Review Datsun Go Live 2018 : Datsun Incar Konsumen Berjiwa Muda Dengan Edisi Spesial

12/08/2018

Share this post:

Datsun GO 2018

Editor rate:

Lihat promo

Penampilan menjadi hal penting untuk kita yang berjiwa muda. Melalui tampilan yang berbeda dari lainnya membuat Anda lebih percaya diri. Datsun mencoba memenuhi kebutuhan konsumennya melalui varian Datsun GO Live yang diluncurkan di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2018.

Review Datsun Go Live 2018 : Datsun Incar Konsumen Berjiwa Muda Dengan Edisi Spesial
Review Datsun Go Live 2018 : Datsun Incar Konsumen Berjiwa Muda Dengan Edisi Spesial
0 Gambar

Pengantar Datsun GO 2018

Mari kita simak spesifikasi Datsun GO 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior tampil lebih sporty dan eksklusif dari varian standar bahkan dibandingkan kompetitornya

Pemilihan warna kuning pada seat belt selain tampak keren juga bisa membantu dalam keselamatan

Velg 14 inci membuat tampilan lebih baik dan proporsional dengan dimensi bodi.

Kekurangan

Masih adanya suara berisik dari bagian bawah mobil

Suspensi cenderung keras

Kursi belakang yang masih tanpa headrest memadai

Review Datsun GO Live 2018 - Pada ajang GIIAS 2017 lalu, Datsun memperkenalkan sebuah mobil konsep yakni Datsun GO Live. Setahun kemudian, tepatnya pada pembukaan GIIAS 2018, 2 Agustus 2018, Datsun Indonesia resmi memperkenalkan Datsun GO Live. Executive Design Director Nissan Motor Co., Kei Kyu yang mendesain Datsun GO Live mengatakan konsep live dengan sentuhan warna kuning untuk menunjukkan kesan sporty. Konsep desain ini sesuai dengan karakter Indonesia yang lebih terbuka dan cocok untuk anak muda sehingga terlihat lebih segar.

Datsun meluncurkan edisi spesial Datsun GO Live di ajang GIIAS 2018

Tampilan mobil Datsun Go Live 2018

Eksterior Datsun GO 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Sisi Depan

Mengambil basis dari Datsun GO varian tertinggi (T), tampilan depan Datsun GO Live tampak depan mempunyai 4 perbedaan dari varian standar. Paling jelas terlihat adalah bagian bawah bumper (under guard) yang menarik perhatian dengan warna kuning terang. Menurut kami warna ini membuat perbedaan yang menarik dengan varian standar, namun perlu perawatan ekstra karena akan lebih mudah terlihat kotor.

Bumper under guard diberi warna kuning yang menjadi ciri khas dari Datsun GO Live

Sisi depan mobil Datsun Go Live 2018

Perbedaan lainnya adalah kombinasi grill hitam dengan aksen kuning yang menurut kami menjadi unik dan terlihat lebih sporty. Aksen kuning tersebut membentuk heksagonal seperti sarang lebah. Dipadu dengan frame berkelir hitam yang mengelilingi grill membuatnya terlihat semakin sporty.

Heksagonal berwarna kuning menjadi unik pada tampilan depan Datsun GO Live

Desain bumper Datsun Go Live 2018

Selain itu pada bagian atap mobil Datsun memberi warna hitam untuk membuat tampilan two tone untuk warna selain hitam. Selebihnya, Datsun GO Live mempunyai tampilan yang sama baik lampu utama dan posisi DRL yang berada di bumper dengan posisi vertikal.

  • Review Datsun GO Live 2018 : Sisi Samping

Mari kita lihat sisi samping dari Datsun GO Live. Perbedaan utamanya adalah velg alloy berukuran 15 inci dengan desain heksagonal. Menariknya, Datsun menyelaraskan tampilan depan dengan samping dimana satu sisi heksagonal pada masing-masing velg yang terpasang diberi warna kuning terang yang sekilas mirip seperti bagian grill. Tidak hanya velg, aksen kuning juga disematkan oleh Datsun pada car door guard Datsun GO Live yang membuatnya tampil berbeda.

