Review BMW M4 Competition 2021: Lebih Baik Dari M3?

21/10/2021

Share this post:

BMW M4 2021

Editor rate:

Rp 2.119.000.000

Harga BMW M4 Bekas Lihat promo

BMW Group Indonesia memperkenalkan M4 Competition generasi terbaru bersama dengan saudaranya, M3 pada Juli 2021. Apa saja yang berubah dari generasi sebelumnya?

Review BMW M4 Competition 2021: Lebih Baik Dari M3?
Review BMW M4 Competition 2021: Lebih Baik Dari M3?
0 Gambar

Pengantar BMW M4 2021

Mari kita simak spesifikasi BMW M4 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin baru yang lebih bertenaga dan lebih rendah emisi

Fitur berkendara yang menyenangkan untuk digunakan para pecandu adrenalin

Desain lebih bersahaja ketimbang saudaranya yang sangat agresif

Kekurangan

Fasia depan cenderung kontroversial, tak semua orang bisa menerima

Jangan berharap untuk membawa penumpang di belakang dengan nyaman

Tak lagi dibekali dengan transmisi DCT yang super-responsif

Pada tahun 2013, BMW memutuskan untuk memproduksi Seri 3 sebagai sedan saja. Dari situ, lahirlah Seri 4 sebagai versi coupe dari saudara sedannya. Perubahan itu juga berlaku kepada versi M dari Seri 3.

Jika sebelumnya M3 dikenal sebagai coupe kompak berperforma tinggi, kini M4 seakan menjadi suksesor spiritual dari mobil dengan sejarah motorsport tersebut. Dengan kode bodi G82, minus 2 pintu dan tampilan yang bersahaja dibanding saudaranya, kami merasa M4 menjadi pilihan yang lebih menarik.

Gambar BMW M3 dan M4 Competition

BMW M4 Competition diluncurkan di Tanah Air bersama dengan M3 pada Juli 2021

BMW Group Indonesia sendiri sudah meluncurkan BMW M4 Competition secara resmi pada Juli 2021. Apakah grille kontroversial yang kerap dikritik oleh beberapa fanboy BMW M dan jurnalis mempengaruhi minat masyarakat terhadap M4?

Tentu tidak, saat ini mereka justru kesulitan untuk memenuhi permintaan dan berujung pada inden yang mengular hingga tahun depan. Untuk mengenal lebih dekat mobil yang dibanderol Rp 2.119.000.000 ini, simak review BMW M4 2021 dari Cintamobil.com di bawah ini.

>>> Review BMW M3 Competition 2021: Sport Sedan Terpopuler Makin Dewasa

Mobil Baru Populer

Rp 783.8 - Rp 825 Juta
Rp 1.07 - Rp 1.2 Milyar
Rp 710 - Rp 750 Juta
Rp 765 - Rp 840 Juta

Eksterior BMW M4 2021

Sebagai line-up BMW M, tampilan M4 Competition 2021 tentu saja berbeda dari Seri 4 standar. Desain bumper depan, samping, dan belakang mendapat berbagai ubahan yang membuat BMW M4 2021 tampak lebih sporty.

Review BMW M4 Competition 2021: Eksterior Depan

Secara sepintas, tampilan depan BMW M4 Competition 2021 memang terlihat serupa dengan Seri 4. Tetapi jika dilihat secara detail, Anda akan menemukan beberapa perbedaan.

Kita mulai dari bagian atas, kap mesin M4 Competition 2021 menampilkan kap mesin dengan lekukan yang mengikuti gril depan besar yang membuat tampilan fascia depan mobil ini tampak berotot.

Gambar Fascia Depan BMW M4 Competition 2021

Tampilan fascia depan BMW M4 Competition 2021

Detail gril depan berukuran besar yang dikenal cukup kontroversial juga dibuat berbeda, di mana pattern grilnya berubah dari mesh di Seri 4 berubah menjadi pattern bar yang disusun secara horizontal dengan finishing black glossy.

Turun ke bawah, desain bumpernya berbeda dari Seri 4 standar. Ada dua buah kisi-kisi udara yang cukup besar dengan pattern mesh, dan kisi-kisi udara di sudut bawah bumper. Bumpernya dilengkapi spoiler lip yang membuat tampilannya lebih agresif.

>>> Lebih Dekat Dengan BMW 320i Dynamic 2021, Sedan Paling Terjangkau BMW

Review BMW M4 Competition 2021: Eksterior Samping

BMW M4 Competition 2021 memiliki dimensi panjang 4.794 mm, lebar 1.887 mm, dan tinggi 1.393 mm dengan wheelbase 2.857 mm. Dari samping, profil M4 terlihat lebih streamlined dan simpel dibanding M3 yang memiliki pintu lebih banyak dan fender belakang yang menggembung.

Gambar Eksterior Samping BMW M4 Competition 2021

Tampilan samping BMW M4 Competition 2021

Mobil ini dibekali dengan velg berukuran 19 inci di depan dengan profil ban 275/35ZR19, dan 20 inci di belakang dengan profil ban 285/30ZR20. Berbeda dengan M4 standard dengan velg lebih kecil.

