Review BMW M4 Competition Individual 2019: BMW M4 Dibuat Lebih Bergaya

27/12/2019

Share this post:

BMW M4 2019

Editor rate:

Lihat promo

BMW M4 Coupe dikenal sebagai mobil varian paling galak dibandingkan Seri 4 biasa. Tapi tahukah Anda ada model lain yang lebih garang dibandingkan M4 Coupe dengan harga yang tak terlalu mahal? Perkenalkan BMW M4 Competition Individual 2019 dengan cat ‘Frozen’ yang langka.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: BMW M4 Dibuat Lebih Bergaya
Review BMW M4 Competition Individual 2019: BMW M4 Dibuat Lebih Bergaya
0 Gambar

Pengantar BMW M4 2019

Mari kita simak spesifikasi BMW M4 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan yang lebih sporty dibandingkan M4 biasa

Warna khas ‘Individual’ yang eksklusif

Perubahan pada kursi dengan Special Lightweight M Sports Seats

Kekurangan

Hanya ada dua unit di Indonesia

Butuh waktu lama jika Anda ingin memesan mobil ini

Hanya perubahan pada aksesoris, bukannya mesin

Review BMW M4 Competition Individual 2019 - Mengusung warisan Sports Coupe yang ditandai oleh BMW M3 E30 tiga dekade lalu, inkarnasi BMW M diluncurkan di Indonesia melalui BMW M Competition Individual. Tampilannya yang lebih sporty dilengkapi fitur dan aksen terbaru. Hanya tersedia dua unit di Indonesia, BMW M4 Competition Individual 2019 diperkenalkan dengan warna Frozen Black dan Frozen Red yang langka.

perkenalan BMW M3 berwarna oranye dan M4 Coupe berwarna hijau

Perkenalan BMW M3 dan M4 Coupe beberapa waktu lalu

BMW Group Indonesia baru saja meresmikan BMW M Town baru di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Menandai hari bersejarah itu, BMW M langsung memperkenalkan model terbarunya di Indonesia, BMW M4 Competition 2019. Dengan warna BMW Individual terbaru beserta tenaga tambahan dibandingkan varian standarnya, M4 bisa menjadi koleksi yang tepat untuk pencinta BMW M.

Dijelaskan oleh Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan resminya, “Memadukan filosofi BMW M dan fungsionalitas sehari-hari dalam konsep keseluruhan yang emosional, BMW M4 telah menjadi kontributor utama bagi bisnis BMW M, termasuk di Indonesia. BMW M Competition Package, serta fitur-fitur eksklusif yang hanya tersedia dalam varian ini, akan memastikan eksklusivitas dan kemampuan kendaraan di trek balap.”

peluncuran BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna oranye

Peresmian BMW M Town sekaligus perkenalan BMW M4 Competition Individual 2019

Hanya dua unit yang dibawa ke Indonesia tahun ini, pihak BMW M sendiri menyebutkan Anda bisa memesan mobil ini melalui Eurokars. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan mobil ini, lihat lagi review BMW M4 Competition 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior BMW M4 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tampilan eksterior BMW M4 Competition Individual 2019 memberikan replika yang lebih sporty dengan berbagai penambahan. Sehingga membuatnya menyerupai tampilan BMW M4 Competition.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Eksterior Depan

Bagian depan mendapatkan beberapa peningkatan kecil dibandingkan M4 standar. Menghiasi bagian luar ada lapisan hitam dari trim BMW Individual Line high-gloss. Menghadirkan kesan sporty nan tangguh, lapisan hitam ini diterapkan pada kidney grille BMW pada eksterior depan BMW M4 Competition Individual 2019.

