Preview Toyota Corolla Hatchback 2018

16/08/2018
editor rate: 4,2 user rate: 4,0
Mungkin di Indonesia, pasar sedan tidak begitu tinggi dibanding kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Beda cerita dengan negara maju lainnya yang minat sedan masih dinilai cukup tinggi. Melihat potensi tersebut, Toyota menghadirkan versi baru dari Corolla yakni berbodi Hatchback. Bagaimana tampilannya? Mari kita simak preview Toyota Corolla Hatchback 2018.

PENGANTAR Toyota Corolla 2018

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018 – Perlu rasanya kita melakukan Flashback ke sejarah Toyota Corolla yang mulai dipasarkan pada tahun 1974. Beberapa penghargaan didapati seperti halnya “Best Selling Car Worldwide” dan “Best Selling Nameplate” di tahun 1997. Jika melihat ke zaman itu, memang tak dipungkiri, Toyota Corolla menghadirkan desain yang cukup modern dan cocok untuk semua kalangan.

Toyota Corolla Sedan sudah mulai berkiprah dari tahun 1974 yang sukses mendapatkan banyak penghargaan internasional

Generasi kesebelas Toyota Corolla yang masih menerapkan sasis bodi sedan

Nama Corolla sendiri merupakan terusan dari Toyota Crown yang juga salah satu produk legendaris pabrikan otomotif asal Jepang ini. “Small Crown” yang kemudian diterjemahkan ke bahasa latin menjadi Corolla, itulah sejarah awal penamaan mobil sedan satu ini. Bahkan hingga kini, perubahan demi perubahan dilakukan hingga meraih generasi ke dua belasnya pada tahun 2018 yang menawarkan konsep baru yakni Hatchback.

Toyota Corolla Hatchback menjadi generasi terbarunya yang dipasarkan pada Agustus 2018 di Australia

Generasi terbaru Toyota Corolla kini berdiri dalam kategori Hatchback dengan menawarkan tiga varian menarik

Toyota Corolla Hatchback pertama kali diperkenalkan pada acara Geneva Motor Show 2018 yang diteruskan ke ajang New York International Auto Show. Peluncurannya sendiri mulai dilakukan pada tanggal 27 Juni 2018 lalu di negara asalnya, Jepang. Mengusung bodi yang bukan lagi sedan namun ke arah lebih Compact yakni Hatchback atau sering kali dikenal sebagai Toyota Corolla Sport.

EKSTERIOR Toyota Corolla 2018

Memang eksterior Toyota Corolla Hatchback 2018, terdapat perubahan besar-besaran dalam hal dimensi bodi yang awalnya kita tahu sosoknya dalam bentuk sedan dan kini berubah menjadi Hatchback.  Meski begitu, kami cukup mengapresiasi desainnya karena ciri khas dari Toyota Corolla tidak hilang dari masa ke masa. Bagi Anda yang memang peminat Toyota Corolla, Anda tak akan dibuat kecewa akan desain dari generasi terbarunya ini.

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Eksterior Depan

Nuansa agresif nan sporty terpancar kuat dari sisi depan. Menerapkan Honey Comb pada sisi bemper depan dan dibalut kemewahan krom mengilap pada garis sisi sampingnya. Berbeda dengan pesaing di kelasnya, Toyota Corolla Hatchback menyematkan lampu kabut pada sisi dalam Front Bumper-nya. Sehingga, mampu memberi kesan ikonik tersendiri, terasa sporty, modis dan agresif yang terpadu sempurna pada fascia depan. Sedangkan dari sisi fitur, lampu utamanya menerapkan konfigurasi Bi-LED dipadu LED Daytime Running Lights (DRL).

Eksterior depan Toyota Corolla Hatchback 2018 menggunakan lampu Bi-LED dan DRL sehingga mampu memberikan pencahayaan yang optimal

Eksterior depan Toyota Corolla Hatchback menampilkan kesan agresif dan sporty

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Eksterior Samping

Dengan dimensi panjang bodi sebesar 4.375 mm, tampilan sampingnya terlihat cukup mengesankan. Segala hal detail tentangnya seakan dirancang cukup presisi supaya tak menghilangkan kesan ikonik dari Toyota Corolla dari masa ke masa. Adapun pada roda kemudinya menerapkan pelek Sleek Full Alloy berukuran 18 inci yang dijamin semua mata akan terpesona melihatnya. Sementara itu, hal praktis juga diamati pada kaca spionnya yang bisa dilipat secara otomatis.