Detail bagian samping yang tak kalah menarik adalah side skirt dengan finishing hitam seperti layaknya lip bumper depan. Dan side vents khas BMW M Series. Jika dilihat siluetnya, M4 Competition 2021 terlihat seperti M8 dengan dimensi yang lebih kompak.

Review BMW M4 Competition 2021: Eksterior Belakang

Tampilan belakang M4 Competition 2021 tak kalah atraktif, terlihat dari guratan dan lekukan agresif yang mendominasi bumper, tak ketinggalan ada ducktail di atas bagasi yang mempermanis buritan mobil.

Gambar Buritan BMW M4 Competition 2021

Tampilan buritan BMW M4 Competition kian spory dengan ducktail dan diffuser

spoiler belakang berukuran kecil membuatnya sedikit lebih manis. Desain lampu BMW M4 mengikuti Seri 4 dengan bentuk yang lebih langsing dengan pattern yang lebih dinamis. Untuk memberikan kesan agresif, lampu tersebut diberi finishing smoke black.

Mengikuti bagian depan dan samping, hadir aksen hitam di bumper bawah M4 2021. Di bagian tengah terdapat diffuser berukuran cukup besar, dan jadi rumah dari sistem knalpot dengan empat buah muffler tip.


Interior BMW M4 2021

BMW M4 Competition 2021 mengadopsi interior yang tak jauh berbeda dengan Seri 4 biasa, namun dengan beberapa detail khas lini M dari sang pabrikan Bavaria.

Review BMW M4 Competition 2021: Dashboard dan Cockpit

BMW M4 Competition 2021 hadir dengan layout dashboard yang sama seperti line-up terbaru BMW, dipadu dengan konsep driver oriented yang cukup kental untuk meningkatkan impresi berkendara sporty khas BMW M.

Material soft touch, dengan aksen Alumunium Tetragon menghadirkan kesan mewah dan sporty di dasbor. Jika menginginkan aura balap yang lebih kental, ada opsi material karbon yang disiapkan oleh BMW.

Gambar Dashboard M4 Competition 2021

Tampilan dashboard dan cockpit BMW M4 Competition 2021

Layout-nya dapat memuat dua buah layar berukuran besar, 12,3 inci untuk layar instrument cluster digital, dan 10,25 inci sebagai layar utama. Selain itu, mobil ini juga ditawarkan dengan opsi M Carbon Interior package yang meliputi trim interior, central console, setir, bahkan hingga ke paddle shift.

Bicara soal setir, M4 Competition 2021 menggunakan setir M model tiga palang yang dibalut Merino leather. Setir ini dilengkapi tombol multifungsi untuk mengatur fungsi mobil seperti audio, cruise control, pemanas setir, dan paddle shift di belakang. Khusus untuk lini M, ada dua buah tombol bertuliskan M1 dan M2 pada setir untuk mengakses preferensi mode berkendara yang sudah disimpan oleh sang pemilik mobil.

Review BMW M4 Competition 2021: Kursi

BMW M4 Competition 2021 dibekali M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit Merino dengan emboss M di bagian sandaran kepala serta fitur ventilasi udara.

Gambar Kursi M4 Competition

Anda bisa memilih M Carbon Bucket Seats sebagai salah satu opsi

Jika Anda mau lebih banyak serat karbon di dalam interior serta pengemudian yang lebih sporty, BMW menyediakan opsi M Carbon Bucket Seats dengan pengaturan elektrik. Penggunaan CFRP (Carbon Fiber Reinforcemed Polymer) sebagai struktur kursi, sandaran, dan bagian samping menghemat bobot 10 kilo dari kursi M Sport standar.

Sebagai sebuah coupe, tentu legroom dan headroom untuk penumpang belakang M4 Competition 2021 tak sebaik saudaranya, M3. Setidaknya, orang dewasa masih tetap bisa duduk di sana meski kami tak merekomendasikannya untuk perjalanan jauh.

Fitur BMW M4 2021

Review BMW M4 Competition 2021: iDrive 7.0

Seperti line-up BMW terbaru lainnya, M4 Competition 2021 hadir dengan sistem infotainment iDrive 7.0 yang terdiri dari layar 12,3 inci sebagai instrumen cluster digital, dan layar 10,25 inci sebagai head unit.

Sistem ini sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay serta Android Auto secara wireless, dan fitur voice command BMW Intelligent Personal Assistant dengan tampilan menu dan head-up display khas BMW M.

Gambar iDrive 7.0

Tampilan kluster dengan iDrive 7.0

Sistem mobil juga sudah mendukung sistem navigasi berbasis cloud yang bisa ditampilkan ke layar instrumen cluster. Mapsnya dapat mengkalkulasi rute dan waktu tiba secara real-time, termasuk update lalu-lintas juga.

Review BMW M4 Competition 2021: BMW M Drive Professional

BMW M Drive Professional menjadi fitur baru yang memulai debutnya di M3 dan M4 2021. Fitur ini dirancang khusus untuk pemilik M4 Competition yang sering membawa mobilnya untuk berkendara di sirkuit.

Termasuk di dalamnya adalah BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi.

Gambar M4 Circuit

Fitur M Drive Professional akan membantu Anda untuk mengeluarkan potensi dari M4 Competition

Beberapa sub-fitur dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi yang dicatat dalam manuver menikung dinamis, dan BMW M Laptimer, yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.

Review BMW M4 Competition 2021: Mode Berkendara

Sebagai salah satu mobil yang paling menggugah untuk dikendarai, M4 Competition 2021 menyisipkan berbagai mode dan fitur berkendara. Di bagian konsol tengah saja ada tombol setup dan M Mode yang dapat mengubah dinamika berkendara mobil.

Tombol setup mengakses menu pengaturan dinamika berkendara di mana pengemudi dapat melakukan personalisasi setting performa mobil lewat tujuh parameter seperti respon mesin, gear shift assistant, M Traction Control, electronic damper, power steering, pengereman, sampai M xDrive System.

Gambar Mode Berkendara

Setidaknya ada tujuh parameter yang bisa dikustomisasi lewat menu Setup

Atau jika ogah bereksperimen, Anda bisa langsung memilih M Mode Button yang secara langsung mengatur karakteristik driver assistance system dan tampilan instrumen cluster serta HUD.

Ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih melalui M mode button yakni ROAD dan SPORT, dengan TRACK mode hadir sebagai mode tambahan dalam BMW M Drive Professional

Operasi BMW M4 2021

BMW M4 Competition 2021 memakai mesin inline-6 3,0 liter DOHC VANOS twin-turbocharged berkode S58 yang dipinjam dari F97 X3 M dengan beberapa peningkatan dan menghasilkan tenaga 510 HP dan torsi 650 Nm.

Sayangnya, M4 Competition hanya memiliki 1 opsi transmisi yaitu girboks otomatis 8-percepatan menggantikan Dual Clutch Transmission (DCT) yang digunakan oleh M4 generasi sebelumnya. Meski banyak yang mengkritisi pilihan transmisi tersebut, BMW meyakini pergantian gigi pada mobil ini tak kalah cepat dengan DCT.

Gambar BMW S58

Mesin lebih bertenaga dibanding pendahulunya meski dengan format serupa

BMW M4 Competition 2021 dapat menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Top speed dibatasi di 250 km/jam, atau 290 km/jam dengan paket M Driver’s Package.

Untuk efisiensi bahan bakar, kami berasumsi pengendara M4 tak akan begitu memerdulikannya. Jika Anda penasaran, mobil ini mencatat efisiensi 9,8 kilometer per liter untuk rute kombinasi.

Spesifikasi BMW M4 2021

Dimensi BMW M4 Competition 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.794 x 1.887 x 1.393 mm

Wheelbase

2.857 mm

Kapasitas Bagasi

440 L

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

59 L

Performa BMW M4 Competition 2021

Mesin

S58, Inline-6, DOHC VANOS, Twin-Turbo

Transmisi

Otomatis 8-percepatan

Tenaga Maksimal

510 HP

Torsi Maksimal

650 Nm

Akselerasi 0 - 100 km/jam

3,9 detik

Kecepatan Maksimal

290 km/jam (dibatasi secara elektronik)

Sistem Penggerak

Rear-Wheel Drive dan xDrive All-Wheel Drive

Kaki-kaki BMW M4 Competition 2021

Suspensi

Depan: Adaptive M Suspension with double-joint spring strut axle

Belakang: Adaptive M Suspension with five-link axle

Rem

Depan: M Compound Brakes, vented, with six-piston fixed calipers

Belakang: M Compound brakes, vented, with single-piston floating calipers

Ukuran Velg dan Ban

275/35ZR19 / 285/30ZR20

Daftar Harga BMW M4 2021

M4 Competition 2021 dibanderol dengan harga Rp 2.119.000.000 (Off the Road). BMW M4 Indonesia ditawarkan dengan tiga pilihan warna baru eksklusif, yaitu Sao Paulo Yellow, Toronto Red Metallic, dan Isle of Man Green.

Kesimpulan BMW M4 2021

BMW M4 Competition 2021 menggambarkan nafas sporty dari sebuah 3 Series Coupe (kini 4 Series), yang tetap dijaga sampai generasi terbarunya yang belum lama rilis.

Gambar BMW M4

Sejak diluncurkan idennya sudah membludak hingga tahun depan, jadi harap bersabar jika Anda tertarik meminangnya

Memang tampilan barunya cenderung kontroversial, tetapi jika menilik sejarah BMW M, mereka selalu berusaha menghadirkan sesuatu yang menggebrak segmennya. Dengan mesin inline-6 twin-turbo baru dan kehadiran berbagai fitur berkendara baru seperti M Drive Proffesional, BMW M4 2021 merupakan sebuah coupe sport yang menarik untuk dimiliki.

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top