tampilan depan BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna oranye

Tampilan depan BMW M4 Competition Individual 2019

Tapi selain itu, semuanya masih tetap sama. Lampu depan yang sipit menghadirkan tampilan sporty khas mobil performa tinggi, namun sudah dilengkapi dengan High-beam assistant untuk membantu Anda berkendara di malam hari. Bumper bawah pun terlihat lebar, tentu saja untuk memaksimalkan aliran udara ke bagian kolong mobil.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Eksterior Samping

tampilan samping BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna oranye

Tampilan samping BMW M4 Competition Individual 2019

Sebagaimana tampilan depan, bagian samping juga dilengkapi lapisan hitam pada trim jendela samping, ujung jendela dan bingkai, serta side gills ketika Anda membuka pintu. Dan pada bagian samping terdapat lubang udara yang berguna untuk menyalurkan aliran angin yang membantu mendinginkan rem. Melengkapi eksterior samping BMW M4 Competition Individual 2019 adalah velg alloy spoke bintang dengan gaya 666 M berukuran 20 inci.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna oranye

Tampilan belakang BMW M4 Competition Individual 2019

Bagian belakang tidak mendapatkan perubahan yang berarti. Tapi sebagaimana dijelaskan langsung oleh pihak BMW Indonesia Group, desain menarik dari eksterior belakang BMW M4 Competition Individual 2019 adalah sistem knalpot M Sport. Menggunakan knalpot blackchrome, fitur paling khas yang diberikan adalah suaranya yang bergemuruh dan membawa resonansi emosioal pada pengalaman berkendara.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior BMW M4 2019

Melihat harganya yang selangit, tentu saja bagian dalam sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru dari BMW. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan berarti mobil ini dengan M4 yang sudah dipasarkan BMW sebelumnya. Hanya saja, beberapa detail menegaskan perbedaannya dengan saudaranya.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Dashboard

Masuk ke bagian dalam, kesan mewah bisa langsung dirasakan melalui gabungan tombol fisik dan Head-Up Display layar sentuh 8 inci pada bagian tengah. Dashboard BMW M4 Competition Individual 2019 tidak ada yang berubah dibandingkan model sebelumnya, masih menggunakan perpaduan material plastik dan soft touch.

dashboard BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna hitam

Dashboard BMW M4 Competition Individual 2019

Pengaturannya pun tetap sama, konsol AC dan fitur hiburan pada dashboard tengah. Untuk memudahkan Anda mengontrol sistem keselamatan, fitur untuk kamera belakang dan Adaptive Suspension serta pengaturan lainnya bisa ditemukan pada konsol tengah.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Setir

setir BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna hitam

Setir BMW M4 Competition Individual 2019

Sama seperti berbagai model terbaru BMW lainnya, kemudi multi-fungsi palang tiga masih menjadi andalan untuk menawarkan pengendaraan yang menyenangkan. Berbalut kulit, pegangan kemudi masih terasa lembut. Di depan ada instrument kluster, sama seperti M4 Coupe. Tapi entah kenapa penampilannya masih analog, bukannya digital. Kemungkinan besar hanya untuk menunjukkan informasi berkendara, seperti kecepatan dan konsumsi bahan bakar sekaligus menghemat biaya.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Kursi

Kesan sporty pun bisa langsung dinikmati ketika duduk di dalam mobil ini. Untuk mobil ini, Paket BMW M Competition sudah dilengkapi Lightweight M Sports Seats, menggabungkan kondisi berkendara dengan kenyamanan di belakang kemudi.

kursi BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna hitam

Kursi depan BMW M4 Competition Individual 2019

Kursi BMW M4 Competition Individual 2019 juga dilengkapi sandaran lebar yang dapat dikonfigurasi dengan bukaan vertikal di bagian punggung yang membuatnya lebih ringan. Selain pengaturan kursi elektrik dengan memori, sabuk pengaman dengan anyaman garis-garis BMW M pun disediakan untuk keselamatan selama di jalan.

BMW M4 Competition Individual 2019: Bagasi

bagasi BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna oranye

Bagasi BMW M4 Competition Individual 2019

Layaknya coupe lainnya, ruang penyimpanan dan bagasi bisa dibilang tak terlalu praktis dibandingkan sedan. Tapi jangan salah, ruang bagasi BMW M4 Competition Individual 2019 masih mampu menampung barang-barang kebutuhan sehari-hari. Tentu saja, sebagai mobil yang dikhususkan untuk bergaya, buat apa ruang bagasi yang terlalu besar?