Eksterior samping Toyota Corolla Hatchback 2018 ditunjang dengan aspek praktis dari kaca spionnya yang bisa dilipat secara otomatis

Eksterior samping Toyota Corolla Hatchback 2018 menggunakan pelek berdesain Sleek 18”

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Eksterior Belakang

Nah, pada sektor buritannya nuansa Hatchback cukup sangat terasa seperti ukuran bodi yang melebar dipadu dimensi tinggi 1.435 mm. Kesan sporty juga tak lupa ditampilkan kuat dari hadirnya lampu LED Tailights. Di sisi lain, hal yang cukup menarik perhatian kami dapat diamati pada sisi knalpot yang dilapisi material krom mengilap dengan ukuran pipih.

Eksterior belakang Toyota Corolla Hatchback 2018 dikemas cukup sporty dan menawan

Eksterior belakang Toyota Corolla Hatchback 2018 dihias apik dengan LED Taillights

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Corolla 2018

Merambah ke sektor interior Toyota Corolla Hatchback 2018, ruang kabinnya nampak tertata lega. Memadukan esensi praktis dari Hatchback dan desain elegan khas sedan empat pintu. Didominasi warna hitam di seluruh bagiannya, memberi kesan agresif dan minimalis bagi seluruh penumpang.

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Dashboard

Perlu kami informasikan juga bahwa model satu ini memiliki tiga pilihan varian. Pada varian tertingginya, dashboardnya sudah didukung fitur menarik seperti panel Head Up Display Touchscreen berukuran 7 inci. Fitur tersebut memberi kemudahan akses  dalam mengatur segala teknologi pada Toyota Corolla Hatchback. Sedangkan pada bagian paling bawah tertata apik fitur penyejuk berkonfigurasi otomatis. Semua hal tersebut diposisikan dekat dengan kursi pengendara supaya Anda dapat dengan mudah mengakses segala keunggulannya.

Dashboard Toyota Corolla Hatchback 2018 menghadirkan beragam fitur multifungsi yang siap menghibur Anda dan penumpang

Dashboard Toyota Corolla Hatchback didominasi dengan warna hitam dipadu fitur mumpuni

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Setir

Pada kemudi setirnya juga terasa cukup ergonomis dengan balutan material kulit Premium yang dipadu dengan segala tombol multifungsi pada kedua sisi sampingnya. Hal paling menarik dari sisi menurut kami terletak pada layar Multi Information Display (MID) berukuran 4,2 inci TFT. Dikemas dengan segala informasi fungsional yang semakin memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi kendaraan. Belum lagi, desainnya terlihat sporty sehingga dapat mendongkrak rasa percaya ketika mengendarainya.

Setir Toyota Corolla Hatchback 2018 disematkan dengan panel MID TFT sehingga mampu memberikan kesan sporty

Setir Toyota Corolla Hatchback menggunakan desain tiga palang dan dibekali tombol multifungsi

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Kursi

Definisi nyaman terlihat berbeda pada aspek kursi Toyota Corolla Hatchback 2018. Pada kursi bagian depan misalnya sudah didukung dengan fitur Bucket yang mampu memberi kenyamanan lebih. Sedangkan pada varian tertingginya, bangku bagian depannya memiliki tampilan sporty. Khusus kursi pengendara, fitur Lumbar sudah dihadirkan untuk menopang tulang punggung pengendara.

Kursi Toyota Corolla Hatchback 2018 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Toyota Corolla Hatchback dibekali fitur Bucket dan Lumbar terutama pada sisi pengendara

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Ruang Bagasi

Pada sektor bagasi, kapasitasnya nampak berbeda-beda di setiap varian. Pada varian terendah misalnya, daya tampungnya sebesar 217 Liter dan 659 Liter pada varian tertingginya. Dibandingkan dengan Toyota Corolla sedan model sebelumnya yang memiliki kapasitas 475 Liter, varian tertinggi Toyota Corolla Hatchback tampil lebih unggul. Kami memprediksi, ruang bagasinya mampu menampung hingga empat tas berukuran besar, cocok untuk beragam kebutuhan Anda.