Tampang samping velg Datsun GO Live berukuran lebih besar 1 inci dari varian lainnya

Tampilan samping Datsun Go Live 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Sisi Belakang

Sama seperti bagian depan, under guard pada bumper belakang juga diberi aksen kuning. Namun bukan bagian ini yang mencuri perhatian. Spoiler bergaya balap dengan warna kuning menjadi pusat perhatian pada bagian belakang. Ukurannya yang pas dengan dimensi bodi Datsun GO Live membuat tampak sporty. Sementara secara detail, emblem dan badge bagian belakang diberi warna hitam untuk memberi kesan modern sesuai dengan mobil perkotaan.

Tampak belakang, spoiler Datsun GO Live 2018 paling menarik perhatian

Belakang Datsun Go Live 2018

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Datsun GO 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Kabin

Warna hitam mendominasi kabin sesuai dengan tema sporty yang diusung Datsun GO Live. Mulai dari kursi hingga setir membuat kabin terlihat gelap hanya sedikit warna abu-abu pada dashboard dan aksen kuning di beberapa titik. Saat masuk ke dalam kabin, kami merasakan posisi duduk yang cukup nyaman walaupun masih menggunakan bahan fabric. Sayangnya bentuk setir yang agak besar sedikit mengurangi rasa sporty pada Datsun GO Live.

Kabin Datsun Go Live 2018 didominasi warna hitam dengan sentuhan warna kuning

Ruang kabin Datsun Go Live 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Dashboard

Desain dahsboard sama persis dengan Datsun GO varian standar namun dengan tambahan motif karbon pada beberapa titik untuk menguatkan tema sporty pada mobil ini. Bahan plastik masih digunakan untuk Datsun GO Live agar memberikan harga yang terjangkau untuk konsumen muda. Sistem hiburan disediakan melalui head unit 2DIN berlayar sentuh dengan ukuran 6,75 inci yang bisa disambungkan langsung ke smartphone Anda.

Dashboard Datsun GO Live 2018 peraduan dua warna hitam dan abu-abu

Tampilan dashboard Datsun Go Live 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Kursi

Diantara ubahan interior, kami justru tertarik pada bagian kursi. Pola jahit berwarna kuning pada sisi kursi membuatnya senada dengan tampilan eksterior dan khas ala kursi mobil balap. Hal lain menariknya adalah seat belt berwarna kuning yang membuat pengemudi dan penumpang terlihat menarik perhatian ketika memasangnya. Penggunaan warna kuning pada sabuk pengaman menurut kami tidak hanya pemanis tapi bisa juga untuk keselamatan ketika terjadi kecelakaan dan mencari penumpang di kabin.

Motif jahitan dan sabuk pengaman berwarna kuning memberi nuansa sport di mobil Datsun GO Live 2018

  • Review Datsun GO Live 2018 : Setir

Melihat ke bagian setir perbedaan dari varian standar hanya warna hitam untuk menyelaraskan dengan jok dan dashboard. Namun bila melihat lebih detail pada bagian meter baik speedometer atau tachometer, Datsun GO Live diberi warna kuning pada panel instrumen. Menurut kami ini tidak hanya menarik tapi juga membuat pengemudi lebih mudah melihat posisi jarum panel instrumen ketika berjalan.

Setir didominasi warna hitam dan instrumen panel terdapat warna kuning pada speedometer dan tachometer pada mobil Datsun Go Live 2018

Odometer Datsun Go Live 2018

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Datsun GO 2018

Tidak banyak teknologi canggih dari Datsun GO Live. Sama seperti varian lainnya, mobil ini dilengkapi dengan fitur Follow Me Home System. Teknologi yang memanfaat lampu depan untuk menerangi jalan Anda hingga aman sampai ke depan pintu rumah. Sedangkan untuk fitur keselamatan hanya mengandalkan single airbag untuk pengemudi. Sama seperti Datsun T Active, Datsun GO Live telah menggunakan fitur Immobilizer yang berfungsi untuk meminimalisasi tindak pencurian.

Fitur Datsun Go Live 2018  sama seperti varian Datsun GO T Active

Apa fitur Datsun Go Live 2018?

