Minimnya SPKLU Bukan Halangan BMW iX dan i4 Hadir di Indonesia

15/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
BMW Group Indonesia dikabarkan akan meluncurkan tiga mobil listrik terbarunya di Tanah Air. Tiga model tersebut yaitu BMW iX, i4 dan Mini Electric.

BMW Group Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa akan menghadirkan jajaran mobil listrik terbaru di tahun depan. Dikatakan akan ada dua mobil listrik terbaru yakni BMW iX dan MINI Electric (E). 

>>> BMW Mau Boyong Mobil Listrik BMW iX dan MINI Cooper SE ke Indonesia

Gambar menunjukan BMW i4

Tampilan dari sedan bertenaga listrik BMW i4

Minimnya Stasiun Daya Mobil Listrik Bukanlah Masalah

Tak hanya itu saja BMW i4 juga dikabarkan akan segera masuk pasar mobil listrik Tanah Air. Sedan listrik BMW i4 malah sudah nampang terlebih dahulu di website resmi BMW Indonesia.

Sama seperti pasar mobil listrik lainnya di dunia masalah utama dari perkembangan mobil listrik yakni perihal infrastruktur pengisian daya. Menangani minimnya stasiun pengisian daya mobil listrik di Tanah Air, David Ferrufino Camacho selaku Project Leader BMW i4 mengatakan bahwa hal itu bukanlah masalah karena mobil listrik BMW dibekali dengan jangkauan yang cukup jauh.

"BMW menawarkan ragam pilihan kendaraan sesuai dengan keadaan di setiap market. Kami tidak akan berhenti memproduksi mesin konvensional (Internal combustion engine), juga kemungkinan untuk PHEV, hingga penggerak lain. Kami akan mengikuti permintaan pelanggan secara global di 140 negara, tidak hanya kebutuhan 1-2 negara. Selain itu BMW i4 dan iX memiliki jarak minimum hingga 300 km satu kali charge, jadi tidak perlu bergantung pada charging station," ungkapnya dalam sebuah diskusi virtual.

Lalu ketika ditanya sejauh mana BMW i4 bisa menarik orang Indonesia David mengatakan bahwa BMW i4 telah dibekali dengan banyak keunggulan. Salah satunya yakni  air suspension.

"BMW i4 adalah kendaraan yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari kenyamanan yang didukung air suspension, akses bagasi melalui pintu lift back, dan pengalaman berkendara sporty khas BMW," tutupnya.

>>> Penjualan BMW Indonesia di Semester Pertama 2021 Meningkat

Gambar menunjukan BMW iX

Tampilan dari SUV bertenaga listrik BMW iX

BMW iX dan i4 Unjuk Gigi di Pameran IAA Mobility 2021

BMW iX dan i4 sendiri baru-baru ini unjuk gigi pada pameran kendaraan terbesar di Jerman IAA Mobility 2021. Ini menjadi bukti bahwa BMW Group secara konsisten tunjukkan fokusnya pada target penurunan emisi CO2. 

Varian model BMW iX yang tersedia pada pameran tersebut ditenagai oleh dua motor listrik, satu motor listrik di roda depan dan satu lagi di roda belakang, bersama-sama menghasilkan tenaga 523 hp di BMW  iX xDrive50 dan 326 hp di BMW  iX xDrive40.

Sementara itu untuk BMW i4 tersedia dalam dua varian model pada peluncurannya di IAA Mobility 2021, salah satunya adalah mobil BMW M pertama tanpa emisi CO2. BMW i4 M50 menggunakan motor listrik di roda depan dan belakang untuk menghasilkan tenaga 544 hp.

>>> Memanaskan Mobil Zaman Now Nggak Perlu Lama-lama

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top