncurkan Ayla guna panaskan persaingan di ranah LCGC. Pabrikan yang terkenal concern memproduksi mini bus maupun mobil bersegmen MPV tersebut coba bermain di segmen Green Car dan Ayla merupakan salahsatu produk adalannya. Apa yang menjadi nilai tambah Ayla untuk memenangkan persaingan? Berikut adalah spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 terlengkap.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2016

18/01/2018

Editor rate:

Penetrasi Daihatsu terhadap berbagai mobil di luar pickup truck, MPV maupun SUV jelas sangat terasa. Pabrikan asal Jepang ini nampak serius mengepakan sayap dengan menjejal segmen mobil yang tengah digandungi oleh pecinta otomotif dalam beberapa waktu belakangan ini yakni Green Car. Setelah melepas Alya, yang notabene merupakan perpanjangan tangan dari sister company-nya yakni Toyota Agya, Daihatsu melepas Sirion seri anyar tahun lalu. Gimana spesifikasi Daihatsu Sirion 2016?

Lihat juga
back to top