>>> Simaklah review mobil Datsun lainnya di sini

Operasi Datsun GO 2018

Mesin 1.200 cc 3-silinder masih menjadi andalan Datsun untuk varian GO Live ini. Datsun menyediakan dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan yang mempunyai tenaga 68 dk pada 5.000 rpm dan otomatis dengan teknologi CVT yang tenaganya mencapai 78 dk pada 6.000 rpm. Torsi yang dihasikan sama-sama 104 Nm. Efisiensi menjadi poin utama pada mesin Datsun GO Live ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil lainnya

Spesifikasi Datsun GO 2018

Agar lebih jelas dalam review Datsun GO Live 2018 ini, berikut spesifikasinya.

SPESIFIKASI DATSUN GO Live 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.788 mm x 1.636 mm x 1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm (Tipe Manual)

78 PS / 6.000 Rpm (Tipe CVT)

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm (Tipe Manual)

104 Nm / 4.400 Rpm (Tipe CVT)

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / CVT

HANDLING

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

165/70 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Daftar Harga Datsun GO 2018

Hadir dalam dua pilihan, Datsun GO Live mempunyai harga Rp 135 juta untuk transmisi manual dan Rp 150,5 juta untuk CVT. Nantinya Datsun GO Live akan diproduksi di pabrik Nissan, Purwakarta, Jawa Barat.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO LIVE 2018

All New Datsun GO Live 2018 M/T

IDR. 135.000.000

All New Datsun GO Live 2018 CVT

IDR. 150.500.000

Kesimpulan Datsun GO 2018

Tahun ini Datsun cukup agresif dalam menawarkan produk baru. Tercatat sudah 3 kali Datsun melakukan ‘peluncuran’ produk baru seperti pada awal tahun yakni Cross, lalu bulan Mei Datsun GO dan GO+ bertransmisi CVT, dan terbaru GO Live pada ajang GIIAS 2018. Sayangnya, menurut kami ubahan-ubahan pada GO Live masih sebatas kosmetik.

Padahal bila mau memberi kejutan, bisa saja kursi bagian depan menggunakan gaya balap. Begitu juga pada kursi belakang yang belum ada head rest ideal untuk tubuh manusia. Velg pun meski berbeda 1 inci dengan varian lainnya, kami melihat bukan perubahan signifikan. Sehingga posisi berkendara atau rasa mengemudi menurut kami masih sama seperti varian lainnya.

Perbedaan harga hingga Rp 8 juta dari varian tertinggi yakni T-Active baik transmisi manual atau CVT, menurut kami tidak terlalu besar tapi juga tidak kecil. Velg ukuran lebih besar dengan bentuk yang sporty rasanya menjadi biaya terbesar untuk Datsun GO Live ini. Namun tidak ada salahnya untuk Anda pembeli mobil pertama dan suka dengan gaya sporty dengan harga terjangkau, Datsun GO Live bisa Anda tebus.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

22/03/2019

Editor rate:

Mobil keluarga Datsun GO+ Panca akhirnya kebagian teknologi CVT setelah sebelumnya Datsun GO telah mencicipi transmisi tersebut. Seperti apa inovasi yang dihadirkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Low Cost Green Car dengan kapasitas 7-seater ini?

Lihat juga

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC

14/09/2019

Editor rate:

Ketika kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia, sontak para perusahaan otomotif juga turut berpartisipasi. Salah satunya yang sempat ramai adalah Datsun GO+ Panca, menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama di segmen LCGC. Tertarik untuk membelinya? Berikut review Datsun GO+ Panca 2014.

Lihat juga

Review Datsun Cross 2019: Solusi Mobil Keluarga Gaya Tangguh & Dana Terjangkau

19/08/2019

Editor rate:

Zaman sekarang membeli mobil keluarga memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Selain soal gaya, kemampuan berkendara, serta harga mobil yang terjangkau juga jadi pertimbangan untuk konsumen membeli sebuah mobil. Bisa jadi Datsu Cross 2019 adalah salah satu pilihan untuk konsumen Indonesia yang menginginkan mobil keluarga rasa tangguh dengan dana terjangkau. Apa sebabnya?

Lihat juga

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

30/07/2019

Editor rate:

Hadir dengan tampilan lebih atraktif plus penambahan fitur terkini, membuat Datsun GO Live 2019 dinilai pas bagi calon konsumen yang datang dari kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan lebih ekspresif.

Lihat juga
back to top