>>> Baca juga:

Fitur BMW M4 2019

Sebagian besar fitur merupakan versi standar dari M4. Dengan tambahan harga, Anda akan mendapatkan beberapa fitur baru, salah satunya sistem knalpot M Sport untuk suara yang menggelegar. M Competition juga mencakup Adaptive M Suspension yang disempurnakan sehingga meningkatkan performa dan handling.

layar 8 inci BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna hitam

Fitur hiburan dalam layar 8 inci bertengger pada dashboard

Penambahan pada fitur BMW M4 Competition Individual 2019 yaitu pegas baru, damper dan anti-rolls bars, bersama dengan mode berkendara yang dikonfigurasi ulang. Anda bisa memilih tiga mode berkendara, Comfort, Sport, dan Sport+ pada Driving Experience Control. Mobil ini juga sudah dilengkapi Harman Kardon surround sound system 16 speaker dengan power amplifier 9 channel.

Memudahkan Anda berkendara sambil berkomunikasi, M4 Competition Indidual kali ini dilengkapi dengan enhanced telephony dan extended smartphone connectivity. Sistem hiburan juga menggunakan BMW Apps dengan versi Bahasa Indonesia. Ada tambahan BMW Individual headliner anthracite pada bagian langit-langit untuk kesan mewah pada bagian dalam mobil ini.

Review BMW M4 Competition Individual 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dilihat dari laman resmi BMW, tidak ada perbedaan dari fitur keselamatan aktif mobil ini dengan yang lainnya. Seperti Dynamic Cruise Control with braking function, High-Beam Assistant, Surround View, hingga Park Distance Control (PDC). Semua kaca spion sudah mendapatkan Automatic Anti-Dazzle Function untuk mencegah sinar lampu menyilaukan Anda selama berkendara di malam hari.

>>> Siapa Bilang Mencari Mobil Bekas BMW Berkualitas itu Sulit? Ikuti Dulu Empat Tips Penting Ini!

Operasi BMW M4 2019

Tidak ada perubahan besar pada mesin, dimana mobil ini masih menggunakan M TwinPower Turbo 6-silinder segaris 3.0L. Mesin bensin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 431 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dan 7.300 rpm. Torsi maksimalnya 550 Nm dikawinkan transmisi 7-percepatan kopling ganda.

Tapi Anda bisa mengubah kerja transmisi secara otomatis maupun manual menggunakan gearshift paddles. Sedangkan BMW M Launch Control pun menjamin akselerasi maksimum ketika dipacu mulai dari keadaan diam. Membuat mobil ini memiliki catatan 0-100 yang mengesankan, yaitu hanya selama 4,1 detik.

mesin BMW M4 Competition Individual 2019 berwarna hitam

Tampilan mesin BMW M4 Competition Individual 2019

Namun bagi Anda yang menginginkan mesin yang lebih bertenaga, sebenarnya BMW M4 Competition sudah menggunakan M TwinPower Turbo 6-silinder dengan keluaran total hingga 450 hp. Mampu mencapai 0-100 km/jam hanya dalam 4,0 detik, lebih cepat dibandingkan model non-Competition. didistribusikan melalui CFRP propeller shaft ke roda belakang melalui transmisi 7-percepatan M kopling ganda dengan penyempurnaan pada Drivelogic.

>>> BMW Uji Sistem Adaptive Cruise Control di Tengah Kota

Spesifikasi BMW M4 2019

Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan signifikan dari bagian mesin maupun dimensi yang ada. Namun untuk membuat mobil ini semirip mungkin dengan versi Competition-nya, ada beberapa perubahan dari spesifikasi BMW M4 Competition Individual 2019. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda lihat ada tabel di bawah ini.

