Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018

02/08/2018

Share this post:

Wuling Cortez 2018

Editor rate:

Rp 193.800.000

Daftar Harga Wuling Cortez Terbaru Lihat promo

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Apa benar mending Wuling? Mungkin Anda sudah agak bosan bahkan kesal mendengar pertanyaan tersebut apalagi jika Anda termasuk netizen yang kekinian dengan memantau sosial media. Kami persembahkan reviewnya untuk Anda.

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018
Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018
0 Gambar

Pengantar Wuling Cortez 2018

Mari kita simak spesifikasi Wuling Cortez 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Value for money, you pay what you get

Fitur Lengkap Sekali

Kualitas Interior Sangat Baik

Kekurangan

Mesin Kurang Tenaga

Boros BBM

Stereotype merk kendaraan asal China

Terlihat sebuh Wuling Cortez berwarna Coklat sedang terparkir

Wuling Cortez diharapkan sebagai suatu produk pencerahan otomotif di Indonesia

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018"Mending Wuling mbah... " rasanya jargon tersebut benar-benar terngiang di kuping alias sering terdengar. Utamanya bagi Anda car enthusiast, yang aktif di media sosial tanah air. jargon tersebut mewakili perasaan sebagian besar para calon pembeli mobil. Maklum saja, nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin meninggi, membuat harga bahan baku kian meningkat. Hal tersebut menyebabkan harga mobil semakin tinggi dan istilah anak otomotif gaul saat ini ngantuk atau 'enggak sekolah harganya' alias mahal banget. Wuling Cortez diharapkan dapat menjadi suatu produk yang menjadi pencerahaan otomotif di Indonesia. Artinya, dengan harga yang tetap masuk akal, namun apa yang didiapat berlimpah. Apa benar mending Wuling?

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Wuling Cortez 2018

Seperti khasnya Cintamobil.com dalam mengulas kendaraan, kami selalu menyajikan penilaian 360 derajat, atau penyajian secara visual seolah Anda mengelilingi mobil. Oke, kami yakin, sebagian dari Anda akan bosan dengan metode ulasan seperti ini, namun pemaparan seperti ini tetap perlu. Mengingat, banyak fitur, maupun guratan garis desain mobil kekinian yang memiliki fungsi tersendiri dan kadang harus memerlukan penjelasan secara tertulis. Berikut ini Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT secara tampilan eksterior menurut Cintamobil.com. Apa benar mending Wuling?

Terlihat Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus i-AMT tampilan depan warna burgundy

Facia depan, luar biasa mewah dan wow banget

Review Wuling Cortez L Lux 1.8 i-AMT, Tampilan depan luar biasa mewah dan wow banget.

Wow, itu adalah satu kata yang menggambarkan perasaan kami ketika melihat facia (tampilan muka) depan dari mobil ini. Bentuknya sangat mewah, dengan barisan grill berlapis krom yang seolah menyambung dengan headlamp projectornya. Kesan mewah langsung tercuat berkat penggunaan dual projector tersebut plus lampu sein LED (Light Emitting Diode) yang berbaris rapih pada bagian bawah lampu utama tersebut. Sedikit menengok ke bagian bawah, tarikan garis memanjang berwarna krom dibawah foglamp yang senada dengan grill tadi semakin mempermanis tampilan depan Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT yang sedang kami tes ini. 

Tampak samping Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus i-AMT warna burgundy

Tampak samping tetap memukau meski menurut kami agak kebanyakan krom

Review Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Tampak samping (agak) kebanyakan krom

Salah satu bukti PT. SGMW Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Wuling di Indonesia sudah melakukan riset pasar mendalam, adalah penerapan aksesoris dengan warna pernekel alias krom. Ya, memang agak terdengar sarkas. Karena, jika ditarik sejarah ke belakang, memang pabrikan Jepang pun awalnya suka memakai krom yang cenderung  kebanyakan, namun beberapa dari pemain besar tersebut sudah taubat, dengan tidak kebanyakan krom lagi. Melihat tampak samping Wuling Cortez ini sudah tentu akan ada rasa hate and love bagi Anda. Kembali ke masalah selera sih. 