Ruang bagasi Toyota Corolla Hatchback 2018 dirancang cukup lega dan mampu merangkap segala kebutuhan Anda

Ruang bagasi Toyota Corolla Hatchback 2018 mampu menampung hingga empat tas berukuran besar

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Corolla 2018

Bagaimana dengan masalah fitur Toyota Corolla Hatchback 2018? Toyota sendiri memang mengklaim bahwa kondisi jalanan masa kini tidak bisa diprediksi secara akurat. Melihat fenomena tersebut, pabrikan ternama asal Jepang ini, membekali generasi terbaru Corolla dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) yang dapat meninimalisir terjadinya kecelakaan.

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Fitur Keselamatan

Teknologi TSS merupakan sebutan untuk rangkaian teknologi yang dihadirkan pada Toyota Corolla Hatchback. Semua teknologi diamati dengan presisi oleh sistem yang dapat mendeteksi berbagai hal layaknya rambu-rambu lalu lintas (Road Sign Assist), marka jalan (Lane Departure Alert dan Lane Trace Assist) serta fungsi lampu jarak jauh sesuai kondisi (Automatic High Beam). Di sisi lain, pada kemudi setirnya juga menghadirkan teknologi Active Cruise Control yang mampu melajukan kendaraan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur keselamatan Toyota Corolla Hatchback 2018 tampil lengkap dan mumpuni di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Toyota Corolla Hatchback didukung dengan teknologi TSS

Sementara itu untuk menunjang performanya di jalanan kota, terdapat juga racikan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Tak lupa teknologi kestabilan sekaliber Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC) dan Hill-Start Assist Control (HSA), mampu mendongkrak performanya di berbagai medan seperti area licin maupun tanjakan. Hal standar lainnya juga dihadirkan seperti ISOFIX, 7 SRS Airbag dan Immobilizer.

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018: Fitur Hiburan

Seperti yang telah disinggung pada aspek dashboard, fitur hiburannya mengandalkan panel Head Unit Touchscreen 8 inci serta fitur penyejuk Dual-Zone Automatic Climate Control. Hal paling menarik menurut kami terletak pada Head Unit-nya karena sudah dapat mengoperasikan Satellite Navigation, Digital Radio serta Voice Recognition. Kualitas suaranya juga tergolong jernih dengan menawarkan dua pilihan speaker yakni enam audio speaker pada varian standarnya dan delapan buah speaker JBL pada varian tertingginya. Menurut kami, semua fitur tersebut sudah sangat cukup mampu memberi hiburan bagi seluruh penumpang selama menempuh perjalanan.

Fitur Hiburan Toyota Corolla Hatchback 2018 mengandalkan panel Head Unit canggih dan Dual-Zone Automatic Climate Control

Segala fitur hiburan Toyota Corolla Hatchback 2018 tersematkan apik pada panel dashboardnya

>>> Anda bisa juga mengetahui spesifikasi Mazda 2 2012: Green Car Ekonomis nan Apik

OPERASI Toyota Corolla 2018

Sejatinya, operasi mesin Toyota Corolla Hatchback 2018 terdiri dari dua pilihan yakni 1.8 Liter Hybrid dan 2.0 Liter Dual VVT-I. Namun di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak membahas lebih dalam tentang varian 2.0 Liter Dual VVT-I alias non-Hybrid. Berkapasitas 1.987 cc, mesin Corolla Hatchback mampu menyemburkan daya 125 kW setara 6.600 Rpm. Adapun transmisinya juga tersedia dalam dua pilihan meliputi enam percepatan manual serta Direct Shift Continously Variable Transmission (auto- CVT). Dengan modal tersebut, mesinnya mampu menawarkan kemampuan torsi hingga meraih angka 200 Nm pada putaran 4.800 Rpm.

Mesin Toyota Corolla Hatchback 2018 menggunakan kapasitas 1987 cc berkonfigurasi Dual VVT-I

Mesin Toyota Corolla Hatchback 2018 memiliki dua keunggulan yakni dalam hal kecepatan dan cukup irit bahan bakar

Jika melihat kemampuan tersebut pada mobil Hatchback, kami cukup mengapresiasinya, setidaknya model satu ini tak mengecewakan dan tak berbanding jauh dengan model sebelumnya. Perlu juga kami informasikan, racikan mesin tersebut mampu memberikan akselerasi dari titik diam hingga ke tingkat kecepatan 100 Km/Jam yang ditempu dalam tempo singkat, 8,7 detik saja.

