Lebih Dekat Dengan BMW 320i Dynamic 2021, Sedan Paling Terjangkau BMW

20/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
BMW Group Indonesia memperkenalkan trim terbaru dari BMW Seri 3 yakni BMW 320i Dynamic 2021, lantas seperti apa sedan BMW paling terjangkau di Indonesia ini?

BMW Indonesia memperkenalkan trim terbaru dari sedan kompak terlaris mereka yakni BMW Seri 3. Trim tersebut adalah BMW 320i Dynamic 2021, lantas seperti apa sedan BMW paling terjangkau di Indonesia ini?

Eksterior Tetap Memukau

Bila ulasan mengenai mobil biasanya dimulai dari eksterior depan, kini kami start dari bagian buritannya. Lampu bernuansa 3 dimensinya masih tetap cantik dan berpadu sempurna dengan lekuk bagasi dan bumper belakang. Tapi keistimewaannya bukan di sana.

Sebab pada tipe Dynamic kini sudah dibekali fitur Comfort Access System yang meliputi Automatic Tailgate. Jadi Anda tinggal mengantungi kunci saja dan ayunkan kaki Anda di bawah bumper belakang. Nanti sensor akan mendeteksi dan bagasi akan terbuka secara otomatis untuk Anda.

Foto BMW 320i Dynamic 2021

Penyegaran ringan di bagian eksterior membuat mobil ini makin mempesona

Untuk menutup juga tidak kalah mudah, tinggal sentuh saja tombol yang ada pada bagian dalam bagasi, dan secara otomatis pintu bagasi akan tertutup sempurna. Praktis bukan? Beralih ke bagian eksterior samping, kini terdapat aksen M Black Highloss Shadowline pada cover spion hingga lekuk Hofmeister kink yang jadi ciri khas BMW.

Foto BMW 320i Dynamic 2021

BMW 320i kini mendapat trim Dynamic dari sebelumnya trim Sport

Masih dari bagian eksterior samping, velg juga menjadi salah satu hal yang mendapat ubahan. Kini BMW 320i Dynamic 2021 ini mengusung velg 17 inci light alloy wheels V-Spoke style 775 dengan warna Bicolour Orbit Grey Burnished. Jangan khawatir, ban yang dipakai pun masih anti kempis alias Run Flat Tire.

Sedangkan untuk di bagian depan masih tak terlalu banyak ubahan, baik dari desain bumper depan, kidney grille hingga lampu utamanya. Hanya saja, untuk lampu depan sudah pakai BMW LED Headlights yang pancaran sinarnya terang dan membantu visibilitas saat malam hari.

Interior Memikat Eksekutif Muda

Masuk ke bagian interiornya, ia pun tak kalah menawan dari sisi luarnya. Saat masuk ke kabin Anda langsung disambut dengan Sport Leather Steering Wheel yang begitu nyaman saat digenggam. Demikian pula dengan Sports Seat yang mampu memeluk tubuh kala Anda sedikit memacu adrenalin.

Foto setir BMW 320i Dynamic 2021

Setir dilapis kulit membuat nyaman dan mantab digenggam

Tak hanya pengemudi dan penumpang depan saja yang dimanjakan, kenyamanan kabin tetap menjadi prioritas di BMW 320i Dynamic 2021 ini. Hal itu tercermin dari fitur 3 Zone Automatic AC yang menjamin hembusan udara dingin dapat diatur secara personal untuk tiga zona yang berbeda (depan kanan, depan kiri, dan belakang).

Foto BMW Live Cockpit

Audio bisa dikontrol melalui perintah suara

Tak lupa fitur kekinian nan canggih khas BMW tetap tersemat di sini. Yakni fitur BMW Live Cockpit Professional; fully digital 10.25" instrument display dengan BMW Operating System 7.0 dan voice control with “Hello, BMW!”, hingga wireless Apple CarPlay

Mesin Pacu Adrenalin

All-new BMW 320i Dynamic ini mengusung mesin 2.0 liter, empat-silinder berkode B48 berpenggerak roda belakang. Mesin ini menghasilkan output maksimum 184 HP, sementara torsi puncak adalah 300 Nm. As info, basis mesin yang sama juga digunakan di varian BMW seri 3 lainnya yang lebih mahal.

>>> Minimnya SPKLU Bukan Halangan BMW iX dan i4 Hadir di Indonesia

Peningkatan output dan torsi tambahan dibandingkan dengan mesin pendahulunya adalah hasil dari optimalisasi system mesin BMW TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection direct petrol injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft timing.

Mesin BMW B48 320i

Mesin ini efisien namun tetap bertenaga

Berdasarkan info yang dihimpun tim Cintamobil.com, karakteristik lain dari mesin ini termasuk crankshaft yang lebih ringan yang mengurangi gesekan internal, manajemen pelepasan panas yang dioptimalkan dan sistem manajemen komputer mesin terbaru yang membuat seluruh proses dikalkulasi lebih cepat dan tepat.

Tuas transmisi BMW 320i Dynamic 2021

Transmisi otomatis 8-percepatan yang mendukung performa optimum mobil

Diklaim akselerasi dari diam (0 km/jam) hingga ke 100 km/jam dapat tuntas dalam 7,1 detik. Demikian pula dengan peningkatan efisiensi dengan konsumsi bahan bakar gabungan 15.9 km/l untuk setiap bahan bakar oktan 95 dan angka emisi CO2 144 g/km.

>>> BMW Indonesia Resmi Luncurkan M5 Competition, Dijual Rp 4,7 Miliar

Oh ya, BMW 320i Dynamic 2021 ini juga dilengkapi dengan Parking Assist yang bisa memudahkan Anda ketika hendak melakukan manuver parkir. Sistem ini juga dapat mengingat 50 meter terakhir laju mobil Anda, sehingga dapat dengan mudah membantu Anda keluar dari parkiran atau gang sempit.

Berapa Harganya?

BMW 320i Dynamic terbaru akan tersedia di diler resmi BMW Indonesia dengan harga Rp. 799,000,000,- off-the-road. Jika Anda hendak membawa pulang secara -on-the-road maka Anda harus menyiapkan dana sekitar RP 899,000,000,-.

Foto tampilan belakang BMW 320i Dynamic 2021

Harganya di bawah Rp 1 Milliar membuatnya menjadi sedan termurah BMW

Setiap unit kendaraan termasuk sedan paling terjangkau BMW ini sudah dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Foto ban & Velg BMW 320i Dynamic 2021

Ban ada asuransinya lho!

Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Menarik bukan?

>>> BMW Seri 3 terbaru ini kemahalan? Kenapa enggak lirik unit bekasnya di sini?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top