Tampilan belakang Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus warna burgundy

Tampak belakang mobil ini proporsional dan bagus secara desain

Review Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Tampilan belakangnya proporsional dan oke punya

Tampilan belakang merupakan salah satu hal yang kami sangat suka dari mobil ini, karena bentuknya proporsional. Lihat saja penggunaan stoplamp yang bohlamnya sudah LED, serta berukuran besar dan senada dengan bentuk mobil secara keseluruhan. Belum lagi, jika pintu mobil ini dibuka akan sedikit ada coakan pada masing-masing sisi di ujung lampu tersebut, sedikit mengingatkan kita ke desain mobil berkelas macam Audi. Dan semakin oke punya dengan penggunaan spoiler yang ukurannya fit and proper untuk mobil ini. Very nice.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Wuling Cortez 2018

Masuk ke bagian interiornya, Anda akan semakin terkesima lagi, Anda langsung akan merasa betapa mobil asal negeri tirai bambu ini merupakan suatu pencerahan produk otomotif dalam hal ini mobil. Yang berharga rasional, namun apa yang kita dapat banyak dan terasa mewah. A very value for money. 

Layout Interior dashboard Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT

Layout Interior yang sangat mewah dan berkelas

Review Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Layout interior sangat mewah dan berkelas

First of all, jangan pernah berpikir bahwa review kami ini dibayar oleh pihak Wuling untuk memuja-muja produk mereka. Kami dari Cintamobil.com bukan sekelas buzzer bayaran seperti itu! Karena ulasan di sisi interior ini, kami akan menuangkan perasaan kami yang benar-benar kagum terhadap produk ini. Beberapa penulis maupun tester di Cintamobil.com sebagian sudah pernah merasakan interior mobil seharga diatas Rp 600 juta. Dan kami berani bilang, silahkan Anda cari mobil dengan harga dibawah Rp 300 juta yang memiliki kelengkapan fitur, kualitas buatan selengkap Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT yang sedang kami duduki kabinnya ini.

Lihat saja kualitas dasbornya yang mewah, dengan bahan empuk yang nyaman disentuh oleh jari Anda, serta beberapa detail menarik seperti penggunaan AC Climate Control digital yang serasa mobil keluaran atas. Animasi yang diberikan layar pengatur AC tersebut menarik dan mudah dalam penggunaannya. Setir sudah tentu nyaman digenggam berkat lapisan kulit sintetis. Belum lagi adanya sunroof yang menambah nuansa lega pada kabin, serta keberadaan jam analog ditengah dasbor membuat tampilan interior mobil ini mahal dan rasanya sulit untuk dicari tandingannya. Apa benar mending Wuling? Simak terus.

Sunroof Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT

Sunroof tidak akan Anda temui pada rival sekelas harganya

Pengatur AC digital ruang kabin baris kedua Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT 2018

Pengaturan AC digital untuk penumpang belakang merupakan sentuhan kemewahan tersendiri

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Wuling Cortez 2018

Untuk keberadaan fitur rasanya sama seperti kualitas interiornya, yaitu sulit untuk dicari tandingannya. Bahkan beberapa fitur unggulan sudah kami sampaikan pada part interior tadi. Namun dua hal ini yang menurut kami sangat membantu dan mengesankan.

Tombol pengatur audio di setir Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT 2018

Tombol pengatur audio di setir akan memudahkan 

Review Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Tombol di setir memudahkan

Well, kami tahu akan terasa biasa untuk membahas keberadaan tombol audio pada lingkar kemudi. Karena fitur ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu pada BMW asal Jerman. Namun, keberadaan fitur ini sangat membantu kami mengoperasikan audionya ketika mobil sedang berjalan. Dunia yang semakin canggih seolah menganulir ketersediaan tombol pengatur fisik yang dapat dirasa oleh jari manusia. Terlebih audio layar sentuhnya agak minim tombol fisik, kami memang terlihat agak kuno dan old timer yang lebih suka pengaturan hal penting macam audio dan AC dengan tombol fisik. Namun disisi lain, hal tersebut sangat memudahkan dan menambah keselamatan dijalan. Mengatur audio dengan ketika mobil sedang  berjalan dan memalingkan pengelihatan Anda dari jalan itu sangat berbahaya. Oh ya, kami juga menyukai pengaturan letak tombol di tengah konsol yang rapih dan mudah dijangkau oleh tangan.