>>> Klik di sini untuk melihat harga Toyota terbaru 2018 yang banyak pilihannya memiliki harga terjangkau

spesifikasi Toyota Corolla 2018

Sebagai pelengkap dari artikel menarik kami kali ini, Cintamobil.com tak lupa melampirkan informasi terkait spesifikasi Toyota Corolla Hatchback 2018.

SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA HATCHBACK 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.375 mm x 1.790 mm x 1.435 mm

Jarak Poros Roda

2.640 mm

Berat Kosong

1.845 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris Dual VVT-I

Kapasitas Silinder

1.987 cc

Daya Maksimum

125 kW / 6.600 Rpm

Torsi Maksimum

200 Nm / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / Auto- CVT

Akselerasi 0-100 Km/Jam

8,7 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Trailing Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Ukuran Ban

16” Full Size Alloy

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

6.3 Liter / 100 Km (Manual)

6.0 Liter / 100 Km (Auto-CVT)

Rekomendasi Tingkat Bahan Bakar

91 RON

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

kelebihan & kekurangan Toyota Corolla 2018

Tiba saatnya bagi tim Cintamobil.com menyampaikan kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Hatchback 2018. Cukup berat bagi kami untuk memutuskan kekurangannya karena mobil satu ini menyediakan segala kelengkapan menarik di berbagai sisinya. Meski begitu, kami memiliki pandangan menarik akan mobil satu ini yang tentu saja bisa menjadi referensi Anda ke depannya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Suatu langkah besar, dari sosok Toyota Corolla sedan menjadi Hatchback sehingga mampu memberi warna baru dan dapat merambah banyak lapisan

Bagi peminat setia Toyota Corolla dalam bentuk sedan, mungkin tidak akan begitu cocok dengan eksterior model Hatchback satu ini

Fitur keselamatan menggunakan racikan mumpuni di berbagai aspeknya

Kami akui memang ruang kabin generasi terbarunya tidak seluas dengan generasi sebelumnya yang memiliki Wheelbase lebih lapang

Performa mesin cukup tangguh dan irit bahan bakar

Varian terendahnya tidak begitu memiliki kelengkapan menarik terutama dalam hal interior

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil-mobil lainnya

daftar harga Toyota Corolla 2018

Rencana pemasarannya dilakukan di negara Australia pada Agustus 2018. Tersedia tiga pilihan bodi trim nantinya yakni varian Ascent Sport, SX dan ZR di kasta tertingginya. Adapun tersedia dua pilihan mesin yang ditawarkan yakni 2.0 Liter VVT-I dan 1.8 Liter Hybrid. Berikut daftar harga Toyota Corolla Hatchback 2018 pada varian non-Hybrid.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA COROLLA HATCHBACK 2018

KONVERSI DOLAR AUSTRALIA KE RUPIAH

(Dibulatkan)

Toyota Corolla Hatchback 2018 Ascent Sport 2.0 Liter M/T

$ 22.870

IDR. 242.035.000

Toyota Corolla Hatchback 2018 Ascent Sport 2.0 Liter CVT

$ 24.370

IDR. 257.910.000

Toyota Corolla Hatchback 2018 SX 2.0 Liter CVT

$ 26.870

IDR. 284.367.000

Toyota Corolla Hatchback 2018 ZR 2.0 Liter CVT

$ 30.370

IDR. 321.408.000

 

*Catatan:

  • Mengingat produk satu ini belum dirilis di Indonesia, harga di atas hanya menjadi patokan referensi saja
  • Harga di atas adalah hasil konversi dari mata uang Australia ke mata uang Indonesia, Rupiah
  • Supaya hasil konversi tak rancu, maka hasilnya dibulatkan

>>> Jangan lewatkan segala harga menarik dari model-model terbaik hanya di Cintamobil.com

Video Toyota Corolla 2018

KESIMPULAN Toyota Corolla 2018

Apa yang disajikan pada generasi kedua belas Toyota Corolla? Sejauh ini kami melihat, desain bodinya kini berubah menjadi Hatchback yang dipadu teknologi mumpuni di setiap aspeknya. Belum lagi, performa mesinnya kini tampil irit bahan bakar yang bahkan tersedia varian Hybrid yang bisa Anda pilih. Namun sayangnya, kami belum mendapatkan akan Toyota Corolla Hatchback Indonesia. Meski begitu, kami rasa pembaruan ini cukup sangat berarti yang seakan sukses memberi warna baru bagi Toyota Corolla. Apakah model satu ini tampil lebih baik dari generasi sebelumnya? Anda bisa sampaikan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil