Gunakan Barang-Barang di Rumah untuk Mencegah Smart Key Diretas

Share this post:
Gunakan Barang-Barang di Rumah untuk Mencegah Smart Key Diretas
Masih banyak hacker yang mencoba (dan berhasil) meretas sistem kunci otomatis dari smart key atau kunci fob. Meskipun begitu, Cintamobil menemukan salah satu cara mencegah smart key diretas, dan tanpa keahlian komputer sedikitpun.

Smart key merupakan salah satu teknologi mutakhir dalam mempermudah pengemudi untuk membuka pintu hingga menghidupkan mobil. Namun, seperti halnya teknologi yang terkomputerisasi, smart key rentan untuk diretas. Pencuri bisa mencuri sinyal dari kunci dan menggunakannya untuk membuka kunci dan mencuri mobil. USA Today memberikan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah smart key diretas.

1. Masukkan ke dalam lemari es

Gambar yang menunjukan kunci smart key yang dimasukan ke dalam lemari es

Masukan key fob Anda ke dalam lemari es sebelum tidur (foto: AOL)

Salah satu cara menghindari smart key Anda diretas adalah dengan meletakkannya ke dalam lemari es. Opsi yang ditawarkan merupakan salah satu hasil dari pengetahuan yang paling logis. Pasalnya, lapisan berlapis logam pada lemari es akan memblokir sinyal kunci Anda. Tapi, sebelum itu pastikan dulu bahwa kunci fob Anda tahan udara dingin dalam lemari es, atau gunakan pembungkus untuk melapisi kunci fob Anda.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

2. Tempatkan dalam microwave

Jika Anda tidak ingin membekukan kunci mobil Anda, Anda bisa membawanya ke dalam peralatan yang lebih aman, meskipun jarang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Ya, Anda bisa memasukan kunci fob Anda ke dalam oven microwave.

Gambar yang menunjukan seorang yang sedang membuka oven microwave

Anda juga bisa menggunakan microwave berbahan baja (foto: Kopitiam Bot)

Namun, pastikan oven yang Anda punya memiliki desain logam yang setara dengan kulkas untuk menangkal sinyal kunci fob. Anda tidak perlu menyalakan oven ketika menyimpan smart key, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang serius bahkan bisa berpotensi menimbulkan kebakaran di rumah Anda.

>>> Anda ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasinya lebih lanjut

3. Bungkus kunci fob dengan alumunium foil

Gambar yang menunjukan smart key yang dibungkus dengan kertas timah

Beli aluminum foil dan bungkus kunci Anda (foto: Detroit Free Press)

Anda butuh peralatan tambahan untuk melakukan pencegahan ini. Membungkus smart key dengan kertas timah akan menghambat sinyal dan mencegah pencuri meretas sinyal Anda. Namun, kerugian yang Anda dapati yaitu Anda tidak bisa langsung memakai smart key ketika Anda terburu-buru. Ya, buka dulu lapisan alumunium foil-nya.

>>> Ingin buru-buru tapi smart key ngadat? Begini solusinya

4. Beli pemblokir RFID

Peretasan sinyal bukan hanya menjadi masalah smart key saja. Namun, passport maupun kartu identifikasi yang menggunakan chip identifikasi bergelombang radio (RFID atau Radio-Frequency Identification) memiliki resiko yang sama untuk diretas.

Gambar yang menunjukan dompet untuk memblokir RFID

Ada banyak dompet yang dijual untuk pemblokir sinyal RFID (foto: CSO)

Para pencuri akan menggunakan pembaca RFID untuk mencuri informasi Anda dari jarak jauh. Karena itu, Anda tidak perlu menggunakan alumunium foil lagi, cukup dengan membeli dompet yang bisa menangkal semua sinyal RFID yang berguna untuk kunci dan semua kartu identitas Anda.

Cara termudah untuk mencegah smart key diretas adalah dengan tidak menggunakan smart key. Tapi tentu saja bagi konsumen yang menginginkan kepraktisan, menggunakan smart key merupakan salah satu cara untuk mendapatkannya. Tapi yang terpenting bagi pemilik mobil dengan smart key adalah jangan ceroboh dan gegabah, karena pencurian bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top