Dimensi BMW M4 Competition Individual 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.671 x 1.870 x 1.383 mm

Jarak Poros Roda

2.812 mm

Mesin BMW M4 Competition Individual 2019

Tipe Mesin

M TwinPower Turbo 6-silinder segaris 3.0L

Tenaga Maksimal

431 hp @ 5.500 – 7.300 rpm

Torsi Maksimal

550 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

4,1 detik

Konsumsi Bahan Bakar

8,8 – 8,3 l/100 km

Transmisi

7-percepatan M kopling ganda

Kaki-Kaki BMW M4 Competition Individual 2019

Ban Depan

265/30 R20

Ban Belakang

285/30 R20

Pelek

M Sport 20 inci

Suspensi

Adaptive M Suspension

Daftar Harga BMW M4 2019

Sebagaimana dijelaskan oleh BMW Group Indonesia dalam pembukaan BMW M Town beberapa waktu lalu, BMW M4 Competition Individual 2019 saat ini sudah tersedia di semua diler resmi BMW M sejak 12 November. Dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, harga BMW M4 Competition Individual 2019 dibanderol Rp2,349 Miliar off-the-road. Dengan harganya yang terbilang tinggi, layanan yang diberikan pun tak main-main. Ada pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

>>> Mengenal Lebih Jauh ‘Penggerak Semua Roda Jerman’, Teknologi BMW xDrive

Kesimpulan BMW M4 2019

BMW M4 Competition Individual 2019 merupakan salah satu produk terbaru BMW bagi Anda yang ingin membeli mobil yang lebih sporty, namun dengan harga yang tak terlalu berbeda dibandingkan M4. Beberapa penambahan pun diberikan, sebagian besar pada eksterior untuk membuatnya terlihat seperti M4 Competition dengan perpaduan cat Individual yang eksklusif.

Gambar sebuah mobil BMW M4 Competition 2019 berwarna oranye

BMW M4 Competition sudah lebih dulu diperkenalkan di luar negeri

Pada bagian dalam, tidak ada perubahan yang signifikan. Mesin pun masih sama dengan M4 standar. Harganya pun tidak berubah drastis dibandingkan model standarnya. Eksklusivitasnya tak peru ditanya. Hanya ada dua mobil dijual di Indonesia saat ini. Setidaknya, penampilannya cukup membawa Anda berkendara di dalam kota dengan gaya.

>>> Ingin membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review BMW Vision M Next Concept 2019: Suksesor Ideal BMW i8?

18/08/2019

Editor rate:

Dipamerkan pertama kalinya ke publik pada acara BMW NextGen di Jerman, BMW Vision M Next Concept adalah gambaran bagaimana pabrikan Bavaria itu merancang mobil-mobil performa M Series di masa depan, dan mungkin saja menjadi suksesor BMW i8.

Lihat juga

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette

26/07/2019

Editor rate:

Menciptakan Mid-Engine Corvette bukanlah proses mudah bagi seorang Zora Arkus-Duntov. Perlu banyak kegagalan, hambatan dan bahkan sukses membuat Duntov depresi hingga akhir hayatnya. Ya, mobil yang akan dibahas kali ini bukanlah hal baru, tapi sebuah realisasi dari gagasan The Godfather of Corvette, Duntov. Secara spesial, tim Cintamobil.com akan mengupasnya secara tuntas dalam review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020.

Lihat juga

Review Porsche 718 Cayman GT4 2019

03/07/2019

Editor rate:

Didapuk sebagai model paling beringas di line-up Porsche 718 Cayman, apakah Porsche 718 Cayman GT4 menjadi model pengobat rindu atau menjadi benchmark baru di keluarga 718 Cayman?

Lihat juga

Review BMW M8 Competition Coupe 2020: Bukan Sekadar Upgrade Performa

15/06/2019

Editor rate:

Sekian lama digoda dengan serangkaian teaser, BMW akhirnya resmi merilis BMW M8 Competition Coupe 2020 , yang menggantikan kedudukan M6 sebagai pemegang kasta tertinggi BMW M Series. Sepintas mirip dengan Seri 8 Terbaru, apa yang membuat mobil ini spesial?

Lihat juga

Review Mercedes-AMG CLA 35 2019: Perpaduan Desain Ikonik dan Fitur Cerdas Mercedes

18/05/2019

Editor rate:

Mengikuti debut Amerika dari CLA 250 yang dilakukan pada Consumer Electronic Show, Mercedes-AMG CLA 35 2019 yang berorientasi performa juga mendapatkan penampilan pertamanya. Coupé empat pintu yang berbagi teknologi dengan A-Class menampilkan desain ikonik yang lebih berani dan asisten interior MBUX yang cerdas.

Lihat juga