First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018

19/08/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Masih seputaran ajang GIIAS 2018, kali ini Volkswagen memperkenalkan varian terbaru dari Viguan yakni Volkwagen Tiguan VRS dengan beberapa penambahan yang membuatnya terlihat lebih mentereng dibandingkan dengan varian standarnya. Kesan pertama kami terhadap mobil ini akan kami jabarkan di bawah ini.

PENGANTAR Volkswagen Tiguan 2018

Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018

Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2018

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018 - Sebelum resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2018 ini, sebenarnya basis dasarnya yakni Volkswagen Tiguan sudah diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada ajang GIIAS tahun 2017 lalu. Hadirnya varian VRS (Volkswagen Racing Spirit) menjadi varian Tiguan yang menggunakan aksesori bertema sport. Selain itu, Tiguan VRS menjadi varian pertama yang menggunakan platform MOB (modular transverse matrix) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan Tiguan sebelumnya. First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018 bisa Anda lihat di bawah ini.

EKSTERIOR Volkswagen Tiguan 2018

Eksterior Volkswagen Tiguan VRS 2018 kini tampil lebih sporty dan berkarisma berkat beberapa tambahan aksesoris di bagian luar.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Desain Bagian Depan

bagian depan Volkswagen Tiguan VRS 2018 dengan skid plate berbalut silver metallic dan front lower garnish berwarna black glossy

Bagian depan Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang terlihat lebih sporty

Bagian depan Volkswagen Tiguan VRS 2018 memiliki lampu depan yang menggunakan Bi-Xenon serta dilengkapi dengan LED DRL. Gril depan masih sama dengan varian biasa, mengikuti ukuran head lamp dengan desain sederhana, dua plat krom sejajar dengan logo Volkswagen ditengahnya. Perbedaan bagian depan varian Tiguan dengan Tiguan VRS terlihat dari adanya skid plate dengan silver metallic serta bemper depan yang diberi front lower garnish yang berbalut warna black glossy di bagian kiri dan kanan bemper depan mobil.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Desain Bagian Samping

bagian samping Volkswagen Tiguan VRS 2018 dengan roof rail dan side skit plate berbalut warna silver metallic

Bagian samping Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang terlihat tangguh dan sporty

Bagian samping Volkswagen Tiguan VRS 2018 terlihat tangguh dan sporty berkat adanya roof rail di bagian atas bodi mobil dan penggunakan pelek alloy berukuran 17 inci pada kaki-kakinya. Perbedaan selanjutnya dari varian Tiguan biasa bisa terlihat dari adanya side skid plate berbalut warna silver metallic di bagian kanan dan kiri badan mobil serta cover kaca spion samping yang juga berwarna silver metallic.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Desain Bagian Belakang

bagian belakang Volkswagen Tiguan VRS 2018 dengan stop lamp led berdesain futuristik dan bumper guard berbalut skid plate

Bagian belakang Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang terlihat elegan dan futuristik

Bagian belakang Volkswagen Tiguan VRS 2018 menggunakan stop lamp LED yang didesain begitu futuristik serta diberi bumper guard yang juga diberi skid plate berwarna silver metallic sehingga semakin mempertegas kesan sporty pada mobil SUV ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Volkswagen Tiguan 2018

Desain interior Volkswagen Tiguan VRS 2018 didesain sederhana namun tetap terlihat stylish dan mampu menunjukkan kesan mewah ala mobil SUV premium. Tidak lupa ada fitur-fitur penunjang yang akan memberikan kenyamanan ketika berada di dalam kabin mobil.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Dashboard

bagian dashboard Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang menggunakan material plastik soft-touch

Bagian dashboard Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang terlihat presisi dan rapi

Bagian dashboard Volkswagen Tiguan VRS 2018 terlihat sederhana namun stylish karena didesain menggunakan material plastik berwarna hitam yang sudah soft-touch dengan garnis karbon yang didesain begitu presisi dan rapi. Sebagai pelengkap, diberikan sistem audio yang sudah layar sentuh berukuran 8 inci dan memiliki fitur penunjang seperti sistem navigasi dan App Connect yang kompatibel dengan smartphone melalui Apple Car Play dan Android Auto, Radio AM/FM, dan USB interface.

Untuk kontrol AC sudah menggunakan Dual Zone Automatic Climate Control yang akan mengatur suhu udara dalam kabin agar tetap sejuk secara otomatis. Diberikan mode pengendaraan Normal, Sporty, atau Comfort yang bisa dipilih sesuai keinginan pengemudi.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Setir

bagian setir Volkswagen Tiguan VRS 2018 dengan audio steering switch dan paddle shift

Setir Volkswagen Tiguan VRS 2018 yang terlihat mewah dan fungsional

Setir Volkswagen Tiguan VRS 2018 dibalut dengan kulit dan terdapat Audio Steering Switch untuk mempermudah pengemudi mengatur sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi. Meskipun tidak ada Cruise Control, namun diberikan Paddle Shift untuk memberikan sensasi berkendara dengan mengganti gigi secara manual.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Kursi

bagian kursi baris pertama Volkswagen Tiguan VRS 2018 dengan desain semi-bucket seat

Kursi baris pertama Volkswagen Tiguan VRS 2018

Kursi Volkswagen Tiguan VRS 2018 didesain 2 baris dan mampu menampung penumpang hingga 5 orang. Kursi mobil ini didesain semi-bucket seat dan menggunakan material yang empuk serta dibalut dengan kulit sehingga menaikkan esensi sporty dan elegan dalam ruang kabin. 