Konsol pengaturan tengah Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT 2018

Tuas pengatur fitur tersusun rapih ditengah konsol

>>> Tiga MPV Terbaik Di Bawah 300 Juta Rupiah

Operasi Wuling Cortez 2018

Setelah puas mengagumi tampilan eksterior, interior, hingga fiturnya tester kami dari Cintamobil.com melompat kebalik kemudi untuk merasakan impresi berkendaranya.

Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT in action

Mobil ini memang tidak dinamis dijalan, namun transmisi i-AMT nya bekerja cukup halus

  • Review Wuling Cortez L Lux 1.8 i-AMT, Impresin berkendara biasa saja dan tidak menggugah

Akhirnya kami menemukan kelemahan yang cukup krusial di Wuling Cortez ini. Yaitu konsumsi bahan bakarnya, kami paham transmisi i-AMT yang merupakan transmisi manual yang diotomatiskan tidak akan bekerja sehalus transmisi otomatis konvensional apalagi CVT. Butuh trik khusus agar membuatnya berpindah secara halus dan tidak mengentak dan beruntungnya kami berhasil melakukannya.Tapi bukan itu masalah utamanya, namun konsumsi bahan bakar mobil ini tidak bisa dibilang irit untuk mobil 1800 cc. Kami melakukan pengetesan singkat di jalan dalam kota, dengan kecepatan rata-rata 21,2 km/jam kami mendapatkan figur angka sekitar 7,7 km/l. Padahal ekspektasi kami berada di angka 9 hingga 10 km/l. Kami mensinyalir agak borosnya konsumsi bahan bakarnya di penggunaan dalam kota akibat rasio gigi 1 hingga 3 yang sama dengan transmisi manual 6 percepatannya. Seharusnya bisa dibuat lebih berat untuk mengakali perpindahan i-AMT yang tidak sehebat manual dalam hal mengurangi power loss. Apalagi bobot Wuling Cortez ini kami menduga juga berat, hingga tidak dicantumkan pada brosur. 

Apalagi tenaganya yang hanya 129 dk pada putaran mesin 5600 rpm dari unit berkubikasi 1798 cc ini juga tidak bisa dibilang spektakuler. Begitupula dengan impresi berkendaranya, setirnya hampa alias tidak terasa feedback dari jalan yang kami lalui. Memang lebih baik sedikit dibanding adiknya Confero S, namun kami berharap dapat lebih baik lagi. Yang semakin terasa payah adalah radius putarnya yang hingga 5,6 meter, rasanya kami lebih baik memutar balik SUV besar bersasis ladder macam All New Pajero Sport dibanding mobil yang kemudinya sedang kami genggam erat ini. Untunglah, kenyamanannya patut diacungi jempol, peredaman suara kabinnya baik, sehingga membantu kenyamanan suspensinya yang moderat.

Mesin 1800 cc kepunyaan Wuling Cortez 1.8L Lux Plus i-AMT 2018

Sayang konsumsi bahan bakar Wuling Cortez L Lux 1.8 i-AMT ini tidak irit

>>> Efektifkah Mencampur BBM untuk Mendapatkan Efisiensi Bahan Bakar?

Spesifikasi Wuling Cortez 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018 yang kami tes langsung.

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4780  x 1816  x 1755 mm

Wheelbase

2750 mm

Radius Putar

5,6 Meter

Mesin

Tipe

4 Silinder, DOHC, VVT-itt

Kapasitas Mesin

1798 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin Oktan 92

Kapasita Bensin

52 Liter

Tenaga Maksimum

129 hp @ 5600 rpm

Torsi Maksimum

174 Nm @ 4600 rpm

Kaki-kaki

Ban

205/55 R16

Suspensi Depan

McPherson Strut, with Coil Spring, Independent Suspension

Suspensi Belakang

Coil Spring, Independent Suspension

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Cakram

Daftar Harga Wuling Cortez 2018

Harga Wuling Cortez bulan Juli 2018 (OTR Jakarta).

HARGA WULING CORTEZ

Wuling Cortez 1.5 Type S

Rp 193.800.000

Wuling Cortez 1.5 Type C

Rp203.800.000

Wuling Cortez C MT

Rp 218.000.000

Wuling Cortez C i-AMT

Rp 228.000.000

Wuling Cortez C Lux Plus i-AMT

RP 233.000.000

Wuling Cortez L Lux Plus MT

Rp 254.000.000

Wuling Cortez L Lux Plus i-AMT

Rp 264.000.000

Kesimpulan Wuling Cortez 2018

Wuling Cortez 2018 berwarna coklat layak Anda miliki

Wuling Cortez harus masih berjuang merebut hati konsumen di Indonesia

Apakah Wuling Cortez layak buat Anda? Oke kami akui Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT yang kami tes ini mampu merebut hati saya sebagai tester, utamanya pada bagian interior dan eksterior. Meski kami dari Cintamobil.com sangat mengharapkan adanya ubahan positif dari sisi teknis kendaraan, utamanya konsumsi bahan bakarnya yang seharusnya bisa di set lebih irit dengan mengakali rasio gigi dan menggunakan transmisi yang lebih proper seperti matik konvensional dengan torque converter atau CVT sekalian. Wuling Cortez masih harus berjuang dalam merebut hati konsumen di Indonesia, apalagi brand-nya dari China, kita tentu melupakan bagaimana merek-merek sepeda motor asal negeri tirai bambu menyerbu pasar awal tahun 2000-an dan kabur 1 hingga 2 tahun kemudian. Kami harap itu tidak terjadi pada Wuling. Apa mending Wuling? Kami berani menyarankan, yes this is car for You! Mobil ini layak mengisi carport atau garasi rumah Anda.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

FF Mobilindo Yk

DI Yogyakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

Review lain

Review Wuling E100 2018, Masa Depan Mobil China Dalam Prespektif Wuling Motors

TBA

13/08/2018

Editor rate:

Kata siapa masa depan kendaraan listrik hanya milik pabrikan Eropa, Amerika, dan Jepang? Ini merupakan hasil karya pabrikan asal negeri tirai bambu dalam mendesain kendaraan masa depan elektrifikasi.

Lihat juga

Spesifikasi Wuling Cortez 2018 Indonesia

19/03/2018

Editor rate:

Wuling Motors Indonesia, selaku agen tunggal penjualan Wulling untuk wilayah Indonesia belum lama ini melepas jagoannya yang bermain di ranah Mid MPV yakni Wuling Cortez. Diposisikan untuk menantang kompetitornya di ranah sejenis. Berbekal spesifikasi yang mumpuni serta harga yang kompetitif membuat pabrikan asal negeri tirai bambu ini percaya diri guna mewujudkan tekadnya menjadi pemain utama pasar Indonesia.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019, Confero Dengan Semangat MATIC = Macet Tidak Capek

23/04/2019

Editor rate:

Setelah kami membahas lengkap tentang Wuling Confero S yang merupakan salah satu mobil paling mengejutkan dan membuat rival-rivalnya asal Jepang melirik. Kini kami persembahkan review dan test drive Wuling Confero S ACT 2019 yang mengusung semangat MATIC alias Macet Tidak Capek.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019, Si Ganteng Yang Asyik Di Geber

23/04/2019

Editor rate:

PT SGMW Motor Indonesia adalah salah satu agen pemegang merek yang senang memberikan kejutan, kejutan apa yang disiapkan? So, kami tak akan panjang lebar lagi simak terus review dan test drive Wuling Cortez CT 2019, si ganteng yang asyik di geber

Lihat juga

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

16/07/2019

Editor rate:

Bertepatan dengan dua tahun perjalanannya di Indonesia, Wuling Motors langsung memperkenalkan varian terbaru Wuling Almaz 7-Seater 2019 dengan kursi baris ketiga serta fitur terbaru yang menggunakan voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia.

Lihat juga
back to top