BMW Indonesia Resmi Luncurkan M5 Competition, Dijual Rp 4,7 Miliar

17/09/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Hari ini, BMW Indonesia meluncurkan BMW M5 Competition terbaru secara virtual. M5 menawarkan sensasi berkendara saloon sporty yang kencang dan tetap nyaman.

Sports Saloon terbaru dari BMW ini merupakan kombinasi terbaik dari semua kemewahan dan kenyaman sedan bisnis dengan performa tinggi serta teknologi terkini yang menjadi ciri khas M5 selama lebih dari 3 dekade.

BMW M5 Competition dengan kode F9 ini mengusung mesin paling kuat dalam sejarah model BMW M5 sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. Mesin V8 twin-turbocharged yang diusung M5 terbaru ini mampu meletupkan tenaga hingga 617 HP dengan torsi puncak mencapai 750 Nm.

Tak hanya soal tenaga, M5 Competition memadukan dinamika sports car performa tinggi, dengan kemampuan untuk dikendarai sebagai mobil sehari-hari.

>>> BMW Indonesia Hadirkan M3 dan M4 Varian Individual, Apa Spesialnya?

Tetap Diminati Meski Dikala Pandemi

Gambar BMW M5 Competition

Melanjutkan tren positif selama 2 tahun terakhir, BMW Indonesia luncurkan M5 terbaru

Keputusan BMW Indonesia untuk meluncurkan varian M terbaru di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) memang cukup berani. Ketika pabrikan lain masih bersikap wait and see, BMW tidak ragu untuk meluncurkan mobil dengan harga lebih dari Rp 4 miliar.

"Berbagai tantangan di tahun 2021 ini tidak mematahkan pertumbuhan BMW M di Indonesia, bahkan kami memiliki pencapaian yang sangat baik untuk sub-brand BMW yang mewakili kendaraan performa tinggi ini," ungkap Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesi dalam pidato selama streaming di acara virtual launch ini.

Jodie menambahkan bahwa BMW M justru meraih peningkatan penjualan hingga empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Tentu hal tersebut tak terlepas dari kesuksesan BMW M3 dan M4 yang baru diperkenalkan pada Juli silam. Kini, BMW M berharap untuk bisa melanjutkan tren positif tersebut melalui M5 Competition.

Gambar BMW M3 dan M4

BMW M3 dan M4 diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia

Ia juga menyebut bahwa hari ini terasa istimewa karena model legendaris dari BMW M GmbH kembali menyapa masyarakat Indonesia.

"Tidak hanya untuk memperkuat brand image kami sebagai penyedia kendaraan performa tinggi terbaik di Indonesia, tapi juga meneruskan sejarah 36 tahun BMW M5 sebagai sedan bisnis mewah empat-pintu performa tinggi yang selalu menjadi tolak ukur di segmennya," ujarnya.

Melalui kesempatan ini, BMW Indonesia dan BMW Eurokars akan menyelenggarakan BMW M Tour mulai bulan September ini. Mereka akan datang ke kota besar seperti, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Medan, dan Balikpapan untuk kembali memperkenalkan line-up BMW M terbaru di Indonesia saat ini.

>>> BMW X7 Milik Tom Cruise Dicuri saat Syuting, Langsung Diganti Baru

Pembaruan Life Cycle Impulse

BMW M5 Competition merupakan versi Life Cycle Impulse (LCI) serta tipe tertinggi dari lini Seri 5 di Indonesia. Tak hanya peningkatan pada mesin 4,4 liter V8 twin-turbocharged berkode S63, M5 terbaru ini juga menawarkan beberapa penyegaran.

Yang pertama adalah penggunaan suspensi yang dipinjam dari BMW M8 Gran Coupé, lalu ada juga penyegaran pada desain yang terintegrasi dengan teknologi driving assistance terbaru, serta sistem operasi iDrive 7.0 yang semakin intuitif dan menawarkan konektivitas yang seamless dengan wireless Apple CarPlay.

Gambar Cockpit M5

Tampilan cockpit M5 terbaru

Seperti pada jajaran BMW Seri 5 terbaru, M-specific kidney grille BMW yang diperbarui turun lebih jauh ke apron depan dan menjadi satu bagian desain yang membingkai kedua grill kanan dan kiri.

Garis grill BMW M-specific dan M5 Competition badge menyatu dengan baik pada grill ini. Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan memberikan asupan udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC).

Garis lampu depan kini berbentuk L dan mengarah ke satu tujuan yaitu kidney grille BMW, menambah tampilan dinamis pada desain baru BMW M5 Competition terbaru. Opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight membuatnya semakin sporty.

Kap aluminium, fender dengan BMW M gills yang khas, spion BMW M yang ramping, dan atap yang terbuat dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) bergabung dengan desain BMW M-specific kidney grille BMW terbaru sebagai fitur desain khas dari model performa di lini BMW Seri 5.

Gambar Fascia Depan M5 Terbaru

Tampilan fascia depan M5 terbaru

Di bagian belakang, bahan yang lebih tipis dari BMW M-specific twin tailpipes menciptakan rasa presisi yang lebih baik. Apron belakang berotot dengan diffuser besar juga hadir dengan beberapa peningkatan seperti lampu belakang LED tiga dimensi dengan grafis cahaya yang semakin kuat, memberikan penyegaran pada lampu L ikonik milik BMW.

Pelanggan BMW M5 Competition terbaru dapat memilih dari dua warna baru yang spesifik di mobil ini, yaitu Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic, di luar pilihan standard seperti Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic.

Opsi velg kini mencakup BMW M Light Alloy Wheels berukuran 20 inci dengan desain Y-spoke berkode style 789 M. Seperti M Competition lainnya, mobil ini juga dihiasi dengan aksen hitam di sekitar eksterior yang membuat tampilan mobil kian eksklusif.

BMW M5 Competition juga disebut semakin andal di lintasan balap, dengan mode TRACK yang menonaktifkan semua fungsi kenyamanan dan sistem bantuan pengemudi serta rem BMW M Carbon Ceramic, menjanjikan sensasi berkendara yang sporty saat 'menyerang' tikungan di sirkuit.

Gambar Mesin M5

Mesin berkode S63 ini sekarang mampu meletupkan tenaga hingga 617 HP dengan torsi 750 Nm

Mobil ini dapat melakukan sprint dari 0 - 100 km/jam dalam 3,4 detik. Bagaimana dengan 200 km/jam? Tuntas dalam waktu 10,8 detik saja. Kecepatan tertinggi BMW M5 Competition terbaru adalah 250 km/jam yang tentunya dibatasi secara elektronik.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Ketersediaan dan Harga

Bagi Anda yang berminat untuk meminang mobil ini, BMW Indonesia mengatakan bahwa mereka mendatangkan M5 Competition dalam jumlah yang sangat terbatas. Anda bisa memesannya di diler resmi BMW M mulai hari ini (17/9) dengan harga Rp 4.789.000.000 (off-the-road).

Kendaraan ini termasuk dalam layanan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban selama periode garansi.

Gambar BMW M5 Competition

Dengan Rp 4,7 miliar, Anda mendapatkan mobil nyaman yang mampu menyaingi kecepatan supercar

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top