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Bagasi

bagian bagasi Volkswagen Tiguan VRS 2018 berkapasitas 615 liter jika kursi baris kedua masih digunakan

Bagasi Volkswagen Tiguan VRS 2018

Bagian bagasi pada Volkswagen Tiguan VRS 2018 berukuran 615 liter, cukup luas ketika semua kursi terisi penuh. Jika kursi baris kedua dengan konfigurasi 40:20:40 dlipat, ruang bagasi menjadi berukuran 1.655 liter yang sangat luas.

>>> Anda bisa lihat juga:

FITUR Volkswagen Tiguan 2018

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Fitur Keselamatan Dan Keamanan

Fitur keselamatan dan keamanan Volkswagen Tiguan VRS 2018 bisa dikatakan cukup lengkap. Mulai dari sistem pengereman yang sudah ABS, EBD dan BA, diberikan fitur kontrol stabilitas mobil seperti Vehicle Stability Control System dan Traction Control, hingga keamanan seperti Immobilizer yang sudah terintegrasi dengan alarm dan Anti-Theft System. Sensor parkir yang dikombinasikan dengan kamera 360 derajat akan mempermudah pengemudi untuk melihat situasi sekitar mobil ketika sedang parkir ataupun mundur. Fitur Adaptive Chassis Control (DCC) membuat sistem peredaman suspensi beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan mode berkendara.

First Impression Volkswagen Tiguan VRS 2018: Fitur TurnyEvo

Khusus untuk penyandang disabilitas, Volkswagen menawarkan fitur TurnyEvo sebagai fitur opsional yang akan memudahkan para penyandang disabilitas untuk memasuki mobil ini. Kursi TurnyEvo ini dapat dipasang pada bangku depan Tiguan VRS yang memungkinkan tempat duduk penumpang dapat diputar dan diturunkan pada level ketinggian yang mempermudah penyandang disabilitas untuk memasuki mobil.

>>>  Perkembangan Teknologi Parking Assist, Mulai dari Sensor Bunyi Hingga Parkir Assist Aktif

OPERASI Volkswagen Tiguan 2018

mesin Volkswagen Tiguan VRS 2018 berkapasitas 1.395 cc

Mesin Volkswagen Tiguan VRS 2018

Mesin yang digunakan Volkswagen Tiguan VRS 2018 menggunakan mesin 1.4 TSI DOHC 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.395 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 148 dk dan torsi maksimal sebesar 250 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis Triptonic 6 percepatan yang dikombinasikan dengan Dual Clutch (kopling ganda).

Volkswagen Tiguan VRS 2018 diklaim mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 9,2 detik dan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 202 km/jam.

>>> Mendeteksi Masalah Komponen Kaki-Kaki yang Rusak

spesifikasi Volkswagen Tiguan 2018

Spesifikasi Volkswagen Tiguan VRS 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin

Tipe Mesin

1.4 TSI DOHC 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.395 cc

Kompresi

10,5:1

Tenaga Maksimum

148 dk

Torsi Maksimum

250 Nm

Sistem Bahan Bakar

Direct Injection

Dimensi

P x L x T

4.426 x 1.809 x. 1703 mm

Berat kosong

1.450 kg

Transmisi

6-Speed A/T Triptonic dengan Dual-Clutch

Kapasitas Tangki

60 L

Suspensi dan kaki-kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Ban

235/55 R17

kelebihan & kekurangan Volkswagen Tiguan 2018

Kelebihan dan kekurangan mobil Volkswagen Tiguan VRS 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior lebih berkarisma

Hanya untuk 5 orang penumpang

Sensasi berkendara

Harganya cukup tinggi

Dapur pacu yang mumpuni untuk berakselerasi

 

Ramah bagi penyandang disabilitas

 

>>> Klik sini untuk tahu kelebihan dan kekurangan mobil-mobil lainnya

daftar harga Volkswagen Tiguan 2018

Karena hanya satu varian, maka harga Volkswagen Tiguan VRS 2018 dibanderol dengan harga Rp 630.000.000,- off the road. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

>>> Mari klik sini untuk cek harga mobil Volkswagen lainnya

Video Volkswagen Tiguan 2018

Sebagai penutup silahkan melihat video tentang Volkswagen Tiguan VRS 2018 di bawah ini.

KESIMPULAN Volkswagen Tiguan 2018

Kalau Tiguan sudah mengakomodasi segala kenyamanan dalam berkendara dengan tampilan yang cukup oke, maka Tiguan VRS ini juga menjawab kebutuhan konsumen indonesia yang pengen mobil Tiguan dengan tampilan lebih sporty. Meskipun harganya sedikit naik, namun Anda tidak perlu khawatir karena esensi kenyamanan dalam berkendara tidak dihilangkan sama sekali pada varian terbaru Tiguan ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Handy Goeyana
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil