Ini Alasan Mobil Toyota Dijual Lebih Mahal Dari Mobil Daihatsu

26/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Ini Alasan Mobil Toyota Dijual Lebih Mahal Dari Mobil Daihatsu
Mobil Toyota dan Daihatsu banyak yang kembar. Meski demikian harga mobil Toyota cenderung lebih mahal dibanding harga mobil Daihatsu.

Gambar logo Toyota keren

Harga mobil Toyota cenderung lebih mahal dibanding mobil Daihatsu

Sebagai contoh Toyota Rush yang kembar dengan Daihatsu Terios. Varian tertinggi Rush yaitu TRD SPORTIVO A/T dijual dengan harga Rp 261,3 juta, sedangkan untuk Terios varian tertinggi yaitu R AT DELUXE dijual dengan harga 247.9 juta.

Model lain yaitu Toyota Agya yang kembar dengan Daihatsu Ayla. Agya dijual paling murah Rp 133,4 juta. Sedangkan Ayla dijual paling murah hanya Rp 94,05 juta. Padahal dari sisi model keduanya sangat identik, hanya logo dan emblemnya saja yang kelihatan beda.

>>> Kembali Berkuasa, Penjualan Toyota Avanza Juni 2018 Kalahkan Xpander

Gambar Toyota Rush 2018 tampak dari depan samping

Beli All New Toyota Rush harus inden lama saking larisnya

Begitu pula dengan model Toyota lain seperti Avanza dan Calya yang punya kembaran Daihatsu Xenia dan Sigra, keduanya dibanderol harga lebih tinggi.

Lalu mengapa harga mobil Toyota lebih tinggi dari kembarannya? Sudah banyak yang tahu kalau mobil Toyota banyak yang diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) bersamaan dengan produksi mobil Daihatsu. Baru kemudian ketika keluar dari pabrik, mobil dipakaikan logo dan emblemnya masing-masing.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan mengapa pada akhirnya harga bisa beda dengan mobil Daihatsu.

"Kita kan disuruh beli sama Astra Daihatsu Motor (ADM), nah saya nggak tau ADM jual berapa ke diler dan berapa ke Toyota karena kan beli putus," tutur Soerjo kepada salah satu awak media.

>>> Baca dengan seksama Profil Toyota Agya TRD 2017: Makin Gaya Dan Bertenaga

Gambar Daihatsu Terios 2018 tampak dari depan samping

Dibuat di pabrik yang sama dengan bentuk dan model yang sama pula, harga Daihatsu Terios lebih murah dibanding Toyota Rush

Terus dari soal kelengkapan dan fitur, mobil Toyota biasanya punya fitur lebih banyak dari mobil Daihatsu. Bisa dicek di situs masing-masing atau secara langsung. Misal, Toyota Calya punya sabuk pengaman 3 titik di baris ketiga. Sedangkan kembarannya, yaitu Daihatsu Sigra hanya punya 2 titik sabuk pengaman di baris ketiga.

So, sangat wajar bila harga mobil Toyota cenderung lebih mahal dibanding mobil Daihatsu kembarannya.

>>> Mau tahu lebih detail mobil-mobil Toyota, baca review lengkapnya disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top